Filosofi Matrix

Udah pada nonton kali ya Matrix Reloaded (M2)? Dan kebanyakan orang bilang lebih bagus yang pertama.
Yang kedua ini terlalu dieksploitasi visual efeknya, berantemnya, ketebak ceritanya dan lain-lain. Iya lah ya. Namanya juga sequel, ga ada efek freshness-nya lagi seperti pas pertama kali kita lihat.
Keluar dari itu semua, buat gue minimal, Matrix ini sendiri jadi dalem dan beda karena kedaleman filosofi yg dusulkan film itu ke khazanah realitas kita sehari-hari, yang justru ngelebihin media filmnya itu sendiri. (ciee cieee apaan tuh hehe).
Di Internet banyak banget diskusi yang lahir tentang fenomena pop kultur yang diusung oleh film ini. Terutama hubungannya ama agama-agama dan mitos-mitos kosmologi kuno, kayak cerita dewa2x skandinavia, Loki, Odin dan lainnya.
Di artikel ini (yg keluar setelah M1), Wake up! Gnosticism and Buddhism in The Matrix, dibahas gimana banyak elemen Kristianiti dan Budhisme di film Matrix. Hal ini terutama keliatan dari sistem penamaan yg rada2x biblikal (Trinity, Zion, Apoc, Nebuchadnezzar) dan juga dari storyline si Matrix sendiri.
Yang mencolok adalah resurrected-nya si Neo yang hidup kembali ala figure Jesus. Dan bukan hanya sekali, tapi dua kali. Neo yang idup kembali sebagai sang penyelamat, bisa dipandang sebagai gabungan figure Jesus dan Budha sekaligus.
Artikel itu juga membahas bahwa, walau kehadiran Kristianiti di film itu terasa, tapi secara keseluruhan, yang hadir di film itu bukanlah Kritianiti tradisional yg ortodoks yang kita kenal, melainkan Gnostic Christianity yg justru pandangannya saling bersaing dengan Kristianiti yang kita kenal sekarang.
Di tulisan lain, Matrix Reloaded Explained, berargumen bahwa Neo sebenernya punya fungsi yang sama dengan Loki, dewa kehancuran viking. Walo jahat dan evil, tapi Loki sebenernya bertugas buat menggoyang ke-status-quo-an alam semesta, supaya Odin sang pencipta, bisa membangun kembali alam semesta yang baru.
Odin dalam M2, direpresentasikan oleh si Architec yg bertemu dengan Neo di ujung film M2 dan cerita bagaimana siklus ngebangun-matrix-zion-neo-hancur sudah terjadi 5 kali, dan semua ini dimaksudkan untuk membangun Matrix baru yg lebih sempurna dari Matrix-matrix versi sebelumnya.
Yang menarik lagi di Matrix Reloaded Explained, yaitu menurut dia, M2 sebenernya tengah membahas tentang Free Will dan kemampuan manusia untuk TUMBUH (grow) yg ga dimiliki oleh mesin.
Ngebaca itu semua dan ngeliat kenyataan sehari-hari, coba kita liat sebenernya apa relevansi Matrix Trilogy (jangan lewatkan Matrix Revolution, M3, Nov. tahun ini) dengan kehidupan kita sekarang? Ada proposal valid ga yg coba diusulkan oleh film itu?
Trilogy Matrix bilang kalo realitas dunia kita sehari-hari ini ga nyata. Bahwa realitas kita sebenernya adalah gambar-gambar semu yg dipoyeksiin ke otak kita oleh sebuah mesin besar yg bernama Matrix dengan tujuan supaya umat manusia ga sadar dengan apa kenyataan sebenernya, yaitu mereka sekedar dijadiin batere yg ngidupin si mesin ini.
Well? Ngingetin kamu ama sesuatu?
Program televisi, perusahaan PR, media massa, koran, majalah, IKLAN! FILM! (ironis). Kapankah kita terakhir ngeliat kenyataan atau realitas di media itu? Dan TOCH! Semua image, gambar, visual dan suara dari semua media itu yang nyampe ke 5 panca indra kita, yang sekarang sudah kita anggap sebagai realitas.
Tulisan ini America’s Matrix, menggambarkan kenyataan yang sama tengah terjadi di US. Orang menutup mata dengan fakta dan kenyataan yg ada, karena lebih gampang untuk mempercayai image semu tadi, karena lebih ringan, lebih gampang, lebih bikin perasaan enak.
Persis seperti Cipher di M1, yg lebih memilih hal yang semu di sorga Matrix, daripada kenyataan keras yang ada di neraka Zion.
Trus apa? Apa yang bisa kita ambil? Apa yang pengen disampaikan sebenernya?
Wake up? Pilih pil biru atau pil merah seperti Neo? Lahir kembali ke kenyataan?
Bisaaa.. atau mungkin, minimal, cerita epic trilogi mitos kosmologi-ria ini bisa kita ambil sebagai peringatan.
Peringatan bahwa kadang lebih mudah terlena ama hal yang semu daripada hal yang nyata. Peringatan kalo makin hari proporsi kesemuan kita makin ditentukan bukan oleh kita sendiri tapi oleh suatu MESIN yang nggak keliatan.
Peringatan buat selalu sadar, aware, dan membuka mata, tentang kenyataan yg ada.
Peringatan dan cerita tentang keterperangkapan yang melenakan dalam pengaruh matrix dunia dan tentang kebebasan yg mungkin keras, dingin, ga enak, tapi…. nyata.
Pilih mana?



Buat yang pada antusias ama Matrix bisa dicoba link-link dibawah ini:
Link ke Matrix Filosofi:
The Matrix Philosophy (official site)
Link ke Matrix Blogs:
Hackthematrix
Matrix Essays
Matrix Theories

  • dhany

    Klo emang ‘dunia’ yg kita diami skr ini ‘semu’ berarti Wachowski bersaudara itulah Neo jaman ini, Nda. Knapa? karena lewat film trilogi mereka itu kita disadarin ato minmal dibuat bertanya-tanya :”…Eh, bener gak ya dunia yang gue jalani tiap hari sekarang ini NYATA?..”

  • animatrix lebih menarik kayaknya drpd matrix movie! hehehe.. at least ada 9 orang yang sama2 pusing untuk ngejelasin sebenernya matrix tuh apa sihh… akhirnya lioni agak2 ngerti apa itu matrix.. kayaknya zion deh yang semu.. wakakakakakakaa.. (ga mau lari dr matrix.. enakan di matrix!!!kekeke.. still love keanu’s butt.. so sexy!!! just like jesus. so handsome!

  • sebelum nonton gue udah diwanti2 kalo ni film penuh dg filosofis…

    Ternyata oh ternyata…apa karena otak gue yg lemot ato emang filmnya “berat”, keluar2 dari bioskop gue bengong doank ..kagak ngarti maksud tu film apaan….cuma kebayang eksyen2nya yg keren pisann…

  • wah, pas gue nonton MR, gua juga mikir film ini filosofinya bagus, lebih dalem. Cuma gue lebih terkesan lagi setelah bang enda ngupas tuntas makna filosofinya dg lebih dalem lagi. hehehe.

  • huih huih… yang ditulis enda persis banget sama yang ada di kepala gue… =)

    sip deh. emang buat gue matrix yang kedua ini kalo diliat dari sisi action dan ‘kemudahan dimengerti’ kalah dari matrix pertama. tapi kalo dari sisi filosofi… wah, ini baru film yang ‘nggak ngebodohin penontonnya’…

    jangan dibandingin sama hulk lah… =P nggak level… hehehe

  • roi

    nda…kalo dipikir-pikir lagi…mungkin ente architect blog Indonesia kali ya….:D

  • nda thanx 4 bahasannya..

    would u cek out [separagprah] my point of view dari matrix ini http://jurnal.snydez.com/?lookID=456

  • kasiaaaaan deh gw… sampe sekarang senasib kayak ade… blom nonton matrix… kekekekkk…

    but ulasannya asik banget nda… thanks yaaa…

  • hihi.. sama-sama ya istri πŸ™‚

    sok atuh solat dhuhur dulu bey, kalo ga dimarahin neo lo πŸ™‚

    iya kayaknya keren juga HULK, mkn minggu depan turun di bkk. Tapi kan ga ada diskusi pilosopisnya bukan kalo hulk mah deck? hehe πŸ˜€

    ayo nongton dong de, jangan ke nudist party aja hehe.. πŸ˜€

    weehh ciph.. ada kepengen buat ngerti tuh udah bagus lo hekehkehke πŸ˜€

    iya kan noy, ironis = strikaan πŸ˜€

    woi dja, emang namanya juga pelem yah πŸ˜€

    hi erry, salam kenal juga, mnrt pembahasan, itu sex scene panjang ada maksudnya. bayangin kalo di M3 tau2x ada Neo kecill.. hayoo tambah bingung kan πŸ˜€

    Ini dari website lain, bisa jadi bener banget nih: The questions The Matrix Reloaded raises are more interesting than the movie itself.

    Dua link lagi tentang matrix
    Blog yang ngebahas Matrix abist!
    Transkrip pembicaraan Neo ama Architec ama penjelasannya

  • erry

    gara2 begitu mulai udah disuguhin sex scene trinity+neo (yg perasaan kelewat dipanjang2in), jadi langsung il-feel, ketiduran deh abis itu.
    eeeh, bangun2 pas adegan neo diminta nyium spt nyium trinity. wueks, makin il-feel deh.
    bener2 ngecewain matrix yg ini..

    ps : lam kenal jg bang enda πŸ™‚

  • huh? ..

    dalem banget filosofinya ..

    gue suka matrix yg pertama. yg reloaded blom sempet nonton nih πŸ™

    tapi gue selalu setuju sama mbacotannya keanu: “ini adalah tentang kita mo jadi apa .. mo ambil pilihan apa .. mo terima konsekwensi dari tindakan kita itu apa ngga .. “

    di luar semua perlambangan yang dibahas di sini, kayanya matrix emang sarat dengan sesuatu yg seringkita lupain: untuk apaan sih idup? dan itu, ditanyain dengan enak; dengan efek visual yang memukau ..

    yah, namanya aja film ..
    kalo kehidupan realnya sih .. kadang amit-amit deh! :p

  • yap, ironis πŸ™‚

  • teu ngarti ahh….. =p
    eh pas gue nonton matrix reloaded, pas neo ketemu oracle gue asli ngantukkk bgt, udah mo ketiduran.. pokoknya nonton itu bari jeung teu ngarti tea…

  • hukz..hukz…
    sampe skrg belum nonton….

  • Decky

    Bang.., tapi gw suka ama yang ini..!! Kerenz man! Visualnya tambah okeh!! Tapi Matrix bakal kalah deh ama The Incredible Hulk yang bakal gw tontonin tgl 19 JUni di s’pore!! Yuhuuuu!!

  • obey

    heh, posting jam burapah bang enda? yuhuuu masuk 3 besar neh hakhakhak:p
    blom nonton euy pelemnya:l, tapΓ© baca posting ini, jadi inget blom sholat dzuhur gue!

  • Waa… resume matrix.. Keren deh si abang. Mayan jadi gue ndak usah nyari2 artikelnya lagi. Makasi ya.