Ngintip

Harry Burns (dimaenin Billy Crystal) karakter di When Harry Met Sally… (I love that movie), punya kebiasaan yg dia bilang sisi gelapnya dia. Dia bilang, kalo dia baca buku, abis dia baca depannya dikit, dia selalu langsung baca akhirnya. Dengan cara ini kalo tiba-tiba dia mati, arwahnya gak akan penasaran gimana akhir dari buku itu. πŸ™‚
Lucu juga, untung pikiran gue sih blom segelap itu, yang paling gue rasain adalah, kadang, gue pengen tau ada apa didepan sana buat gue.
You see, gue percaya bahwa segala sesuatu hal di bumi ini udah diatur, dan gue percaya juga ama hukum sebab akibat, jadi gue berpendapat apapun yg terjadi sekarang ini pasti bakal punya maksud dan tujuan di masa yang akan datang.
Misalnya kalo sesuatu yg jelek terjadi ama gue, ilang dompet atau dipecat (jangan sampe πŸ™‚ ) atau dipalak preman misalnya. Yang pertama kali kepikir adalah, peristiwa ini pasti ada maksudnya dan ada tujuannya buat gue di waktu2x yg akan datang.
Siapa yang tau, misalnya ternyata setelah gue dipecat, bekas kantor gue itu ternyata dibom dan meledak berkeping-keping. Atau dompet gue yg ilang itu ditemuin ama bapak-bapak baik yang ternyata ngewarisin seluruh hartanya buat gue. Bisa aja kan? Atau ternyata preman itu… ahh dipalak preman sih emang sial aja kali ya.. hehe..
Anyway, gue percaya kalo yg kita jalanin skrg, selalu ada maksudnya di masa yg akan datang. Kayak film atau buku, clue-clue kecil di awal film, biasanya punya maksud di akhir filmnya.
Yang jadi masalah skrg. Kita ga tau ada apa di masa yang akan datangnya itu, kita cuma bisa berharap bahwa MEMANG ada sesuatu yg bagus di masa depan. Sehingga kadang gue suka berharap kalooo aja gue bisa ngintip masa depan gue, kalo gue bisa tau apa sebenernya maksud dari yg gue alamin skrg. Mungkin perasaaan gue bisa lebih enak ngejalaninnya.
Kayak si Harry yg ngebalik buku dan baca akhir dari bukunya itu. No surprises. Udah tau akhirnya.
Well, sayang kita ga bisa ngerjain itu dengan kehidupan, kita ga bisa flipping ke akhir dari buku atau film buat cari tau gimana sih endingnya gue ini, misalnya. Happy ending kah? Boring movie kah? Art movie kah?
Yupe, kita ga bisa ngintip akhir cerita idup kita, face it. Dimensi waktu ini memang selalu nyiksa kita…
Tapi tenang, masih ada harapan, minimal kalo di kehidupan kita ga bisa tau apa yg terjadi, tapi kalo film bisa dong. Bahkan buat film, kamu ga usah nonton dulu atau pinjem vcd-nya dulu. Sekarang ada site The Movie Spoiler ama Moviepooper yang bisa ngasih tau ending dan jalan cerita LENGKAP dan KOMPLIT dari banyak banget film yg lagi ngetop. Mau tau ceritanya Harry Potter 2? atau 8 Mile-nya Eminem? ada disitu.. :).
Lumayan bisa dipake nyombong dan berguna buat film yg males buat nontonnya cuma pengen tau akhirnya aja. Temen-temen kamu pikir pasti kamu dah nonton, karena kamu udah tau akhirnya. Padahal dapet ngintip! πŸ˜€
Update 27 November 2002:
Satu contoh yang baru terjadi ama gue tentang maksud masa depannya sebuah kejadian. Buat yang masih pada inget posting gue awal bulan ini bilang kalo tgl 24 Nov kemaren sebenernya ada rencana buat nonton konser Jamiroquai di Bangkok sini.
It turns out kalo Jamiroquai-nya batal datang ke Bangkok dan konsernya batal! Ini gara-gara si Jay Kay-nya sakit katanya dan diundur tahun depan.
Nahhh kalo Jay Kay baca berita ini dia pasti ngerti apa maksud sakitnya dia kali ini. Ini karena kalo dia ampe konser disini, ada kemungkinan besar gue ama nita ga bisa nonton karena duit gue rada2x abis akhir bulan ini! Emang segala sesuatu adaaaa aja maksudnya ya.! πŸ™‚