Buat hari ku

Seperti juga *[_”paying your dues”_]* yang disebut “Ucok”:http://dionweblog.blogspot.com diposting terdahulu, istilah *[_”make my day”_]* (atau [_making my day_]) juga rada-rada sulit buat diterjemahkan dalam *Bahasa Indonesia*.
_Paying your dues_ bisa diterjemahkan bebas sebagai _membayar kewajiban_ atau _membayar harga yang harus dibayar_, cuma masalahnya *”bayar”* disini dalam tanda kutip bukan berarti membayar beneran, seperti kita membayar sebuah barang di toko.
_”Make my day”_ karenanya juga sulit diterjemahkan dalam bentuk yang singkat yang sama. *[_”You make my day”_]* akan janggal ketika diterjemahkan jadi *[_”Kamu membuat hari ku”_]* 🙂
Tapi yang pasti _You or something that make my day_ berarti seseorang atau sesuatu yang membuat hari kamu jadi bagus.
Dari istilah diatas bisa juga ditangkap konsep bahwa dalam bahasa (budaya) Inggris *”hari*” adalah _sesuatu_ yang *belum tentu* terbentuk/terjadi. Jadi ada hari-hari yang ga jadi atau ga terbentuk dan ada hari-hari yang terbentuk, menjadi sebuah hari yang utuh, yaitu ketika _you make my day_ maka _my day got made_. (? hehe)
Terus apa yang *ngebuat hari ku?* Apa yang ngebuat kamu pengen bilang _”You make my day”_?
Kayaknya banyak ya dan relatif dan kamu pasti punya *pengalaman sendiri-sendiri* soal ini. Mungkin bisa sesuatu yang sesederhana dapet tlepon/email/friend request (di [“prensters”:http://www.friendster.com]) dari seseorang, atau mungkin denger kabar bagus dari temen lama sampe ke yang mungkin super simpel, liat nama seseorang online di Yahoo MSGR.
Bisa juga dapet *pujian* dari temen kantor atau temen kuliah kamu ([_”Eh baju kamu matching deh hari ini. Sayang mukanya nggak”_]) atau diliatin orang di jalan atau di mobil ([_”Lho kayaknya ban mobil itu mau copot deh”_]) sampai nerima pake kiriman buku dari temen kamu yang kamu kira udah ngilang entah dimana.
Apalagi ya? Kamu mungkin dapet tawaran kerjaan di kantor baru, nemu *blog keren*, nemu duit di saku celana, atau *ditantang duel* (yg terakhir ini dalam kasus kalo kamu KOBOY dan kamu nantang KOBOY lain buat narik pistol “C’mon draw your gun, MAKE MY DAY!”).
Singkatnya yg bikin hari kamu biasanya adalah yang sesuatu yang *terjadi* sama kamu.
Tentu ga semuanya setuju, terutama kamu yang familiar sama triloginya “Mbah Stephen Covey”:http://www.amazon.com/exec/obidos/search-handle-url/index=books&field-author=Covey%2C%20Stephen%20R./103-9738278-2741456 “Seven Habits Of Highly Effective People”, “First Things First” dan “Principle Centered Leadership” karena menurut dia salah satu nilai utama seseorang adalah PROAKTIF.
Jadi kamu ga seharusnya *nunggu* sesuatu *terjadi* sama kamu, tapi *jadikanlah* sendiri. Ini makanya ada konsep *Daily Victory* di ajarannya Mbah Covey, yaitu ketika kamu memenuhi rencana-rencana kamu untuk satu hari.
Aniwei sayangnya buat gue, walaupun memang memenuhi rencana harian bikin gue enak hati tetep aja ketika sesuatu *terjadi* ama gue, rasanya _”day”_ gue tetep jadi lebih _”made”_.
Dan beberapa hari terakhir ini, sesuatu yang *make my day* itu adalah pulang ke rumah, dibukain pintu sama istri, makan bareng, tidur-tiduran sambil nonton DVD, dan nyadarin bahwa gimanapun beratnya dan susahnya sebuah hari, gue akan tetep punya seseorang yang mau dan rela meluk gue sampai gue tidur…
(PS: Buat kamu yg berprofesi sebagai KOBOY, C’MON, TUNGGU APA LAGI? MAKE MY DAY!!)