After the bomb

Some rants after the bomb (or should I say bombs?):

  1. Banyak banget teori dan berita yang berkeliaran, terutama di Internet. Gue ga bisa ngasih link jelas, karena bbrp diantaranya berupa email. Ada yang dapet bocorannya Badan Intelejen Negara RI? Gue dapet, heran bisa nyampe Internet, tapi kalo ada yg mau ntar gue email. πŸ™‚
  2. Beberapa diantara Teori itu tentu aja nuding bomb di Bali itu bagian dari konspirasi dunia terhadap gerakan Islam, yang sederhana cuma bilang kalo ini mau ngaduin Islam ama Hindu di Bali. Ada yg lain yg bilang kalo ini kepentingan US buat ngeclearin jalan buat nempatin tentaranya di Indonesia dll. Ada yang juga bilang kalo ini juga konspirasi pemerintahan garis keras Australia, mengingat korban paling banyak adalah warna negara Australia.
  3. Ini ga termasuk teori bahwa si teroris ngikutin deret itung itu lo, yang tambah satu semua. setelah di WTC 11/09/01 skrg di Bali 12/10/02.
  4. Mana yang bener gue juga ga tau? Yg pasti kalo mau mikir sederhana sih, coba pikirin siapa yg dapet untung dari kejadian ini? Langsung atau ga langsung. Bikin listnya, trus hapus satu demi satu yg ga mampu atau ga bisa melakukan itu, nah sisanya, walo ga mungkin, ya itu pelakunya. *ala hercule poirot* πŸ™‚
  5. Mikirin siapa yg diuntungin aja rada susah sebenernya karena, kayak Thailand aja, pasti untung karena Bali di bomb, orang turis pada kesini jadinya, tapi apa mampu dan keniatin ga ampe ngebom segala, nah itu yg ga pasti.
  6. Yang pasti banyak pihak sebenernya udah dapet Warning bahwa bakal ada *sesuatu* di Bali di minggu kemaren. Pemerintah Taiwan udah tau, hari ini gue baca kalo PM Howard-nya Australia juga udah tau, apa ada yg dikerjain setelah itu kita ga tau.
  7. Laskar Jihad bubar. Berhubungan? Gue ga tau juga
  8. Belum lagi teori tentang kejadiannya itu sendiri. Di berita sih dibilangnya C4 yg mana Indonesia ga punya atau ga bisa bikin, tapi siapa yg pake belum tau juga. Ada teori lain yg bilang kalo itu adalah Micro Nuclear ?? (baca disini lengkapnya) siapa yg tau?, gue udah nonton Clear and Present Danger-nya Tom Clancy sih, jadi gue pikir ya bisa aja
  9. Kesimpulan, ada dua alur pemikiran yg berhubungan: (1) Siapa otaknya, siapa yang berkepentingan? Dan (2) siapa yang melakukan? (3) Berkepentingan terhadap apa? Apa tujuan dari pemboman itu? Ini rada-rada tricky kepentingan terhadap Indonesia? atau Islam/Muslim?
  10. Dari sisi lain tentu aja banyak omongan juga bahwa serangan ini put Indonesia on the map. Di koran di Bangkok, Indonesia terus2xan di halaman depan. Kalo sebelumnya ada yg ga tau kalo Bali itu bagian dari Indonesia, skrg udah pasti tau.
  11. Ini termasuk blogger-blogger Indonesia, terutama yg nulis pake Bahasa Inggris. Blognya Pak Joe di link ama banyak Blogger. Blognya Farid di mentioned di Weblog Central-nya MSNBC sbg “Clearly, Farid was already not a big fan of Bush or the United States, and this attack hasn’t changed his mind..“. Ya tentu aja lah, kenapa juga jadi berubah pikiran gara-gara pemboman itu ya Rid? πŸ™‚
  12. Ayo dong ada yg bikin logo atau apa gitu yg nunjukkin kalo kita Blogger Indonesia ini juga mengutuk segala tindakan terrorisme dan turut berbelasungkawa atas semua korban yang jatuh.
  13. Yang mau ngikutin berita International terus tentang Bali, bisa liat kompilasi ini yg disediain ama Google News.
  14. Link What Really Happened ini juga lumayan buat dibaca-baca buat berita dari alternative media sbg perbandingan dari mainstream media aja
  15. Priska bilang the terrorist message is get a life! Yeah get a life while you can, cause it so precious. Yang belum nyatain ama kecengannya cepet-cepet nyatain deh, belum tentu besok masih bisa ketemu hehe.. Tom Clancy pernah nulis setelah 9-11 kalo salah satu tujuan terrorist adalah ngerubah tatanan kehidupan yg udah ada. Kalo kita berubah, berarti terroris itu udah nyampe ama tujuannya. Gue propose kalo kita berubah, tapi berubah ke yang lebih baik. Kenapa ga? Let’s get a life together, get a better life!. Capek ga sih ribut-ribut terus. Mudah-mudahan negri gue dan kita semua ini bisa lebih baik kondisinya di hari-hari kedepan ini. Amin.
  16. Gue selalu cinta negri ini, tapi tidak negara ini.