Blogging Glossary atau Istilah-Istilah di dunia Blog dan Weblog

Baru kepikiran kemaren bahwa salah satu yang bikin dunia blog populer mungkin salah satunya karena namanya juga.
Weblog, dari Web + Log, trus kemudian disingkat jadi BLOG yang mana gampang buat di satu-satuin dengan kata lain yang punya makna lain.
Secara natural Blogging, tentu aja aktifitas ngeblog itu sendiri, nulisin blog, posting entry dan lainnya. Sedang Blogger adalah para pemilik Blog.
Blogworld, Blogosphere, Blogland artinya semua kira-kira dunia dimana blog-blog ini hidup dan tumbuh. Ada juga yang namanya Blogrolling atau Blogrolodex atau Blogfriends, yang biasanya ini berarti daftar nama temen-temen blog kita.
Blogdex, diambil dari kata Blog + Index, skrg berupa project-nya MIT yang isinya ngetrack difusi informasi di komunitas weblog.
Blogcensus dan Blogcount adalah usaha-usaha buat menghitung jumlah blog yang ada di Internet. Sedang Blogback punya dua arti, yang satu adalah commenting system sedang arti lain dari Blogback adalah blog-blog lain yang ngelink kembali ke blog kamu.
Di bidang finansial (hehe..) ada Blogshares, ini adalah pasar saham fantasi dimana kamu bisa jualan saham blog kamu. Ada juga BlogStreet, BlogSkins, BlogPatrol, Blogmatcher dan lain-lain.
Nah yang menarik juga dari kata BLOG adalah maknanya setelah dia digabungkan dengan kata kerja. Misalnya kita tahu bahwa Blogwalking dan Bloghopping artinya adalah jalan-jalan ngeliatin dari blog satu ke blog yang lain. Kalo kamu lakukan dengan cepat, maka mungkin ini disebut dengan Blogrunning. Yang mirip dengan ini walo punya arti sedikit lain mungkin Blogreading, yaitu ngebacain blog-blog orang atau blog kamu sendiri.
Coba kita liat ada kemungkinan2x Blog apa lagi yang mungkin bisa muncul.
Blogdating, adalah ketika dua blog (blogger) pacaran. Hahaha.. ayo sapa yang skrg punya pacar berasal dari Blognya. Nah kemungkinan yang muncul dari sini adalah Blogkissing, Bloghugging dan harusnya Blogloving ๐Ÿ˜€
Ex.: Oh I need some blogloving right now.
Kemungkinan yang aneh dan ga mau ngebayangin adalah Blogsucking, Blogf**king dan Blogwhoring (!!???). Dan tentu aja yang mau ga mau bakal terjadi juga adalah :
Blogdumping, ini terjadi ketika Blogdating yang indah berakhir, dan masing-masing Blogger kembali mencari pasangan baru (Bloghunting?). ๐Ÿ˜€
Blogstaring, adalah kerjaan yang rada aneh, karena mungkin berarti kamu bengong bbrp jam ngeliatin blog seseorang.
Blogkidding, adalah waktu kamu becanda di blog kamu atau kamu bikin blog cuma buat becanda heheh..
Ex.: You gotta blogkidding me!.
Kejahatan-kejahatan diperkirakan muncul juga di Blogworld yang saat ini masih relatif aman, walo praktek realnya masih sudah dibayangkan.
Dari yang ringan:
Bloglying, kamu bohong di Blog kamu; sampai
Blogkilling, ketika kamu blog kamu membunuh blog lain, mungkin dengan cara ditikam, Blogstabbing?
Blogkidnapping, penculikan! penculikan! Mungkin ini kalo ada seseorang yg berhasil menculik Blog kamu dan meminta tebusan.
Yang ngeri dan rada-rada creepy adalah:
Blogstalking, ini terjadi ketika ada seseorang yang menguntit (stalking) dan ngikutin aktifitas Blog kamu dengan diam-diam di Blog yang lain. Dia mengkopi entry kamu satu demi satu ke Blog-nya dia. Hiii…
Dan yang terakhir sebelum lupa, ada juga artis luar negri yang pernah ngetop di jaman dulu dan baru aja meninggal, dia adalah Blog Hope.
Hehehe.. ada istilah lain yang kepikiran sama kamu?
UPDATE 08/15/03:
Blogjunkie, dimentioned sama rangga, udah jelas kali ya artinya, yang tergila-gila dan candu sama Blog dan Blogging kali. Yang mirip dengan ini, Blogaddict dan Blogmaniac (dimentioned gombang)
Blogbugs, gimana bisa kelupaan Blogbugs hehe.. ini maksudnya kutu blog (katanya), milis Blogger Indonesia dan sudah melangsungkan beberapa kali Bloggath, kependekan dari Bloggathering, alias kumpul-kumpul Blogger.
Bloginality, weblogger personality. Di site-nya ada test/kuiz yang nebak kira-kira personaliti kamu
Bloggenic, tampak keceh dan keren kalo di Blog-nya heheheh..
Apa lagi ya? Ada kepikiran lagi? ๐Ÿ™‚
UPDATE 18/08/2003:
Blogaholic (erly) dan Bloghead (peaceful) istilah yang kayaknya mirip-mirip sama Blogjunkie dan Blogaddict, intinya yg suka ama Blog banget kali yeee.
Satu lagi juga (dari peaceful), Blogcouple contohnya ini dan ini hekehkhek.. Rada beda ya sama Blogdating, karena udah ga dating lagi tapi udah jadi “couple” dan ngeblog bareng.
Blogscape (rangga lagi hehe) juga sama dengan Bloghood (truegossiper) punya arti yg kurang lebih sama juga dengan Blogland, Blogworld dan lain-lain ya.
Blogchalking, kelewat lagi. Kalo ini lebih buat nandain blog kamu dengan info-info utama, biar kalo ada yang pengen tau atau nyari lewat search engine gampang.
Hehe.. ada yang masih mau nambah?