Bulan Puasa

Bulan puasa bentar lagi datang. Buat gue ama istri kayaknya ini pertama kali kita bulan puasa bareng sama-sama tapi sendirian. Tahun kemaren, gue masih kerja di jkt sedang dia di bdg, dan di bdg juga kalo ga tinggal di rumah gue, kita tinggal di rumah istri. Jadi biasanya selalui ada yg lain buat sahur/buka bareng.
Dan karena kayaknya kita berdua ga mungkin balik sebelum lebaran ini maka tahun ini adalah pertama kalinyanya gue berbulan puasa ama lebaran yg ga akan ketemuan ama ortu. Lucu juga karena skrg gue punya perasaan kangen, padahal waktu masih serumah ama ortu, kayaknya kadang2x banget perasaan itu datang. 🙂
Tapi kayaknya puasa disini ga lebih berat dari di Indonesia lah. Sama-sama aja. Waktunya sama, cuma mungkin kebiasaannya yg bakal ga ada yg bikin kangen. Dulu biasanya bangun sahur, makan, nonton ceramah di tv (kadang sambil tidur :)) trus solat subuh bareng, baru tidur lagi. Buka juga gitu, tajil bareng, sholat magrib trus, makan bareng.
Dua tahun terakhir gue punya kebiasaan sendiri juga. Maen atau buka bareng ama temen2x kantor, karena gue udah di Jakarta.
Iedul Fitri kali ini yang kayaknya bakal bener2x beda. Mana disini ga libur lagi, berarti gue masih tetep harus kerja. Hmm mungkin bisa sholat ied bareng di KBRI. Kita liat aja.
Yeah, kebiasaan datang dan pergi. Kita cuma harus buat kebiasaan baru aja. Wait, I feel a quote is born:
Hidup adalah kebiasaan-kebiasaan yang berubah. – enda –
Hehe..
Hmm harus lebih baik nih bulan puasanya. Kayaknya dari kecil ampe sekarang yg gue bisa baru puasa lapar ama haus doang. Suusaah banget rasanya mau bener-bener latihan menahan diri di semua segi. Well mungkin suatu saat. Tapi tentang ini lucu juga kalo ngebandingin bahwa setiap agama rasanya punya minimal satu ritual tentang “menahan diri” inii, bahwa gimana orang yg mampu menahan diri posisinya lebih mulia daripada mereka yg nggak bisa menahan diri.
Oke anyway, liat link ini buat Do’a-do’a Bulan Ramadhan, siapa tau mau belajar2x lagi buat yg puasa. Dan.. ngomong-ngomong, mulainya kapan sih? Rabu tanggal 4 atau Kamis tanggal 5? Ada yg mau ngasih tau?