BlogStreet dan RSS Feeds

Dari banyak blogtools di Internet, salah satu blogtool yang menurut gue keren dan asik (kersik) adalah BlogStreet.
Cobain deh ke BlogStreet, kalo kamu pengen tau “tetangga-tetangga” blog kamu atau blog siapa aja, kamu bisa pake fitur Blog Neighborhood dari BlogStreet.
Kalo kamu masukin URL Blog kamu (lengkap dgn http-nya) di Blog Neighborhood, kamu bakal bisa liat blog-blog tetangga kamu (yg ngelink atau dilink sama blog kamu).
Hal yang kurang lebih sama bisa juga kamu kerjain di Google. Coba di Google, search buat link:alamatblogkamu.com. Nanti, Google bakal ngeluarin website lain (blom tentu blog) yg ngelink ke blog kamu.
Tapi BlogStreet gak hanya itu, kalo kamu pake fitur Blog Profile, selain cuma neighborhood aja, kamu juga bisa nge-vote, nulis review ttg blog itu, bahkan juga bisa liat buku-buku apa aja yang pernah ditulis di blog tersebut.
Tapi.. fitur yg paling asik kata gue dari BlogStreet ini adalah fitur RSS Panel-nya.
Buat apaan sih sebenernya RSS itu? Ada artikel berjudul “What is RSS?” yg ngejelasin apa itu RSS di XML.com. Tapi singkatnya, RSS ini adalah fitur sindikasi konten/isi dari suatu website.
Misalnya kamu biasa ngebaca 10 blog setiap hari, jadi tiap hari kamu perlu ngunjungin 10 blog. Tapi dengan RSS ini, kamu cuma perlu baca satu halaman, dimana entry/post dari 10 blog itu muncul semua disitu. Jadi gampang kan. πŸ™‚
Ini contohnya RSS Panel di blog gue My Stuff, ada lebih dari 10 blog yg gue ikutin yg muncul disitu.
Buat ngedapetin fitur RSS Panel ini kamu perlu sign up dulu di BlogStreet, trus di bagian RSS Panel, kamu masukin deh alamat blog (URL Blog) atau kalo kamu tau alamat RSS Feeds (URL RSS) dari blog yang kamu pengen baca.
Tapi gimana kalo blog yg pengen kamu baca ga nyediain RSS Feeds? Jangan kuatir, kamu bisa buatin RSS Feeds buat blog yang kamu mau di BlogStreet. Di halaman depan BlogStreet, ada RSS Generator, masukin deh alamat blognya disitu dan kamu bakal dapetin RSS Feeds buat blog yang kamu pengen.
Tentu aja, ini juga berarti, kalo blog kamu sekarang belum nyediain RSS Feeds, kamu juga bisa bikin RSS Feeds buat blog kamu disini.
Nah biasanya buat ngasih tanda bahwa sebuah blog nyediain RSS Feeds, blog tersebut bakal pasang gambar di blognya. Sedang alamat RSS Feeds-nya sendiri bisa kamu dapet kalo kamu klik kanan diatas ini dan “copy shortcut“.
Abis itu, Generate HTML Code-nya, dan pasang di blog kamu, dimana pun kamu mau, bisa dihalaman baru kayak gue, atau di pinggir kiri atau kanan halaman blog kamu juga bisa.
Beres deh. Baca blog orang jadi lebih gampang. πŸ™‚

41 thoughts on “BlogStreet dan RSS Feeds”

  1. hmm untuk rss blogstreetnya udah gak bisa lagi pa ya. masih bingung nih tentang rss feed. pak blog saya diijinkan nongol dong di blog link anda πŸ™‚ tq

  2. bang enda…mengapa blog sayah tidak ada di bagian blogger indonesia
    sayah kan juga mau ditaro disitu…hiks2
    eh..bang sekalian numpang tanya(maap kebanyakan)caranya naro RSS display piye ya?kmrn udh register di feedburner?trims

  3. Gak perlu ke Blogstreet jika cuma pengin baca RSS feed. Jika kita nginstall Mozilla firefox (aku pakai versi 1.0 Preview Release)kita bisa langsung baca blog2 orang – termasuk berita2 dari bbrp news provider (misal BBC.com). Di firefox menggunakan tools yg bernama sage. Sayangnya kayaknya sage ini gak bisa baca format atom.xml. Nah selain itu kita juga bisa download FeedReader, dia support atom.xml cuma mungkin gak bisa baca .rdf. Banyak pilihan rss agregator ini. Maksudnya bukan cuma blogstreet punya.
    Aku sendiri cenderung lebih suka sage-nya firefox (terintegrated di firefox), enak., sekali buka browser bisa langsung kemana-mana. Enggak perlu pergi ke Blogstreet dulu kan?…

  4. sama2x mbak rieke πŸ™‚ nanti salamnya ta sampein.

    kayaknya kalo yg ngelink balik namanya blogback ly, kalo neighbourhood, yg ngelink ke kekita, yg kita link, atau yg dia pikir di link ama temen kita hehe..

    tertegun ya dja? πŸ™‚

    hi aan, udah bisa moreovernya hehe, thanks ya.

    gue pake yg gratisan itu boy, dari blogstreet πŸ™‚

    hi eko, disini baek2x, disitu pakabar juga? πŸ™‚

  5. Sekedar nambahin untuk client-side RSS Reader, saya pake NewsDesk. Kebetulan ada reviewnya di sini. Pakabar bang Enda? Makin keren ajah contentnya, I envy you! πŸ™‚

  6. nda. rss parser loe pake apa buat nampilin di web? rss parser gue (made in dewe’) rada2 bego nih akhir2 ini (kayaknya gak kompatibel sama rss 2.0)
    thanks!

  7. alo-alo.. niwei, dah bisa ya gunain moreover ? perasaan dulu pernah nanya deh .. hehe.. nyobain aah RSS-nya.. pantesan sering liat tanda ini.. ini toh maksudnya..

  8. Bener kata sony nda, di blogstreet sering ada blog yang nongol di neighbor kita padahal gak ada link dan sebaliknya… aneh bin ajaib…

  9. terus terang saya bingung dan gak ngerti..tolol ya..xml rss wah GAPTEK abis..udah nyoba yg GOOGLE link itu koq gak mau yah??? :)..
    anyway thank for the tips ttg ITB..salam buwat mba NITA ya……

  10. banyak kok hon tetangganya, udah gue cobain *nah lo* hehe..

    makasih lioni, bentar lagi mau diupdate nih link di sini juga.

    sama-sama tyaz πŸ™‚

    hehe.. perumnas emang masih bikin rss yah lacsar?

    ah masa sih bey? coba aja ketik sendri.. http://www.blogstreet.com

  11. bang, pas klik blogstreet, yang keluar ituh emergic.org getuh, nampaknya weblog punyaan orang indihe. cukup binun pas mo sign in, atau cari RSS generator segala bang.

  12. ah males nyobain ah.. kalo tetangganya dikit kan jadi ngga enak ati trusnya πŸ™‚

    *kasiannn deh gue*

  13. mungkin ngelink juga kali son, tapi linknya nyumput πŸ™‚

    coba deh noy, tapi ada kekurangannya, ga bisa ngasih komen πŸ™‚

    sip, ayo tetap semangat bey! πŸ™‚

    hi velas, grisham gue juga punya semua, kecuali dua yg terakhir, king of torts ama the summon, dan ga ada yg hard cover heheh.. πŸ˜€

    hi thomas, iya gue malah ga tau, udah ta update skrg.

    hihi.. ninit seneng banget, manggil gue cengceng.. kalo nama boysband sih NEW KIDS ON THE BLOG! :d

    Hi win, yo’i feedreader juga ok, yg jadi masalah gue suka kebanyakan masukin yg pengen dibaca disitu, malah jadinya ga kebaca heheh..

  14. Hi nda! pas banget. Gue kemarin baru aja nyoba2 cari tau apa itu RSS dan gimana cara menggunakannya and I enthusias with your article this time. Mungkin yang gue coba kali ini membuat RSS sendiri lalu nempelin di blogspot gue.:)

    Ada cara lain yang mungkin bisa dicoba oleh lo dan juga para blogmania untuk membaca RSS dari sisi Client-Side yaitu menggunakan FeedReader.

    Dengan cara ini setiap kali kita mengunjungi blogmates yang memiliki RSS, kita tinggal adding addressnya ke dalam list di FeedReader lalu membaca artikel atau tulisan blogmates tanpa harus membuka internet client (IE, Mozilla, Opera,dll). Tampilan feedreader hampir sama seperti kita membaca news di newsgroup.

    Untuk memilih tools lainnya mungkin bisa dicoba di Other Tools

  15. oi nda. gue abis baca your stuff nya nih. termasuk wishlistnya…dari wishlist elo, ada 2 yg gue dah punya: Guns, Germs, and Steel: The Fates of Human Societies ama King of Torts.
    yg guns,germs, bla bla bla..itu emang bagus kok. gue juga punya koleksi bukunya jared diamond yg laen. the third chimpanzee. masukin aja ke wishlist elo juga hehehe. semua bukunya john grisham gue dah punya…mostly in hard cover πŸ™‚ btw, nda…buku2 yg elo baca okeh2 juga yah kliatannya smag elo. no wonder u’re smart…hehehe…sama kayak nita juga pinter…wah smart couple banget seeehhh….

  16. ayo berusaha bey! berusaha!!! euhmm..bang enda, nantikan imel2 ku yak bang…heuheu

  17. eh di blogstreet ada blog yang gue ngga link, dan dia gak link gue tapi da garis penghubungnya..
    aneh..

    wah RSS reader loe cepet jugak ya?.
    punya gue koq lelet yah πŸ™ (tadi nya ada di bagian eXperiment ..)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.