Sebab untuk memiliki Blog

Kamu, yang biasa kesini dan sudah ngeblog mungkin ga perlu baca lagi tulisan dibawah ini. Tapi bermula dari pertanyaan salah satu temen gue, “Emang apa sih gunanya punya Blog?” maka mulailah timbul niat gue buat ngelist, emang apa sih gunanya punya Blog.
Mungkin kamu juga punya temen yang pengen kamu convert biar jadi seorang Blogger juga, maka kamu bisa cukup copy-paste “8 sebab utama” ini menjadi email dan mengirimkannya ke temen kamu. Atau tentu aja kamu bisa kirimin ke siapa aja yang kamu mau.
Dengan ini mudah-mudahan yang jadi Blogger tambah banyak dan dunia blog ini tambah rame hehehe.. πŸ™‚

8 Sebab Utama Untuk Memiliki Blog

Buat kamu yang belum tahu atau baru dengar-dengar saja, Blog (kependekan dari Weblog) adalah jenis website (kebanyakan milik pribadi) yang sekarang sering kamu temukan di Internet dengan ciri khas cap waktu (time stamp) disetiap entry-nya, dimana sebuah entry baru (new update) berada di tempat teratas dan kemudian disusul oleh entry-entry/posting-posting sebelumnya.
Jika kamu tertarik dengan sejarah perkembangan dan uraian panjang tentang “Apa itu Blog?” maka kamu bisa melirik tulisan “Binatang yang bernama Blog” di http://www.goblogmedia.com/blog.html. Sedang untuk kamu yang memerlukan panduan awal tentang bagaimana membuat Blog, kamu bisa coba ikuti panduan sederhana “Membuat Blog untuk orang biasa” di http://www.goblogmedia.com/panduan.html
Nah! Tapi buat kamu yang masih kurang yakin, “Apa saya perlu memiliki Blog? Apa gunanya?” maka dibawah ini kamu bisa temukan 8 Sebab Utama untuk memiliki sebuah Blog. πŸ™‚

Sebab 1: Memiliki Blog adalah TANPA BIAYA

Walaupun ini alasan yang mungkin dangkal, tapi benar adanya. Jika kamu sudah tersambung pada Internet maka harga untuk memiliki sebuah Blog adalah gratis. Kamu bisa memiliki satu, dua, tiga atau sepuluh Blog dan semuanya bisa kamu miliki tanpa biaya.
Bagaimana mungkin? Mungkin, karena di Internet kamu akan menemukan layanan-layanan membuat Blog gratis yang disediakan oleh bermacam website. Contoh layanan Blog gratis adalah Blogger.com (http://www.blogger.com). Dengan layanan ini, kamu bisa memiliki Blog hanya dalam hitungan menit dan gratis.
Pusing soal desain?, tidak perlu. Banyak layanan lain seperti Blogskins.com (http://www.blogskins.com/) yang menyediakan desain gratis yang kamu bisa gunakan. Butuh space penyimpanan file? Jangan bingung, ada layanan ruang file gratisan seperti Tripod.com (http://tripod.com) dimana kamu bisa menempatkan file-file kamu.
Ingin Blog kamu lebih interaktif lagi, jangan kuatir ada pemberi fasilitas Guest Book (http://www.signmyguestbook.com/), fasilitas pemberi Komentar (http://www.haloscan.com/) atau fasilitas Tag Board yang bisa kamu gunakan di Internet.
Butuh bantuan dalam membuat Blog? Layangkan email ke komunitas Blogger (para pemilik Blog) di http://groups.yahoo.com/group/blogbugs dimana para Blogger siap membantu kamu.
Intinya, tidak ada resiko dalam memiliki Blog, tidak ada biaya yang kamu keluarkan, dan kamu tidak akan rugi. Memiliki Blog adalah gratis.

Sebab 2: Memiliki Blog adalah MUDAH

Membuat Blog adalah mudah. Contohnya, proses pembuatan Blog di Blogger.com hampir sama dengan proses pembuatan email gratisan di Yahoo! Mail atau di Hotmail. Yang perlu kamu lakukan adalah mengisi beberapa informasi tentang kamu, pilih desain yang kamu mau dan dalam waktu singkat kamu akan memiliki Blog kamu sendiri.
Untuk tahap pertama, kamu tidak perlu mengetahui tentang HTML, bahasa yang digunakan untuk membuat website (walau jika kamu tahu, maka ini akan membantu banyak), kamu tidak perlu piawai di bidang web desain, dan kamu bahkan tidak perlu tahu terlebih dahulu tentang pembuatan website, bahasa pemrograman dan lain-lain.
Yang kamu butuhkan adalah kemampuan dasar untuk mengerti bahasa inggris. Kemauan untuk mengikuti petunjuk dan bertanya serta niat besar untuk memiliki Blog. πŸ™‚ Dengan modal ini dijamin, dalam waktu singkat kamu sudah akan memiliki Blog kamu sendiri, karena membuat Blog itu sangatlah mudah.

Sebab 3: Blog cocok untuk SIAPA SAJA

Karena kesederhanaan konsepnya maka siapa saja cocok untuk memiliki Blog. Kamu mungkin seorang programer yang ingin menyimpan catatan-catatan dan link ke website-website tentang programming. Kamu mungkin seorang jurnalis dimana Blog kamu, kamu jadikan tempat menyimpan catatan liputan yang diedit oleh editor kamu. Kamu mungkin seorang calon penulis yang sedang berusaha mencari keunikan tulisan dan gaya kamu sendiri. Kamu mungkin seorang penyair, atlet, mahasiswa, sekretaris, pekerja kantoran, pengusaha. Blog cocok untuk siapa saja.
Blog bisa dijadikan website yang membahas tentang hal-hal yang kamu sukai saja. Jika kamu seorang penggemar fanatik Sepak Bola, maka Blog kamu bisa kamu didedikasikan untuk membahas sepak bola. Isinya bisa tentang jadwal pertandingan, berita sepak bola, artikel, link ke website-website sepak bola.
Jika kamu seorang Desainer, Blog bisa kamu jadikan tempat untuk menyimpan hasil-hasil desain sebagai portfolio kamu. Jika kamu tengah mencari pekerjaan, gunakan Blog untuk menyimpan resume kamu, setiap saat ada kamu mungkin ditemukan oleh orang yang berminat memberi kamu pekerjaan.
Jika kamu seorang ibu rumah tangga, Blog kamu bisa berupa catatan sehari-hari kamu. Daftar belanja. Hal-hal yang harus dilakukan, catatan hari ulang tahun keluarga, atau catatan harian perkembangan si kecil.
Dan Blog juga bisa kamu jadikan catatan pekerjaan kamu. Jika kamu bekerja dibidang finansial misalnya, setiap berita, artikel, atau website yang berhubungan dengan bidang kamu, bisa kamu masukkan di Blog kamu dan akan dengan sendirinya teratur rapih menuruti waktu dimana kamu mengupdatenya.
Blog cocok untuk wanita, laki-laki, cowok, cewek, anak SMA, mahasiswa, tua, muda. Blog cocok untuk siapa saja, karena kamu yang akan mengendalikan Blog kamu dan menjadikannya apa yang kamu mau.

Sebab 4: Blog memberikan kamu SENSE OF PURPOSE

Memiliki Blog memberikan kamu rasa memiliki tujuan. Ini sangat berguna terutama jika kita seringkali terjebak dengan rutinitas sehari-hari dan merasa seperti kehilangan arah dan tujuan.
Sifat alami dari Blog membuat kamu merasa perlu untuk mengisinya dengan entry-entry Blog yang baru, sehingga Blog tepat dijadikan selingan waktu luang yang tidak merepotkan, katakanlah proyek jangka pendek pribadi kamu.
Memiliki Blog membuat kamu memiliki sesuatu untuk “diurus” dan dipelihara. Sesuatu yang kamu jaga dan kamu lihat tumbuh. Saat kamu memilki Blog maka kamu akan sering menemukan diri kamu berpikir, apa yang akan saya tulis di Blog hari ini? Apa yang bisa saya tambahkan? Mungkin halamannya memerlukan desain baru atau mungkin ada teman kamu yang memberikan komentar pada entry Blog kamu yang terakhir. Kamu memberi Blog kamu makan dengan tulisan-tulisan kamu, dan biasanya tanpa terasa tibat-tiba kamu sudah merayakan 1 tahun kamu memiliki Blog.

Sebab 5: Memiliki Blog melatih kemampuan kita BERPIKIR

Ada ungkapan umum yang berkata, rencana bukanlah rencana jika masih ada di kepala. Rencana menjadi rencana ketika kamu menuliskannya.
Dengan memiliki Blog dan mengisinya dengan rutin maka kamu membiasakan diri untuk memformulasikan apa yang ingin kamu tulis. Dengan cara ini kamu melatih dan menjadi biasa untuk membangun struktur pemikiran kamu dengan baik agar orang lain mengerti apa yang ingin kamu sampaikan. Kamu berencana dan kamu menuangkannya dalam tulisan yang bisa dipahami dengan mudah.
Tidak ada syarat bahwa seorang Blogger haruslah seorang pemikir besar, tapi dengan banyak latihan dan membiasakan diri berpikir dan mengkomunikasikannya, bukanlah tidak mungkin tidak lama lagi kita akan melihat banyak penulis ternama dan pemikir genius yang lahir dari kebiasaannya menulis Blog.

Sebab 6: Blog membebaskan kamu untuk BERBAGI dan BEREKSPRESI

Di Blogland kamu bebas melakukan apa saja. Hanya ada Blog kamu dan kamu sendiri. Apapun yang kamu rasa, sedih, kesal, senang, bahagia, jatuh cinta, putus cinta, ditinggal pergi, meninggalkan pergi, semuanya bisa kamu bagi dan bisa kamu ekrepesikan di Blog kamu.
Seorang sastrawan mungkin butuh waktu berhari-hari untuk menuliskan kalimat-kalimat cantik yang penuh makna. Seorang wartawan mungkin harus sekian kali kembali ke mejanya dan menulis ulang karena tulisannya tidak diterima oleh sang Editor. Tapi di Blogland, apapun yang kamu tulis dan tentang apapun, semuanya bisa kamu tuangkan dengan bebas di Blog kamu.
Kesempatan berbagi dan tempat berekspresi ini, belum lagi ditambah sifatnya yang membebaskan, membuat Blog, bukan saja bisa menyehatkan jiwa tapi juga hadir sebagai medium yang tepat di jaman dimana bisa berbagi dan berekspresi dengan bebas adalah sebuah kemewahan.
Ketika kamu berekspresi, kamu bisa jadi siapa saja di Blog kamu. Kamu bisa berimajinasi liar dan memilih karakter yang benar-benar berbeda dengan karakter dikeseharian kamu. Sebaliknya ketika kamu berbagi, kamu bisa mengungkapkan isi kepala dan hati kamu dengan jujur sejujur-jujurnya pada orang lain dan yang terpenting pada diri kamu sendiri.
Tidak ada editor di blogland, tidak ada guru ataupun pemberi nilai. Apapun yang kamu tulis, ekspresikan dan bagi, dalam hitungan detik sudah bisa berada di luar sana, dan dibaca oleh sekian banyak orang.

Sebab 7: Komunitas Blogger

Setelah kamu memiliki Blog dan menjadi seorang Blogger jangan lewatkan kesempatan untuk menjadi bagian dari komunitas Blogger. Blogger Indonesia sendiri memiliki komunitas yang cukup aktif berkomunikasi satu sama lain. Ada milis BlogBugs (http://groups.yahoo.com/group/blogbugs) dimana kamu bisa ikut bergabung di dalamnya dan juga ada forum Bloggerian (http://forum.bloggerian.or.id) dimana para Blogger memperbicangkan hampir semua topik.
Dua-duanya adalah tempat para Blogger Indonesia berinteraksi satu sama lain selain di Blog mereka sendiri. Kamu bisa bertanya dan minta bantuan tentang Blog kamu disitu, bertukar informasi dan mebuat janji untuk bertemu. Bahkan BlogBugs di akhir bulan Mei 2003 melangsungkan Gathering Blogger Nasional pertama yang dilangsungkan di Puncak, dimana dihadiri oleh sekitar 60 Blogger dari Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan kota-kota lainnya.
Sebagai Blogger, kamu akan menemukan diri kamu mendapatkan teman-teman baru, membaca cerita-cerita para Blogger Indonesia yang tidak saja tinggal di Indonesia, tapi juga di seantero dunia.
Temukan teman-teman blogger baru yang memiliki minat yang sama dengan kamu. Kamu akan menemukan Blogger yang memiliki pengarang favorit yang sama, yang telah menonton film yang sama, atau menyukai jenis musik yang sama.
Memiliki Blog, membuka dunia kamu ke sebuah komunitas yang memiliki ciri khas sendiri, yaitu (hampir) semua anggota komunitas ini memiliki Blog dimana mereka membagi sebagian dari kehidupan mereka di dalamnya.

Sebab 8: Blog adalah “The New Media” di Internet

Setelah dimulai sejak akhir tahun 90’an lalu dipicu oleh adanya layanan memiliki Blog gratis seperti Blogger.com dan peristiwa 9-11 di Amerika, Blog sedikit demi sedikit menjadi media alternatif baru yang diperhitungkan.
Perdebatan tentang apakah Blog dapat menggantikan media-media massa mapan masih terus berlangsung, sedang di media mapan itu sendiri setiap minggu selalu ada artikel baru yang membahas tentang Blog dan perkembangannya.
Dari bentuk awalnya, Blog telah berkembang sedemikan rupa. Di Internet sekarang kita dapat menemukan PhotoBlog (Blog yang isinya photo-photo saja), AudioBlog (Blog yang isinya rekaman suara), ada Blog tentang musik, film, buku, teknologi. Blog tentang media massa, televisi. Bahkan Blog tentang Blog.
Dari seluruh penjuru dunia blogger berdatangan dan memahat jalan mayanya bersama-sama di Internet. Ada kumpulan Blog Asia (http://ricebowljournals.com/), blogger Irak (http://dearraed.blogspot.com), eropa, afrika. Dan dalam berbagai bahasa Inggris, Arab, Spanyol, Indonesia, Sunda, Jawa. Blogger.com mencatat lebih dari 1500 blogger baru mendaftar di layanannya setiap hari.
Blog adalah sebuah fenomena terbaru. Blog adalah bagaimana email di tahun 90-an. Dalam waktu tidak lama lagi, teman kamu tidak hanya akan bertanya, “Alamat email kamu apa?”, tapi dia akan juga menanyakan “Alamat Blog kamu apa?“.
Memiliki Blog karenanya akan jadi identitas kamu yang kamu bagi di Internet. Jika saat ini Rene Descartes bangkit dari kubur, maka ia mungkin akan berkata: Saya ngeblog, karenanya saya ada. πŸ™‚
Jika email adalah kotak pos kamu di Internet, maka Blog adalah gabungan dari rumah, ruang publik, buku catatan, diary dan cermin dari diri kamu sendiri di Internet.
Nah itulah 8 sebab utama untuk memilik Blog dan menjadi seorang Blogger. Jadi, tunggu apalagi? Mulailah membangun Blog kamu dan jadilah seorang Blogger sekarang juga. πŸ™‚ Untuk membantu kamu mulai dibawah ini kamu bisa temuka daftar layanan Blog gratis dari yang sudah disebutkan diatas:
Layanan membuat Blog:
Blogger.com http://www.blogger.com
Web Crimson http://webcrimson.com/
Live Journal http://www.livejournal.com/
Pitas http://www.pitas.com/
Xangan http://www.xanga.com/
Blog City http://www.blog-city.com/
Layanan Desain Weblog:
Blogskins.com http://www.blogskins.com/
Layanan penyimpan file:
Tripod.com http://tripod.com
Geocities.com http://www.geocities.com
Layanan Guest Book:
SignMyGuestBook http://www.signmyguestbook.com/
Layanan fasilitas pemberi Komentar adalah:
Enetation http://www.enetation.co.uk/
Blogkomm http://blogkomm.com/
BackBlog http://www.blogextra.com/backblog/
Haloscan http://www.haloscan.com
YACCS http://rateyourmusic.com/yaccs/
Layanan Tag Board:
Tag Board http://www.tag-board.com/
Flooble http://chatter.flooble.com/
Doneeh http://www.doneeh.com/

  • Rosa Mariany

    Biar telat yg penting ga berhenti belajar yah hehehe…. soalnya banyak yg masih dlm rupa coretan kertas and blm dipindahin ke dlm blog, bang Enda! Susah cari waktunya!

  • waahhh makasii infonyaaaaaa

  • bang Enda, tolong dong saya blogger pemula. bantu saya panduan lengkap utk nambahin guestbook dsb di blog saya. Kirim aja ke email saya ke suckspistols@yahoo.com
    atau siapa aja deh yang mau bantu saya.

  • Mas enda, artikelnya dimuat di http://www.majalah.web.id/ , tapi kok gak ada kredit ke mas enda-nya ya. Gak ada tulisan mas enda penulisnya.

    Gak sopan tu majalah.web.id mumat karya orang tanpa ngasih kredit ke si penulis…

    sekedar info aja mas… :). Siapa tahu mau ditindaklanjuti.

  • *makin kagum*
    (hebat euy. kalo gue yang bikinin bukunya gimana kang? πŸ™‚

    btw,
    thanks infonya di mail. i’ll reply as soon as i can (baca: mo nanya lagi) hehehe

  • Hmmm…gue ama beberapa temen blog…rencananya mo bikin portal yang salah satunya nyediain layanan free template buat blogger dan tool laen (yah mirip2 blogskins) plus beberapa tutorial ama opensurce… mohon bantuan dan saran…

  • hihihihihihi….. no comment deh…
    abis dah banyak comment diatas…..
    idem……

  • iqbal

    bang enda ..
    bener bener elo bikin gue terharu ..
    sampe mau2nya mikirin yang kayak gini ..
    nanti kalo saya jadi pejabat negara ..
    selain membela kepentingan rakyat, saya akan memperjuangkan anda menjadi pahlawan nasional kita ..

    hebat euy !

  • jadi bog tuh rada-rada mirip sama tamagochi ya pak… tiap hari mesti kita liat.. kita rawat… biar terumat.

    πŸ˜€ saya sudah kecanduan tamagoblog

  • UAS opo iki maksudne perempuan itu? πŸ™‚

    yg ini maksudnya buat yg baru mau ngeblog ban, jadi yg gampang2x dulu, btw doneeh ada tuh kok, gue list πŸ™‚

    thx han πŸ™‚

  • Temen-temen gue yang lagi gue “racuni” buat ngeblog pasti gue suruh ngecek site/blog ini hehehe…

  • hanzky

    good ones nih nda’…gue blom baca semua sih, baru point2 nya aja..ini baru mo baca dulu lengkapnya..hehe

  • Tambahan: buat tag-board, layanan gratis bisa juga diperoleh dari zonkboard, commenting system doneeh dan squawkbox. Bang Enda tambahin juga info-info soal blog engine kayak pmachine, b2, wordpress, MT, greymatter, etc.

  • jadi UASnya kapan, pak? πŸ˜›

  • hehe yudh, ini mah bukunya gratisan, tinggal di liat aja di blog πŸ™‚

    hihihi sles, ayo plg ke indo, buat sekolah “MBA”, nanti saya boleh ngajar yah πŸ˜€

    yep roi, kayaknya emang blogger masih paling ok, kalo buat gratisan sih πŸ™‚

    trus tempel di dinding kamar ya ciphie hekehekehk πŸ˜€

    iya memang dez, karena saya memang termasuk unggas, suka bertelor πŸ˜€

  • wua muncul muncul langsung menelorkan sesuatu yang brilian gini πŸ™‚ πŸ™‚

  • udah di print. πŸ˜€

  • roi

    ikutan ah….setelah survey sejenak ke enam website yang ada bolg gratisannya…ternyata emang selama ini cuma blogger yang masih gw suka…ada dua hal yang ngebuat gw suka…simpel banget dan desainnya juga nggak jelek-jelek amat…
    di webcrimson kayanya cocok buat yang udah lumayan gape soal internet…
    di live journal…asli urang teu ngarti gimana mulainya….
    pitas..hmmmm lumayan lah tapi templatenya minimalis banget….
    xanga juga boljug….cuma banyak pesan sponsornya yang diikutin di blog kita…
    terakhir yang di blog city….mmmmm kaya’nya nggak se-pribadi di blogger deh……
    tapi sekarang blogger lagi kadal…hiks….

  • duh lengkap sekalii nih pak enda… sepertinya udah lulus MBA juga nih anda.. hihihi..

  • Kang, bab 1 – 3 kan udah
    tinggal 1 bab kesimpulan nih πŸ™‚ jadi deh buku …
    saya mah bantuin bagian Ucapan terima kasih sajah .. heheheh

  • makasih thomas kalo emang suka πŸ™‚

    hi felisha, yg english speaking dah banyak blog, ini biar orang indo makin rame aja ngeblognya πŸ™‚

    ihh ninit gitu yaa *apa coba* heheh..

    thx tomi, boleh juga kalo emang bikin yg ngeblog makin banyak ya πŸ™‚

    thx lacsar, u enchanted boy, u. heheh… πŸ˜€

  • enchanting artikel as always πŸ™‚

  • bener kata si an, bikin buku aja mas, ttg blog selengkap lengkapnya, dari mulai sejarah sampai layanan2 bikin blog

  • gw punya blog krn stlh liat blog nya enda jadi ih mau dooong…
    πŸ˜‰

  • Harusnya buat english versionnya sekalian nih πŸ˜€

  • *waaaa… saya suka tulisannya… -keplok-keplok*

  • *mlongo sambil tepuk tangan*.. salut om…

  • ayo erly! yg semangat ya pemanasannya! heheh πŸ™‚

    srius, gue kan anaknya srius, ga pernah garing hon πŸ™‚

    kalo gue ngeblog diary lo, gimana cok? lo marah ga? heheh.. πŸ™‚

    sebenernya bukan repisi ini bey, beda lagi aja maksud dan tujuannya πŸ™‚

  • obey

    adamacam tambahan begetuh jendral

  • ucok

    blog itu kaya diary, bedanya cuma kalo diary dibaca orng laen yg punya marah, kalo blog malah seneng…he..he..makanya ditaro guestbook segala…(dari pemerhati blog)

  • eh, jadi juga bikin beginian. Gue pikir bakal ala garing gitu.. ternyata ala serius ya ini mah πŸ™‚

  • enda…… enda….

    *geleng2 kepala*

  • nah ini mya yg mana? heheh πŸ™‚

    kalo mau pesen langsung bisa kok an, diskon 50%, harga pengiriman gratis heheh..

  • an

    nanti lama2 pas saya jalan2 ke gramedia, tiba2 ada buku “memulai sendiri blog kamu” karangan bapak enda di rak. buset. πŸ™‚

  • mya

    Hey.. ini Enda mana ya? Seperti pernah tau.. tapi mungkin salah. Kalo bener, gue mya.. masih inget? kalo salah.. ya never mind.. hehe drpd malu πŸ™‚

  • no problemo noy, seneng kalo bisa bantu πŸ™‚

    bentuk repisi gimana maksudnya bey? πŸ™‚

    hehe gapapa mbak rieke, nanti deh bisa diapus kok. πŸ™‚

  • aduh maap ya koq banyak banget,…maaf banget gak sengaja

  • HIDUP BAPAKnya BLOG, sayah adalah salah satu korbannya, tapi memang enak koq ngeblog,walau kadang2 sayah kehabisan ide

  • obey

    salah satu bentuk revisi yak Bang enda, not bad bro’ heuheuheu

  • hihihi… gue sendiri udah merekomendasikan ke orang2 panduan membuat blog untuk orang biasa-nya enda berapa kali ya?

    sekarang ada yang baru lagi. hehehe
    thanks,da!

  • Hehe.. boleh, kenapa ga nuke πŸ™‚

  • Nuke

    Bener nich boleh di-copy paste ke email ?