Asia 21 Young Leaders Summit 2006

asia21-young-leaders-summit2.jpg

 
 
 
_The only way to make a man trustworthy is to trust him. –Henry Stimson (1867 – 1950)_
“Asia 21 Young Leaders Summit 2006”:http://www.asia21youngleaders.org/ yang pertama akan diselenggarakan mulai Jumat malam ini tanggal *17-19 November 2006 di Seoul, Korea Selatan*
Mengambil tempat di “Hotel Shilla”:http://www.shilla.net/seoul/en/index.jsp, dekat Dongguk University, summit 3 hari ini menghadirkan *PM Korea Selatan _Han Myeong-sook_* dan mantan *President Korea Selatan, _Kim Dae-Jung_* sebagai _keynote speaker_.
Di _co-host_ oleh “Asia Society”:http://www.asiasociety.org/, organisasi yang bermarkas di New York Amerika Serikat dan “The Sejong Institute Korea”:http://www.sejong.org, summit ini mengundang kurang lebih *250 delegasi* dari *23 negara* di Asia Pasifik dan Amerika Serikat.
_Insya Allah_, kalau lancar di perjalanan dan tanpa hambatan maka saya gue hadir di summit tersebut, terbang malam ini ke *Seoul*.
 
Yang paling mengundang mata mengerinyit melihat judul summit ini tentunya kata _”Leaders”_ disitu.
Gue masih “geli” ngebacanya. Hehe. Gue sampai sekarang bukan pemimpin.
Mencoba _sih_, minimal buat keluarga kecil kami yang anggotanya cuma dua, Nita sama Gaga.
Tapi jelas bukan pemimin dengan huruf “P besar” yang tampangnya muncul di billboard-billboard propaganda atau mata uang.
Pemimpin, seperti juga _aktivis_ atau _pakar_ (hehe) bukan sebuah label yang bisa kamu tempel-tempelkan sendiri ke badan. Orang lain harus menganugrahkannya ke kamu atas apa yang sudah kamu lakukan dan kamu kontribusikan. Dan kalaupun itu sudah terjadi, masih akan tersisa selalu pertanyaan dan keraguan, apa benar? Memang iya?
Membaca, mendengar dan melihat sekeliling kita, rasanya makin susah kita memberikan gelar seorang pemimpin pada tokoh-tokoh disekeliling kita.
Siapa yang bisa kita gelari pemimpin dan pemimpin untuk siapa?
Apakah Ketua Partai pemimpin? Ustad dan ustadzah pemimpin? Walikota, Gubernur, Pemimpin?
Kemana hilangnya pemimpin disekeliling kita? Yang menjadi idola? Yang memberi inspirasi, menatahkah garis ideologi, melukiskan visi dan yang mulutnya tidak berbusa ketika berjanji?
Mengingat definisi _leader_ saat SMA dan kuliah dulu, bahwa:
_A leader is one who; knows the way, shows the way and goes the way_
Maka rasanya sekarang ini terlalu banyak pemimpin yang _knows the way_ dan tidak sedikit juga yang _shows the way_, berkomunikasi dengan baik melukiskan visi-nya. Tapi sangat sedikit yang benar-benar _goes the way_.
Dan kalo pun _goes the way_, _nobody really follows him_. *Karena kita tidak percaya*.
Kita tidak percaya bahwa ada orang yang benar-benar tulus mau memimpin kita, yang benar-benar tahu jalan keluar dari masalah kita.
Kita lebih mudah percaya pada berita jelek tentang seseorang daripada berita baik tentang seseorang.
Tidak ada lagi kekuatan untuk percaya. Sudah kosong rekening bank kepercayaan kita untuk diberikan pada sang calon pemimpin karena sudah habis dikuras oleh puluhan tahun keberadaan masyarakat yang… tidak didasarkan atas kepercayaan.
 
_Anyway_, gue berangkat dengan harapan _summit_ ini bisa memberikan gambaran lebih terang tentang “sang pemimpin” ini. Mudah-mudahan dalam diskusi dan _keynote speak_ serta dengan berkenalan dengan delegasi dari negara lain ada manfaat yang bisa didapat, tentunya bukan buat gue seorang, tapi juga hal-hal yang bisa di-[_share_] di blog ini.
Dan mudah-mudahan juga sesuatu itu bisa membuat kita bisa lebih _percaya_
 
Setelah “GVO Summit di London”:http://enda.goblogmedia.com/sedikit-cerita-tentang-gvo-summit-di-london.html dan “Conference SEAPA di Manila”:http://enda.goblogmedia.com/mensyukuri-kebebasan-beberapa-catatan-dari-seapa-conference-di-manila.html adalah sebuah kehormatan lagi untuk diundang dan dibayarin untuk hadir dalam acara seperti ini, terutama karena kehadiran tersebut terjadi karena adanya blog ini 🙂
Gue juga dijadwalkan sebagai salah satu pembicara panel di hari ketiga tentang blog dan media dengan tajuk _”The Citizen’s Media Revolution”_. Jadwal lengkap summit “di sini”:http://www.asiasociety.org/programs/Asia21/images/asia21_agenda.pdf.
Dari daftar peserta ada 8 orang delegasi Indonesia termasuk gue, diantaranya _*Meutya Hafid*_, Anchor “Metro TV”:http://www.metrotvnews.com dan _*Veronica Colondam*_ dari “Yayasan Cinta Anak Bangsa”:http://www.ycab.org. List lengkap seluruh daftar peserta bisa dilihat “di sini”:http://www.asiasociety.org/programs/Asia21/images/asia21_delegate.pdf.
Untuk teman-teman media, _press release_ mengenai Asia 21 Young Leaders Summit bisa didapat di sini dalam bentuk [.html] dan [.doc].
Situs resmi summit bisa diliat di: “Asia 21 Young Leaders.org”:http://www.asia21youngleaders.org/ dan ke situs ini tentang Asia Society sendiri: “AsiaSociety.org”:http://www.asiasociety.org/
Dan blognya di: “Asia 21 Summit Blog”:http://www.asia21youngleaders.org/blog/
_Terakhir, mohon dua restu (kayak naik haji hehe), dan mudah-mudahan cepet balik ke rumah lagi biar bisa maen sama anak. :D_