Salaman Asian Games 2018

Enda Nasution - Jokowi - Asian Games 2018Tahun nya, tahun 1962, Presiden nya Soekarno, Asian Games nya, adalah event yang baru ke 4 kali nya. Dan tuan rumah nya adalah Indonesia.

Negara yang baru merdeka 17 tahun ini waktu itu berani berkiprah di kelas Asia. 17 negara ikut berpartisipasi dan 1,460 atlit berkompetisi.

Sejak itu, 56 tahun kemudian, Indonesia mengalaminya masa naik dan turun, pasang dan surut, gelap dan penuh harapan, ga ada yang menyangsikan bahwa kita adalah bangsa yang besar, secara harfiah maupun kiasan, tapi seringkali kita lupa.

Kita kadang sibuk sendiri, sibuk dengan masalah sendiri, padahal dunia melihat kita, mencontoh kita.

Tahun ini, 2018, presiden nya Jokowi, Asian Games akan kembali ke Indonesia, akan ada 45 negara dan 15,000 atlit yang berpartisipasi.

Ada 3 maskot #asiangames2018 nanti.

Ada BHIN BHIN seekor burung Cendrawasih (Paradisaea Apoda) artinya strategi, mengenakan rompi dengan motif Asmat dari Papua.

Ada juga ATUNG seekor Rusa Bawean (Hyelaphus Kuhlii) mewakili kecepatan, memakai sarung dengan motif Tumpal dari Jakarta.

Dan ada juga KAKA seekor Badak Bercula Satu (Rhinoceros Sondaicus) melambangkan kekuatan, memakai pakaian tradisional dengan motif bunga khas Palembang.

Indonesia akan kembali jadi sorotan dunia. Tapi kali ini, kita bukan hanya harus membuktikan, bahwa kita sekelas raksasa-raksasa Asia lainnya ke seluruh Asia, kita harus juga bisa membuktikan pada, diri kita sendiri, pada orang Indonesia sendiri, bahwa kita memang siap kembali lagi ke panggung internasional!

Oya, selain 3 maskot itu, ada dua orang lagi di foto, yang sedang salaman itu Pak Presiden Jokowi, dan satunya itu lagi saya.

Dan nama 3 maskot tadi kalau digabung jadi apa? (tahu ga? ehuehuehue)

#SukseskanAsianGames2018

Startups di #CES2017: Eureka Park™

Eureka Park™ CES 2017Seperti yang sudah diceritakan di post #1 Perjalanan Menghadiri #CES2017, post #2 Hadir di Las Vegas untuk CES 2017, dan post #3 Hari-Hari di #CES2017

Di post terakhir tentang #CES2017 ini secara khusus saya mau cerita tentang Eureka Park™

Eureka Park™ di CES 2017  adalah satu area di CES yang dikhususkan untuk eksibisi dan showcasing produk dari perusahaan2 di kategori Startup

Ada 500 lebih startup dari berbagai negara yang hadir menampilkan produk nya masing-masing dengan harapan mendapatkan partner, buyer, atau pun media coverage.

Kebanyakan menampilkan produk hardware, walau ada juga software atau system.

Indiegogo dan Techcrunch menghadirkan booth dengan startup jagoan mereka, Techstar hadir dengan panggung sendiri menghadirkan pitch kompetisi dan juga panel untuk saling berbagi pengalaman.

Yang menarik juga beberapa negara menghadirkan pavilion startup-nya sendiri untuk memaksimalkan perhatian pengunjung. Belanda dan Perancis misalnya hadir dengan identitas/brand negaranya sehingga lebih kelihatan.

Terekspos di tingkat dunia seperti ini menurut saya akan sangat baik untuk para startup karena ide dan produk mereka betul-betul bersentuhan dengan market secara langsung.

Walau sudah ada beberapa startup dari Asia, seperti China, Korea, Taiwan dan negara lain, dari Asia Tenggara belum kelihatan, mudah-mudahan tahun-tahun ke depan Startup Indonesia juga bisa hadir dan memeriahkan Eureka Park™ di lantai CES!

Sekian dulu cerita-cerita dari CES, sila menuju ke website CES yang masih menyimpan banyak konten dokumentasi dari CES 2017 kemarin seperti:

Hari-Hari di #CES2017

50 years CES Seperti yang diceritakan di post #1 “Perjalanan Menghadiri CES 2017” dan post #2 “Hadir di Las Vegas untuk CES 2017“, di posting ini setelah melewati Media Day 1 dan 2, akhirnya hari CES 2017 dibuka di hari Rabu, Jan 4 sampai Sabtu Jan 7 akhirnya dimulai.

Walau ada 3 lokasi, tapi nampaknya yang menarik buat gue pertama adalah di Tech East hari ini, Las Vegas Convention Center, karena Tech West sudah didatangi sekilas kemarin waktu melihat Keynote Nvidia, sedang Tech South, walau menampilkan nama-nama besar seperti Google, Facebook dan Twitter masih akan sempat didatangi kemudian karena toh masih ada 3 hari lagi saya di sini.

Perusahaan besar dari pembuat microchip, manufacturing technology yang mungkin produknya tidak langsung digunakan oleh konsumen hadir juga dengan booth-booth raksasa di CES 2017, begitu juga tentu dengan para produsen produk konsumen elektronik lainnya dari LED TV hingga smartphone, digital camera, action camera, wearables, smartwatch, hingga pembuat produk otomotif baik yang autonomous driving maupun yang menampilkan teknologi connectivity dan mobility-nya yang biasanya berarti ditampilkan dalam bentuk bagaimana di masa depan pengemudi dapat selalu berkomunikasi ketika berada di dalam mobil.

Drones dan teknologi display serta alat-alat Virtual Reality mengambil posisi penting di mana banyak produk menggunakan virtual reality untuk mendemonstrasikan keunggulan produk mereka.

CES 2017 sendiri gratis untuk umum dan siapapun selama sudah mendaftar bisa datang dan berinteraksi dengan para peserta pameran. Di sisi lain ada juga mereka yang memang hadir untuk mencari partner distributor atau justru mencari produk baru untuk dipasarkan melalu jalur penjualan mereka.

Ada 3800+ perusahaan yang berpameran, 165,000 orang yang hadir, 6500+media dari 150 negara hadir di 4 hari CES 2017 Las Vegas ini

Beberapa booth besar dari Intel, Qualcomm, Blackberry, Panasonic, Nikon, Ford, VW, Honda, Mercedez dan banyak lagi.

Yang menarik juga adalah dari booth Xiaomi yang menampilkan semua lini produk Xiaomi Universe dan rupanya petugas PR-nya dari Singapore 😀

Samsung hadir sendiri juga dengan beberapa permainan VR untuk menonjolkan Samsung Gear yang sempat saya coba juga 😀

Terakhir post tentang Startup di CES!