Songkran

Songkran Photo Picture Thailand Bangkok
Mulai hari ini, Minggu tanggal 13 April, 14, 15 di Thailand bakal dirayain yang namanya Songkran.
Songkran ini sebenernya adalah Tahun barunya Thai, Thailand New Year. Arti katanya sendiri berarti “moving” atau “passing”, lewat gitu kali ya maksudnya.
Orang suka nyebutnya juga “Water Festival” karena di hari ini, katanya, kemanapun kamu pergi kamu bakal ketemu orang yg bakal seneng banget ngebanjur-banjur kamu. πŸ™‚
Yang dirayain secara tradisional kayaknya sih di Chiang Mai, tapi di Bangkok juga bakal rame, biasanya keramaian bakal terjadi di Khao San Road, pusatnya para backpacker asia, dan juga di tempat2x turis lain kayak Patpong di Silom Road atau Sukhumvit Road.
Buat orang Thai sendiri, Songkran ini kayak lebaran buat orang Indonesia. Walau bukan hari raya agama, tapi di hari ini orang2x pada mudik ke kampungnya, dari jumat kemaren gue udah liat orang2x pada mudik ama keluarganya.
Oya, Songkran juga dianggap sebagai hari terpanas sepanjang tahun. Dan emang gilaaa.. udah beberapa minggu ini emang rasanya hawanya panas banget, dan makin panas ketika mendekat ke Songkran. Mungkin karena panas ini juga makanya orang2x pada nyiram orang lain pas hari Songran ini.
Yang paling menyenangkan buat gue adalah karena kantor libur tiga hari! Gue masuk lagi hari Kamis, tgl 17! Yeeeaa! Kan hari rabunya juga libur ngeganttin Songkran hari pertama yang jatuh hari minggu. I really need some time off! πŸ™‚
Songkran kali ini juga songkran pertama buat gue, jadi gue rada2x excited buat mengalaminya. Istri sih tahun lalu udah liat. Gue udah beli dua pistol air buat nembakin anak2x kecil yg lewat depan gue hehehe.. Keren nih pistol airnya, bisa jauh banget nembaknya. πŸ™‚
Ocreh deh, seperti kata Pliska (naha blog maneh teu make komen euy?), c u around πŸ™‚
Links tentang Songkran:
Bangkok Songkran Festival
Festival Songkran di seantero Thailand
Songkran di Khao San Road
Sejarah Songkran, History, Origin of Songkran