Hal-hal yang seharusnya diajarin di sekolahan tapi ga

choices.jpgReaksi pertama kali gue setiap kali ada sesuatu yang baru *gue sadari sendiri* yaitu “Kok ga ada yang ngasih tau gue tentang ini?” atau *”Kok ini ga diajarin ya di sekolahan?”*.
Mungkin kamu punya pendapat bahwa sekolah bukanlah tempat dimana kamu bisa *belajar segala sesuatunya* tentang hidup, tapi buat gue, sekolah adalah sebuah lembaga buatan masyarakat dengan tugas mempersiapkan anak didiknya agar memiliki keterampilan lengkap yang kemudian akan digunakan dalam kehidupannya bermasyarakat tersebut. (ciyeh hehe)
Dan atas dasar pemikiran itu, gue ngerasa BANYAK banget *pengetahuan penting* yang seharusnya diajarin di sekolah tapi ga diajarin dan kita harus ngerti sendiri atau tau sendiri berdasarkan pengalaman.
Misalnya:
Bahwa ilmu pengetahuan lahir dari *filsafat* dan keinginan untuk mengendalikan alam, sayangnya justru sekarang filsafat malah cuma jadi salah satu cabang pengetahuan, terbukti dengan adanya *jurusan filsafat*.
Bahwa bagaimana pun kamu belajar dengan keras dan cerdas, nilai *akhir ujian nasional* kamu tetep bakal ditentukan oleh barang yang kamu pelajari di mata pelajaran MEKANIKA FISIKA di kelas 3 SMA, yaitu KATROL.
Bahwa _it doesn’t matter what YOU ARE LIKE, what matter is what YOU LIKE_. Seperti kata *Rob Gordon* di “High Fidelity”:http://us.imdb.com/title/tt0146882/ “.. records, books, movies, this thing matters..”
Atau yang menurut gue SUPER DUPER KRITIS dan penting banget untuk dipelajari mekanisme-nya: *Gimana caranya MENENTUKAN PILIHAN*.
Karena terus terang aja, _apalah hidup ini kalo bukannya serangkaian pilihan?_
Setiap saat kita memilih, jam berapa mandi, apa yang mau kita makan, sekolah mana yang mau kita masukin, jurusan apa yang kita mau ambil, siapa yang kita jadiin PACAR, ISTRI atau SUAMI, kerjaan yang kita ambil, blog yang mau kita kunjungin dan seterusnya dan seterusnya.
Tapi *ga pernah*, ga pernah rasanya gue tau ada sekolah yang memberikan mata kuliah atau kelas tentang “BAGAIMANA CARANYA MEMILIH”.
Karena memilih *ga gampang* sebenernya, sebagian besar orang bahkan *ga mampu memilih* dan membiarkan orang lain memilihkan pilihan buat dia. Padahal kalo ada formulasi, kalo ada misalnya, *10 langkah untuk memilih dengan tepat*, kalo ada kursus tentang memilih, gue rasa akan lebih besar presentasi orang yang memilih pilihan yang benar.
Gini lo nak, cara memilih yang benar:
# Mulai
# Tentukan segala kemungkinan pilihan yang ada
# Cari tau sebanyak-banyak tentang pilihan-pilihan tersebut
# Setiap pilihan memiliki konsekwensi, pilih konsekwensi yang kamu suka
# Lakukan pilihan, kalo ragu kembali ke langkah (1) ATAU *tutup mata dan itung kancing*
# Selesai
_See_, ga gampang untuk memilih.
O, ya hal lain yang menurut gue SEHARUSNYA diajari di sekolah tapi ga, adalah:
*Gimana caranya membedakan pemimpin yang bener dan yang ngaku-ngaku sebagai pemimpin.*