kapan lagi baca Pos Kota? More on the Indonesian gossip front: A sex scandal involving a Golkar politician and a dangdut singer.
| | Comments (70)

70 Comments

Op said:

Nda ceunah aya friendsternya eta istri keduana, mana linkna yeuhhh..biasana kamu selalu update hihihiih..

dika said:

Alah.....eta mah ngan gosip digosok makin siip...........Upami leres mah hartosna aa ngan OMDO (OMONG DOANK)atuh....teh ninih bade dikamanakeun a????????ingat masa susah atuh...........

lucky said:

Tuk Aa Gym terus terang sayamah kaget... ! kan jalan masuk surga banyak banget dan juga nggak ngulukain/nyakitin perasaan orang apalgi istri, dan Aa juga yang ngajarin "JAGALAH HATI JANGAN KAU NODAI" apa yang Aa maksud hati Aa sendiri yang di jaga tapi hati orang lain bebas untuk kita sakiti / nodai, sayamah anti banget tuh ama yang namanya polygami, dan 'tuk neng "RINI SANG BIDADARI Aa.. " pikirlah lebih jauh secara naluri kemanusiaan dengan pertimbangan yang matang. Percumakan kamu senang - senang diatas penderitaan orang lain walaupun itu sakitnya sedikit ?, yaa nggak ...
belum lagi penggemar Aa yang juga tanpa "neng" sadari banyak yang kecewa

musafir said:

Aa Gym ko tega banget sih ma istrinya, Apa karena sekarang dah kaya dan terkenal, waktu belum kaya dan terkenal apa iya ada hasrat pengen kawin lagi, saya rasa tidak khan ? Jangan - jangan kalo ada karyawan atau murid " MQ " yang licin,bersih dan cantiknya lebih dari neng RINI pasti akan Aa lamar lagi tuk jadi istri yang ke ...... ? berapa tau dah. jadi ketenaran dan kekayaan Aa.. jangan di umbar-umbar atuh ! mendingan perbanyak pelihara anak yatim deh dari pada memelihara istri baru ! gunakan dong tuh harta dan ilmu Aa tuk yang lebih baik dari itu ( terus terang tadinya saya mengidolakan Aa, tapi sekarang pikir-pikir lagi deh ! )

ny Elly Azis said:

saya sangat kecewa berat ternyata Aa gym omong kosong ternyata Aa sendiri yg menodai omongan Aa.mungkin suatu saat ada wanita yg cantik lagi masuk pesantren DT dari pada di nikahi anak buah Aa lebih baik di ambil jadi istri ke 3 siap2 aja anda menerima hukum karma kalau bukan anda anak anda yg akan di madu!

faris royan said:

kenapa si karna aa gym menikah lagi masarakat indonesia ke banyakan menghujat AA gym istri pertama nya saja mengijinkan ko dan tidak mempermasalahkan kenapa kalian mempermasalahkan,,toh yang di nikahin seorang janda memiliki anak,menurut saya niat beliau baik untuk melindungi wanita tersebut dan anak2 nya,,selagi aa gym adil terhadap ke 2 istri nya kenapa mesti di permasalah kan,,buat ibu2 jangan suka mengkritik orang lain coba bercermin apa keluarga ibu2 sedah sempurna apa suami ibu2 sudah baik dan tidak main wanita di belakang ibu2,,saya lebih setuju poligami ketibang selingkuh di belakang

cluk said:

sudah lah.. urusan orang kok diurusin.. malu ama diri sendiri.. apa udah lebih baik dari pada aa belum.
tambah kacau aja sebagian orang indonesia jadi korban gosip. kasihan aa n keluarganya.. ngapain ngusik2. aa juga ga pernah ngehardik lo-lo pada.. malu atuh.

ada dech said:

ass. aa' naha aa kok tega sama istrinya! ok lah rasul juga punya istri banyak tp coba aa' pikir lagi. rasul mah nikahnya sama janda2 yang miskin,yang susah, anaknya banyak. ari aa mah janda kaya + cantik.tp itu mah hak aa cm saya mah kecewa aja sama aa.wass.

Vira Depok said:

Alah...laki2 teh sarua wae lah...Aa tuh kumaha?kok tega pisan nya sama Teh Rini? Saya mah kuciwa teuing ini lah sama AA...Kalo nolong sih gak gitu atuh!! Punten atuh ...Emang dasar wae Nafsu !! ...

andy said:

aa gym....aa gym....apapun alasanmu....kamu telah menyakiti istrimu....
kalau istrimu mau jujur dari hati yang paling dalam, dia pasti sangat kecewa....jangan omong kosong aja.....jaga hatimu sendiri jangan suruh suruh orang lain....

muhamad said:

kamu memang banyak omong......tindakan dan ucapanmu tidak sesuai...menungsa kuwi sing dicekel omongane!!!!!!

Andreas Harsono said:

Enda,

Kalau ada waktu, aku ingin ketemuan kamu dong. Aku lagi mengajar di kampus. Mereka sering minta petunjuk cara bikin blog. Aku ingin kamu jadi guest speaker atau kalau perlu bikin kuliah sendiri. Bisa dong? Thanks.

amy said:

ilfilll dehhh jadinya ama aa gym,huuhhh tak kusangka tak kudugaaa,lelakii samaa ajaaaa

sri maryani said:

hmhmhhm ! enak juga istri muda, kamu ingat nga aku kawan sekolah masa SMA di SMAN 3 Bandung, dari dulu emang kamu itu buaya, perlu di ingat kamu pernah pacaran sama bu Rini guru bahasa inggris ingat ngak, aku ngak yakin ketika nama kamu besar itu akibat hasil dari domplengan ayah kamu, apa bedanya kamu sama orang cina, trus geslah ulah dagan agama

tendy said:

saya salut, kalau alasan poligami AA GYM karena laki2 bukan karena ibadah,

grecko said:

buat saya aa gym bullshit lah! mana bisa seorang da'i jutaan orang miskin di indonesia ini yg makan teratur aja susah...malah seakan nggak mikirin ummatnya tapi malah menuruti syahwatnya dengan mengawini mantan model. bener2 skandal nasional!
coba kang..pikirin..anda sendiri tidak mampu menahan syahwat kok malah jutaan orang disuruh dengerin dakwah aa untuk menahan agar tidak berbuat kriminal dan lain urusan tahan menahan lainnya...gimana coba?
jumlah anaknya aja udah buanyak banget...ini lagi..coba dong tahan bikin anaknya.banyak2an bikin anak bukan contoh yg bagus saat jutaan ummat sangat miskin.jalan keluar dari kemiskinan yg luar biasa ini aja belum ada.
sekali lagi bullshit dah!!!selamat ber-orgy menikmati mantan model!!!biar kita mati kelaparan....

constantine said:

sptnya kita adalah org2 yg takut ma diri sendiri n ma society. kita diajari berpasangan. sepasang. 1 laki, 1 perempuan.
yakinkah kita ga memiliki keinginan pny pacar banyak, pny suami/istri banyak? kalo ga, Anda hebat!
Aa' dah terus terang n nikah sah, diributin (ini ribut krn kecewa or krn iri?). liat tuh si pengecut YZ! saat istri ga lg muasin, malah main gila ma perempuan lain. saat terbongkar n jadi kasus gini, berlindung di ketiak istri. dasar ga tau malu!

Item said:

Manusia adalah makhluk yg memiliki akal
Akal ada sebagai bukti kasih sayang Allah kpd manusia
Supaya manusia dapat membenarkan akan ada-Nya
Supaya manusia dapat membenarkan akan kebesaran-Nya
Supaya manusia dapat membenarkan akan keagungan-Nya
Pada akhirnya tunduk pada perintah&larangan-Nya

Manusia adalah makhluk yg tidak sempurna
sering melakukan kesalahan
sering melakukan kekhilafan
Ketidakberimanan membuatnya lupa pd sang pencipta
Ketidakberimanan membuatnya ingkar pd sang pencipta

akal digunakan mencipta hal2 yg terlarang
digunakan utk menghancurkan kebaikan
digunakan utk melakukan segalanya!!
bahkan menciptakan Tuhan!!!

bersedihlah manusia2 ini,Allah menjajikan neraka jahanam pada mereka!

Allah mengutus Nabi Muhammad sebagai pembawa kebenaran
Allah menurunkan Al Qur'an sebagai petunjuk kebenaran
Manusia diciptakan dg akal supaya dapat memilih yg benar&yg salah
berdasarkan pada Al Qur'an & sunnah Rosul

Namun Ketidakberimanan menjadikan manusia sepihak
Akal Mengaburkan yg benar&yg salah
Akal memilih yg benar maupun yg salah
Yang benar dibenarkan,yg salah pun dibenarkan,yg benar disalahkan
Al Qur'an & sunnah rosul dirubah2,diartikan sesuai dg keinginan akal
hal2 yg sesuai dg akal digunakan tetapi hal2 yg bertentangan dg akal dilanggar,bahkan dirubah supaya sesuai dg akal.

Ya Allah lindungilah akal kami dari hal2 yg sepeti ini
Semoga Engkau selalu menunjukkan jalan yg lurus&benar kepada kami
Agar kami dapat selamat dunia & akherat

Saya tidak rela bila poligami dilarang...
bukan karena saya penganut aliran poligami. Bukan karena saya ingin punya banyak istri. Tapi karena saya sangat nggak ikhlas bila ada manusia yg ingin merubah2 Al Qur"an & sunnah rosul!!!
Sunnah Rosul kok dilarang!!!orang yg ingin mengikutin sunnah Rosul kok dicegah!!!Orang yg mengikuti sunnah Rosul kok dibilang jelek!!!La kita ini umat islam apa umat nasrani?jangan2 umat yahudi?Tapi kok pada sholat????Benar kata Rosul....Dunia sebentar lagi akan kiamat!

Kepada Aa Gym,semoga Allah selalu bersama kita,selalu melindungi kita,selalu menunjukkan jalan yg lurus&benar,supaya kita selamat dunia & akherat.

Untuk teh nene ikhas-kan segala urusan dunia kepada Allah, segala hal yg terjadi Allah punya maksud & Allah punya tujuan yg pasti baik utk umat-Nya. Mungkin saat ini kita tidak tahu & tidak mengerti,karena kita masih buta. Tapi suatu saat pasti kita akan menemukan bahwa maksud & tujuan Allah adalah hal terbaik yg kita jalani. Karena Allah adalah Maha Segalanya.

Mujahid said:

Kenapa....!??? Kecewa...???
Itu mah urusan Dia... Toch kita ngga Untung dan ngga Rugi... Berkacalah dari diri kita dulu....!!!
Wassalam..

Gw said:

Waduhhh aa neh hebaaaaaaat ....mantap abis. Pokoknya aa emang TOP BGT lah

Hermawan said:

Jangan menghakimi orang lain kalau anda tidak mau dihakimi YME.

bagus said:

Pendapat saya sebagai muslim yg sudah sepuh…

Efek negatif kalo ‘merasa’ ilmu agama paling tinggi adalah “meng-klaim bahwa pikirannya sudah sesuai dengan keinginan Allah, sesuai Al-Quran”. Orang lain yg tidak sepaham dianggap belum mengerti Al-Quran. Itulah yg namanya “KEBLINGER”.

Poligami harus dipandang secara mendalam, bukan hanya mengutip SEBAGIAN ayat dalam Al-Quran saja. Pemahaman secara dangkal seperti ini sangat berbahaya! Manusia yg picik akan cenderung menganggap dirinya sudah sesuai dengan ajaran Allah/Al-Quran. Termasuk dalam menyikapi suatu kejadian sebagai “KEHENDAK ALLAH”, padahal kejadian tsb adalah “KEHENDAK MANUSIA” itu sendiri.
Itulah yg namanya “AGAMA DIPAKAI SEBAGAI KEDOK” pembenaran atas perbuatan maksiat. Berbahaya sekali! Contohnya nggak usah jauh2, semua teroris/pengebom azahari/noordin m. top, semuanya merasa melakukan perintah Allah/Al-Quran. Wow… Allah tidak bisa di-klaim serendah itu. :exclaim:

Demikian Nabi Muhammad tidak bisa dianggap rendah dengan melakukan poligami, karena setting waktu & tempat yang berbeda dengan keadaan sekarang. Intinya Nabi justru melakukan kebaikan dengan poligami-Nya. Nah kita semua ‘manusia biasa’, janganlah sok-sok an dengan menyetarakan diri seperti Nabi, berpikiran seperti Nabi. Itu namanya KEBLINGER!.

Apalagi sebagai pemimpin sebuah pesantren yg ‘dulu’ ngetop (sejak poligami langsung gak ngetop lagi deh, kawatir jadi “pesantren poligami”). Mengatakan “aa ingin memberikan contoh poligami yang baik” Wah.. kebablasan bener nih. Bagaimana contoh yg baik, bisa muncul dari tindakan yang ‘buruk’, disebut buruk karena:
1. ternyata aa tidak melakukan prosedur yg benar menurut Al-Quran.
2. ijin poligami aa, baru diurus kemarin, setelah berita “istri simpanan’ terekpos oleh media masa. (saya lebih cenderung menyebut rini sbg istri simpanan)
3. perselingkuhan sudah terjadi 3-5 tahun yang lalu tapi ijin poligami baru kemarin.
4. prasayarat poligami tidak dipenuhi oleh aa (istri tidak mampu punya keturunan, istri sakit, istri meninggal, ijin dari istri pertama yg terlambat) :evil:
5. istri kedua ternyata bukan janda yg memerlukan banyak bantuan (janda2 korban perang, janda bencana tsunami, janda korban gempa, dll). :evil:
6. tidak ada manusia biasa yg bisa adil terhadap istri-istrinya. (kalo MERASA bisa adil mah banyak… :grin: )
7. poligami aa ternyata ‘nafsu syahwat’ belaka :lol: jadi nggak pantas untuk ditiru, apalagi ingin jadi panutan… keblinger banget…

Demikian sedikit pendapat saya, semoga menjadi jernih dan jelas.

Kalangan NU dan Muhamadiyah pun sudah sejak tahun 1928 tidak melakukan praktek poligami lagi.

Negara Islam seperti Lebanon, Turki, Iran pun melarang poligami.

Hehehehe said:

si AG tuh kalau mau kasih contoh, kawinin tuh janda tidak cantik, miskin, anaknya banyak....
wis lah sok kasih contoh lagi, emang loe siapa AG. sok sombong ilmunya dah tinggi...
dduuuhh
AG AG...nafsu nafsu aja
birahi bilang birahi
gak usah sok pake kedok agama....
cuuuuuhhhh

emushaf said:

Kehadiran anak tetangga saya yang kedua , ternyata telah menimbulkan rasa cemburu dan sakit hati anaknya yang pertama. Karena kelahiran anak kedua telah menyakiti hati anak yang pertama.

Ketika berbincang-bincang dengan anak pertama tetatangga saya, saya lihat bibir anak pertama tesebut tersenyum tapi matanya tidak.
Body language anak pertama pun menyatakan bahwa beliau merasa disakiti.
Dan dia juga menyatakan bahwa beliau merasa sakit mendengar kabar ibumya melahirkan adiknya, walaupun akhirnya dia menyikapi rasa sakit itu dengan kearifan beliau yang luar biasa.

Sebegitu parahnyakah "kekurangan" anak pertama tersebut sampai sampai Ibunya harus "menutupi" kekurangan tersebut dengan punya anak lagi?
Kalau memang niatnya untuk kelangsungan generasi manusia apakah harus sampai menyakiti anak pertama? Padahal kan insan yang baik adalah yang baik terhadap anaknya.
Halah... pokoknya ada rasa kecewa, sedih, kasihan dan lain lain bercampur aduk sewaktu ada kejadian ini dengar berita ini. Mudah mudahan hasil akhirnya nanti baik.
Yang kuat ya para anak sulung....

dolf said:

dari beberapa penjelasan saya bisa sedikit memahami
bahwa laki2 minta diistimewakan dari perempuan
sementara perempuan menjadi masyarakat kelas-2 dalam strata sosial
mungkin ada yg berkata
justru dgn begitu perempuan dimuliakan (banyak rujukan & silahkan saja)

tapi pemahaman saya begini (ilustrasi):
ada 2 org di depan saya, laki & perempuan
keduanya kelaparan & meminta makan kepada saya
saya punya 3 nasi bungkus
saya mesti bagaimana:
1. nasi bungkus-1 saya beri ke si laki, nasi bungkus-2 saya beri ke si perempuan, nasi bungkus-3 saya makan sendiri/buang (?)
2. 2 nasi bungkus saya beri ke si laki, 1 nasi bungkus saya beri ke si perempuan
3. 1 nasi bungkus saya beri ke si laki, 1 nasi bungkus saya beri ke si perempuan, 1 nasi bungkus terakhir saya bagi menjadi 2…1/2 untuk si laki, 1/2 untuk si perempuan
dll

pertanyaannya bukan saya mesti bagaimana ?
pertanyaannya mana yg adil/bijak ?
kalian jawab sendiri disertai alasan masing2 (tentunya dalam hati saja)

anda bisa mengatakan begitu karena anda tidak di posisi poligami
andai ayah anda yg melakukan poligami
apa mungkin hati ibu anda tidak hancur ?
atau berusaha menerima dgn ikhlas seperti teh ninih ?
atau malah bercerai ?
coba setelah membaca email ini bertanya
ke ayah: kenapa tidak poligami ?
ke ibu : bagaimana kalau ayah poligami ?
yg paling penting adalah jawaban dari ibu
karena beliaulah korban utama yg merasakan/mengalami
anak mungkin dapat berbagi bapak
tetapi istri relakah berbagi suami ?

anda bisa menjawab seperti itu karena anda laki2
kalau anda perempuan bagaimana jawaban mu
anda ingin tahu jawaban perempuan
tanyalah langsung ke perempuan atau ibu mu sendiri
jangan hanya mendapat jawaban dari laki2 saja
gunakan metode berimbang

anda pernah gak bayangkan hidup sebagai anak yg ayahnya poligami ?
anda ingin tahu jawabannya
tanya kepada mereka yg ayahnya poligami
tapi ingat !
bertanya bukan berarti merasakan
anda hanya tahu jawabannya, merekalah yg merasakan

nb:
saya tidak ada masalah dgn poligami, poliandri…tetapi saya lebih mendukung polipantai :P

Dodit said:

Saya lihat AA akhir2 ini emang beda sekali ama pertama kali muncul. dulu kalo pas salaman ama orang, AA masih membungkukkan badan.skrg AA lebih suka dicium tangan AA. kata2 wahai saudaraku juga semakin jarang dipakai. AA lebih suka pakai bapak2/ibu2.Cara memandang AA juga cenderung menggurui daripada yg sebelumnya. AA harus ingat, AA dikenal karena Akhlak AA yg pantas ditauladani. bukan karena ilmu agama AA. jadi kalo akhlak AA sudah tidak bisa ditauladani, kita mau respect ke apanya AA. dahulu ketika kita lihat AA, terus terang saya nangis krn ingat dosa2 saya ama Allah SWT. kenapa nur itu hilang dr AA sekarang ? tolong tanyakan juga ke guru2 AA, kenapa mereka merestui AA nikah lagi. poligami yang jadi ibadah adalah poligami tidak direncanakan, apalagi rencananya sampai bertahun-tahun. shg poligami tsb tidak tepat sasaran.saya memang tidak berhak utk mengadili AA, saya hanya mengingatkan AA, krn yg pantas mengadili hanya Allah,

meutuah said:

yaa ampun......pd knp ya msyrkat indnesia kt????woiiii........para komentator yg berkomen tanpa ilmu,mikir dlu dunk sbelum ngomong.....!!!!!!asik nyalahin keluarga orang,,kluarga mu ada sholat gak???aa jg manusia biasa tauuu.............,.knp?????para wanita tkut_a klo suami_a bkal kwin lg????he3x..........jngn MUNA lah...........!bagi aku sich para suami lbh baek kwin ja lg,dr pada puya istri yg suka ngomongin rumah tangga orang....he3x...sorry ya ibu ibu2x,soal_a sebel sech ama komen ibu yg slalu mngandalkan logika da prsaan......Alquran ma hdist mo dbw kmn??

eddye said:

kalau menurut aku. dengar ya
semua kalau kalian emang orang-orang islam yg taat kepada ajaran alloh nabi..
jangan lah engkau tuk menjelek2 kan orang lain
itu dosa besar..alloh akan menghukum nya.dan kamu harus ingat kamu sekalian juga manusia ciptaan alloh yg sempurna dan juga aa gym jg sama kaya kita.....tuk sekali lagi jaga tuh omongan. berbahasa lah dengan yg baik yg tdk dapat menyinggungkan orang lain bersikaplah yg dewasa.

emen said:

Buat Teh Ninih. Saya yakin dalam hati teteh yg paling dalam, teteh tdk ikhlas klo AA menikah lagi. Tp teteh tdk punya pilihan lain selaian merelakan AA utk menikah lagi dgn janda ganjen itu. Di pikiran teteh klo mt cerai, gmn masa depan anak-anak. Jd walau di mulut ikhlas tp dalam hati bergejolak. yg sabar ya teh..
Buat AA ; kenapa sich AA tdk menikah dgn janda yg tua, miskin, banyak anak tetapi menikah janda yg cantik dan kaya. Saya yakin AA telah jatuh cinta lagi dan bukan krn mengikuti sunnah Rasul. Kasian Teteh Nini, hatinya sakit tp teteh tdk punya pilihan lain. Skr saya benciiiiiiiiiiiiii sama AA dan nggak akan dengar dakwahnya AA lagi.
buat Rini : kenapa sich kamu merebut suami orang. Klo cari suami itu mbok ya yg msh bujangan. Dasar wanita perebut suami orang, ganjen, sok cantik, sok kaya, sok imut. Saya nggak rela teteh saya disakiti oleh kamu. dasar wanita JALANGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGG.

Someone said:

Untung yg saya kagumi dari Aa Gym bukan ILMU AGAMANYA atau AKHLAKNYA, tapi karena ganteng-nya, suaranya dengan aksen sundanya yang merdu dan kepintarannya meramu kata-kata he he...
Dia memang story teller yang bagus. Dibekali oleh Tuhan dengan wajah ganteng, suara merdu dan kemampuan berbahasa, maka jadilah dia Kiyai Kondang yang dikagumi jutaan umat. Tapi jujur saja, dari segi isi menurut saya sih ga ada yang istimewa, ga dalem dan ga ada yang baru (atau dia memang menyesuaikan dengan kemampuan rata-rata masyarakat indonesia memahami agama?), meskipun tetap lebih baik dari yang lain(yg cuma bisa menghujat). Isi ceramahnya semua seputar manajemen kalbu. Lha kalo masyarakat indonesia gemar membaca, banyak kok bacaan spt itu. Cuma, klo disampaikan dalam bentuk cerita, oleh seorang kiayi ganteng, yg punya wajah dan suara yang menyejukkan hati, mungkin jadi lebih menarik. Tapi risikonya, orang jadi mengidolakan dia dan berharap terlalu banyak dari dia sebagai individu. So, waktu dia bikin kesalahan (tepatnya menyimpang dari norma masyarakat kebanyakan) sebagai manusia biasa, banyak yang kecewa karena tokoh idolanya ga seperti yang mereka bayangkan. Intinya, Saya cuma mau mengingatkan para pengagum Aa Gym, bahwa dia itu cuma manusia biasa, dan Ceramah Agama itu juga cuma pilihan pekerjaanya juga, yang sesuai dengan skill dia (sama halnya yang lain milih jadi dokter, sopir, guru dll). So, please... jangan sekali-kali pernah menggantungkan harapan muluk dengan manusia biasa. Ceramahnya itu kondisi ideal yg kita sebagai manusia harus terus menerus upayakan dalam hidup. Termasuk dia sendiri, Aa Gym. Tapi toh bukan berarti Aa Gym sudah sesempurna itu dalam hidupnya. Kita sendiri diberkahi Tuhan dengan akal pikiran dan hati nurani untuk mencari kebenaran. Tiap orang punya pemahaman yang berbeda mengimplementasikan kitab suci. Sayapun rada susah mencari mana yg benar dan mana yg salah. Cuma ada satu kalimat dari teman saya yang ga pernah saya lupa:
KALO KAKI KITA DIINJAK SAKIT, JANGAN MENGINJAK KAKI ORANG. Jadi kalo ga mau istri poliandri, ya jangan poligami dong he he....

starlet said:

aa Gym sampeyan "munafik"
untung suami gw bukan aa Gym he..he..he., and suami gw nggak minat tuh ama yg namanya poligami apalagi selingkuh no way ..he..he..he..

dan said:

ya...ya....ya....

skel-lya said:

Apapun itu hal yang terjadi di muka bumi ini,menyangkut kepentingan dua sisi, merupakan suatu kesepakatan satu sama lainnya. Bukan buat AA Gym aja tentunya tapi buat semua. Kita belajar untuk tidak memvonis orang lain dan akan lebih baik lagi kita selalu koreksi diri. Pada hakekatnya manusia ga ada yang perfect, baik Presiden maupun rakyat kecil, apalagi saya untuk masalah apapun.Saya tidak berpihak pada siapapun, ok. Terima kasih dengan termuatnya komentar saya.

Muchi said:

harus lebih banyak lagi yg poligami, sebab jumlah perempuan jauh lebih banyak dari laki2. kasihan jika sebagian besar saudari kita tidak menikah.

0819RIDLOMF said:

Aa gym emang muna tuh.. najong dah..!

indah said:

bila aa mampu, knp kt hrs menghujatnya? bukankah yang dpat merasakan adil tidaknya, hanya aa, teh nini, n anak-anaknya, serta teh rini. lah knp kita yang sewot.dan menurut saya aa dan teh nini mampu, bahkan saya prh mendoakan spy aa nkh lg, dg klbhn ilmu dan materi yang dia punya

Zoule said:

Assalamualaikumm.....Semoga warga Indonesia sehat dan selamat sentiasa... moga dijauhi murka Alloh.... Sekadar berpesan kepada saudaraku semua... mengapa mesti sakit hati dengan poligaminya AA... kan yg patut lebih sakit hati adalah bu teteh sendiri...tapi ternyata dia sedang diuji Alloh... dan semoga dia sentiasa mendapat rahmat dan perlindungan Alloh dengan redhonya terhadap ujian tersebut... kita juga diuji dengan keimanan kita terhadap sunnah rasulullah... kalau kita benci poligami bermaksud kita sudah menolak sunnah tersebut...jadi apakah nilai iman kita???... saudaraku sekelian...insaflah... apapun yg terjadi... tidak akan pernah lepas dari pandangan Alloh... dialah yg menentukan..jadi adakah kita tidak redho dgn ketentuan Alloh??? adakah kita lebih bijak dari Alloh??? renungkanlah.. dan tanya iman kita... masihkah daku beragama Islam??? jgn sampai ujian sekecil itu sudah mampu menjuruskan kita kejalan neraka nauzubillaaah!!! Sekian Wassalam... Sobat dari Malaysia...

deonz said:

aa gym itu manusia biasa,,bukanlah nabi,apakah seorang manusia bisa dengan sepenuh hati ADIL,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

teu kabayang aa keur ngecengna,,maen mata atuh,,,eta teh zinahkan???????? masya Allah

denny said:

sim kuring oge upami poligami sareng neng rini mah kersa pisan atuuuuuuuuuuuhhhhhh,, cobi aa poligamina sareng nini janda anu rempo kersa teu????? mun abdi mah pasti teu kersa,,duka tah upami aa mah?????? (YAKIN MOAL DAEK)

danang said:

aa sangat mengecewakan hati saya, walau aa tidak kenal saya

een said:

HERAN MA DA'I SEKARANG YA BEJAT2 GIMANA BISA KASIH CONTOH YANG BAGUS KALO YANG SEHARUSNYA NGASIH CONTOH AJA DAH BEJAT, ADA LAGI LUTFIAH SUNGKAR GA MALU TA KASIH CERAMAH SOAL KELUARGA HARMONIS LHA DIA NYA DEWE AJA HIDUPE BERANTAKAN KAWIN CERAI MELULU.....SO AA GYM AND DAI YANG LAIN COBALAH KASIH CONTOH YANG BAGUS YO, JADI DAI BUKAN UNTUK NYARI UANG KAN...MALU JO...

mudrikah said:

Buat saya mah engga masalah cuma buat ibu-ibu bayak yang kecewa, secara pribadi kayanya ada manfaatnya untuk dijadikan kajian .....

agung said:

Cobalah sebelum mengkritik Aa Gym belajar dulu sejarah Nabi SAW dan Para Sahabat, Disitu jelas sekali yg namanya nikah lebih dari 1 hal yg mubah / boleh, entah itu janda / bukan ,entah Cantik / tidak itu boleh2 saja. Jangan termakan pemikiran para Orientalis yg menyerang ajaran Islam, Nauzhubillah...Sy berlindung Kpd Allah SWT dr sikap menolak Syariat Islam.

agung said:

Cobalah sebelum mengkritik Aa Gym belajar dulu sejarah Nabi SAW dan Para Sahabat, Disitu jelas sekali yg namanya Istri lebih dari 1 hal yg mubah / boleh, entah itu janda / bukan ,entah Cantik / tidak itu boleh2 saja. Jangan termakan pemikiran para Orientalis yg menyerang ajaran Islam, Nauzhubillah...Sy berlindung Kpd Allah SWT dr sikap menolak Syariat Islam.

ada aja said:

ah daripada gini..gitu... tak tentu omongannya mendingan kita berkaca dengan diri kita, apakah hari ini sudah lebih baik dari hari kemaren. Khan malu atuh kalau kita menghujat tapi hati kita masih kotor belum bersih.... AA GYM Khan Juga manusia biasa!!!

karyono said:

Aa sedang apa nich, ane pingin juga nich cicipin tuh janda kaye, asyik berat
dari Ikatan Pencinta Janda Muda

kiki said:

kalo poligami sunah rosul, dan harus dijalanin, kenapa naek haji nggak pada pake onta sekarang...gitu....mbo mikiir....

kiki said:

kalo poligami sunah rosul, dan harus dijalanin, kenapa naek haji nggak pada pake onta sekarang...gitu....mbo mikiir....

eve said:

buat bang A'a:
ngomong-ngomong tetangga saya juga banyak tuh yang janda, ada janda kembang, janda ditinggal selingkuh, janda ditinggal mati, dll. Mereka udah pada ngantri tuh dikawinin juga sama A'a. Semua janda dikawinin ajah A'a, biar presentase masuk sorganya tambah tok cer gitu loh....hehehehe

eve said:

buat bang A'a:
ngomong-ngomong tetangga saya juga banyak tuh yang janda, ada janda kembang, janda ditinggal selingkuh, janda ditinggal mati, dll. Mereka udah pada ngantri tuh dikawinin juga sama A'a. Biar presentase masuk sorganya tambah tok cer gitu loh....hehehehe

chutlis said:

saya sangat merindukan ceramah2 beliau, bagi saya beliau orang yg santun dan sopan. jika ada yg tidak sependapat dengan langkah beliau maka jangan diikuti. klopun ada yg mau menyampaikan masukan atau kritikan, hendaknya dengan etika. saya membaca sebagian besar dr kritikan yg disampaikan melalui media ini, saya jadi prihatin. pantaskah kita menyampaikan kritikan dengan kata2 yg pedas dan tak beretika? pernahkah beliau mengajarkan hal seperti itu jika kita tidak setuju dengan perilaku orang lain lebih2 pada sodara sendiri? ketika beliau jaya,kita selalu mengagung2kannya tp ketika beliau dilanda masalah bukanyya kita membantunya syukur2 mendoakan tp kita malah ramai2 membenci dan menghujatnya. inikah yg disebut saudara? kita terbiasa menilai seseorang dr satu sisi dan mengabaikan sisi2 yg lainnya. Aa...saya sangat rindu dengan tauziah2mu, saya merasa ketika saya khilaf, saya teringat dengan ajaran beliau. saya bukan orang yg sempurna sehingga siapapun yg berkata benar sekalipun itu preman, insya allah saya akan mengaplikasikannya. saya tidak mempermasalahkan siapa yg berkata tp apa yg dikatakannya. buat aa' hidup itu penuh ujian..bukan hanya kesengsaraan, popularitaspun termasuk ujian. seperti kata aa..tinggal bagaimana kita mensikapinya? Semoga aa sekeluarga diberi ketabahan dan bs mengambil hal positif dr ujian ini, amin
aku akan selalu merindukan petuah aa..

chutlis said:

saya sangat merindukan ceramah2 beliau, bagi saya beliau orang yg santun dan sopan. jika ada yg tidak sependapat dengan langkah beliau maka jangan diikuti. klopun ada yg mau menyampaikan masukan atau kritikan, hendaknya dengan etika. saya membaca sebagian besar dr kritikan yg disampaikan melalui media ini, saya jadi prihatin. pantaskah kita menyampaikan kritikan dengan kata2 yg pedas dan tak beretika? pernahkah beliau mengajarkan hal seperti itu jika kita tidak setuju dengan perilaku orang lain lebih2 pada sodara sendiri? ketika beliau jaya,kita selalu mengagung2kannya tp ketika beliau dilanda masalah bukanyya kita membantunya syukur2 mendoakan tp kita malah ramai2 membenci dan menghujatnya. inikah yg disebut saudara? kita terbiasa menilai seseorang dr satu sisi dan mengabaikan sisi2 yg lainnya. Aa...saya sangat rindu dengan tauziah2mu, saya merasa ketika saya khilaf, saya teringat dengan ajaran beliau. saya bukan orang yg sempurna sehingga siapapun yg berkata benar sekalipun itu preman, insya allah saya akan mengaplikasikannya. saya tidak mempermasalahkan siapa yg berkata tp apa yg dikatakannya. buat aa' hidup itu penuh ujian..bukan hanya kesengsaraan, popularitaspun termasuk ujian. seperti kata aa..tinggal bagaimana kita mensikapinya? Semoga aa sekeluarga diberi ketabahan dan bs mengambil hal positif dr ujian ini, amin
aku akan selalu merindukan petuah aa..

ubus said:

aku ini heran banget dah...para ibu tuh kalo lakinya nyeleweng ataupun berbuat zinah(berbuat dosa besar), gampang banget maafinnya, tapi kalo suami berbuat yang sesuai dengan syariat(nikah lagi/punya istri lagi), para istri itu seakan-akan berat banget buat menerima apalagi memaafkannya...padahal sudah menjadi bakatnya kalo suami(laki2)tuh diakui ataupun tidak punya bakat untuk nyeleweng(ngaku aja dech),jadi menurut aku sich,daripada berbuat dosa,lebih baik kawin lagi aja,asalkan kita sudah mampu sehingga kedua(lebih) istri dapat tercukupi nafkahnya(lahir batin gitu lho),simple khan????

ubus said:

aku ini heran banget dah...para ibu tuh kalo lakinya nyeleweng ataupun berbuat zinah(berbuat dosa besar), gampang banget maafinnya, tapi kalo suami berbuat yang sesuai dengan syariat(nikah lagi/punya istri lagi), para istri itu seakan-akan berat banget buat menerima apalagi memaafkannya...padahal sudah menjadi bakatnya kalo suami(laki2)tuh diakui ataupun tidak punya bakat untuk nyeleweng(ngaku aja dech),jadi menurut aku sich,daripada berbuat dosa,lebih baik kawin lagi aja,asalkan kita sudah mampu sehingga kedua(lebih) istri dapat tercukupi nafkahnya(lahir batin gitu lho),simple khan????

Gudil said:

eh...banci...banci...biarin aja aa Gym beribadah ...elu kok pada hina orang sih...emang elu udah pada ngaji belon?...al fatehah aja masih salah-salah udah berani kritik aa GYm. Sebodo-bodo nya aa GYM masih lebih pintar dari elu...dasar banci !!!!

hari said:

aa gym di manakah kamu?saya selalu mencari anda ....di pengajian tv tapi anda tidak pernah tampil.....
saya pengen anda tampil lagi karena saya haus akan tausiyahmu....aku terus berbuat maksiat.....gimana tanggung jawabmu sebagai seorang ulama...
apakah hanya karena poligami anda mundur?
tolong aa gym saya pengen taubat dari maksiat.

hari said:

aa gym di manakah kamu?saya selalu mencari anda ....di pengajian tv tapi anda tidak pernah tampil.....
saya pengen anda tampil lagi karena saya haus akan tausiyahmu....aku terus berbuat maksiat.....gimana tanggung jawabmu sebagai seorang ulama...
apakah hanya karena poligami anda mundur?
tolong aa gym saya pengen taubat dari maksiat.

Silih Agung Wasesa said:

Enda, boleh nggak saya minta beberapa alamat email teman-teman yang posting soal Aa Gym? Kebetulan saya tengah buat thesis tentang limitation in personal branding, dan kasusnya adalah Aa Gym. Atau yang berkenan menjadi narasumber saya, silahkan email ke silihaw@yahoo.com, atau silih@asiapr.net.
Thanks ya.
Salam,


Silih

anton wibowo said:

weleh-weleh kok pada ribut emang gak ada kerjaan apa selain menjelek2kan orang lain.saya dukung aa atas poligaminya. karena kalo gak ada poligami gimana bisa bayangin ? kasihankan janda-janda pada nganggur he he he........segala sesuatu pasti ada hikmahnya......

Wong Sunda said:

Punten abdi ngiring cumarios...Banyak orang yang berkomentar miring tentang Poligami Aa Gym dan itu ternyata kaum wanita / Ibu2. Secara iseng-iseng saya bertanya kepada salah seorang wanita yang tidak setuju Aa Gym berpoligami dengan pertanyaan sebagai berikut : Kenapa teteh membenci & tidak setuju Aa Gym Poligami?...tak disangka jawabannya sebagai berikut : POKONYA SAYA BENCI & TIDAK SETUJU AA MENIKAH LAGI, ITU MENYAKITI PERASAAN WANITA KECUALI AA GYM MAU MENIKAHI SAYA...SAYA SETUJU SEKALI. Walaupun ini adalah salah satu sample/contoh yang belum bisa dikatakan mewakili kaum perempuan, akan tetapi pada kenyataannya cara berfikir yang sama itu ada pada pola fikir kaum perempuan. Jadi MUNAFIK-LAH kaum perempuan yang menentang poligami (angger bae lamun dibere lalaki anu beunghar, soleh, jeung terhormat-mah sok sanajan geus rimbitan tetep daek) AKUI ATUUUUUUH, JUJUUUUUUUUUR. Orang munafik teh dibenci ku Gusti Alloh...tos teu kenging rewel ayeunamah...Do you understand? INTROSPEKSI NENG, IBU, EUCEU.....

Wong Sunda said:

Punten abdi ngiring cumarios...Banyak orang yang berkomentar miring tentang Poligami Aa Gym dan itu ternyata kaum wanita / Ibu2. Secara iseng-iseng saya bertanya kepada salah seorang wanita yang tidak setuju Aa Gym berpoligami dengan pertanyaan sebagai berikut : Kenapa teteh membenci & tidak setuju Aa Gym Poligami?...tak disangka jawabannya sebagai berikut : POKONYA SAYA BENCI & TIDAK SETUJU AA MENIKAH LAGI, ITU MENYAKITI PERASAAN WANITA KECUALI AA GYM MAU MENIKAHI SAYA...SAYA SETUJU SEKALI. Walaupun ini adalah salah satu sample/contoh yang belum bisa dikatakan mewakili kaum perempuan, akan tetapi pada kenyataannya cara berfikir yang sama itu ada pada pola fikir kaum perempuan. Jadi MUNAFIK-LAH kaum perempuan yang menentang poligami (angger bae lamun dibere lalaki anu beunghar mah sok sanajan geus rimbitan tetep daek) AKUI ATUUUUUUH, JUJUUUUUUUUUR. Orang munafik teh dibenci ku Gusti Alloh...tos teu kenging rewel ayeunamah...Do you understand?

jay said:

eleh-eleh Aa edan pisan euy....

jay said:

eleh-eleh Aa edan pisan euy....

eni said:

kalo aq sih punya pendapt,sebaiknya jika mmenilai benar tidaknya seseorang dalam mengambil sebuah keputusan,sebaiknya kita meletakkn dri kita di posisi org tsb so kita bs merskn apa yg org tsb rskn.so kita gak langsung menjudge org tsb slh.Utk aa aq pkr dia membuat keptsn seperti itu,aq yakin beliau sdh melakukan apa itu sholat tahajud dan istikharoh utnuk mendaptkan petunjuk dariNya.

Acmad Dika said:

Menikah adalah sesuatu hal yang sangat terpuji. meskipun pernikahannya adalah pernikahan yang ke-2. sebenarnya yang jadi permasalahan pokoknya adalah apabila seoarang suami berzina dengan perempuan lain dengan kata lain "jajan diluar".
Wooooiiiiiii....! kemana nih orang-orang ISlam...? kenapa jika ada perzinahan dianggap biasa, dan menikah dan memiliki 2 isteri dianggap Aib yang luar biasa buruknya....?
(think'n dong ach...! sebelum be-koar....)
baca panduan (Alqur'an dan Hadist) sebelum bekoar tentang hukum Agama.....

Janten said:

Yuuhuuui!!! Komen pertamax di penghujung taun 2008

Janten said:

Salah deng, ternyata diatas gw dah ada yg komen duluan, he...2x

sytieee akhwat said:

yo wiss... namanya juga lagi diuji. buat sekeluarga aa' sabar yach.....di balik semua ini pasti ada hikmahnya yaps.....!!!!!!!!!!!!!!!

Christ said:

Teruskan perjuangan selama itu masih di jalan Nya. Semoga mendapatkan kesabaran dari orang orang yang ......

Leave a comment

About this Entry

This page contains a single entry by enda published on December 1, 2006 1:51 PM.

Indonesia Page di situs Asian Games Doha 2006 was the previous entry in this blog.

Akun Friendster Alfarini Eridani is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

Join My Community at MyBloglog!
 
Powered by Movable Type 4.01