Blogger Indonesia Riwayatmu Nanti (BlogBugs)

Setelah tadi malem ngobrol-ngobrol dengan “pak roi”:http://www.blognya-roi.blogspot.com/ tentang komunitas *Blogger Indonesia* jadi kepikiran deh, waktu berjalan, blogger Indonesia tambah banyak dan berkembang terus, mungkin ada gunanya kalo liat kebelakang sebentar dan berhenti sejenak untuk mempersiapkan diri melihat kedepan (ciyeeeeh cuih huh hehe)
Baru aja kemarin, “ibu founder”:http://www.nuniek.com/ ini mengingatkan kita bahwa “milis Blogbugs”:http://groups.yahoo.com/group/blogbugs/ sekarang sudah berusia 2 tahun ([_Founded 23 May 2002_]). Prestasi yang lumayan untuk tetap aktif dan tumbuh bagi sebuah komunitas yang bisa dibilang generasi kedua ini ([“bloggerians”:http://uk.groups.yahoo.com/group/bloggerians/] yang pertama [_founded 6 Mar 2001_])
Anggota milisnya telah berjumlah diatas *500 orang*, “Blogbugs.com”:http://www.blogbugs.com telah melakukan _soft-launch_ dalam minggu ini juga dengan menu utama (saat ini) sebagai *direktori blogger Indonesia*, dan minggu depan, teman-teman *Blogbugs* akan melangsungkan “Gathering Nasional II”:http://www.angkringan.or.id/gathnas/ di *Kaliurang Yogyakarta*. Semua atas jerih payah para blogger yang menyumbangkan waktu, tenaga dan dana dengan sukarela.
Buat gue, prestasi utama *Blogbugs* adalah ketika komunitas ini dengan _mulus dan bijaksana_ bisa menempatkan diri sebagai komunitas blog Indonesia sambil *menjaga hubungan baik* dengan komunitas blog lain yg umumnya berbasiskan kota.
Setelah ini *Blogbugs* akan mengalami *siklus* seperti pada umumnya komunitas yang lain. Lahir, tumbuh, berkembang, dewasa, tua dan suatu saat mati, yang kemudian akan melahirkan komunitas-komunitas baru. Hal yang mana semuanya akan bergantung pada anggota komunitas itu sendiri.
Salah satu kelebihan *Blogbugs* saat ini adalah bentuknya yang *cair* dan *tidak terstruktur* (tidak ada ketua, pengurus, dll) yang mana secara natural sesuai dengan media blog itu sendiri. Makin banyak orang familiar dengan blog ditambah dengan kemudahan membuat blog, yang digambarkan “Blogger.com”:http://www.blogger.com cuma perlu 3 langkah, akan membuat jumlah blog dan blogger bertambah pesat yang mana akan menuntut perubahan (atau minimal penyesuaian).
Direktori “Blogbugs.com”:http://www.blogbugs.com telah menerima pendaftaran *73 blogger*, hanya dalam waktu *2 hari* semenjak kehadirannya diumumkan. “Milis Blogbugs”:http://groups.yahoo.com/group/blogbugs/ hingga hari ini beranggotakan *514 orang*.
“Bandung Blog Village (BBV)”:http://www.bbv.or.id memiliki *65 anggota*, “Blogstation”:http://www.blogstation.org/ yang berkedudukan di *Bogor*, *26 anggota*, sedang “Angkringan”:http://www.angkringan.or.id/ di *Yogya* sekitar *50 orang*. Sedang “Forum Blogger Family”:http://www.bloggerfamily.com/forum/ dihuni oleh *333 blogger*, menjadikannya sebagai forum blogger Indonesia terbesar saat ini.
“Survey blogger Indonesia”:http://www.surveymonkey.com/s.asp?u=38340429262, juga diisi kurang lebih oleh *300 blogger* Indonesia.
Ini belum menyebutkan blogger Indonesia yang berkedudukan di luar negeri, “ibu ini”:http://www.slesta.com/ kalo ga salah mau mendirikan komunitas di *NYC*, dan di *Amsterdam* minimal “sudah”:http://wongiseng.modblog.com “tiga”:http://about-a-girl.blogspot.com “blogger”:http://www.theonlynina.tk/ tercatat asik bermukim disana.
Dan rasanya masih banyak lagi Blogger Indonesia yang *tidak mendefinsikan* dirinya untuk tergabung dalam komunitas mana pun, atau membuat komunitasnya sendiri-sendiri yang juga *sah-sah saja*.
Dari jumlah diatas bisa dilihat bahwa *Blogger Indonesia* lumayan banyak dan hanya akan bertambah banyak lagi di hari-hari mendatang.
Melihat situasi ini terlihat timbulnya *kebutuhan* untuk membuat *aturan* dan *mengambil keputusan* sebagai sebuah komunitas untuk menghadapi masalah-msalah di masa depan yang mensyaratkan adanya sebuah *struktur organisasi*.
*Sebuah dilema telah lahir*. Tetap cair dengan bentuk sebuah forum yang membuat anggotanya dapat mudah datang dan pergi atau mencoba menstrukturkan diri (yang butuh _effort_ lumayan besar) dengan resiko mungkin kehadirannya bisa terasa _elitis_ dan dijauhi oleh blogger lainnya, terutama yang baru.
Jawabannya gimana? Tentu para anggotanya yang akan menentukan, terutama para *aktivisnya*, tanpa melupakan teman-teman yang lain. *Gathering di Yogya* minggu depan ini bisa jadi tempat yang tepat untuk mendiskusikan hal ini.
*Blogbugs* hanya akan bertahan jika kehadirannya dirasa *berguna* oleh para blogger. Direktori adalah suatu usaha yang tepat dan dibutuhkan, langkah berikutnya tentu sudah direncanakan dan bisa dipikirkan sama-sama 🙂
Kedepannya, dengan jumlah yang bertambah terus, akan *makin banyak lahir* dan berkembang komunitas-komunitas Blogger dengan ciri masing-masing yang tidak lagi berbasis geografis: Komunitas Blogger Jurnalis, Komunitas Blogger Penyair, Komunitas Blogger SMA, Komunitas Blogger Kuliah, Komunitas Blogger Pekerja, Komunitas Blogger Alumni, Sekolah dan lain-lain dan lain-lain.
Akan enak rasanya, ketika nanti blogger Indonesia makin banyak, akan *tetap ada* sebuah wadah bagi para Blogger Indonesia seluruhnya, dan akan menyenangkan kalo wadah itu masih bernama *Blogbugs*. 🙂
_ps: selamat bergathering di Yogya buat para blogger yang ikut_