Ngintip

Harry Burns (dimaenin Billy Crystal) karakter di When Harry Met Sally… (I love that movie), punya kebiasaan yg dia bilang sisi gelapnya dia. Dia bilang, kalo dia baca buku, abis dia baca depannya dikit, dia selalu langsung baca akhirnya. Dengan cara ini kalo tiba-tiba dia mati, arwahnya gak akan penasaran gimana akhir dari buku itu. πŸ™‚
Lucu juga, untung pikiran gue sih blom segelap itu, yang paling gue rasain adalah, kadang, gue pengen tau ada apa didepan sana buat gue.
You see, gue percaya bahwa segala sesuatu hal di bumi ini udah diatur, dan gue percaya juga ama hukum sebab akibat, jadi gue berpendapat apapun yg terjadi sekarang ini pasti bakal punya maksud dan tujuan di masa yang akan datang.
Misalnya kalo sesuatu yg jelek terjadi ama gue, ilang dompet atau dipecat (jangan sampe πŸ™‚ ) atau dipalak preman misalnya. Yang pertama kali kepikir adalah, peristiwa ini pasti ada maksudnya dan ada tujuannya buat gue di waktu2x yg akan datang.
Siapa yang tau, misalnya ternyata setelah gue dipecat, bekas kantor gue itu ternyata dibom dan meledak berkeping-keping. Atau dompet gue yg ilang itu ditemuin ama bapak-bapak baik yang ternyata ngewarisin seluruh hartanya buat gue. Bisa aja kan? Atau ternyata preman itu… ahh dipalak preman sih emang sial aja kali ya.. hehe..
Anyway, gue percaya kalo yg kita jalanin skrg, selalu ada maksudnya di masa yg akan datang. Kayak film atau buku, clue-clue kecil di awal film, biasanya punya maksud di akhir filmnya.
Yang jadi masalah skrg. Kita ga tau ada apa di masa yang akan datangnya itu, kita cuma bisa berharap bahwa MEMANG ada sesuatu yg bagus di masa depan. Sehingga kadang gue suka berharap kalooo aja gue bisa ngintip masa depan gue, kalo gue bisa tau apa sebenernya maksud dari yg gue alamin skrg. Mungkin perasaaan gue bisa lebih enak ngejalaninnya.
Kayak si Harry yg ngebalik buku dan baca akhir dari bukunya itu. No surprises. Udah tau akhirnya.
Well, sayang kita ga bisa ngerjain itu dengan kehidupan, kita ga bisa flipping ke akhir dari buku atau film buat cari tau gimana sih endingnya gue ini, misalnya. Happy ending kah? Boring movie kah? Art movie kah?
Yupe, kita ga bisa ngintip akhir cerita idup kita, face it. Dimensi waktu ini memang selalu nyiksa kita…
Tapi tenang, masih ada harapan, minimal kalo di kehidupan kita ga bisa tau apa yg terjadi, tapi kalo film bisa dong. Bahkan buat film, kamu ga usah nonton dulu atau pinjem vcd-nya dulu. Sekarang ada site The Movie Spoiler ama Moviepooper yang bisa ngasih tau ending dan jalan cerita LENGKAP dan KOMPLIT dari banyak banget film yg lagi ngetop. Mau tau ceritanya Harry Potter 2? atau 8 Mile-nya Eminem? ada disitu.. :).
Lumayan bisa dipake nyombong dan berguna buat film yg males buat nontonnya cuma pengen tau akhirnya aja. Temen-temen kamu pikir pasti kamu dah nonton, karena kamu udah tau akhirnya. Padahal dapet ngintip! πŸ˜€
Update 27 November 2002:
Satu contoh yang baru terjadi ama gue tentang maksud masa depannya sebuah kejadian. Buat yang masih pada inget posting gue awal bulan ini bilang kalo tgl 24 Nov kemaren sebenernya ada rencana buat nonton konser Jamiroquai di Bangkok sini.
It turns out kalo Jamiroquai-nya batal datang ke Bangkok dan konsernya batal! Ini gara-gara si Jay Kay-nya sakit katanya dan diundur tahun depan.
Nahhh kalo Jay Kay baca berita ini dia pasti ngerti apa maksud sakitnya dia kali ini. Ini karena kalo dia ampe konser disini, ada kemungkinan besar gue ama nita ga bisa nonton karena duit gue rada2x abis akhir bulan ini! Emang segala sesuatu adaaaa aja maksudnya ya.! πŸ™‚

  • Click Here!

    Peace 2all Good Job I Found You on, Google sure I will Visit Again Do not forget 2 Stop Over my site

  • Hmm soal buku dan film, ada pepatah yg bilang “Don’t judge a book by its movie“.

    Yang artinya, kalo udah nonton film jangan lupa beli popcorn.

    Btw, urutan yg bener kata gue adalah, baca buku -> nonton film -> baca bukunya lagi, jadi beda rasanya karena udah ada visual dari film -> trus nonton filmnya lagi, karena lebih lengkap detail baru dari buku yg udah ditambah visual dari film sebelumnya.

  • dion

    yang biasanya jadi masalah sih biasanya, nonton pilem yang “based on a book” terus kita udah baca bukunya…kadang interpretasi and imaji kita ternyata lebih wah drpd sang sutradara.

    Sapa tau hidup-loe itu (kalo dibukukan) sebenernya “best seller” cuma karena loe kurang “wah” menyutradarainya jadi ngga sabaran nungguin ending-nya.

    He..he..nyambung ngga ya?

  • enda, emangnya move-move berbahaya apaan sih? adit, trus emang baunya bimo gimana *tampang super duper innocent* bwhahahaha πŸ˜€

  • ya za, I agree, we need to send that fact to the producer of teletubbies! πŸ™‚

    hehe, anyway, the problems is I am not trying to know what I am going to be, instead I am trying to making senses out of whatever things happen to me now.

    However, of course all of this can be answered by a simple explanation that shit happens. πŸ™‚

  • za

    whats the fun of seeing a movie (unless if you’re watching it for the 2nd time or more) or reading a book (unless if you read it b4) or living your life IF you already know how it’s gonna turn out to be? no excitement, human’s dead.

  • Itu dia ‘Nda, laki gua juga galing rambutnya, takutnya, anak gue rambutnya lurus lagi!:) Hati2 lho, anak lu bakal lebih kriting dari gua.. Kalo gen lu kuat sih!! πŸ˜€

  • AllΓ΄ Enda,
    Kayak jaman sekolah aja mau ngintip2 soal dan jawaban ujian πŸ™‚
    Kayaknya malah karena itu deh, petualangan hidup jadi tambah seru dan penuh warna !
    Kumaha, Bangkok? Asik nggak ?

  • wah, kke, elu mending pindah kota, ganti nama. guamulai mencum bau tidak sedap dari si bimo nih…( tenang mo, bau acay..bau acay hungkul). πŸ™‚

  • to mbak rieke: wah mbak siapa yg nyangka ada yg ngomentari blog ini smart and funky? masa depan emang susah dikira! *eh bukan funky ya, funny! serasa ajaa gue hehe*

    to pliska: holeam mungkin iya plis, tapi kalo ga suka kan bisa ganti yg laen benel ga? πŸ™‚ *eh mesin waktu dah ada yg berhasil nyiptain ga sih?*

    to ria: eh riaa, apa kabar met datang! *eh ini ria ubg kan? coba bus malem berarti sesuatu ga buat kamu? :)*

    to snydez: tentu ada artinya, artinya kamu lagi ga ada kerjaan πŸ™‚

    to ilsa: *menahan diri biar ga jawab sekuat tenaga* yg pasti sih kayaknya kriting sa πŸ˜€

    to alfa: sepakat fa, cuma beberapa masa depan emang ga bisa diciptain, lahir, jodoh, mati dah ditentuin dari sana *muka serius*

  • Alfa

    hmmm … berharap ? menurut gua tugas kita di dunia ini adalah utk merubah nasib kita, caranya ya dgn bekerja keras. kalo pengen dapet ending sbg orang kaya, bekerja keras lah. kalo pengen dapet ending sbg atlet top, berlatihlah yg giat. kalo pengen pinter, rajin2lah belajar. seperti itu. dipecat dari kantor bisa jadi karena kita emang lalai dlm pekerjaan, dan hikmahnya ? rajin2lah bekerja laen kali … eheheh. jangan cuma pengen ngintip masa depan, tapi ciptakanlah masa depanmu sendiri.

  • Kalo gue, pengen tau, muka anak gue kayak siapa ya??

  • gue jobless gini ada ‘maksudnya’ gak yahh ?…

    hehe πŸ˜›

  • Ria

    Yup…we’re TL 93-ers, heheheheh.

  • Cieee cieee.. bimo mulai bikin move2x berbahaya nih ama Okke.. gimana nih kke? πŸ˜€

  • priskapricilia

    wah kalo bica ngintip jalan idup…idup Priska melen teu kiye teuing nya? tapi kang Enda da holeam atuh mun jalanin idup yg udah tau mau bakal gimana nantinya?

  • I always laughed if I read your comments box..I am entertainted by your blog,..:) funny and smart πŸ™‚

  • Kenapa ya, kalo okke nulis sesuatu, gue jadi pengen ngomentarin Okke.

  • to ria: pasti dadang temennya temennya ria ya? hehe.. dadang TL bukan?

    to okke: ah kamu ga suprise-an kke anaknya. πŸ™‚

    to hh8/iqbal: yeah, u could be right, but then again, u could be wrong, u never know right? U never know that u never know *gimana sih?* hkehe.

  • hiddenhate

    you never know bro … you never know ..

  • sejujurnya i like surprises, klo nonton film atau baca buku, gue selalu runut dari awal sampe akhir, walopun kdg2 tergoda buat ‘liat’ endingnya, cuman klo tnyata endingnya nggantung, atau gak sesuai harapan, gue suka nyesel, “tau gitu gue ngintip dulu..akhirnya!” hehehe… klo idup bisa diintip, all I want to know is “will my life have an happy ending?” that’s it!

  • Ria

    gue temennya Dadang…ekhekhekh, nanya lagi, Dadang mana yah? πŸ˜‰

  • to minie: met dateng, kemana aja? ditungguin. hehe

    to ria: masih inget kok *ini ria mana ya? hehehe..* btw, gue sih ga pengen tau msk surga atau nrk skrg, kalo masuk neraka gimana?

    to detta: kamu kok anaknya pemalesan sih? mengingatkan gue ama seseorang.. hehehe..

    to weedee: kok kontrasepsi sih? emang blog ini kontrasepsi?? πŸ˜€

    to erly: keingingtahuan lo itu mencurigakan, udah pernah diperiksain ke dokter? hakhaka..

  • Bener juga, paling males kalo mau noton film atau beli buku tapi udah ada orang yang nyeritain duluan… Hidup juga gitu, gak seru kalo ada yang sok2 ngeramal masa depan kita… πŸ™‚

    Ih, itu si enda ngajak tidur Bimo? ih… Kelanjutannya gimana ya?

  • nDa… jadi rada kontemplatif gini blognya… gue setuju, gak perlu berusaha tahu yang akan datang, syukuri yang ada sekarang…. istilah gue: to be here and now

  • wah bang, sayah baca sinopsis aja males, apalagi bela2in nyari spoiler…
    *waitta minute, kemaren sapa yg ngasi spoilernya MG2 yah??*

  • Ria

    Enda…masih inget gue gak? πŸ˜‰
    Klo gue sih Nda, pengen ngintipnya cuman apakah gue bakal masuk surga atow neraka. Hihihi…itu mah smua orang juga pengen ngintip yah?

  • Naahh gw lom pernah kesini niihhh..simple,cute,bagus! film?gw cuma mo nonton HARRY POTTER yg ke 2!!walau gw tau awal mpe akhir critanya tp tetep aja gw KUDU nonton!

  • Mo, ayok tidur sayang, kamu ngekhayal lagi dehh.. itu acaynya di lap ya.

  • Gue tau kok, kalo gue ntar bakal jadi bintang pelem terkenal, jadi artis holywood, nama gue ada di walk of fame, dan elu2 pade bakalan ngebahas gue di blog elu masing-masing.
    Gue nggak ngintip lho!