Jaringan Sosial

Penjelasan artikel dan tulisan tentang Social Networking atau jejaring sosial terutama tentang Friendster, LinkedIn, Tribe, Ryze dan lain-lain

Kalo gue denger kata “Jaringan Sosial” kok yang pertama kali gue inget adalah Jaring Pengaman Sosial-ya? Alias JPS? πŸ™‚ Mungkin karena perbendaharaan kata itu udah duluan menclok di kepala.
Tapi Jaringan Sosial yang dimaksud sama judul diatas adalah terjemahan dari Social Networking, yang mana mungkin terjemahan lebih deketnya adalah Penjaringan Sosial (Kok seperti ada hubungannya dengan penangkapan wanita tunasusila?).
Social Networking lagi rame sekarang di Internet. Social Networking atau Social Software sebenernya sudah kita kenal dari dulu dalam bentuk sederhana seperti email, newsgroup, bullentin boards atau mailing list. Bentuk yang lebih baru adalah Blog tentu aja atau Wiki dimana kita membantuk jaringan teman-teman kita di dalamnya.
Bentuk yang paling baru yang lebih populer dan yang paling terkenal adalah Friendster dan LinkedIn.
Jika Friendster lebih sesuai untuk kebutuhan sosial (cari kencan, cari temen, cari cewek, cari cowok) maka LinkedIn didesain lebih untuk kebutuhan profesional, korporasi dan bisnis.
Jika di Friendster yang penting adalah foto kamu, status (single, in relationship, married, open married (wah hehe)), rekomendasi, buku favorit, film favorit, musik favorit. Maka di LinkedIn yang lebih penting adalah pengalaman kerja, skill, keahlian kamu di bidang apa dll.
Di Friendster mungkin kamu bakal menghabiskan waktu buat melototin foto-foto di network kamu dan memikirkan apa aslinya se-keceh fotonya atau tidak :), maka di LinkedIn kamu bisa search orang di network kamu dimana mungkin kamu butuh konsultasi tentang bidang kamu, ingin menawarkan suatu service, produk, merekrut orang atau mencari lowongan pekerjaan.
Keluar dari perbedaan ini, Friendster dan LinkedIn sama-sama berdasarkan pada ide Jaringan Sosial atau Social Networking tadi. Yang dulu mungkin kita lakukan dengan mengumpulkan kartu nama atau buku telepon maka dengan alat bantu Internet hal ini jadi lebih mudah dan lebih extensive lagi.
Misalnya kamu punya 10 teman, dan tiap 10 teman itu punya 10 teman yang punya 10 teman lagi yang punya 10 teman lagi, maka jaringan kamu sekarang sudah terdiri dari…. banyak teman πŸ˜€
Dan selama kamu terhubung dengan seseorang itu (dalam satu jaringan/network) maka kamu dibolehkan (di Friendster dan LinkedIn) menghubungi orang itu, kenalan, kencan, minta kerjaan atau apapun.
Tentu bakal agak sulit menerangkannya (“Eh saya kenal kamu dari si A yang temennya si B yang temennya si C yang kenal sama kamu, kamu kenal kan ya sama si C?”), tapi nevertheless kamu dalam jaringan yang sama.
Ide yang sama yang mendasari penelitian Small World-nya Columbia University ini (salah seorang penelitinya seorang blogger Indonesia -> Roby yang gue kenal dari seseorang, yg temennya kenal ama temennya, temennya Roby ini.. hehe), kini jadi lebih aplikatif (mencari kencan atau kerjaan) walau orang masih bingung bisnis model apa yang bisa diterapkan dalam jaringan sosial ini.
Secara alamiah, aplikasi ini cepat menambah jumlah anggota, karena setiap anggota akan mengundang teman-temannya untuk menjadi bagian dari network-nya (sign up trus search Enda Nasution (enda(at)goblogmedia(dot)com) ya, add gue jadi Friends kamu di Friendster :D). LinkedIn mengaku punya 40,000 anggota, sedang Friendster… (ga tau gue) memiliki banyak anggota. πŸ™‚
Contohnya aja gue, saat ini gue cuma punya 10 “teman” yang tercatat (1 istri, 1 roby, 7 orang blogger (slesta, ella, pongki, ciphie, mya, hanzki, xinda, ce semuah :D) dan satu lagi mas Ronald Kuwawi, kenal di YM karena dia baca blog ini, dia yang pertama kali nge-invite gue), tapi gue punya 130,324 orang di network gue. Yang mana mungkin aja ada yang gue kenal juga diantaranya.
Setiap kamu liat profile seseorang maka kamu akan lihat bagaimana dia “terhubung” ke kamu, lewat siapa (dia ini siapanya siapa gitu louh).
Enda Budi Wati Bill Gates
Yang lucu, ada banyak orang di network gue, dimana ada empat jalur yang gue bisa terhubung ama dia, yang masing-masing jalur ekslusif satu sama lain.
Kalo kamu mau coba, selain Friendster dan LinkedIn sekarang mulai banyak website/software dengan ide yang sama misalnya Tribe dan untuk keperluan bisnis seperti Spoke, VisiblePath, ZeroDegrees atau Ryze.
Yang agak berbeda adalah iCan (beta). Jika Friendster untuk cari teman dan LinkedIn untuk mencari kerjaan, maka iCan lebih bersifat aktifisme dan politis, untuk misalnya kamu mau mencari orang yang punya kepedulian yang sama dengan kamu terhadap usaha membebaskan anjing-anjing kecil yang dijadikan bagian dari asesoris. Misalnya.
Di halaman ini masih ada banyak lagi penyedia sosial software, atau yang sekarang juga disebut aplikasi Many-to-Many, yang mungkin kamu mau coba.
Di masa depan, mungkin social networking ini bisa digabung dengan fungsi lain supaya bisa jadi lebih berguna lagi, in the mean time, sebelum ditemukan fungsi baru itu, gimana kalo kamu sign up di Friendster atau LinkedIn (buat nyang belom), invite temen-temen kamu dan mulai membangun network kamu sendiri?
Mungkin setelah kamu sign up kamu bisa ketemu temen-temen lama kamu yang ternyata temennya si A yang temennya si B yang juga temennya si…. yang temennya temen si temen. Atau kamu bisa juga kayak gue sekarang ini, cari orang yang punya SHIO KELINCI dan pengen sama-sama mendiskusikan peruntungan kita di tahun MONYEEEET! ini. πŸ˜€
UPDATE 23/01/04:
Baru dibahas kemarin ternyata sekarang Google juga ikutan me-launch layanan Social Networking-nya sendiri. Seperti diberitakan oleh CNet dan The Register, Google akan mengumumkan clone-nya Friendster dengan nama Orkut, dari nama pegawai Google yang mengerjakan proyek ini Orkut Buyukkokten.
Bedanya dengan Friendster? Keanggotaan di Orkut cuma by invitation only, hehe.. jadi harus ada temen kamu yg ikutan dulu dan nge-invite kamu. Otherwise, kamu ga bisa ikutan.
Btw. menurut Roi, seharusnya terjemahan dari Networking adalah jejaring dan bukan jaring seperti yang gue tulis diatas. Jadi Social Networking adalah: Jejaring Sosial? πŸ˜€

  • Well congrats being social on fb and twitter !

  • Well good your on the social way !

  • masyoza

    prenster 😐

  • Semakin banyak situs jaringan sosial skrg ini….moga kita ttp bisa menjadikannya sbg media yg bermanfaat utk smua….
    nice article….
    visit our page on http://www.pakaw.net

  • Bung Iwan

    Β Friendster mau tutup bulan depan. Fakta.

  • andika

    ada juga yg baru muncul tuh http://www.temanku.net
    coba aja kalo gak yakin.

  • This is one of the nicest blogs i have seen in along time i will have to add to my favorites list for sure.

  • gagah

    thanks infonya
    visit : akhmad06.student.ipb.ac.id

  • NIA

    APA SICH FRIENDSTER? GIMANA CARA BUATNYA?

  • Indonesia juga punya kog situs jejaring seperti friendster
    http://www.temanmain.com
    situs ini merupakan situs Komunitas Teman Indonesia yang bertujuan untuk menghimpun dan membentuk komunitas teman di Indonesia tanpa memandang SARA.
    Gabung yukkk

  • Halo,please ks tw cr buat/daftar friendsters dunk…

  • WowWwWWWw asyiX buaNgt…. ada cEw BuGiL… kALo biSa BuGil MaSSaL… haHaAA

  • laily

    friendster itu ap cieh…………………..??? hahahahah πŸ˜‰

  • laily

    friendster itu ap cieh…………………..??? hahahahah πŸ˜‰

  • kakache

    gmn sih crnya ngedaftar di friendster.com. gue penasaran bgt.thanks sebelumnya, maaf merepotkan

  • lia

    gw dah punya fs tapi lupa password, kalo mo bikin lagi gimana,coz ntu aja dibikinin.terangin bikinnya donk, coz,bingung

  • ika….

    iya neh,
    Q jga seneng semenjak da friendster..
    Q jdi gampang berhubungan ma tmen yang jaoh…
    seprti skarng ni…
    Q kangen bangt ma mereka smua..
    Ndy,Nchek,cute,re3,ejak..
    woiii ka kangen ma lenn..
    ka sayang ma Len…

  • Zarkasi

    ada yang punya tutorial buat friendster ga???
    ntar kalau ada kirimin donk!!!!!
    makasih sebelumnya yaaaa>..

  • andi zainuddin

    Gimana caranya bergabung friendster ???

  • asrovi

    thanks atas instruksinya dengan ini aklu jadi tahu tentang frienster

  • wa fs gw bgt tu.. gk bs idup tanpa fs..he2 korban online social networking nih =p
    mas enda btw minta tukeran linknya yach di http://antiteori.blogspot.com

  • INDAH

    duch lUm tW…mZh pUzing

  • hehe… kenal dengan Yuwie ngga?.. nih situs kayak FS… tapi elo banyak temen..banyak klik sana sini (page view).. kamu akan dapat dollar…. bukan MLM lo..tapi duit bukan tujuan..temen yg jadi tujuan..selama dikasih org duit sapa yg nolak… daftar disini nih http://tinyurl.com/2vy6s2

  • ishal_cUte

    Gimana caranya punya temen + alamat e-mailnya?
    tolong kasih tahu…
    Gimana caranya daftar di LinkedIn?
    Coz dari kemarin aq ikutan freindster, mpe karang belum donk donk…
    thank’s ya…

  • rey

    kasih tau cara bikin fs dunk, soalnya tiap chat pada nanyain fs?fs? jadi malu sndiri deh,,,
    nah masalah nya pas mo ngedaptar permohonan nya error mulu,,,jdi gmn nehhh
    tulung bantuin ya???

  • Yoga

    Ooo iya nie Email gua : yogazfk@yahoo.co.id so jangan lupa ya kasih tau caranya jadi member Frienster

  • Yoga

    saya perlu sekali bagaimana caranya daftar di friendster, tolong donk??>thank’s

  • Yoga

    Kasih tau donk caranya daftar di friendster n so jangan lupa di email yach caranya, please yeee secepatnya, thank’s

  • jack
  • joe

    semuanya yang bisa pake atau bikin FS, tolongin aku dong, aku juga pengen punya FS tapi gak bisa buat.tolong ya……….

  • Achmad

    alow,, aq baru tau bedanya itu sama itu ^^.
    tapi ajarin aq dunks untuk buat baru FS… cz aq blom ada FS.. Tq ya…

  • nana

    Mas Enda…
    Gimana caranya punya banyak temen + alamat e-mailnya?
    tolong kasih tahu…
    Gimana caranya daftar di LinkedIn?
    Coz dari kemarin aq ikutan freindster, mpe karang belum donk donk…
    thank’s ya…

  • robiawan2007

    salam, bisa nggak kirim caranya berfrienster ria lewat e-mail ku

  • kid napper

    gue punya skill besar tentang komputer terutama hecking yang jadi hobby gue.mau donk, di ajak gabungan.pa lagi yang berkaitan dengan jaringan kayak gini. oleh karena itu, ama temen-temen gue di panggil kid_napper.’n sekarang kalo emang pesen ini di baca, tolong bales ke alamat E-mail kd_nppr@yahoo.com .ok? tahank’s.

  • kid napper

    gue punya skill besar tentang komputer terutama hecking yang jadi hobby gue.mau donk, di ajak gabungan.pa lagi yang berkaitan dengan jaringan kayak gini. oleh karena itu, ama temen-temen gue di panggil kid_napper.

  • ga ngerti dah gw…. pusing br daftar,,,eh bsk nya kagak bisa…
    huhu capek lahhh

  • dona purple

    kemarin baru daftar tapi besoknya gak bisa di buka lagi padahal daftar di friendster tuuuuu gimana dong

  • thank’s info baru nih….ajarin donk masuk jaringan ini,friendster

  • david ezra :::> JI :::> SS :::> james riady :::> BILL CLINTON, betul sekali teori ini

  • punker

    hai bang enda…
    saya suka daftar di friendster tapi kok pasti email nya vailed seah,pdahal itu emailnya aktif loh…
    tlg ksh tau cara dftr FS,,,kirim ke alamat email saya ,,ya bang…

  • punker

    hai bang enda…
    bang saya suka daftar di Friendster kok pasti emailnya vailed seah,pdahal itu email aktif???tlg kasih tau cara daftar FS ya??
    thanks bang…

  • secret

    hiiii…
    bleh minta tlg ga,gwe kok ga bisa daftar di FS ya??? tlg ksh tau cara-cara dftr nya yah…???? makaseh…

  • kasih tau donk cara daftar ke Frienster, kan mo ikutan juga kaya lo2 pada bisa punya friendster buanyak. Please…..kasih tau ke E_mail Ku Yach !!!! Muach..hhhhhhhhh!!!!!!!!!

  • Kabowl Haggar

    I Don’t want to know n’ I Don’t Care..!!!!
    memekkk..!! gudik…!!! kurap…!! kudis…!!gua emang….!!!

  • fayza

    iya negh…agak” gaptek ma yg kyk ginian bang enda…..bagi info donk!!!!!

  • wah slm yach man.peace

  • alow…semuany….
    kaci tau dong cara buat frienster.
    plizzzzzzzzzzzzzz

  • @lie’

    gmn sih cara mbuat friendster?
    sapa yang tau hubungin gw ya?

  • Ecko

    baek-baek aja

  • soleh

    hallo om enda mo juga dong di invaite di orkut
    eh om aku mo tanya gimana sih cara ngedisaign multi ply saya iri buanget liat multiply temn2x bagus2x buanget
    please ya om

  • sia2

    gue juga pingin daftar friendster tapi ga tau gimana caranya,kasih tau gue dan ajarin gue yah?????trims before,,,,^-^

  • Funny

    Gue pengin banget nich daftar friendster. Tapi gimana caranya? Kasih tahu donk. Soalnya banyak yang tanya gue dah daftar pa belum. Thanks ya………

  • Hoi, Multiply gak disebutin sih….hehehehe, (protes mode ON).
    Tapi intinya interaksi alam maya sangat mirip dengan alam nyata, dan dari multiply juga saya bisa mengenal dunia blogging yang sesungguhnya, pemikiran tersalurkan, dan dapat teman yang banyak, alhamdulillah (kok jadi promosi ya?)

  • Om enda.. invite aku di orkut dong….
    *memohon*

  • gue bnr2 gk tau baru tau dari tmn gue ,ajarin ya2

  • ooo gitu ya….baru tau gw…
    keep posting ya kk

  • klo yg udah bsa daftar friendster kasih tau caranya ya kirim aja ke sini==>vivie_vvv@plasa.com

  • Biangnya ada di sini–>
    http://www.nd.edu/~networks/

  • Kita juga lagi luncurkan website baru, namanya FriendSPOT. http://www.FriendSPOT.net
    Website ini dibuat oleh orang2 Indonesia juga. Ayo ikutan join ke website kita. Disana bisa koleksi foto, bisa punya beberapa foto album, message temen2, group diskusi, dan laennya. Go FriendSPOT! http://www.FriendSPOT.net

  • sayfoed

    i like it

  • Kang Enda, upami tiasa sok lah diinvite ke orkut.

  • Enda,
    Saya cari partner di Indonesia untuk Indonesia.Net — a self-sustaining social network. See beginnings at http://www.malaysia.net and vision at http://www.ryze.com/go/bala
    Interested?

  • hieda

    hee…..sama dong gw jg kagak bisa2 tuh daftar friendster!!!!gmn sih caranya?g ktm2 lho.
    n tolong dong yg tau caranya kasih tau gw di email gw hieda_funcs@yahoo.com
    sapa tau ntar qt bisa ktm disana ok
    tolong dong…………………

  • apaan seh ??? gue perasaan kaga bisa-bisa bikin friendster gitu lho !!!! apaan tuh register? susah amit kayaknya !!! bagi yang bisa, ajarin gue donggg !!! ke email gue yah ? email ke ananda929priska@yahoo. com. gue tunggu lho bantuan kalian. khususnya yang udah berhasil bikin friendster yah !!!!

  • Nanda

    apaan seh ??? gue perasaan kaga bisa-bisa bikin friendster gitu lho !!!! apaan tuh register? susah amit kayaknya !!! bagi yang bisa, ajarin gue donggg !!! ke email gue yah ? email ke ananda929priska@yahoo. com. gue tunggu lho bantuan kalian. khususnya yang udah berhasil bikin friendster yah !!!!

  • aku rasanya tertarik, tapi gimana sih caranya mendaftar. bagus n okey

  • shabell

    gimana c caranya daftar ke friendster? alamatnya dmn?, gw masih blom ngerti juga…Gw pernah ditanyain ma temen, dah gbung ke FS blom?, nnah gue g ngerti dia ngomong apa, jadi berasa paling gaptek aja..

  • rankgy

    knp sech friendster skrg ini jd trend? pdhl gw sendiri ikutan friendster bwt nyari saudara kembar gw yg dulu bwt ketinggalan di aussie. trus knp sekarang friendster jd susah masuk sech? kyknya linkedin bkl gw coba bwt nyari saudara kembar gw itu…

  • rankgy

    knp sech friendster skrg ini jd trend? pdhl gw sendiri ikutan friendster bwt nyari saudara kembar gw yg dulu bwt ketinggalan di aussie. trus knp sekarang friendster jd susah masuk sech? kyknya linkedin bkl gw coba bwt nyari saudara kembar gw itu…

  • ronald

    saya mau gabung,bisa kan.

  • gatra_suteja

    Menggalang persahabat bisa dilakukan dengan banyak cara , apapun nama dan tekniknya tidak menjadi masalah yang penting kita bisa bertukar informasi dalam segala hal yang bermuara pada bagaimana kita menghilangkan perbedaan menjadi sebuah keindahan dikeseharian kita terutama buat bangsa Indonesia ,, semoga jalinan persahabatan ini menumbuhkan rasa satu nusa , satu bangsa , satu bahasa ,,pasti Indonesia dari sabang marauke

  • coco

    salam kenal….buat temen2 semua…

  • Hi dear,
    ak baru tau opo sih friendster….
    nampaknya bagus untuk sarana komunikasi,membangun jaringan dan tukar ide. Gimana menurutmu dik ?

  • iin

    iya gw ikutan orkut jg tuh selain friendster. Tapi yg make orkut rata west asian gtu, jadi gmane gw mo ketemu ama tmn2 gw. Hehe
    anyway, klo ga salah dah ada yg adopt friendster deh, org indo, klo ga salah temanku.com, asli itu yg copy paste abis programnya. Dasar org indonesia, otak pembajak .. haihaia

  • aRieF

    ya ya….gw setuju ama cak Enda,gw gabung friendster dan nemuin semua temen2 lama gw,cuman ada buletin board yang bilang kalo nih friendster ntar musti bayar….bener gak sih????? ( tidakkkkkkkkk>>>>>>>>!!!!)

  • SommerLive

    http://www.temanster.com he he he he he he he
    udah ngga beta ….
    orang indonesia buat langsung sempurna
    lihat aja tulisan betanya dicoret …
    plagiat . wak wak wak

  • Evay

    Wah Bang Enda,
    Aku sudah coba masuk ke Linkedin, rada syusyah. Gimana caranya yah πŸ™
    Boleh nge-add Bang Enda ngk neh.Biasalah memperluas jaringan orang terkenal…he…he…he…he..
    Salam kenal dari Evay.

  • mikael

    gw ngga tau mo ngomong tentang apa…dr segi filosofisnya; yg kita sebut jaringan dlm friendster or etc udah diomongin ama para filsuf modernisme ama postmodernisme,,, yg namanya Capra bicara soal jaringan kya gini loh and yg laennya ngomong soal open society..persis sama dgn yg dipraktekin di friendster … eh.. gw mau donk tulisan apa aja ttg friendster tapi dlm bobot akademisnya ya??? please

  • eh friendster ya.
    gue juga baru daftar kemarin.
    lumayan buat nyari kenalan. siapa tahu ada yag cocok

  • jna

    ada yg unik dari dunia maya…
    kalau underground dunia maya, artinya dia malah open, terbuka buat siapa saja tanpa harus bayar itu, daftar ini, itu, blah blah..
    Kalau underground dunia nyata, adalah dunia penuh eksklusivitas, orang bole masup hanya orang tertentu dan blah blah..
    Unik dan sangat menarik…

  • SommerLive

    he he he ikan lele ade kumisnye

  • Jangan lupa, saat ini sedang dikembangkan juga proyek sosial (baca: iseng) tentang jejaring sosial ini dengan lokalisasi Indonesia, situs ini bernama SOHIB.COM beralamatkan di http://sohib.com. Gabung di sana, undang temenmu dan kembangkan jejarin sosialmu sendiri.
    Enda pun kayaknya sudah join deh.. bukan begitu bapak Enda? hehehe :p

  • dita ajani

    Dear Enda…
    Info lo benar2 berguna buat gue yang kebetulan sedang menulis sebuah artikel tentang hal ini buat cosmopolitan magazine. Thanks for your great info. I Really appreciated a lot!

  • indra

    indra enda budi wati bill gates collin powell arnold schwarznegger mandy moore sultan hassanah bolkiah jaqcues chiraq vladimir putin osama bin laden aristide kim dae jung koizumi (weh jauh ya??) ajarin make frenster dunk!!1

  • wibie

    hihihihi….
    Networking artinya jejaring. bukanya itu bahasa melayu, kalo indonesia khan jaringan… terdiri dari banyak jaring gue baca blog ini krn yayang gwe pengen tau soal friendster. kalo dijelasin ama kata2 rada suseh..makanye aye ngujungi ini blog..si yu

  • hi big, langsung aja ke http://www.friendster.com trus sign up disitu.
    btw ogut dan dapet invitation buat ikutan orkut hehe

  • big

    ikutan friendster gimana sih? langkah-langkahnya kasih tau.

  • hi *ben* orkut sih keanggotaannya cuma _by invitation_ only πŸ™‚

  • Ben

    yg Orkut itu kayaknya blon trima anggota baru… πŸ™

  • bag

    weh, anyar yeuh….HADE!

  • make friendster susah gak sih?.. gue gak mudheng2… kurang neuron kali πŸ™

  • mya

    Maen2 friendster, gue rada ga ngerti gunanya apa heheh paling nemu temen lama doang, trus email2an. Selebihnya mah jiga pameran foto wee :p Linkedin itu bagus teu kang?

  • ciphie

    ciphie enda budi wati bill gates… wawawawawwaa

  • Hi Enda,

    gue juga baru daftar friendster kemarin, dikasih tau sama temen gue. nanti gue invite loe yah. email loe yang di friendster yang mana?

    thanks!

  • Mas enda,..
    Saya bole register friendster nggak ?

    πŸ˜€

  • kalo friendster menurut gue iseng” berhadiah…=) tapi linkedin gue malah baru tau…thx ya…

  • sLesTa

    hidup friendster!! hihi.. gue ampe sekarang masih belom ngerasain advantage nya friendster ini loh.. awalnya karena ada yang invite.. pertama dicuekin trus ada yang invite lagi.. masih dicuekin.. ampe ketiga kali.. gue penasaran.. apa sih friendster itu? akhirnya daftar.. naro foto ngisi ini itu.. tapi gak pernah niat nyari temen.. eh liat2 udah 65 aja temen gue.. hueeraann…!! gimana kalo nyari yah? what a small world indeed it is…:D

  • oalaahh… ini tho yang namanya pak enda. ternyata kita sama2 nulis ttg friendster yah. pantes, daQu disangka copycat.. padahal bentuk dan maxud tulisannya juga beda πŸ˜€

    btw, boleh tidak kalo saya add di jaringan saya? makasih

  • ari firmandi

    gimana carannya ke website “LinkedIn”. thanks.

  • Apa ini gejala sosial bidang perkoncoan jenis baru Nda? πŸ™‚

  • meo

    gue juga dah ikutan di friendster tuh tapi trus abis itu gak pernah diapa2in lagi.. hehehe abisan ga ngerti mo ngapain. πŸ˜€

  • kayaknya hidup di dunia maya menjadi jauh lebih menarik daripada dunia nyata ya?

  • Does friendship last forever? If it does, does it really help? well, most of the times mungkin iya.. walau toh everything is doomed to go wrong, one way or another, i hope frienship stays.. still, i have my doubts..

  • hiddenhate

    gue gak ikut
    kenapa
    hmmm
    kenapa yah ?
    yah
    gak kenapa kenapa
    hehehehe

  • dadang rustandi

    waduh, butet.. aku koq telat ya tau situs ini… bagus..bagus..bagus (kata alm. pak tino), pasti sih banyak temen banyak manfaat, kalo temennya itu laen jenis bisa jadi banyak temen banyak stock ;P

  • xinda

    Cie cie, kasih testimonial ah ke Bang Enda.

  • SyL

    Hi, Nda.
    Syl udah signed up tuh di Friendster, bulan November lalu kalau nggak salah. Cuma tau donk πŸ˜‰ – emak2 gaptek. Mau coba masuk lagi deh, dan coba2 pahami si Friendster ini πŸ™‚

  • sejak ikutan friendster beneran deh, dunia jd berasa kecil. ternyata si A tuh temennya si B yg temennya si C yg temennya si D yg temennya E yg ternyata temen SD!!

  • pip

    Bill Gates masih butuh masuk Jaringan Sosial ya? Didn’t he had enough? πŸ™‚

  • roi

    okeh deh nda nanti gw coba daftar di LinkedIn…kayanya sih asik juga…
    btw itu ‘networking’ kalo di bahasa indonesia-in jadi ‘jejaring’….jigana