Donor Apa aja yang gue

Donor
Apa aja yang gue kerjain weekend kemaren di bandung? Salah satunya Donor Darah.
Terhitung yg kemaren udah 12 kali gue Donor Darah, dengan interval masing2x (menurut peraturan) sekitar 3 bulanan, 2.5 bulan boleh tapi lebih baik 3 bulan kalo ga mau lemes. πŸ™‚
Rasanya gimana? Biasa2x aja, paling pas diperiksa HB yg ditusuk ujung jari pake jarum ama pas masukin jarum transfusinya ke tangan rada sakit. Gue ternyata rada ga suka sakit :).. PMI yang biasanya gue datangin ya yg di bandung itu di jalan Aceh. Kalo disitu abis donor biasanya dikasih fruity tea-nya sosro, telur rebus sama biskuit2x marie.. ga berubah sekalipun.. hehe.. oya dapet obat penambah darah gratis juga, lupa namanya.
Kenapa gue donor? Hmm mungkin karena gue ngerasa, ini satu2xnya sumbangan nyata gue sama orang banyak. Laen2xnya gue cuma ngomong doanggggg.. hehe..
Btw. darah gue golongan A, katanya sih kmrn pas ngedonor tiap hari permintaan paling banyak gol. A, kenapa juga? Mungkin secara populasi paling banyak orang bergolongan darah A kali ya? hehe.. mkn juga, atau secara statistik mereka paling sering kecelakaan atau sakit? mkn juga πŸ™‚
Dibawah ini syarat2x buat donor darah yg gue ambil dari websitenya PMI yang ga keurus.
SYARAT-SYARAT UNTUK MENJADI DONOR DARAH

  • Umur ; 17 – 16 tahun
    17 tahun boleh donor bila sehat, benar-benar bersedia dan izin tertulis dari orang tua. Sampai dengan 65 tahun untuk donor tetap masih dapat menyumbangkan darah dengan jarak penyumbangan 3 bulan sampai akhir berhenti atas pertimbangan dokter.

  • Berat badan : paling sedikit 45 kg.
  • Temperatur tubuh : 36,6 – 37,5 o C. (Oral)
  • Tekanan darah
    Sistole = 110 – 160 mm Hg
    Diastole = 70 – 100 mm Hg.

  • Denyut nadi: Teratur 50 – 100 per menit.
  • Hemoglobin
    Wanita minimal = 12 gr %
    Pria minimal = 12,5 gr %

  • Jumlah penyumbangan pertahun paling banyak 5 kali, dengan jarak penyumbangan sekurang-kurangnya 3 bulan. Keadaan ini harus sesuai dengan keadaan umum donor