About enda

Author Archive | enda

Join The Campaign: Overdevelopment, Overpopulation, Overshoot

Global Population Speak Out is a planet-spanning activist-organizing platform, where both experienced population advocates and new learners can access tools to enhance their voices as they Speak Out for a sustainable future. It is important that more humans come to understand, and in turn, learn how to convincingly point out the need and desirability of near term global population stabilization and subsequent gradual declines.

Check out the book above, read about the issue, share the postcards, join the campaign!

 

Comments { 0 }

Untuk Sebuah Pengalaman Baru – Spin Activ

2014-12-08_154434Mencoba sesuatu yang baru selalu merupakan pengalaman menyenangkan. Kita mungkin suka, mungkin juga tidak, tapi selama pengalaman itu baru dan belum pernah kita coba sebelumnya tetap menyenangkan karena menjadi sebuah pengalaman baru buat kita, sekecil apapun pengalaman tersebut.

Begitu juga ketika gue nyobain test drive Chevrolet Spin Activ di Senayan, pengen tahu, pengen nyobain dan akan jadi pengalaman baru tentunya.

Langit agak mendung dan mau hujan ketika gue nyampe di lokasi dan langsung berkenalan dengan Spin Activ-nya.

“Agak kotor mas”, kata Mas dari Chevrolet-nya. “Ini mobil yang dipakai shooting Online Drama kemarin di Bromo, ketika kembali belum sempat dibersihkan.”

Ohhooi, mobilnya sudah mengalami pengalaman shooting malah heuheuehe.

Sekilas memang tampil gagah ya, kokoh dan tegap dari luar. Di dalam juga menyenangkan sebagai driver maupun sebagai penumpang, AC blowernya sampai ke baris ketiga penumpang. Harganya juga oke, untuk yang mencari mobil 7-seater kayaknya bisa jadi alternatif yang menarik. Semua keluarga masuk dan bisa digunakan untuk semua kesempatan.

Yang pengen gue cobain pertama kali adalah transmisi otomatis semi manualnya (Tiptronic), karena belum pernah dan baru tahu dari bacaan saja. Ketika duduk posisi juga agak tinggi jadi memberi perspektif yang lumayan luas.

Rupanya si transmisi tiptronik ini hampir mirip dengan transmisi otomatis, ada pilihan R, D, P dan seterusnya, tapi kemudian ada juga pilihan M (Manual), dimana di samping tuas gigi-nya ada tombol ke atas dan ke bawah untuk memindahkan gigi dari kecepatan 1 hingga 6.

Jadi tetap tanpa kopling kita bisa memindahkan gigi, jadi ketika butuh gaya menyupir yang lebih agresif, pindah-pindah gigi bisa juga di mobil ini heuheue.

Saya sempat berkomentar tentang persepsi publik tentang brand Chevrolet-nya sendiri yang untuk pengguna mobil Jepang biasanya suka bilang service-nya mahal dan sulit dicari bengkel-nya, tapi ternyata dukungan after-sales-nya lumayan lengkap, bengkel Chevrolet ada di setiap kota besar, ada hotline 24 jam dan ternyata mobil-mobilnya juga dirakit di Indonesia! Jadi dukungan dan kelengkapan spare parts banyak dan lengkap.

Memang kalau mau paling aman kayaknya nyari mobil sejuta umat sudah cukup, tapi kalau mau agak beda, mencari kenyamanan tapi kualitas tetap bagus, harga juga bersaing maka Chevrolet Spin Activ ini pilihan utama rasanya 😀

Test-drive-nya berjalan mulus, panel dashboard dan kelengkapan USB connection, Bluetooth untuk menerima telepon juga ada tombolnya di stir, all and all OK juga, kalau dikasih ga akan nolak huahuahuaa.

Kalau mau tahu lebih banyak cek cek website-nya saja Chevrolet Spin Activ dan kalau mau tanya-tanya ke teman-teman yang sudah menggunakan sebelumnya ada juga komunitasnya di Chevy Spin Indonesia (CSI)

Akhir kata, sebuah pengalaman baru lagi sudah terlaksana, Spin Activ sudah dicoba, sekarang, mari kita mencari pengalaman baru lainnya!

Comments { 5 }

Akhir Dari Sebuah Pencarian

2014-11-18_153227Ada dua bentuk perjalanan biasanya, sebuah pelarian atau sebuah pencarian. Kita melakukan perjalanan untuk lari dari sesuatu, atau kita melakukan perjalanan untuk mencari sesuatu.

Kita lari dari kesibukan untuk mencari sesuatu, sebuah perasaan yang hilang, atau sebuah suasana yang jarang kita dapatkan lagi. Di Episode 4 dari Online Drama persembahan Chevrolet Spin Activ ini, yang dicari adalah seseorang.

Kita sudah mengikuti sebuah perjalanan keluarga, family road trip ke Sumbawa, terkait dengan pencarian ayah yang hilang karena peristiwa gempa yang mengakibatkan Tsunami di Sumbawa tahun 1977.

Gempanya sendiri cukup besar hingga 8.2 Mw dan berlokasi 170 km ke Barat Daya dari kota Pradapare, Pulau Sumba dengan akibat Tsunami setinggi 15m. Menurut laporan yang berakibat hilangnya nyawa 200 orang dan 3,900 lainnya kehilangan tempat tinggal.

Sang tokoh ayah yang masih kanak-kanak selamat dari peristiwa tersebut tapi kehilangan ayahnya hingga sekarang, hingga dia berkeluarga, kerinduan dan munculnya petunjuk tiba-tiba bahwa ayahnnya masih hidup membawa keluarga ini dalam pencarian ayah yang hilang. Pencarian ini kemudian pada akhirnya menjadi sebuah usaha untuk mengembalikan keutuhan keluarga mereka lagi.

Alam Indonesia dengan jalan-jalan yang persis di pesisir pantai menjadi backdrop dari cerita inibegitu pula Chevrolet Spin Activ yang digunakan menjadi tokoh dalam pencarian ini, tapi pencarian dan perjalanan harus memilki sebuah akhir, seperti juga sebuah cerita.

Nah, di episode ini akan terjawab semuanya. Apakah sang ayah akan ditemukan, atau beliau sudah hilang ditelan kemarahan alam? Akankah keluarga ini berkumpul kembali, tantangan dan rintangan apa saja yang akan mereka temui?

Bagaimana akhirnya? Tonton videonya di http://bit.ly/1BJmzOT

Comments { 2 }

Ariana – Rock The Future

Kalau di episode-episode sebelumnya kita lebih mengenal tokoh ayah, maka di episode 3 ini kita mengikuti cerita sang anak Ariana.

Ceritanya Ariana ditelpon oleh pacarnya (temen deketnya), yang anak band, rupanya mobil grup band-nya ini mogok dan Ariana yang rupanya sang organizing comittee merangkap manajer datang menyelamatkan dengan Chevy Spin Activ bokapnya.

Santaai, mobilnya gampang disupirin kok, walau SUV dan tampak besar tapi transimisinya semi otomatis, jadi bisa otomatis bisa juga manual DAAAN satu lagi, ruang nya besar, jadi 6 orang anggota grup back ROCK THE FUTURE plus seluruh perlengkapannya bisa masuk ke dalam mobil.

Alhasil sang pacar dan band-nya sukses manggung! Tapi apa yang terjadi dengan Ariana? Rupanya dia ga bilang-bilang saat minjem mobil bokapnya, jadi ya cemas dan was was lah bokap dan nyokap-nya nyari kemana Ariana berada, anak cewek, remaja pula.

Anak memang ga akan pernah bisa menyelami dan merasakan perasaan orang tua, sampaaai si anak nanti jadi orang tua sendiri. Orang tua yang baik juga tahu dan bisa bijaksana untuk tidak terlalu melindungi atau membatasi kemauan anaknya, asaaal memang tidak ada kejadian atau kecelakaan parah terjadi pada si anak.

Anak-anakmu bukanlah anak-anakmu. Mereka adalah anak-anak kehidupan yang rindu akan dirinya sendiri. Mereka terlahir melalui engkau tapi bukan darimu. Meskipun mereka ada bersamamu tapi mereka bukan milikmu. Begitu kata Kahlil Gibran.

Jadi bagaimana akhir dari episode ini? Apakah Ariana akan dihukum? Diusir dari keluarga? Apakah mobilnya aman, atau terjadi kecelakaan, apakah Edwin memang pacarnya Ariana? Kenapa Ariana bilang nanti saat dia besar dia pengen bekerja di LSM?

Kalau pengen tahu akhir dan kelanjutan episode ini maka kamu perlu tonton videonya!

Comments { 1 }

Romantisme Sebuah Perjalanan dan Pencarian

Kalau di postingan sebelumnya gue nulis tentang online drama dari Chevrolet Spin Activ yang menjanjikan buat ditonton, maka di episode ke 2 ini jadi lebih jelas lagi bahwa memang videonya dibuat serius, dari segi cerita maupun proses pembuatannya.

Kalau kamu tonton video diatas, pengambilan sudut kamera, kualitas gambar, acting, semuanya digarap serius, jadi udah mirip banget sama film layar lebar (kenapa ga dibuat feature film aja sekalian ya? Heuehue)

Family road trip di episode ini juga mengingatkan gue sama family road trip terakhir yang pernah gue jalanani. Gue, bokap, nyokap, kedua adik + 1 supir tahun 90an dari Bandung ke Bali, menyusuri jalan-jalan di kota-kota di Jawa, berhenti di setiap perhentian yang kayaknya agak menarik, mencoba semua makanan lokal.

Gue udah nyupir dan gantian jadi supir waktu itu, dan that experience seared in my memories, bahkan sampai sekarang. Ga ada yang bias melupakan kenangan menyupir saat matahari muncur di jalan kecil yang mulus ditemani petani tebu yang susul menyusul juga bergerak menggunakan sepeda hendak ke pabrik atau ladang mereka!

Di episode kedua ini juga ada kilasan balik ke Tsunami di Sumbawa tahun 1977 (http://en.wikipedia.org/wiki/1977_Sumba_earthquake, http://www.drgeorgepc.com/Tsunami1977Indonesia.html), dan peristiwa ini betul-betul terjadi, sempat ada gempa dengan kekuatan 8.3 Mw yang disusul oleh tsunami di Sumbawa di bulan Agustus 1977 dengan korban yang tercatat sebanyak 189 orang.

Diceritakan bahwa tokoh utama di video ini Pak Adi, kehilangan ayahnya di Tsunami di Sumbawa tersebut hingga sekarang, dan dalam peristiwa yang tidak disangka-sangka dia bertemu orang yang katanya bertemu dengan ayahnya tersebut.

Salah seorang yang kemungkinan memiliki informasi keberadaan ayahnya adalah seorang fotografer Pak Utomo di Malang teman lama ayahnya, Adi dan keluarga pun melakukan road trip ke Malang untuk bertemu dan mencari Pak Utomo ini, tapi sampai di lokasi studio Pak Utomo ternyata sudah ditutup! Aaah, the plots thicken! 😀

Bagaimana akhirnya? Kamu harus tonton video-nya heuehuehe.

Yang pasti, video ini selain dibintangi oleh para aktor dan aktris, Chevrolet Spin Activ dan juga tampil jalan-jalan dan pemandangan indah road trip di Indonesia yang tidak kalah pentingnya dan jadi bagian dari storyline online drama ini.

Di ujung episode kita akan melihat keindahan Gunung Bromo (belum pernah kesana euy! Sekarang harus!), sesuatu yang tidak boleh dilewatkan, apalagi dalam sebuah road trip bersama keluarga kita.

Now enjoy the video!
BB – http://www.chevrolet.co.id/cars/spin-activ/keluarga-chevrolet/di-puncak-dunia-episode-2.html
Mobile – http://m.chevrolet.co.id/cars/spin-activ/keluarga-chevrolet/di-puncak-dunia-episode-2.html

 

Comments { 0 }
%d bloggers like this: