Bagaimana Membaca 100 Ribu Blog Tanpa Berkeringat

sweat.jpg

_Blog and the world blog with you –Anonymous_
Waktu gue mulai ngeblog 5 tahun yang lalu, jumlah blogger Indonesia masih *bisa dihitung dengan jari*. Dan sebagai blogger yang baik, tentu gue selain nulis di blog sendiri, juga rajin ngasih berkunjung ke blog teman-teman lain dan meninggalkan komentar di posting mereka.
Caranya gimana supaya kita tahu ada kalau posting baru di blog teman kita?
Waktu itu cara paling praktis adalah nge-klik-in satu-satu semua blog (blogwalking) yang kita link dari blog kita (blogrolls).
Jadi bayangin, pagi-pagi setelah cek email, gue buka blog jebot gue [skrg masih bisa “diliat disini”:http://enda-aseli.tripod.com/index2.html] dan ngeklik satu-satu alamat blog temen disitu.
Waktu itu, dalam 10 menit biasanya semua udah kekunjungin. πŸ™‚
Blog waktu itu adalah _this social things_. Everybody always knows everybody.
Sekarang, dalam kurun waktu 5 tahun, blogger Indonesia sudah mencapai hitungan puluhan ribu, dari berbagai kalangan, dari berbagai umur dan dengan berbagai cara menggunakan blognya sendiri-sendiri.
“[Pak] Priyadi”:http://priyadi.net/archives/2005/10/13/top-100-blog-indonesia-atau-kira-kira-seperti-itu/, dalam estimasi-nya yang kemudian dia ralat, bilang ada 10 ribu blogger Indonesia. Setelah menghitung-hitung blog-blog di “Multiply”:http://multiply.com/, “LiveJournal”:http://www.livejournal.com/, “Indosiar Blog”:http://blog.indosiar.com/ dan “Boleh.com”:http://blog.boleh.com/, maka jumlah ini diralat menjadi kurang lebih ada *30 ribu blogger di Indonesia*.
“David Sifry”:http://www.sifry.com/alerts/archives/000432.html, pemilik Technorati, mesin pencari blog masih melaporkan dalam laporan ttg blogospherenya April 2006 ini bahwa _ada satu blog lahir setiap detiknya, setiap hari._ Dan *jumlah blog bertambah 2 kali lipat setiap 6 bulan sekali*.
Kalo kita mengasumsikan hal yang sama untuk Indonesia saja [padahal harusnya lebih cepat pertumbuhannya] maka akan ada 45 ribu blog di Indonesia pada akhir tahun ini. _Dan akhir 2007 jumlah blog di Indonesia akan menembus 100 ribu blog!_
Makin banyak blogger, makin bagus. _The more the merrier_. Makin banyak isi kepala yang bisa kita _intip_ dan kita curi ilmunya, makin bagus. Makin banyak suara makin terdengar.
Blog, dalam jumlah sekian, tidak lagi mungkin untuk didatangin satu-satu untuk ngecek apakah ada posting baru atau ga. _Kita butuh alat lain untuk itu._
*Di sinilah _feed_ memainkan peran*. Feed, atau lebih umum disebut “Web Feed”:http://en.wikipedia.org/wiki/Web_feed atau “Web Syndication”:http://en.wikipedia.org/wiki/Web_syndication adalah dokumen berbasiskan “XML”:http://en.wikipedia.org/wiki/XML yang dapat digunakan untuk mengirimkan informasi terstruktur, salah satunya adalah posting blog kamu.
Format web feed yang paling populer saat ini adalah “RSS”:http://en.wikipedia.org/wiki/RSS_%28file_format%29 dan “Atom”:http://en.wikipedia.org/wiki/Atom_%28standard%29. Dan feed sudah jadi bagian tidak terpisahkan dari sebuah blog, seperti juga fasilitas meninggalkan komentar [comment system].
Kalo kamu atau teman kamu ngeblog di “Blogger.com”:http:/www.blogger.com (Blogspot) atau situs penyedia blog lain, maka jangan khawatir 99% dipastikan bahwa blog kamu sudah memiliki Web Feed.
Nah, yang kamu perlukan sekarang adalah sebuah _reader_ atau _aggregators_ untuk membaca *Web Feed* tersebut.
Dengan menggunakan _reader_, kamu bisa _subscribe_ pada sebuah web feed tertentu, baik itu *RSS* atau *Atom*, dan si _reader_ akan memberitahu kita setiap ada postingan baru.
Ada *dua jenis reader* yang bisa kamu gunakan. Yang berupa software yang harus kamu install di komputer kamu [desktop application/based] dan yang berupa layanan web, yang bisa kamu akses dimana aja [web application/based].
Disini, “NewsonFeeds”:http://www.newsonfeeds.com/faq/aggregators, kamu bisa liat list penyedia layanan aggregators/readers baik _web-based_ atau _desktop-based_.
*[Kelebihan dari _web-based aggregators/readers_]* yaitu karena bisa digunakan di *komputer mana saja*, selama ada akses Internet dan browser. Jadi kalo kamu menggunakan dua komputer di rumah dan kantor seperti gue, kamu bisa tetap mengakses aggregators yang sama dan ga ketinggalan posting dari blog favorit kamu.
Banyak pilihan web-based aggregators, gue belum coba semua, tapi sampe sekarang gue pake “Bloglines”:http://www.bloglines.com/ untuk membaca blog-blog yang pengen gue baca dan belum pernah kecewa. πŸ™‚

readers.jpg

Kalo kamu suka melihat icon-icon ini di blog-blog orang, itu adalah aggregator/reader yang populer digunakan, dan kalo kamu pengguna salah satu layanan itu (misalnya Bloglines paling bawah), kamu cuma perlu ngeklik icon tersebut untuk _subscribe_
Trus apa cuma untuk baca blog? Sama sekali tidak, *selama sebuah website menyediakan web feed*, maka kamu bisa _subscribe_ ke feed tersebut dan membacanya lewat aggregator/reader.
Web feed lain juga tersedia seperti pada misalnya, “foto-foto contact kamu di flickr”:http://www.flickr.com/photos/enda/, hasil pencarian di “Blog Search Engine Google”:http://blogsearch.google.com/blogsearch?hl=en&q=indonesia&btnG=Search+Blogs atau di “Technorati”:http://www.technorati.com/search/indonesia, atau bahkan “Ramalan Cuaca di kota tertentu”:http://www.weather.com/outlook/travel/businesstraveler/local/IDXX0022?from=search_current.
List blog yang gue baca sendiri bisa dilihat disini: “Enda on Bloglines”:http://www.bloglines.com/public/enda001
Perhatikan icon XML XML atau ATOM atom.png, atau tulisan *RSS* atau *XML* atau *Syndication* di setiap blog atau situs yang artinya mereka menyediakan sindikasi untuk kamu baca.
Kalo kamu menggunakan *Bloglines*, maka tinggal memasukan alamat blog/situsnya aja, maka mereka akan menemukan alamat dari web feed-nya.
Dan untuk pengguna Blogger.com [Blogspot], maka alamat web feed kamu biasanya adalah *http://[namakamu].blogspot.com/atom.xml*
*THAT’S IT! :D*
Dengan menggunakan aggregator/reader, hidup kita jadi lebih gampang. Ga masalah ada 100 ribu blog, kalo mau, semua bisa kita baca hehe.
*Sekarang cepet register* dan cobain “Bloglines”:http://www.bloglines.com, kalo kamu belum coba.
*[Dan jangan lupa _subscribe_ ke blog ini]*, baik yang blog utama, maupun bagian *Quicklinks*-nya. Hehe. πŸ˜€
Ini alamat feed-nya:
* Blog ini: “http://enda.goblogmedia.com/index.xml”:http://enda.goblogmedia.com/index.xml
* Quicklinks: “http://enda.goblogmedia.com/quicklinks/index.xml”:http://enda.goblogmedia.com/quicklinks/index.xml
Sementara itu gue mau ngeklik-in blog orang-orang lagi ah, satu-satu. πŸ™‚
 

  • broken

    nice info,,:PPPP

  • FeldkΓΌche Gulaschkanone

    bonjou ou gen yon gwo fre sit . Mèsi! M ap di nenpòt moun okenn moun tout moun sou sit paj . !

  • comment terakhir Agustus 2007, sekarang Desember 2007, ya aku tulis comment. Paling gak dibaca sama mas Enda. Dah capek tahunan ngeblog….
    Salam!

  • Wihh uda lama jg ya nih blog.
    Lama n Berguna.
    Makasih ..

  • Google Alert ama bloglines buat aku..

  • mau nanya mas enda, bagaimana sih cara menampilkan headline dari medialain, blog lain ke blog kita?
    terimakasih atas perhatiannya.
    sumedi
    http://medsblognow.blogspot.com

  • Nice Info…. very useful

  • jangan kelamaan mlototin kompi…rusak tuh mata. baca paling yg di blogroll dah cukup…

  • terimakasi mas untuk infonya..

  • izal

    makasih mas atas informasinya mengenai blogger, tapi mas boleh nanya ngk mengenai cara menembus komputer dalam satu ruangan atau workgroup
    atas informasinya trims ya mas

  • Mas enda,
    bisa nggak buat RSS di taruh blog, maksudnya kita hanya pakai templatenya blog doang selanjutnya kita buat RSS dari situs lain
    Karyono

  • yup! aggregator is the best! saiia baru install ‘satu’ di blog saiia. hehee..

  • aku juga pengguna bloglines. Namun tetep aja keringetan karena ada begitu banyak blog yg harus di baca. πŸ˜€

  • waduh, ngelink satu-satu juga capek je…

  • gue pake’ newsgator, nda (dari si OP). tapi subeeettt, lama banged dan suka failed. bloglines gue pernah denger sih. lebih menyenangkankah?
    terus, kemaren nyoba feedreader sih (ini yang lo maksud dengan install menginstall itu yah?), tapi kok kalo’ gue mo’ comment, dia buka site-nya pake’ IE yah? jadi bt πŸ˜€
    kekkekekek… sampe’ sekarnag gue blon ngerti yang syndication2 itu πŸ™ kesian yah gue :((
    ekekekekekek…

  • saya juga sering baca pake feed reader, dari yahoo! tapi masa sih mas Enda “baca seluruh posting” dari semua blog? hehe.
    bukannya ada yang cuma mengecek update dan judul (plus ringkasan) nya aja?

  • sedianya untuk mengunjungi untuk undangan ini, klik nama saya untuk mengunjungi πŸ˜€

  • Boleh juga πŸ˜€

  • English: No
    German: Nein
    Indonesia: Tidak, Bukan, Enggak
    Java: Ora

  • saya mampir kesini siapa tau ketemu artikel tentang corporate blog untuk media relations ***lagi bikin paper***. semakin banyak blog bisa memperluas wawasan!!! *tapi harus pake filter informasi juga*.

  • Makin banyak blogger, makin bagus. The more the merrier. Makin banyak isi kepala yang bisa kita intip dan kita curi ilmnya, makin bagus. Makin banyak suara makin terdengar.

    Gak setuju. πŸ™‚ Karena justru membuat kita harus kerja ekstra keras untuk bisa bertahan di persaingan. Saya nulis tentang ini di http://nofieiman.com/2006/05/blogging-itu-tidak-menguntungkan/
    Saya pernah pakai Bloglines. Tapi lebih suka dengan FeedReader.

  • Mas Enda, saya jadi bisa buat blog, seudah baca panduan dari mas… walau kayanya udah ketinggalan ya..ma… tapi blog saya masih belon optimal nih. Mohon petunjuknya…ya.
    Kalo setiap mampir ke weblog nya mas Enda.. saya tuh suka jadi kepengaruh ama pemilihan kata-kata yang begitu gaul..nya. klo bisa sekalian ajarin bikin kata-kata yang bagus ya…
    Thanxs…

  • *mode spam on*
    teman2, daftar posko di Jogja yang dapat memberikan bantuan bencana gempa dapat di lihat disini
    mohon di informasikan ke yang membutuhkan..
    tq
    *mode spam off*

  • coba bloglines.com pake AJAX

  • abang enda, aku ingin di absen nih, mungkin tulisan saya di bengkeljurnalisme.blogspot.com
    ada manfaatnya buat rekan-rekan penggiat jurnalistik, juga mengucapkan turut berduka cita atas gempa jogja dan jateng semoga diberikan ketabahan.
    abang enda, terima kasih. tabek

  • Enda, blog yang lahir banyak… blog yang mati bagaimana? Kayaknya equally banyaknya, everyday people writes new stuff and everyday people stop writing for good too (in blog)

  • Nda, gue udah bikin blog proses pembuatan film gue yang kedua, sesuai anjuran elo dulu waktu kita ngurusin Joni di Bangkok. He he he he…

  • FYI, mohon bantuan untuk disebarluaskan
    ***
    *Klik helpjogja.net Untuk Komunikasi Pasca Gempa Yogyakarta*
    *Yogya* – Tim HelpJogja yang diprakarsai oleh Arif Pramono dan tim yang
    tersebar di seluruh Indonesia, didukung oleh UGM Peduli yang diwakili oleh
    Bapak Bambang Prastowo (PPTIK UGM) membangun portal untuk media komunikasi
    pasca terjadinya gempa di Yogyakarta.
    Adanya portal ini diharapkan dapat digunakan untuk memantau pekerjaan dan
    kabar terakhir dari voulenteer-voulenteer yang telah berada di lokasi untuk
    dapat segera dikomunikasikan melalui web. Untuk selanjutnya, sedang diadakan
    rekap data korban, yang dilakukan oleh HelpJogja regional Jogja, diprakarsai
    oleh Herman Saksono dan tim.
    Untuk bergabung atau informasi lebih lengkap, bisa akses ke
    http://helpjogja.net/. Informasi bisa dikirim melalui SMS yang
    nomor-nomornya tertera di web, atau melalui email info@helpjogja.net
    Universitas Gadjah Mada membuka posko penanggulangan akibat bencana gempa
    Jogja-Jateng beralamatkan di Bulaksumur A11. Masyarakat donatur dan korban
    bencana dapat menghubungi posko tersebut melalui SMS ke Koordinator Lapangan
    Bapak Deda di 08122694462. Saluran PSTN sedang dalam proses pemasangan.
    Untuk kontak informasi layanan IT UGM Peduli, bisa kontak langsung kepada
    Bapak Prastowo di 08157950791.

  • membaca #28, seperti testimoni produk2 yang diiklanin di tipi, hiihihihih.
    enda rupanya sudah jadi sales bloglines untuk kawasan asia tenggara. πŸ˜›

  • saya mah masih suka blogwalking sajah!
    asik bisa nyasar kemana?
    kalo lagi pengen gak kringetan ya mampir saja di aggregator lokal :p
    tulisannya bagus, pantes mba enda disebut mantan bapak blog endonesa…sekarang jadi “jeng” gitu?

  • sama, gw juga pakenya JetBrains.. Lumayan enak kalo gak connect internet terus 24 jam.. Kalo lagi nyari artikel apa, tinggal masukin di ‘search’ nya dia.. langsung deh keluar semua artikel dari semua blog yg gw donlod

  • rss emang asyik, pake sage, extensionnya firefox, pilih yang satu paket aja deh ;p

  • kalo pake jetbrain omea reader enak juga ya πŸ™‚

  • kalo pake jetbrain omea reader enak juga ya πŸ™‚

  • Yaah, kirain diajarin cara membaca yang heboh.. Ternyata cuma disuruh instal Feed Reader to..
    Saya mah pake Opera aja, udah ada built in Feed Reader’nya πŸ˜€

  • Hi Nda…

  • Mas, eh, Bang Enda, aku udah ikutan bloglines. Barusaaaan aja, setelah baca postingan ini. Wah, hidup perblogginganku jadi kerasa mudah meriah nih sekarang. Matur tengkyu.
    Tanya: itu kenapa ya di beberapa blog yang kusubscribe nggak kedisplay penuh? meskipun udah kepencet display-nya? apakah setelan dari si pemilik blog about the display bisa kita utak-atik?
    (maap ya, maklum pemula nih pemula..)

  • #24,#25 rajin banget

  • #24 good question. why do anybody wants to read blogs at all? πŸ˜€

  • nin

    jadi jam kantor lo sebenernya mulai jam brapa Nda ??? ..
    bangun cekmail, liat bloglines, mandi luluran, pergi kantor, buka bloglines lagi – blogwalking .. makan siang … nerusin blogwalking .. ehhh dah harus pulang kantor deh πŸ˜› *LOL*

  • The question is:
    Why do you want to read 100,000 blogs?

  • *)Iin

    makasih atas infonya nda..gimana kabarnya gaga?

  • tapi tetep kalo mo ngasih komen mesti visit ke blog yg bersangkutan kan? Nah mestinya ada yg mo buat – entahlah apa namanya – semacam “pemberi komen” namun nggak usah visit … heheh
    btw, gue termasuk blogger masa lampau yang sudah tidak pernah dikunjungi lagi oleh enda .. heuahea

  • iya, gue juga pake bloglines, seneng banget banyak fasilitasnya di situ dan mudah utk subscribe pula. Tadinya gue pake mozilla sage, tapi kekurangannya adalah gue pake beberapa komputer susah utk konsolidasi. kalo pake webbased kayak bloglines kapan saja di mana saja bisa. Lantas, bloglines bagus interfacenya utk pocket PC.

  • Saya make BLOGLINES, ama Mozilla Firefox πŸ˜‰ kadang maka Google Reader tapi malah bingung

  • #19 kalo ada aggregator komunitas emang enak, jadi ga usah subscribe satu2x hehe dan memang lama-lama cuma yg “penting” aja akhirnya yg dibaca.

    seperti kata andry, kita juga bisa share file OPML kita [yg isinya blog yg kita subcribe] di share.opml.org

    ini halaman gue di situ

  • Gw malah udah males :d
    Dulu pernah sampai 500, lalu pangkas satu-satu. Sekarang ga lebih dari 30. 3 diantaranya aggregator publik (merdeka, terasi, dan idgmail). Lalu ada beberapa feed yang gw gabung pake Feedblender dan/atau Feedshake. Efisien, enak dibaca kalo gw lagi mobile.
    Btw, gw sharing OPML “gajah bengkak” di share.opml.org.
    Katanya, ada kemiripan sama opml-mu.
    Mungkin karena sama-sama lebih banyak blog lokal atau karena masih dikid blogger indo yang ikutan sharing.

  • #13 ya kalo semua tiba-tiba update tutup aja lagi bloglinesnya hueheuhe

  • ngesubscribe main content, sidebar, comment, bookmark dari satu orang itu menghabiskan terlalu banyak tempat. Sudah saatnya RSS Programming dapat perhatian lebih, dimana RSS URL itu sesuatu yang dynamic, user generated jadi isinya bisa diramu dan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pengunjung.
    http://www.syndicateconference.com/live/38/

  • Saya juga fans berat Bloglines. πŸ™‚ Dan blog-nya Enda, termasuk Quicklink-nya, sudah lama ada di daftar Bloglines saya… (profilenya diset private, though) πŸ˜€ πŸ˜€

  • gue rekomen mozilla thunderbird buat desktop-based reader

  • ini yg serius..
    barusan liat bloglinesnya jeng enda…
    gimana seandainya smuanya itu tiba2 apdet? kan tetep jadi banyak yg harus dibaca? tetep keringetan kan?

  • hidup enda!

  • Waks, ga ada bananaTALK πŸ˜€
    Kalo di Jakarta, gak usah 100 ribu juga tetep keringetan, Nda. Panas!

  • :), ni tumben, maksudnya pencerahan ulang apa ya?…
    btw, memang agaknya masih sedikit blogger Indonesia yg ngerti dan ngegunain feed ini… *hasil pengamatan sekilas selama berinteraksi di Indonesia Muslim Blogger…

  • Yep, Google Reader juga oke, akhirnya kembali ke preferensi masing-masing, atau.. udah terlanjur pake apa heheheh

  • Banyak yang pake Google Reader nggak?
    http://reader.google.com/
    Bagus juga kayaknya πŸ™‚

  • roi

    hihihi promosi nih…tapi boljug…

  • Op

    kalao sayah pake newsgator nda..tapi aneh mun masukin feed multiply tiba2 listna ilang, pas dity ke servernya mereka awalnya jawab2 dengan rajin lila2 henteu, siga na nyaho urang gratisan hihihi…jd ynag multiply henteu deh

  • Tumben blom ada yg ngasih komen, indonesia lagi tanggal merah ya.. πŸ™‚
    Gw selama ini cuman subscribe blog elo yg ini nDa, habis gak tau.. Thanks banget infonya.

  • Minta OPML 50 ribu blog indonesia dong πŸ™‚ πŸ™‚

  • Biar Didats ga keringetan hehe. Kalo yang mau feeds blogger indonesia yang gue baca, ga termasuk blog ini tentunya, bisa di download disini: Download file: BlogIndonesia-Enda.xml

    Save as, trus nanti di bloglines bisa di import.

  • yang bikin keringetan itu masukin satu2 feednya…
    hehehehe…..

  • Thx infonya, cobain ah.. biar ngga keringetan baca blogs di ktr πŸ™‚