Untuk Bapak

bapak.jpg

_It doesn’t matter who my father was; it matters who I remember he was. -Anne Sexton_
Namanya Syarifuddin Nasution, lahir di Medan, Sumatera Utara 15 Juni 1946. Anak laki-laki kedua dari 5 bersaudara. Usianya tahun ini 59 tahun. Setahun lagi berumur 60 tahun.
Masa kecil hingga SMA-nya dihabiskan di Medan sebagai seorang yang pendiam dan pintar, hingga gurunya mengijinkan meloncati kelas beberapa kali.
Kota Bandung pertama dikunjunginya di tahun 1963 pada usia 17 tahun ketika ia merantau pertama kalinya untuk meneruskan sekolah di Teknik Sipil ITB yang kemudian menjadi kota tempat tinggalnya hingga kini.
Sepuluh tahun kemudian di tahun 1973, setelah diselingi dengan pergantian orla-orba ia berhasil mendapatkan gelar insinyur. Wisuda dilaksanakan di Aula Barat ITB, tanpa dihadiri oleh orang tuanya yang tinggal jauh di Medan, tapi dengan membawa dua orang pendamping wisuda, ibu kostnya dan seorang gadis parahyangan yang dikenalnya melalui teman.
Setahun kemudian, 1974, ia menikahi gadis itu, Tutti Rochayati Ardiwinata namanya.
Dan setahun setelah itu, 1975, pada tanggal 29 Juli, 30 tahun yang lalu hari ini, gue lahir.
Sebagai seorang Ayah ga banyak yang kemudian gue tahu. Dalam proses bertumbuh besar dia selalu ada dan ga pernah rasanya teringat bahwa kami pernah kekurangan.
Dia ga pernah memaksakan kehendak dia sama gue, dia ga pernah bilang rencana-recananya buat gue, dia ga pernah memproyeksikan diri dan mengeset ekspektasi buat gue.
Dalam caranya sendiri, dia membiarkan gue tumbuh sebagaimana gue mau. Sebagaimana gue sekarang.
Mungkin suatu kejutan buat dia ketika gue memilih untuk masuk Sipil ITB juga tempat dia mengajar ketika saatnya memilih jurusan. Dan mungkin ada rasa kekecewaan didirinya ketika gue _memastikan_ bahwa semua mata kuliah yang gue pilih tidak pernah ada yang dia ajarkan.
Dibalik temparemennya saat masih muda, terasa perubahan ketika beliau beranjak umur, perasaannya yang halus makin terlihat dan dia makin mendekatkan diri pada Allah SWT.
Gue ga pernah benar-benar kenal siapa bapak selama ini.
Sembunyi-sembunyi gue suka baca tulisan-tulisannya di awal agenda. Rencana-rencana dan pandangannya tentang keluarga. Gue dengar cerita-cerita dari sodara-sodara, teman-temannya, lihat foto-foto lama tapi ga begitu benar-benar kenal.
Seperti apa dia di umur 20 tahun, di umur 30 tahun? Apa yang dia suka saat itu? Apa kegemarannya?
Kami dalam posisi yang berbeda untuk saling kenal. Saling benar-benar kenal. Gue seorang anak, dan bapak seorang bapak.
_Hingga sekarang._
Seperti “Gala”:http://enda.goblogmedia.com/laporan-sukacita-telah-lahir.html seorang anak lelaki pertama di keluarga, gue juga seorang anak lelaki pertama di keluarga.
Apa yang gue rasa buat Gala sekarang, pastinya semua yang dia rasa buat gue dulu.
Semua yang pengen gue kerjain buat Gala. Perasaan bahagia ketika dia ketawa, ketika dia mencoba menyampaikan sesuatu dalam bahasanya. Perasaan bangga, ketika dia bisa mengangkat kepalanya pertama kali, _hell_ perasaan bangga ketika dia melakukan apa pun! πŸ™‚
_Ketika gue lihat Gala dengan mata gue. Gue pake matanya dan melihat gue sebagai Gala._
Kebanggaan keluarga, anugrah dari yang maha kuasa yang tidak pantas kami dapatkan.
Untuk pertama kalinya, gue mulai tahu apa yang pastinya dia rasakan buat gue.
Yang dia rasakan di setiap tahapan kehidupan gue, saat gue masuk sekolah, saat gue masuk SMA, saat gue masuk kuliah, saat gue dapet kerja, saat gue menikah. Semua yang dia rasakan dan tidak pernah dia ucapkan. Dan sekarang gue rasakan.
Menurut orang bijaksana, salah satu sebab kita berkeluarga, selain dari cinta, kebersamaan dan naluri manusia, adalah juga agar ada _witness_ ada saksi, ada orang yang menyampaikan cerita kita pada orang lain, yang bersaksi tentang bagaimana hidup kita dan bagaimana kita menjalani hidup.
_Jadi ini Enda pak, bersaksi buat Bapak dan bercerita tentang Bapak, 30 tahun setelah Enda lahir bahwa Bapaklah sebabnya Enda ada disini, Enda seperti sekarang. Enda sekarang tahu apa yang semua Bapak rasakan buat Enda selama ini._
_Mudah-mudahan Gala juga mau bersaksi buat gue 30 tahun lagi dari sekarang._
 

_[“Hon”:http://nita.goblogmedia.com/thirty-is-fun.html] sama Gala makasih ya, kue ulang tahun sama kado backpack dewasanya yaa :). You have been more than what I ever hope for. :)_

 

_Selamat ulang tahun juga buat “Wibi Wongiseng”:http://wongiseng.modblog.com/, Papanya “Xinda”:http://chichesterblue.blogspot.com/ dan “Goenawan Mohamad”:http://www.tokohindonesia.com/ensiklopedi/g/goenawan-mohamad/index.shtml yang juga merayakan ulang tahun di hari ini. :)_

 

78 thoughts on “Untuk Bapak”

  1. waduh..lama gak mampir ternyata yg punya habis ultah neh..gpp kan biar telat.HAPPY B’DAY ya enda..panjang umur and sukses selalu yach. what a touch story about ur dad πŸ™‚

  2. waduh..lama gak mampir ternyata yg punya habis ultah neh..gpp kan biar telat.HAPPY B’DAY ya enda..panjang umur and sukses selalu yach. what a touch story about ur dad πŸ™‚

  3. waduh..lama gak mampir ternyata yg punya habis ultah neh..gpp kan biar telat.HAPPY B’DAY ya enda..panjang umur and sukses selalu yach. what a touch story about ur dad πŸ™‚

  4. Jadi inget bapa gw, yang udah engga ada sewaktu gw SMA (bukan curhat).
    Biar telat “Selamat Ultah + Succes.

  5. slamet ultah ya mas, aku baru masuk ke dnia blog dan aku masih bingung cara2nya mas , ajari aku ya mas!ceritanya bagus bgt!

  6. walaupun telat, met ultah nda !!!
    gua baca tulisanmu, jadi terinspirasi buat surat buat bapak-ku (tak terasa mataku berkaca-kaca dengan air mata)
    tks nda!!!
    -rudy andriyana-M94-

  7. eniwei nice posting bang nda ..:) rili touchy
    met ultah juga yak πŸ˜€
    kepenasaran euy rasa na punya anak kye gimana yak ?
    pingkel

  8. happy birthday enda…so touching tulisannya nda…pasti deh nenek lakinya gala bangga dan terharu mbacanya πŸ™‚

  9. happy birthday kang enda. a year older maybe (and i think surely) a year wiser.
    maap, telat 2 hari.. udah lama nih gak online.
    btw.. nice writing as always.. love this post!

  10. selamat ulang tahun.. yg lu tulis gue yakin mewakili perasaan orang-orang yg sulit untuk mengatakan atau menuliskan hal yg serupa untuk bapaknya..

  11. hidup bapaknya enda… hidup om enda…. hidup semua bapak2 di dunia ini.. heohiehie
    hepi belsdey lagi ya om!!

  12. Jadi ini Enda pak, bersaksi buat Bapak dan bercerita tentang Bapak,

    Terharu banget gw bacanya. Duuhh… Gw jg ngerasain punya hubungan yg gak akrab sama bokap karena kita emang berbeda baik jaman, pendidikan dan cara pandang. Apalagi gw ama loe sama2 datang dari keluarga Batak. Loe tau sendirilah gimana bapak2nya orang dari Medan itu.
    Mungkin saking dendamnya gw ama bokap, gw sampe membiayai seluruh kuliah gw dari semester 1 sampe tamat sendirian. Untung aja kuliah gw murah.
    Suatu saat gw pasti bisa jg nunjukin bakti gw dan cinta gw ama bokap. Mungkin blom sekarang. Terima kasih untuk cerita hari ini. Hepi Birthday and God Bless U and your family.

  13. Gilee benerr….Nda,’untuk bapak’ sangat ‘menyentuh’-sangat bersahaja dan keluar dari hati.Kamu merupakan anugerah tak terukur untuk Bapak&Ibu. SELAMAT ULANG TAHUN-you’re not a year older-you’re a year wiser!
    Cium buat Gaga.

  14. HEPI BEZDEY buat kang enda! duuh… beda 2 hari aja ultah kita! ultahku tgl 27 juli kemaren. hheheue.. sama-sama LEO dong kita ^_^

  15. wah enda akhir2 ini postingnya dalem euy, berkurang kadar ke garingannya hehe…
    Met ultah ya nda. Buset 30 ya Nda? Tua juga ya? Duluan elu dong dari gw.
    Orang bilang usia 30 itu usia penentu, antara : pemimpi atau pemimpin, antara idealistic dreamer atau realitic worker, antara 29 sama 31.
    The 20s is a process of trial and error which leads to a more secure decade of the 30s. Yah gitu deh kira-kira. Good luck! πŸ™‚
    ps : sorry kalo merasa dikuliahin sama yg lebih muda khekhekhe

  16. Met Ultah Bang enda, panjang umurnya, bahagia selalu dalam hidup bang enda, dimudahkan rejekinya, tercapai segala yang di cita dan cintakan dan sukses selalu menyertai abang sekeluarga aminn…

  17. met ultah enda. terharu bacanya. pasti bapaknya enda juga terharu biru deh πŸ™‚

  18. Dear Enda,
    A very nice touchy posting you wrote on your birthday. Tears really comes out from my eyes when I read it.
    Things are different ya, Nda after you have Gala in which sometimes very hard to be put into words.
    For sure, Bapak will love to read this post.
    Once again, met ulang tahun Papa nya Gaga. Semoga sekalu diberikan kemudahan oleh Nya dalam segala hal.

  19. Selamat Ultah buat Enda ..
    Gak sadar langsung netesin air mata baca tulisan ini.

  20. duuhh, terharu…
    selamat ulang tahun, nda. semoga jadi papaenda yg amanah buat gala. semoga murah rejeki, murah kasih sayang dari keluarga.

  21. dah punya anak jadi makin wise nih, kayaknya gala masuk sipil juga nih…sama2 di OS juga nantinya πŸ˜›
    heavy bird day juga

  22. Met Ultah, Bro!
    Sesama Leo dilarang saling mendahului hehehe… Btw, tulisan lo menggugah hati gw banget. Maklum, gw jg mo punya anak bentar lagi…
    Eniwei, saxes selalu, Bro!

  23. Met ulang tahun lagi ya nda. Pasti Bapak seneng sekali baca tulisan kamu ini. Dan smoga bisa jadi inspirasi buat Gala, kalo nanti dia baca πŸ™‚
    Btw, dapet kado juga tuh dari kun Sumali: somtam istimewa! πŸ™‚

  24. ihhh geuning sama dengan sayah 1975…kolot oge..hihi…welcome to the club 30’s..kalo disini bisa ikutan ?ber 30 party lhoo…sok kadieu…selamat ultah nya!!

  25. met ultah, semoga bang Enda en keluarga selalu dpt Rachmat en Ridho-Nya,atas apa yang telah bang Enda jalanin.GBU

  26. Happy Birthday Bro! All The Best and All The Bless for you. May The Force be with you forever… πŸ™‚

  27. met ultah, semoga bang Enda en keluarga selalu dpt Rachmat en Ridho-Nya,atas apa yang telah bang Enda jalanin.GBU

  28. Met ulang tahun, Enda! Semoga makin sukses.
    Punya anak seperti Enda pasti bapaknya bangga sekali. Berkaca2 mata saya baca tulisan Enda.

  29. Hepi birthday oom!!! Moga2 saya bisa kecripratan sifat2 baeknya ..
    Sukses selalu buat oom Enda!
    MAKAN-MAKAN!!!!™

  30. wahhhh sudah 30 tahun ya! usia yang lagi produktif2nya..moga2 tambah dewasa, dan bertanggung jawab serta diberi sisa umur yang manfaat amin..jadi penasaran, 30 tahun dari sekarang Gala udh kyk apa ya, dan gw jg apakah masih ada dalam dunia per-blog-an utk baca blognya Gala? hehhehe…

  31. Hepi belsdei yaaa πŸ™‚ hope you get better years in the future.. I only can send a pray as a present.. Nothing more but I hope it is worth πŸ™‚ Enjoy ur b’day πŸ˜‰

  32. Mas…Selamat Ulang tahun yah yang ke 30. Mudah2an selalu berbahagia bersama Gala dan “Hon-nya”. Keren deh tulisan buat Bapak mas…
    oh iya satu lagi, soal amazon nyambung omongan waktu itu.
    DARI MILIST: Minggu yang lalu saya coba mau beli buku di http://www.amazon.com ternyata yang keluar adalah credit card dari area tertentu sudah di blok termasuk indonesia..:(
    Padahal tahun 2002 lalu saya beli di amazon.com ga ada masalah, kasian
    bener deh kita… di blok.
    ” bener kan mas, udah nggak bisa lagi beli disana sekarang:( ”

  33. ENDA met ultah, so touching lo deikasiin hari ini buat bokap lo. Gue ngerasain hal yang sama dengan lo, gue ngerasa gue nggak kenal bokap gue karena kita nggak terbiasa untuk curhat dan bicara. Gue nggak tahu apa impian dan kekecewaannya. He’s been the pillar our family has leaned upon over the years.
    You make me wanna be a father;).

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.