Bagaimana Membaca 100 Ribu Blog Tanpa Berkeringat

sweat.jpg

_Blog and the world blog with you –Anonymous_
Waktu gue mulai ngeblog 5 tahun yang lalu, jumlah blogger Indonesia masih *bisa dihitung dengan jari*. Dan sebagai blogger yang baik, tentu gue selain nulis di blog sendiri, juga rajin ngasih berkunjung ke blog teman-teman lain dan meninggalkan komentar di posting mereka.
Caranya gimana supaya kita tahu ada kalau posting baru di blog teman kita?
Waktu itu cara paling praktis adalah nge-klik-in satu-satu semua blog (blogwalking) yang kita link dari blog kita (blogrolls).
Jadi bayangin, pagi-pagi setelah cek email, gue buka blog jebot gue [skrg masih bisa “diliat disini”:http://enda-aseli.tripod.com/index2.html] dan ngeklik satu-satu alamat blog temen disitu.
Waktu itu, dalam 10 menit biasanya semua udah kekunjungin. πŸ™‚
Blog waktu itu adalah _this social things_. Everybody always knows everybody.
Sekarang, dalam kurun waktu 5 tahun, blogger Indonesia sudah mencapai hitungan puluhan ribu, dari berbagai kalangan, dari berbagai umur dan dengan berbagai cara menggunakan blognya sendiri-sendiri.
“[Pak] Priyadi”:http://priyadi.net/archives/2005/10/13/top-100-blog-indonesia-atau-kira-kira-seperti-itu/, dalam estimasi-nya yang kemudian dia ralat, bilang ada 10 ribu blogger Indonesia. Setelah menghitung-hitung blog-blog di “Multiply”:http://multiply.com/, “LiveJournal”:http://www.livejournal.com/, “Indosiar Blog”:http://blog.indosiar.com/ dan “Boleh.com”:http://blog.boleh.com/, maka jumlah ini diralat menjadi kurang lebih ada *30 ribu blogger di Indonesia*.
“David Sifry”:http://www.sifry.com/alerts/archives/000432.html, pemilik Technorati, mesin pencari blog masih melaporkan dalam laporan ttg blogospherenya April 2006 ini bahwa _ada satu blog lahir setiap detiknya, setiap hari._ Dan *jumlah blog bertambah 2 kali lipat setiap 6 bulan sekali*.
Kalo kita mengasumsikan hal yang sama untuk Indonesia saja [padahal harusnya lebih cepat pertumbuhannya] maka akan ada 45 ribu blog di Indonesia pada akhir tahun ini. _Dan akhir 2007 jumlah blog di Indonesia akan menembus 100 ribu blog!_
Makin banyak blogger, makin bagus. _The more the merrier_. Makin banyak isi kepala yang bisa kita _intip_ dan kita curi ilmunya, makin bagus. Makin banyak suara makin terdengar.
Blog, dalam jumlah sekian, tidak lagi mungkin untuk didatangin satu-satu untuk ngecek apakah ada posting baru atau ga. _Kita butuh alat lain untuk itu._
*Di sinilah _feed_ memainkan peran*. Feed, atau lebih umum disebut “Web Feed”:http://en.wikipedia.org/wiki/Web_feed atau “Web Syndication”:http://en.wikipedia.org/wiki/Web_syndication adalah dokumen berbasiskan “XML”:http://en.wikipedia.org/wiki/XML yang dapat digunakan untuk mengirimkan informasi terstruktur, salah satunya adalah posting blog kamu.
Format web feed yang paling populer saat ini adalah “RSS”:http://en.wikipedia.org/wiki/RSS_%28file_format%29 dan “Atom”:http://en.wikipedia.org/wiki/Atom_%28standard%29. Dan feed sudah jadi bagian tidak terpisahkan dari sebuah blog, seperti juga fasilitas meninggalkan komentar [comment system].
Kalo kamu atau teman kamu ngeblog di “Blogger.com”:http:/www.blogger.com (Blogspot) atau situs penyedia blog lain, maka jangan khawatir 99% dipastikan bahwa blog kamu sudah memiliki Web Feed.
Nah, yang kamu perlukan sekarang adalah sebuah _reader_ atau _aggregators_ untuk membaca *Web Feed* tersebut.
Dengan menggunakan _reader_, kamu bisa _subscribe_ pada sebuah web feed tertentu, baik itu *RSS* atau *Atom*, dan si _reader_ akan memberitahu kita setiap ada postingan baru.
Ada *dua jenis reader* yang bisa kamu gunakan. Yang berupa software yang harus kamu install di komputer kamu [desktop application/based] dan yang berupa layanan web, yang bisa kamu akses dimana aja [web application/based].
Disini, “NewsonFeeds”:http://www.newsonfeeds.com/faq/aggregators, kamu bisa liat list penyedia layanan aggregators/readers baik _web-based_ atau _desktop-based_.
*[Kelebihan dari _web-based aggregators/readers_]* yaitu karena bisa digunakan di *komputer mana saja*, selama ada akses Internet dan browser. Jadi kalo kamu menggunakan dua komputer di rumah dan kantor seperti gue, kamu bisa tetap mengakses aggregators yang sama dan ga ketinggalan posting dari blog favorit kamu.
Banyak pilihan web-based aggregators, gue belum coba semua, tapi sampe sekarang gue pake “Bloglines”:http://www.bloglines.com/ untuk membaca blog-blog yang pengen gue baca dan belum pernah kecewa. πŸ™‚

readers.jpg

Kalo kamu suka melihat icon-icon ini di blog-blog orang, itu adalah aggregator/reader yang populer digunakan, dan kalo kamu pengguna salah satu layanan itu (misalnya Bloglines paling bawah), kamu cuma perlu ngeklik icon tersebut untuk _subscribe_
Trus apa cuma untuk baca blog? Sama sekali tidak, *selama sebuah website menyediakan web feed*, maka kamu bisa _subscribe_ ke feed tersebut dan membacanya lewat aggregator/reader.
Web feed lain juga tersedia seperti pada misalnya, “foto-foto contact kamu di flickr”:http://www.flickr.com/photos/enda/, hasil pencarian di “Blog Search Engine Google”:http://blogsearch.google.com/blogsearch?hl=en&q=indonesia&btnG=Search+Blogs atau di “Technorati”:http://www.technorati.com/search/indonesia, atau bahkan “Ramalan Cuaca di kota tertentu”:http://www.weather.com/outlook/travel/businesstraveler/local/IDXX0022?from=search_current.
List blog yang gue baca sendiri bisa dilihat disini: “Enda on Bloglines”:http://www.bloglines.com/public/enda001
Perhatikan icon XML XML atau ATOM atom.png, atau tulisan *RSS* atau *XML* atau *Syndication* di setiap blog atau situs yang artinya mereka menyediakan sindikasi untuk kamu baca.
Kalo kamu menggunakan *Bloglines*, maka tinggal memasukan alamat blog/situsnya aja, maka mereka akan menemukan alamat dari web feed-nya.
Dan untuk pengguna Blogger.com [Blogspot], maka alamat web feed kamu biasanya adalah *http://[namakamu].blogspot.com/atom.xml*
*THAT’S IT! :D*
Dengan menggunakan aggregator/reader, hidup kita jadi lebih gampang. Ga masalah ada 100 ribu blog, kalo mau, semua bisa kita baca hehe.
*Sekarang cepet register* dan cobain “Bloglines”:http://www.bloglines.com, kalo kamu belum coba.
*[Dan jangan lupa _subscribe_ ke blog ini]*, baik yang blog utama, maupun bagian *Quicklinks*-nya. Hehe. πŸ˜€
Ini alamat feed-nya:
* Blog ini: “http://enda.goblogmedia.com/index.xml”:http://enda.goblogmedia.com/index.xml
* Quicklinks: “http://enda.goblogmedia.com/quicklinks/index.xml”:http://enda.goblogmedia.com/quicklinks/index.xml
Sementara itu gue mau ngeklik-in blog orang-orang lagi ah, satu-satu. πŸ™‚