Small Fish Big Fish


Setelah 3 tahun lulus kuliah ini, ngeliat temen-temen gue dan gue sendiri, masing-masing pada mulai sibuk ama kerjaannya. Ada yang kerja di perusahaan gede ada juga yang jadi boss sendiri di perusahaan sendiri yang dibangun ama temen-temen lain.
Ngomongin soal ini biasanya terus suka keinget sama kalimat “Lebih baik jadi ikan besar di kolam kecil, daripada jadi ikan kecil di kolam besar“. Yang kira-kira artinya, ya mending kerja sendiri atau jadi boss buat diri sendiri walo perusahaan tempat kamu kerja masih kecil, daripada kerja di perusahaan multinational misalnya, tapi jadi kacung.
Hehe.. Gue rasa sih ga ada yang bener ga ada yang salah. Semuanya keputusan masing-masing, dan seringkali gimana karakter orangnya. Cuma ada beberapa hal yg kepikiran ama gue akhir-akhir ini.
Kalo kamu jadi “ikan kecil di kolam besar” kemungkinan besar kalo kamu orangnya bener, dalam beberapa tahun kamu udah bisa jadi “ikan besar“, atau minimal “ikan sedeng” deh :). Dan saat kamu jadi “ikan besar” ini, kamu bakal jadi “ikan besar di kolam besar” dengan segala benefitsnya.
Sedang kalo kamu mulai dari “ikan besar di kolam kecil“, segede-gedenya “kolam kecil” kamu, rasanya tetep susah bisa sama gedenya sama “kolam besar“. Karena “kolam besar” itu udah jadi besar dalam kurun waktu puluhan tahun dan dengan modal yang ga tau datangnya darimana.
Jadi.. kamu termasuk yang mana, atau pengen jadi yang mana? “ikan besar di kolam kecil” atau “ikan kecil di kolam besar“?
Kalo priska sih gue tau jawabannya: “Hancurkan semua kolam dan mari kita masak semua ikan-ikan itu baik yang besar maupun yang kecil!” hakhakahka…
Kalo gue? Gue sih mau jadi “ikan besar yang keluar dari kolam dan jalan-jalan ke Disneyland“.. hehehe..

13 thoughts on “Small Fish Big Fish”

  1. to ilsa: THC mah bukan kolam ikan kali sa, belut mungkin? hehe..

    to pliska: baju gambal ikan? sementara cukup sofa gambal ikan aja dulu ya plis πŸ˜‰

  2. Kalo dulu, waktu gue masih kerja di THC, itu apaan ya ‘Nda? Ikan kecil di kolam besar, atau ikan besar di kolam kecil, atau ikan kecil di kolam kecil??? Ngga jelas, emang kantor gue yang dulu itu… Isinya orang2 ORBA semua…

  3. Emang ikan bisa jalan2 ke Disneyland ya?? baru tau tuh…:) Ntar kalo mau ke Disneyland, mampir sini ya… Kali aja bisa gua goreng tuh ikan, atau gua pepes… πŸ™‚

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.