Sejarah Hari Blogger Nasional #hariblogger #berkatblog

Pesta Blogger 2007 - Hari Blogger Nasional
Pesta Blogger 2007

We do not remember days, we remember moments. The richness of life lies in memories we have forgotten. –Cesare Pavese

Sejarahnya bagaimana sih tanggal 27 Oktober yang sekarang dikenal sebagai Hari Blogger Nasional?

Ceritanya sebenarnya sederhana dan singkat.

Alkisah tanggal 27 Oktober di tahun 2007, beberapa blogger Indonesia (Bang Wimar, Mas Nukman, Mas Wicak, Lita, Priyadi, Atta, Mas Budi Putra, Ong) diprakarsai oleh perusahaan kehumasan Maverick mencoba mengadakan yang sekarang kita kenal sebagai Pesta Blogger. Ajang ketemu, kopdar akbar blogger Indonesia dengan Hanny Kusumawati sebagai event manager-nya. Support juga kita dapatkan dari Mbak Shinta Bubu dan Satya Witoelar dan tentunya blogger-blogger Indonesia dan komunitas-komunitas blogger dari berbagai daerah.

Tempatnya blogger Indonesia unjuk gigi, karena walau blog sudah dikenal sejak tahun 2000-an awal, tapi belum pernah ada pertemuan nasional yang skalanya cukup besar.

Kebetulan di pergeralan Pesta Blogger 2007 tersebut juga saya dipercaya sebagai Chairman-nya, bertanggung jawab atas acara yang kita lakukan.

Acara berlangsung di Blitz Grand Indonesia, tidak ada yang tahu bagaimana acara satu hari, yang baru pertama kali kita langsungkan itu akan terjadi, tapi dipenghujung hari kita cukup senang, ada sekitar 500-an blogger, tamu dan media yang hadir. Ada kekurangan disana-sini, sudah pasti, makanan yang kurang dan lain-lain, tapi niatan unjuk gigi itu berlangsung dengan lancar.

Saya memberikan sambutan (video part 1, part 2) yang beberapa jam sebelumnya saya tulis. Acara dibuka oleh Pak Muhammad Nuh yang saat itu menjabat sebagai Menkominfo.

Dan Pak Nuh pulalah yang berinisiatif menyatakan bahwa tanggal 27 Oktober kita sebut sebagai hari Blogger Nasional di sambutan beliau.

Panitia tidak merencanakan sebutan tersebut dan saat itu tidak tahu harus bereaksi apa, tapi melihat kebelakang, dengan rasa terima kasih pada Pak Nuh, mengingat momen bukan hari, momen tersebut memang pantas kita ingat.

Tapi apa artinya?

Apa artinya Hari Blogger Nasional?

Hari Blogger bukanlah (belum) hari resmi dari pemerintah, tapi ini ada bagusnya karena mengingatkan kita bahwa kita pun boleh punya hari sendiri, dan maknanya terserah pada kita-kita, diisi oleh kita sendiri. Hari blogger ada dan terus ada atau tidak pun terserah pada kita.

Dari momen itu banyak hal yang kemudian terjadi. Blog dan dunia online makin dilihat dan disadari oleh masyarakat banyak.

Dan mengingat balik ke tahun 2007 banyak hal yang sekarang kita gunakan sehari-hari yang saat itu bahkan belum ada. Facebook belum marak, laptop, tablet, ipad, blackberry, modem dongle, social media, medsos, dan bahkan Twitter belum jadi kosa kata.

Momen itu menyambungkan banyak noktah di masa depan.

Momen praktis yang membuat saya ada di Salingsilang.com sekarang dan momen yang sama membuat kita di Salingsilang menyajikan data blogger Indonesia yang kini jumlahnya sudah ada 5.331.093

Momen itu membuat kita terus menyelenggarakan Pesta Blogger setiap tahun sejak tahun 2007. Momen itu juga membuat saya tetap terlibat dalam penyelenggaraannya sebagai steering comittee dan tidak lagi sebagai Chairman.

Momen di hari itu membuat di tahun ini kita memodifikasinya sedikit dengan menggunakan nama ON|OFF 2011 yang nanti akan kita laksanakan di tanggal 3 Desember 2011

Momen itu mengenalkan dan menyentuh banyak orang, momen itu menyapa banyak isu dan bergaul dengan banyak peristiwa.

Moment itu membuat saya, kamu, dan kita semua ada di sini sekarang. Membaca kalimat terakhir di posting ini.

Selamat #hariblogger nasional!

  • Selamat Hari Blogger Nasional bang πŸ˜€
    Ah, andai aja di Jayapura serame di Jakarta yang banyak kegiatan ngumpul bloggernya πŸ˜€
    Pengen kopdaran rame2, hahaha πŸ˜€

  • saya juga baru tau kalo ada hari blogger nasional, keren gan

  • belum ada hari blogger di Malaysia

  • bermanfaat sekali bang artikelnya. saya baru tau kalau sejarah hari blogger nasional kayak gitu hehehe

  • yippii hari #BloggerNasional *salaman mari #blogWalking

  • Pingback: #BerkaNgeblog Aku Tulis Ini (Hari Blogger Nasional)()

  • wah ternyata ada hari blogger juga tho? baru dengar…. heee,,,,

  • Pingback: #BerkatNgeblog Aku Tulis Ini : is #MuhammadIkhsan()

  • Herman sah

    baru tau nih

  • brillian dwi

    oooh, aku baru tahu gan,,,

  • Lischantik

    sElamat hari blogger
    karena momen itu lilis bisa ketemu enda di pb2010

  • Ardhito Dharma

    kenapa tiap even besar kaya gini harus di Jakarta? πŸ™

    • Perasaan ente aja kali. Blogger Nusantara 2011 kemarin (yang dihadiri sekitar 1200an blogger) diadakan di Sidoarjo, lho.

  • oh, iya, sama mbak nike, cerita presiden blogger itu gimana sih, hehe

    selamat hari blogger πŸ™‚

  • selamat hari blogger!
    klo cerita jadi presiden bloggernya mana mas? πŸ˜€

  • donny sulistyo

    met ultah ke 4 buat blogger Indonesia mas bro…

  • mirah mahaswari

    Selamat ulang tahun ke 4 Bang! πŸ™‚ hehe! Selamat berkarya bagi semua blogger Indonesia πŸ˜€

  • 27 oktober = hari blogger nasional dan jg hari anipersari ane om πŸ™‚ hehehehhe

  • Riyanto Ryan

    Wah Selamat juga buat para blogger nasional..salam hangat dari blogger baru..

  • Pingback: Selamat Hari Blogger Nasional « nyanyian munchkin()

  • Selamat hari Blogger Nasional. ^^
    Beneran aku baru tau loh mas..

  • Akhlispurnomo

    Yippie, selamat hari blogger nasional!! ultah saya jugaaa! :))

  • selamat hari blogger.

  • Abah Oryza

    makan makan …Β 

  • Horee… di hari blogger ini bapak blogger akhirnya ngeblog lagi πŸ˜€ *sodorin kopi ke bang enda*

  • Nico Wijaya

    selamat hari blogger!