Buku Online

Ada yang noticed ga banner-ad di detik.com yang isinya link ke GegerTalangSari.com.
GegerTalangSari.com ternyata adalah sebuah website yang isinya buku dengan judul sama yang ditulis oleh Ramadhan K.H. Isinya tentang hasil penelitian lapangan oleh Widjiono Wasis mengenai GPK Warsidi, salah satu gerakan Darul Islam di Lampung.
Websitenya memuat SEMUA (?) isi dari buku itu yang bisa dibaca online secara GRATIS.
Ini fenomena baru nih di kancah perbukuan Indonesia (ceilee..). Ada sebuah buku, yang juga dijual di toko-toko buku (Rp 35 ribu), tapi juga disediain secara gratis di Internet. Sayangnya ga disebutin di website itu, apa maksud dari website ini?. Apa ini bentuk promosi dari buku tersebut? Apa keseluruhan bukunya bisa dibaca di website tersebut, atau hanya sebagian? Sifat hak ciptanya bagaimana?
Link ke penerbit (Balai Pustaka) juga ga ada. Link untuk beli bukunya juga ga ada (cuma ada tulisan: tersedia di toko2x buku terkemuka). Keterangan tentang pengarang juga ga ada.
Jadi maksudnya website ini apa dong? It just sit there! Ga ada penjelasan tentang keberadaannya. Siapa yang bikin? Siapa yang tanggung jawab? Apa ini ide pengarangnya, ide penerbitnya?
Hakahkakha.. parah deh. Tapi yah walo ga jelas, sebenernya websitenya lumayan. Desainnya bisa lebih bagus lagi (jangan pake FRAME!). Desain pembagian tiap-tiap chapternya bisa lebih bagus juga. Tapi yang sudah lumayan bagus adalah karena ada versi ingrisnya!
Hmm.. walo diskusi tentang electronic book atau bahkan freebook udah banyak di Internet, rasanya baru kali ini ada buku Indonesia yang menyajikan isi bukunya di Internet, pake pasang banner-ad lagi di detik.com. Sayang aja gue, ga di well-thought dulu websitenya. Padahal potensinya gede. Liat websitenya aja sekarang gue udah pengen beli jadinya bukunya. ๐Ÿ™‚
Sumber buku gratis di Internet yang paling gede udah pasti Project Gutenberg, tapi memang, buku-bukunya buku klasik, yang masa copyright-nya udah abis. Website ebook lain contohnya kayak buku “The Plan”-nya Stephen King. Buku ini bisa di download tiap chapter dan bayar tiap chapternya terserah berapa aja. Tapi kalo nanti jumlah seluruhnya kurang dari yang si Stephen King pengen, bukunya ga diterusin.. hehe.. dan sekarang udah kejadian, ga diterusin lagi.
Buku lain, judulnya “Underground“, cerita keren tentang biografi para hacker, bisa di download gratis. Trus liat juga ke Open Book Project-nya OReilly. Sebagian besar koleksinya buku-buku komputer. Sumber eBook lainnya yaitu, Pocket PC eBooks, ini blog yang isinya ngasih berita dan link tentang eBooks yang bisa dibaca. Amazon juga suka ngasih isi buku yang dia jual, walo paling beberapa halaman doang, dan dia jualan e-book dan e-doc juga.
Ada juga milis Indonesia yang tujuannya buat tukeran eBook, namanya Milis Buku Elektronik. Dan buat yang suka Karl May atau Kho Ping Ho tentu bisa baca tiap hari satu episode di detik.com.
Website pengarang atau website buku Indonesia paling yang gue tau punyanya Fira Basuki ama Supernova-nya Dee (Trudee.com udah down, bayar domainnya ga diterusin kali). Yeah, mudah-mudahan aja makin banyak penerbit Indonesia yang nyadarin, bahwa Internet bisa jadi media promosi buku yang efektif justru dengan ngasih bukunya gratis buat di download. ๐Ÿ™‚ Kasih tau gue ya kalo ada yang punya info buku gratis lain di Internet. ๐Ÿ˜€