Garuda dan Garuda

Waktu gue kecil gue kira Garuda itu emang sebuah jenis burung beneran. Abis waktu gue ke Taman Burung di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) ada burung yang emang dinamain burung Garuda.
Jadi gue kira, dari spesies burung inilah simbol nasional Indonesia, burung garuda, diambil. Rupanya anggapan itu salah, dan sayangnya kok dari kecil (SD) ga pernah ada yang ngajarin ya? Taunya Garuda aja. Kenapa Garuda, ga pernah diterangin dan ga pernah juga ditanya. Atau mungkin SD gue doang ya? hehehe..
Setelah di Thailand ini gue baru noticed kalo orang Thai punya Garuda juga, dan namanya bener2x sama Garuda. Dan mereka pake sebagai simbol nasional juga. Yang bedanya cuma visualisasinya aja, dan kalo liat sumber sejarahnya sih emang kayaknya visualisasi mereka emang lebih bener, daripada si Garuda Pancasila kita.
Garuda ini sebenernya burung mitos, kayak burung mitos2x lainnya, burung Phoenix dan lain-lain. Asalnya dari mitologi Hindu dimana Garuda, setengah burung dan setengah manusia adalah alat transportasinya dewa Wisnu.
Dalam mitologi Timur, Hindu dan Budha, Garuda disebut “The Bird of Life”. Dalam salah satu cerita, Garuda ini diceritakan membebaskan ibunya dari perbudakan. Jadi katanya, karena pembebasan ini makanya burung garuda digunakan sebagai simbol negara Indonesia, karena kita juga membebaskan diri dari penjajahan.
Anehnya buat gue, gue baru denger cerita tentang Garuda ini yang sebagai kendaraannya dewa Wisnu dan bahwa dia punya arti tentang pembebasan juga. Mungkin… karena asalnya dari cerita Hindu, maka jadinya cerita ini ga dicerita-ceritain dan ga dimasukin di kurikulum di negara yang mayoritas penduduknya muslim ini?
Mungkin. Abis suka aneh2x sih hasil akhirnya dari sentimen keagamaan ini.
Anyway. Ini gambar Garuda kita dan gambar Garudanya Thailand, dan dibawah, kamu bakal nemuin naskah Pancasila dalam bahasa Inggris yang gue temuin pas gue nyari2x info tentang Garuda ini.
Kenapa pasang2x Pancasila segala? Yah.. kenapa nggak? Hehe.. abis banyak anak2x skrg yang pada lupa sih isinya Pancasila apaan. 😀
garuda indonesia      garuda thailand
Pancasila in English:
1. BELIEF IN THE ONE AND ONLY GOD
2. JUST AND CIVILIZED HUMANITY
3. THE UNITY OF INDONESIA
4. DEMOCRACY GUIDED BY THE INNER WISDOM IN THE UNANIMITY ARISING OUT OF DELIBERATIONS AMONGST REPRESENTATIVES
5. SOCIAL JUSTICE FOR THE WHOLE OF THE PEOPLE OF INDONESIA
Sumber naskah Pancasila