Milis-Milis Kemana Mereka Pergi – #YahooGroups

Selain hari Sumpah Pemuda, tgl 28 Okt ini juga adalah hari terakhir user bisa mengupload konten ke situs Yahoo! Groups.

Dan nanti mulai Dec 14, semua konten yang tersedia di situs Yahoo! Groups akan dihapus, dari database, photos, calendar, files dan macem2x lagi.

Milisnya akan tetap ada, tapi semua milis akan berubah jadi private dan diakses via email aja, jadi situs dan storagenya ga lagi centralize tapi di email client masing-masing.

Milis pernah jadi “media sosial” awal di Indonesia, media tempat kita berinteraksi sosial.

Sebelum masa reformasi di masa ORBA, milis apakabar jadi salah satu tempat aktivis bertukar informasi dan sharing, laporan kronologis aksi pertama kayaknya beredar di milis itu heuheuheu ?

Milis ITB dan milis student ITB dulu juga rame, penuh dengan perdebatan dan berbagai macam topik

Di tahun 90an akhir hingga 2000an – milis jadi media di mana kita bisa mengikuti berbagai macam topik yang kita suka, sambil ketemu dengan berbagai macam tokoh dan “influencers

Untuk jadi buzzer waktu itu tinggal cc email ke berbagai milis sekaligus ?

Untuk beraktifitas di berbagai milis waktu itu email gratisan (dari Yahoo! juga) jadi medium pilihan, sayangnya kapasitas email nya waktu itu hanya 3.5 MB (gasp!) ?

Makanya waktu GMAIL muncul dengan 1GB kapasitas email, maka email Yahoo tinggal tunggu waktu aja, dan di GMAIL waktu itu ada milisnya juga (Google Groups) yang melahirkan milis legendaris seperti ID-GMAIL ?

Anyway, karena kapasitas akun email yang terbatas, jadinya waktu itu gue punya 4 email akun Yahoo! dari enda_001, enda_002, enda_003 sampai enda_004 – kenapa sampai 3 digit? Karena mungkin suatu waktu email gue bisa sampai ratusan mikirnya dulu hauhauhaua.

Sayangnya waktu kemarin cek yg masih idup tinggal yang 001 dan 003, dan sisa2x Milis Yahoo ini yang dulu gue jadi anggota yang masih bisa kecek.

Mungkin kita pernah sama2x satu milis dulu? ?

Sampai jumpa Yahoo! Groups, jasa Anda tidak terlupakan. ??

Info lanjutan: