I kind of feeling moved

Gue ga tau deh, tapi gue rada-rada terharu ama berita yang baru gue dapet hari ini juga. Hasil Sidang Tahunan MPR baru aja berakhir hari ini Minggu, 11 Agustus 2002 dengan keputusan-keputusan yang buat gue bagus banget yang terutama nyangkut sama perubahan UUD 1945.

Saat ini amandemen UUD 45 udah yang ke-empat kalinya dan baru kali ini buat gue ada keputusan yang signifikan banget buat masa depan Indonesia sendiri. Beberapa keputusannya yaitu:

  1. Presiden dan pasangan Wakil Presidennya bakal dipilih langsung ama 210 juta RAKYAT.
  2. Ga ada lagi Fraksi TNI/ABRI dan Fraksi Utusan Golongan di MPR. Jadi semua anggota MPR adalah HASIL PEMILU ga ada yang diangkat-angkat lagi.
  3. Keputusan buat ga masukin “Pelaksanaan Syariah Agama” di Pasal 29, yang mana juga ga disetujui ama organisasi-organisasi Islam yang besar, kayak NU lewat PKB-nya.

Kalo ada temen-temen yang inget, hal-hal diataslah, terutama pemilihan Presiden langsung sama ngeluarin militer dari urusan politik yang dituntut sama temen-temen mahasiswa sebagai beberapa dari tuntutan gerakan reformasi tahun 1998. Empat tahun kemudian ternyata baru masyarakat kita kemudian bisa ngeliat sistem yang ingin dirubah itu akhirnya BISA dirubah.
Hmmm.. perubahan cepat, gerakan mengoreksi yang bisa cepet hasilnya rasanya bakal selalu dipengenin, tapi hasil ST MPR kali ini nyadarin gue bahwa mungkin untuk beberapa hal ada memang hal-hal yang harus ditunggu dengan sabar dan bahwa kekuatan MERUBAH terus menerus yang konsisten dan ga gampang menyerah walau lama, sama pentingnya sama dengan teriakan-teriakan PERUBAHAN SEKARANG JUGA! yang jadi mantera anak-anak muda yang namanya mahasiswa dari dulu sampai sekarang.
Dari semua gonjang-ganjing yang ditulis media, gosip, spekulasi, sinyalemen tentang ST MPR sekarang ini, termasuk isu-isu didalemnya, ternyata Alhamdulillah menghasilkan keputusan yang bagus. Buat gue hasil ini nyiratin harapan baru buat tanah air gue itu, tanah air yang selalu gue percayain adalah tempat gue dan tempat anak cucu gue nantinya. Tanah air yang sekarang punya lebih banyak sebab dan dasar buat jadi tempat yang lebih bagus.
Baca ini berita-berita media luar negri tentang PERUBAHAN yang terjadi hari ini:
Dari New York Times -> Indonesia Approves Direct Presidential Vote
Dari CNN -> Indonesia amends constitution
Dari Reuters -> Indonesia’s MPR Approves Direct Presidential Vote
Dari Guardian Unlimited -> Indonesia Oks Direct President Vote
Kalo ada yang bisa ngirimin gue koran Kompas besok atau majalah Tempo yang akan datang tentang hasil ini gue bakal seneng sekali hehe.. karena berita yang gue baca dari media-media Internet Indonesia rada-rada Sucks! big time. 🙂

2 thoughts on “I kind of feeling moved”

  1. hehe.. gapapa sebenernya, gue pengen tau aja ulasannya di koran-koran di indo gimana? ada yang nerangin lengkap ga sih, yg berubah apa aja, konsekwensinya apa aja dsbnya?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.