Managemen dan strategi Password

password.jpgSepuluh tahun lalu (waktu gue umur 12 tahun hehe) rasanya jarang deh kita denger atau punya yang namanya *password*.
Pengetahuan password rasanya pertama kali tau waktu baca *Trio Detektif*, *Jupiter* atau siapapun yang berada di markas besar Trio Detektif biasanya baru boleh masuk setelah mengetuk pintu-pintu rahasianya dengan tiga ketuk, dua ketuk, satu ketuk ([_well I guess this is some kind of password_]) πŸ™‚
Anak-anak di *Sapta Siaga* juga punya password, buat rapat-rapat rahasia mereka. Harus ngomong apa dulu gitu, baru boleh masuk.
Ga lama setelah itu, *Internet* dan kehidupan elektronik datang dan kok tau-tau hidup kita diserbu oleh password? Untuk setiap kali registrasi sebuah aplikasi di Internet kita harus punya atau menyediakan password.
Ngecek *email* pake password, login *Yahoo Msgr* pake password, login *blogger.com* pake password, login *Friendster* pake password, login ke komputer kamu aja pake password. Semua layanan pake password sebagai mekanisme keamanannya.
Belum lagi kalo ternyata email kamu ada *lebih dari satu*. Email kampus, email Yahoo, email Hotmail, dan ga tau apa lagi, kamu bisa tenggelam dalam lautan password akhirnya. Dan bukan hanya password, biasanya yang lebih celaka lagi, *user name* juga bisa beda-beda, yang alhasil menimbulkan _kericuhan ingatan_ ketika berusaha mencari user name mana yang harusnya pake password mana. πŸ˜€
Nah, masalah ini bukannya ga dirasa oleh para teknologis. Karena sekian waktu yang kita buang buat masalah ini membuat kita kurang produktif dan jadinya SIBUK nginget password-password dan capek terus-terusan login.
Di bidang ini misalnya ada yang namanya “MSN Passport”:http://www.passport.net/, dari *Microsoft*, yang menjanjikan kemampuan login sekali untuk selamanya untuk semua aplikasi. Sayang layanan ini ga laku, lebih karena orang lain pada ga percaya buat nyimpen informasinya sama *Microsoft* :). Beberapa layanan lain juga mencoba melakukan hal yang sama hanya karena satu dan lain sebab belum ada yang sukses.
Apa mau dikata, untuk saat ini kita harus _memanage_ password-password kita sendiri. Dan untuk melakukan ini perlu ada strategi dan manajemen khusus supaya kamu ga gampang kelupaan password.
*Pertama*, adalah _bad idea_ untuk menuliskan password-password kamu apakah itu di email, di kertas, di buku kamu atau dimana aja. Supaya aman, simpan password kamu di tempat yang paling aman, di kepala. Jadi selama kepala kamu tidak terantuk benda keras dan mengalami amnesia, mudah-mudahan password kamu selalu aman.
*Kedua*, lupakan memakai *password* yang persis sama atau modifikasi dikit dari *user name* atau nama kamu. Misalnya user name: *Ateng*, maka jangan pake passwordnya *sok tahu*, karena semua orang pada tau kalo *Ateng itu Sok Tau*
Lupakan juga memakai tanggal lahir kamu sebagai password, itu udah ketebak banget.
*Ketiga*, tentang pemilihan password itu sendiri sebaiknya apa, biasanya dah pada jago ya, umumnya password kita adalah kombinasi huruf dan angka, juga _case sensitive_ (huruf besar-kecil) membantu untuk menciptakan sebuah password. Apakah itu alamat kost-an yang dulu, atau no rumah mantan cewek/cowok atau grup band atau apa gitu hehe.
DAN, kalo yang diatas itu dah beres dibawah ini adalah *strategi password* yang lumayan berhasil yang gue pake:
* Gue selalu make (sebisa mungkin) *user name* yang sama untuk semua login. Ini mengurangi permasalahan _what user name goes with what password_, karena berarti gue tinggal mengingat passwordnya aja.
* Awalnya gue cuma pake *SATU PASSWORD SAJAH* untuk semua login gue. _Apapun loginnya, password andalah itu kuncinya_ (hehe). Ini menyederhanakan masalah banyak, karena gue ga usah nginget2x password lagi, kalo gue tau user name-nya, karena ya itu tadi, untuk semua login, ya pasti passwordnya itu.
* Ketika gue merasa perlu ganti password andalan itu, maka untuk semua login *gue ganti juga* passwordnya, pokoknya cuma ada SATU PASSWORD deh, ini yang gue namakan *STRATEGI PASSWORD TUNGGAL*.
Sayangnya, ini kayaknya *kurang aman*, bayangin kalo sampe ketauan, maka berarti SEMUA login gue bisa dimasuki oleh hanya satu password sajah. Karena itu lahirlah apa yang gue namakan *STRATEGI PASSWORD BERTINGKAT*. (he)
* Dengan strategi ini gue menciptakan beberapa tingkat penggunaan password, tergantung pada *tingkat kepentingan* sebuah aplikasi/login.
* Dibuatlah kategori, *biasa saja (BS)*, *penting (PTG)* dan *penting banget(PTBT)*. Misalnya kategori *biasa saja* adalah email email yang buat milis aja, sedang email personal dan login yang penting banget, seperti misalnya untuk ke setting website ini, diberi kategori *penting* dan *penting banget*.
* Sekarang kalo mau login tinggal nginget aja, ini *penting* atau *biasa* aja nih? Kalo biasa aja, loginnya A, kalo penting loginnya B. Dan kalo pun lupa, apa aplikasi ini gue kategoriin biasa aja atau penting, password yang perlu *dicoba-coba* juga cuma *3 buah*. πŸ™‚
Dan kalo lupa banget, ya gue *ketuk* aja monitor komputernya, tiga ketuk, dua ketuk, satu ketuk. Biasanya lama-lama juga kebuka. πŸ˜€

  • Super nice website – great job.

  • This was awesome

  • bs bantu gw ksh cara gmn buka password di FS yang lupa or diganti sama orang laen..??!!
    please bgt bantuin gw dunk bro…

  • hihihi…jadi senyum2 ndiri nih baca posting-annya…kl saya mah..apapun username-nya, password-nya tetap sama….

  • U_Ni

    qrain ngomongin apaan, eh..kalo password rasanya kaya’ gue bgt dech yg suka salah2 kalo mbuka’nya (habis buanyak modelnya)

  • DOZ

    Gue inget password jaringan gue, password e-mail gue dan password2 lain yang gue pake di internet.
    Yang jadi masalah cuma 1:
    GUE LUPA PASSWORD ATM GUE
    :\
    http://dozdozdoz.cjb.net

  • Ballisera

    Cara yang paling jitu buat ngebuka Password….?????? kirimlah pertanyaanmu padaku…(khusus Programmer !!!!)

  • ridwan

    Coy sekarang kan udah banyak program enkripsi…nah password loe bakal ga kengerti sama sapapun juga…Cont :Qosim jadinya $$%^♂▬!B7╝xc○ nah bingungkan. cuma saran ..^_^

  • ucok

    tidak menarik pembahasannya mendingan bahas gimana caranya membuka passwaord! okee…

  • Ada password tools yang bisa dipertimbangkan untuk digunakan. Lihat dan download di passwordsafe.sourceforge.net.
    Dengan passwordsafe ini kita hanya perlu mengingat satu password saja, yakni password untuk membuka file database password2 kita. Walaupun seribu password berbeda, kita hanya perlu satu password saja untuk membukanya. Jangan khawatir keamanan, file passwordnya di-enkrip dengan algoritma yang kuat.

  • hartono

    sudah saya pijet pijet passwordnya tetapi kenapa masih invalid alias tdk bisa masuk,ini computer yg membuat dan yg menjadikan siapa?saya sebagsai plagiator kenapa ada trouble belajar computer?

  • mas gimna caranya buka file di ms word yg saya lupa passwordnya,please..penting banget nih

  • ricky

    ass Wr Wbsoal psswd y,menarik juga,kalau kaku sih eseringan pake psswd tunggal untuk semua email dan barang2 yang mengunakan psswd abis aku orangnya agak pelupa apa lagi jarang di gunakan y gitu de jadi lupa ngak inget lagi.

  • Password gue : rahasiadongah atau mautauuuaja atau tebakaja

  • aku juga sering bingung kalo masalah password, kayaknya passwordku gampang ditebak, tapi udah terlanjur saya gunakan dengan STRATEGI PASSWORD TUNGGAL,jadi males kalo mau ganti

  • sama bang dengan gue.
    Gue membuat password per category yaitu : email, community, server.
    dan yang paling “fleksibel” adalah password community. Misal nih gue daftar di forum A, kemudian daftar di forum B, daftar di Community Website C – itu passwordnya kemungkinan besar sama.
    Kenapa ? karena saya tidak terlalu percaya dengan aplikasi didalam webcommunity itu. Apa iya password-nya sebelum di-store ke Database sudah di encrypt.? kalau nggak (ada khan yg iseng) bahaya tuh.. heheheh..
    dan lebih bahaya lagi kalau password untuk server, email, dan community sama persis.. yaa berabe lah πŸ˜‰

  • seno

    kang Enda, aku dah lakuin tuh cara satu username dan satu password …tapi jadi engga bisa jailin orang yah .hi…hi…

  • hehehe.. yg ininih yg bahaya. Password gw jebol aja. Duit2 itu bank bisa salah masuk kantong. Syukur2 sih kantong sendiri.. haha..

  • waa *dit* gue sih tergolong yg oke2x aja mo inggris atau indonesia hehe

    *bhima*, monitornya layar hologram ini hehe

    hi *isna*, dicoba semua itu bagus hehe

  • ikut nimbrung ah..kalau aku, udah aku samain passwornya, cuma belum diseleksi kategorinya. kalau lupa…. aku coba semua! untung tidak berlaku aturan “password 3 x salah, account anda diblokir, dan gunakan nomer PUK anda” πŸ™‚

  • wah..pantesan monitor nage edun euy…:P

  • didit

    enda, judulnya salah tuh yang bener Manajemen dan Strategi Kata Masuk πŸ™‚

  • *san_sang*, mendatangkang duit? πŸ˜€

    *siwoer*, ketuk monitor dan jangan lupa sesajen sama dewa komputer hehehe

    *flow*, kalo menurut zainudin mz, intinya adalah pengendalian diri hekehke πŸ˜€

    ho oh *mbang* bisa juga hehe πŸ˜€

    hikhihkhi, ternyata *kang ganda* berkaitan dengan dunia intel euy hekehk

    pastinya *ly*, touch screen, tiap kali dipegang, speakernya bunyi lagu MC Hammer: don’t touch this! hekheke

  • *ucok*, kalo di XP berarti bulet2x item doang doung ya? hekehke

    ah *ninit* sok rahasia nih, ms word aja pake psswrd, isinya cerita jorok ya? hekhekehke

    *dodi*, wah kamu menemukan strategi psswrd baru, password yg ga mungkin diinget! hehe. PSP baca semua, tapi biasa aja πŸ˜€

    jadi temen2x, blognya *aan* yang baru adalah di…. πŸ˜€

    makasih *din* infonya, iya bisa juga pake itu atau google toolbar juga berarti bisa kali ya? πŸ™‚

    hi *yuliana*, makasih dah mampir, bisa tanya pssword sama gue, cuma pasti salah heheh πŸ˜€

    ide password buat *imponk*: 4ntih4ck hihkhik πŸ˜€

    ah masa sih kamu ga tau *hon*? πŸ˜‰

    ah strategi baru lagi dari *serenity*: strategi titip password! hekehke

    passwordnya *alia* apa jadi? passwordtunggal ya? heheh

  • walah canggih *gamal* passwordnya hehe πŸ˜€

    i tought so *sa* πŸ˜€

    apakah *wibi* termasuk orang yg jail? heheh πŸ˜€

    wah selamat ya *nina*! kalo mampir ada suguhan apa? heheh

    ya ampun *tiwi* ternyata menggunakan metoda brute force dalam artian sebenernya heheh πŸ˜€

    *mbak sylvie*, emang ada mandalay ada gibolan? kalo di bangkok adanya gembolan hekehkee

    hi *bhima*, waduh maap komputer saya lcd flat screen di ktr hhuakahaka πŸ˜€

    ah *atta* mentang2x namanya mirip ternyata penggemar ateng juga heheh

    *rom*, PAHILI (!?) kayak sebuah kata afrika ya? heheheh, biar ga pahili lagi, jadiin password aja tuh: PAHILI πŸ˜€

    password buat *mbak chrysalic*: P3LUP4 heheh kalo buat PIN? tanggal lahir tetangga aja hehehe

  • Ngetuk2 monitor? Waaaa… gile di bangkok komputernya udah touch screen semua yah? ck ck ck….

  • gue: “pinjem komputernya yah Ya? mo ngecek imel”
    diya: “pake aja”
    then gue mulai ngetik login name dan password.
    gue: “kok nggak bisa masuk yah Ya?”
    diya: “elo salah ketik password kali, coba ketik lagi”
    Gue ngetik sambil diliatin diya.
    diya nyeletuk: “Yailahhh password aja panjang amat, kaya itelejen aja lo ahhhh”

  • gombang

    Pakai password manager aja. Kayak di Mozilla.

  • wahahahahahaha… jadi sebenernya postingan panjang itu intinya yang terakhir yah? emangnya lampu… πŸ˜€

  • Gw ngikut aja yg trakhir dah…tinggal ngetuk monitor..praktis dan gelis πŸ˜€

  • san_sang

    Bikin comment yang biasa saja tapi tetap dianggap penting apa lagi yang bisa mendatangkan duit itu baru penting banget…:D passwordnya apa nich…

  • Wah.. setuj banget ama caranya mas Enda.
    Aku juga gituh kok.. satu username dan satu password. Dijamin gak lupa, tapi kalau kebobol 1 semuanya bablas =(

  • wah ide bagus tuh yang diatas, memang lebih baik kita nitipin semua password sama satu orang yang kita percaya (contoh : enda) jadi kalau lupa tinggal telpon. berarti yang harus kita inget adalah nomor telpon orang itu. wah good idea, lebih bagus dari trik password bertingkat elo nda (iya kalo cuma 3 lantai- kalo betingkat 31) mau gue patenkan ah idenya *grin*

  • Eh, aku kok ndak pernah tau password kamu sih hon? πŸ™‚ hehehehe

  • bisa nggak password di hack, kelihatannya udah pernah ada? bahas hack password juga doong plizz πŸ˜€ πŸ˜€
    *ketuk tiga kali, monitornya down*

  • wah mas yg satu ini jago password toh..kalo aku lupa password ku bisa donk tanya sana?

  • DiN

    gimana klo pakai roboForm aja?
    http://www.roboform.com/

  • an

    *tampang sebel*
    okeh ! okeh! lain kali kalo saya bikin blog sembunyi2 nama indexnya gak akan pake gabungan huruf dan angka. percuma. ketauan juga sama kang enda. huh!
    bwee…:p~

  • strategi password tunggal masih bisa dipake. lho. misalnya pass utk semua login adalah “89247974sdkltjwrui289572895jl” gituh kan ga mudah ketebak. kecuali emang dibobol kali. WAH! tampak enda juga suka baca trio detektif dan sapta siaga jaman dulu, yah. kalo Pilih Sendiri Petualanganmu suka baca jg ga, Nda?

  • waks kalo gua sih strategi pword tunggal aja nda, abis pernah tuh mo buka ms word waktu itu gua protek segala… eh taunya lupa jadi bt file penting nya ga bisa gua buka… hiks

  • ucok

    Eh nda kalo paswordnya ******* doang bisa ngga yah? maksudnya bener2 bintang2 gitu hehehe

  • chrysalic

    idenya fantaorenz bagus tuh… menyederhanakan orang orang yang pelupa password macam saya…
    satu lagi yang gue selalu lupa adalah nomer PIN… untuk yang ini haram hukumnya menggunakan telpon, tanggal lahir maupun ulang tahun perkawinan… huhuhuhuhu jadi pake apa dong, tanggal Hari Pendidikan Nasional atau Hari Kartini saja ya nek???

  • roi

    iya ya… gw kadang-kadang sok pahili password

  • hehehehe; si ateng sok tahu nyampe sini juga …

  • Satu ketuk…belum kebuka , masih lupa.
    Dua ketuk…udah agak-agak inget dikit.
    Tiga ketuk…PRANGGG..GUBRAK…kebuka juga monitornya, sampe keliatan dalemannya….:D

  • SyL

    Mesem-mesem baca postingannya, since it is happening to me. Lupa password and username – sepertinya harus ditambah minum GIBOLAN πŸ˜‰

  • lha, tiwi kalo’ lagi lupa password malah ngejedot-jedotin kepala… pantes nggak inget-inget yah !
    salah strategi ternyata :p

  • wah…canggih juga ya komputernya diketuk-ketuk udah bisa kebuka…mereknya apa tu??
    eh,stlh sekian lama(2 taon kali ya) melototin blog ini lama2 bikin juga gw..mampir ya…

  • Sensitif nih ngomongin strategi password, bisa mengundang curiosity org yg jail πŸ˜›

  • sa

    mmm.. good idea πŸ˜€

  • contoh membuat password (perhatikan jari saat mengetiknya) :
    – BS : p455w0rd
    – PTG : P455w0rD
    – PTBT : p@5$wOrD