Blogger Indonesia Riwayatmu Nanti (BlogBugs)

Setelah tadi malem ngobrol-ngobrol dengan “pak roi”:http://www.blognya-roi.blogspot.com/ tentang komunitas *Blogger Indonesia* jadi kepikiran deh, waktu berjalan, blogger Indonesia tambah banyak dan berkembang terus, mungkin ada gunanya kalo liat kebelakang sebentar dan berhenti sejenak untuk mempersiapkan diri melihat kedepan (ciyeeeeh cuih huh hehe)
Baru aja kemarin, “ibu founder”:http://www.nuniek.com/ ini mengingatkan kita bahwa “milis Blogbugs”:http://groups.yahoo.com/group/blogbugs/ sekarang sudah berusia 2 tahun ([_Founded 23 May 2002_]). Prestasi yang lumayan untuk tetap aktif dan tumbuh bagi sebuah komunitas yang bisa dibilang generasi kedua ini ([“bloggerians”:http://uk.groups.yahoo.com/group/bloggerians/] yang pertama [_founded 6 Mar 2001_])
Anggota milisnya telah berjumlah diatas *500 orang*, “Blogbugs.com”:http://www.blogbugs.com telah melakukan _soft-launch_ dalam minggu ini juga dengan menu utama (saat ini) sebagai *direktori blogger Indonesia*, dan minggu depan, teman-teman *Blogbugs* akan melangsungkan “Gathering Nasional II”:http://www.angkringan.or.id/gathnas/ di *Kaliurang Yogyakarta*. Semua atas jerih payah para blogger yang menyumbangkan waktu, tenaga dan dana dengan sukarela.
Buat gue, prestasi utama *Blogbugs* adalah ketika komunitas ini dengan _mulus dan bijaksana_ bisa menempatkan diri sebagai komunitas blog Indonesia sambil *menjaga hubungan baik* dengan komunitas blog lain yg umumnya berbasiskan kota.
Setelah ini *Blogbugs* akan mengalami *siklus* seperti pada umumnya komunitas yang lain. Lahir, tumbuh, berkembang, dewasa, tua dan suatu saat mati, yang kemudian akan melahirkan komunitas-komunitas baru. Hal yang mana semuanya akan bergantung pada anggota komunitas itu sendiri.
Salah satu kelebihan *Blogbugs* saat ini adalah bentuknya yang *cair* dan *tidak terstruktur* (tidak ada ketua, pengurus, dll) yang mana secara natural sesuai dengan media blog itu sendiri. Makin banyak orang familiar dengan blog ditambah dengan kemudahan membuat blog, yang digambarkan “Blogger.com”:http://www.blogger.com cuma perlu 3 langkah, akan membuat jumlah blog dan blogger bertambah pesat yang mana akan menuntut perubahan (atau minimal penyesuaian).
Direktori “Blogbugs.com”:http://www.blogbugs.com telah menerima pendaftaran *73 blogger*, hanya dalam waktu *2 hari* semenjak kehadirannya diumumkan. “Milis Blogbugs”:http://groups.yahoo.com/group/blogbugs/ hingga hari ini beranggotakan *514 orang*.
“Bandung Blog Village (BBV)”:http://www.bbv.or.id memiliki *65 anggota*, “Blogstation”:http://www.blogstation.org/ yang berkedudukan di *Bogor*, *26 anggota*, sedang “Angkringan”:http://www.angkringan.or.id/ di *Yogya* sekitar *50 orang*. Sedang “Forum Blogger Family”:http://www.bloggerfamily.com/forum/ dihuni oleh *333 blogger*, menjadikannya sebagai forum blogger Indonesia terbesar saat ini.
“Survey blogger Indonesia”:http://www.surveymonkey.com/s.asp?u=38340429262, juga diisi kurang lebih oleh *300 blogger* Indonesia.
Ini belum menyebutkan blogger Indonesia yang berkedudukan di luar negeri, “ibu ini”:http://www.slesta.com/ kalo ga salah mau mendirikan komunitas di *NYC*, dan di *Amsterdam* minimal “sudah”:http://wongiseng.modblog.com “tiga”:http://about-a-girl.blogspot.com “blogger”:http://www.theonlynina.tk/ tercatat asik bermukim disana.
Dan rasanya masih banyak lagi Blogger Indonesia yang *tidak mendefinsikan* dirinya untuk tergabung dalam komunitas mana pun, atau membuat komunitasnya sendiri-sendiri yang juga *sah-sah saja*.
Dari jumlah diatas bisa dilihat bahwa *Blogger Indonesia* lumayan banyak dan hanya akan bertambah banyak lagi di hari-hari mendatang.
Melihat situasi ini terlihat timbulnya *kebutuhan* untuk membuat *aturan* dan *mengambil keputusan* sebagai sebuah komunitas untuk menghadapi masalah-msalah di masa depan yang mensyaratkan adanya sebuah *struktur organisasi*.
*Sebuah dilema telah lahir*. Tetap cair dengan bentuk sebuah forum yang membuat anggotanya dapat mudah datang dan pergi atau mencoba menstrukturkan diri (yang butuh _effort_ lumayan besar) dengan resiko mungkin kehadirannya bisa terasa _elitis_ dan dijauhi oleh blogger lainnya, terutama yang baru.
Jawabannya gimana? Tentu para anggotanya yang akan menentukan, terutama para *aktivisnya*, tanpa melupakan teman-teman yang lain. *Gathering di Yogya* minggu depan ini bisa jadi tempat yang tepat untuk mendiskusikan hal ini.
*Blogbugs* hanya akan bertahan jika kehadirannya dirasa *berguna* oleh para blogger. Direktori adalah suatu usaha yang tepat dan dibutuhkan, langkah berikutnya tentu sudah direncanakan dan bisa dipikirkan sama-sama πŸ™‚
Kedepannya, dengan jumlah yang bertambah terus, akan *makin banyak lahir* dan berkembang komunitas-komunitas Blogger dengan ciri masing-masing yang tidak lagi berbasis geografis: Komunitas Blogger Jurnalis, Komunitas Blogger Penyair, Komunitas Blogger SMA, Komunitas Blogger Kuliah, Komunitas Blogger Pekerja, Komunitas Blogger Alumni, Sekolah dan lain-lain dan lain-lain.
Akan enak rasanya, ketika nanti blogger Indonesia makin banyak, akan *tetap ada* sebuah wadah bagi para Blogger Indonesia seluruhnya, dan akan menyenangkan kalo wadah itu masih bernama *Blogbugs*. πŸ™‚
_ps: selamat bergathering di Yogya buat para blogger yang ikut_

53 thoughts on “Blogger Indonesia Riwayatmu Nanti (BlogBugs)”

  1. saya ini orangtua yang sedang belajar blog, dan tertarik membuat blog, tetapi saya tidak tahu bagaimana mengembangkannya. maklum, internet bagi orangtua seumur saya blog tidak sefamiliar pada anak-anak muda.
    mungkin bang enda bisa memberi bberapa informasi untuk saya? bisa dikirim ke email saya sunardianwirodono@yahoo.com, terima kasih, dan salam dari yogyakarta.

  2. mas enda saya mo nanya-nanya (wawancara)soal blog tolong di balas ya !!!!!
    sejak kapan anda terjun ke dunia Blog?aktif/tidak
    mulai kapan blog nerkembang di Indonesia?
    bagaimana prospek blog ke depan?
    apa yang berubah setelah muncul fenomena blog?
    apa kelemahan dan kelebihan blog?
    mas enda tergabung dalam komunltas ga? apa?
    apa tujuan membuat komunitas blog?
    seberapa besar kekuatan blog?
    setiap orang dapat menulis melalui blog, menurut mas?
    manfaaat blog secara luas?
    dampak blog?
    bagalmana dgan citizen jurnalism?
    tolong carikan informasi ya mas, kalo bisa berikan pertanyaan ini ke blogger lain dan klrim ke email saya jatnoholic@yahoo.com
    saya butuh pertolongan mas makasih

  3. Bagaimana dengan Forum Blogger Indonesia yang baru ini?
    Yah, apapun namanya. Salut buat pejuang Blog Indonesia

  4. Membangun khasanah blogbugs, jadikan komunitas kreasi & kreatifitas sebagai generasi bangsa yang punya dedikasi dan loyality gitu, xie xie ah

  5. Membangun khasanah blogbugs, jadikan komunitas kreasi & kreatifitas sebagai generasi bangsa yang punya dedikasi dan loyality gitu, xie xie ah

  6. Membangun khasanah blogbugs, jadikan komunitas kreasi & kreatifitas sebagai generasi bangsa yang punya dedikasi dan loyality gitu, xie xie ah

  7. Wakss…
    Baru tau euy tentang Blogbugs???
    Binatang apa sih itu?
    hehe joke
    gue pingin gabung di milis ini euy
    plss kasi tau duonkkk…

  8. Hehehe… To Momon Beyondsky, ada lanjutannya… Yg ini nih: “Melihat situasi ini terlihat timbulnya kebutuhan untuk membuat aturan dan mengambil keputusan sebagai sebuah komunitas untuk menghadapi masalah-msalah di masa depan yang mensyaratkan adanya sebuah struktur organisasi.” πŸ˜€

  9. akan lebih indah kalau komunitas-komunitas itu saling melengkapi dan menganggap komunitas lainnya sebagai mitra yang sejajar dalam membangun blogger Indonesia. Karena masing2 komunitas tsb mempunyai ciri khas masing2.
    dan dalam hal ini saya salut dengan Manifesto BLOGBUGS point 4 ” Kami bangga dengan blog; kami berjalan bersama mengikat persaudaraan di antara komunitas blog yang ada; …. ”
    Bravo blogger Indonesia!!

  10. hehe sip juga om.. n thanks yah buad dukungan dan suportnya buad gathnas blogbugs II ini. tetep terus maju dan berkembang buat blogger semuanya

  11. “Salah satu kelebihan Blogbugs saat ini adalah bentuknya yang cair dan tidak terstruktur (tidak ada ketua, pengurus, dll) yang mana secara natural sesuai dengan media blog itu sendiri.”
    — sekarang udah nggak lagi ya?

  12. gue sendiri waktu bikin milis itu juga ngga nyangka bahwa komunitas blogbugs bakal jadi sebesar ini, dan berkembang (biak) sedemikian banyak.. terharu deh terharu…

  13. Enda enda ketua HMS kok ngerjain gini jadi hal yang utama..
    bangun jembatan / tunnel selat sunda mustinya
    inget cita cita mu masuk jurusan terbaik pada institut terbaik

  14. wah makasih jadi tau sapa2 lagi yg mau diajak kopdaran di amsterdam. di belanda klo ga salah udah lebih dari 5. numpang ah.. “yg di belanda.. yg di belanda.. kopdar tg 26 juni, ams, sekalian ngintip perempatan lampu merah πŸ˜€ :P” **sorry nda, sekalian mo ngitungin kepala yg di belanda** … hihi.. ko kepala yakh. btw met wiken, nda.

  15. *andy*, tulis aja linknya disini..

    huahaha *an*, kayaknya komunitas blogger hiatus atau mantan blogger bakal lebih banyak deh anggotanya! πŸ˜€

    hi *imhe*, tidak ada kata terlambat kok (ciyeh ciyeh nda hehe)

    hi *aldi*, insya Allah berkah ya πŸ™‚

    *son*, kalo wadahnya udah ada tujuan bisa dicari hehe πŸ™‚

  16. Duh sedihnya. Mungkin saya yg paling tuelaaatt tau blog beginian πŸ˜‰ Keep up the good work man !!

  17. humm… ini kita2 yg gak punya blog juga mau bikin komunitas lho kang enda. tapi belum tau namanya. ya kira2 persatuan mantan blogger yg sekarang lagi tidak punya blogger atau sudah hiatus dan tidak ngeblog lagi.
    kebetulan meskipun belum resmi, tapi anggotanya terus bertambah. πŸ˜€

  18. ada temen gw tuh yg tertarik nge-blog.. dia di Bangkok… anyway, 3 in 1 gini…bingung gw nge-link nya… ;D

  19. *tantri* kan yg mendefinisikan diri sebagai blog tayangnya tayangnya tantri bukan? heheh

    keren *ndy*, 5 blogger indonesia di korea? di thailand baru tercatat 2 yg aktif hehe

    hi *nukew*, di bkk yg muncul baru 2, ntar mkn nambah πŸ˜‰

    kangen juga kok *hon* hehe, abis ga diajak jalan2x πŸ˜€

    wah itu yg ang. tercatat di blogstation aja *lindie*, coba deh ke blogstation http://www.blogstation.org/ πŸ™‚

    *ninit*, hikhik, kami siap tunggu laporan dari afrika ya! πŸ˜€

  20. Aduh jadi inget jaman2 dulu, waktu kita baru kenalan lewat email… Tadinya mau gue tegor mbak enda
    πŸ™‚
    hihihi.. peace…nda peace…

  21. enda, MAAF ya … di AFRIKA sudah didirikan persatuan blogger indonesia di afrika aka PBIA, pendirinya adit, anggotanya gua sama luigi. catet ye πŸ˜‰

  22. Hehehe.. ini tho, yang bikin si ganteng nelpon gue siang2, nanyain yg survey. Sangkain kangen sama aku tayang.. hihihihi πŸ™‚

  23. nah, di bangkok ada brp org blogger? :p
    aduh, ga bisa ikutan gath nas euy.. lagi musim parktikum dan UAS, hiks! owh well, moga sukses aza deh πŸ™‚

  24. kayaknya gua termasuk yang “tidak mendefinisikan diri sendiri” hehehe.
    Ehmm… klo bapak blog indonesia ikutan semua keanggotaan blog yah?

  25. *balq*, pesan teh botol satu sama mie baso dua mangkok, sendoknya yang banyak yah heheh πŸ™‚

    saya juga terharu baca komennya *ciphie* hu hu hu πŸ˜€

    hakhakah, sip *nda*, ngaranna forum bodat jabar yah heheh

    ho oh keren kan yah *dennish* πŸ™‚

  26. wah *wibi* ternyata juragan distrik lampu merah (maksudnya perempatan gitu? hehe)
    iya *tta*, banyak, tapi belum sekali πŸ˜€
    iya om *roi*, sepakat πŸ™‚
    dateng dong *dhit*, cabut bentar balik ke indo kan udah biasa hehekhek πŸ™‚
    wah keren *shin* permiasnyc-nya, itu officernya napa pose friendster semua? πŸ˜€
    iya *boy*, pada kemana semua tuh blogger2x generasi pertama? pada tua ya? hehehe
    baik *tante mya*, disana kabarnya gimana? gi liburan summer ya katanya? πŸ˜€
    ikut dong *mponk*, kabur bentar gitu hehe πŸ˜€
    kan gantian *bhima*, tahun lalu dah di jakarta/puncak, tahun ini di yogya πŸ™‚
    *thomas*, iya ini mau dimasukin di wikipedia hehe
    *siwoer*, kayaknya sih deketnya kali-kalian hehe, tetangganya tambah-tambahan πŸ˜€
    hi *tiwi*, iya akur.blogspot.com πŸ˜€

  27. hiduplah blogger indonesia yg tetep akur dengan berbagai wadah yg sudah, masih dan akan ada… πŸ˜€

  28. wah…banyak juga ya nda, baru tau nih…hehe (maap baru gaul di blog), tapi gathnas-nya jauh banget ya..di jogja.

  29. yang di amrik kapan pada gatheringan yaa?? huhuhu. Moga2 blogger indo makin maju deh :)Tapi ko ga ada ya arisan blogger? asik kali :p kang Enda apa kabar? dah lama jg saya ga jalan2 ke sini.

  30. banyak yah… hehehe, jadi teringat back in 2000 cuma segelintir orang dan kalo gue ngomong: “baca blog gue gak?” malahan ditanya balik “blog? apaan tuh?”
    ah… the good old day πŸ˜‰

  31. Wah ada toh komunitas2 blog gini ya? Maab euy kurang gaul hehe…
    Tapi omong2 wadah blogs ini fungsinya buat apa nda?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.