8 Sebab Utama Memiliki Weblog

| | Comments (146)

Kamu, yang biasa kesini dan sudah ngeblog mungkin ga perlu baca lagi tulisan dibawah ini. Tapi bermula dari pertanyaan salah satu temen gue, "Emang apa sih gunanya punya Blog?" maka mulailah timbul niat gue buat ngelist, emang apa sih gunanya punya Blog.

Mungkin kamu juga punya temen yang pengen kamu convert biar jadi seorang Blogger juga, maka kamu bisa cukup copy-paste "8 sebab utama" ini menjadi email dan mengirimkannya ke temen kamu. Atau tentu aja kamu bisa kirimin ke siapa aja yang kamu mau.

Dengan ini mudah-mudahan yang jadi Blogger tambah banyak dan dunia blog ini tambah rame hehehe.. :)


Buat kamu yang belum tahu atau baru dengar-dengar saja, Blog (kependekan dari Weblog) adalah jenis website (kebanyakan milik pribadi) yang sekarang sering kamu temukan di Internet dengan ciri khas cap waktu (time stamp) disetiap entry-nya, dimana sebuah entry baru (new update) berada di tempat teratas dan kemudian disusul oleh entry-entry/posting-posting sebelumnya.

Jika kamu tertarik dengan sejarah perkembangan dan uraian panjang tentang "Apa itu Blog?" maka kamu bisa melirik tulisan "Apa itu BLOG?" di http://enda.goblogmedia.com/apa-itu-blog.html. Sedang untuk kamu yang memerlukan panduan awal tentang bagaimana membuat Blog, kamu bisa coba ikuti panduan sederhana "Membuat Blog untuk orang biasa" di http://enda-aseli.tripod.com/panduan.html

Nah! Tapi buat kamu yang masih kurang yakin, "Apa saya perlu memiliki Blog? Apa gunanya?" maka dibawah ini kamu bisa temukan 8 Sebab Utama untuk memiliki sebuah Blog. :)


Sebab 1: Memiliki Blog adalah TANPA BIAYA

Walaupun ini alasan yang mungkin dangkal, tapi benar adanya. Jika kamu sudah tersambung pada Internet maka harga untuk memiliki sebuah Blog adalah gratis. Kamu bisa memiliki satu, dua, tiga atau sepuluh Blog dan semuanya bisa kamu miliki tanpa biaya.

Bagaimana mungkin? Mungkin, karena di Internet kamu akan menemukan layanan-layanan membuat Blog gratis yang disediakan oleh bermacam website. Contoh layanan Blog gratis adalah Blogger.com (http://www.blogger.com). Dengan layanan ini, kamu bisa memiliki Blog hanya dalam hitungan menit dan gratis.

Pusing soal desain?, tidak perlu. Banyak layanan lain seperti Blogskins.com (http://www.blogskins.com/) yang menyediakan desain gratis yang kamu bisa gunakan. Butuh space penyimpanan file? Jangan bingung, ada layanan ruang file gratisan seperti Tripod.com (http://tripod.com) dimana kamu bisa menempatkan file-file kamu.

Ingin Blog kamu lebih interaktif lagi, jangan kuatir ada pemberi fasilitas Guest Book (http://www.signmyguestbook.com/), fasilitas pemberi Komentar (http://www.haloscan.com/) atau fasilitas Tag Board yang bisa kamu gunakan di Internet.

Butuh bantuan dalam membuat Blog? Layangkan email ke komunitas Blogger (para pemilik Blog) di http://groups.yahoo.com/group/blogbugs dimana para Blogger siap membantu kamu.

Intinya, tidak ada resiko dalam memiliki Blog, tidak ada biaya yang kamu keluarkan, dan kamu tidak akan rugi. Memiliki Blog adalah gratis.


Sebab 2: Memiliki Blog adalah MUDAH

Membuat Blog adalah mudah. Contohnya, proses pembuatan Blog di Blogger.com hampir sama dengan proses pembuatan email gratisan di Yahoo! Mail atau di Hotmail. Yang perlu kamu lakukan adalah mengisi beberapa informasi tentang kamu, pilih desain yang kamu mau dan dalam waktu singkat kamu akan memiliki Blog kamu sendiri.

Untuk tahap pertama, kamu tidak perlu mengetahui tentang HTML, bahasa yang digunakan untuk membuat website (walau jika kamu tahu, maka ini akan membantu banyak), kamu tidak perlu piawai di bidang web desain, dan kamu bahkan tidak perlu tahu terlebih dahulu tentang pembuatan website, bahasa pemrograman dan lain-lain.

Yang kamu butuhkan adalah kemampuan dasar untuk mengerti bahasa inggris. Kemauan untuk mengikuti petunjuk dan bertanya serta niat besar untuk memiliki Blog. :) Dengan modal ini dijamin, dalam waktu singkat kamu sudah akan memiliki Blog kamu sendiri, karena membuat Blog itu sangatlah mudah.


Sebab 3: Blog cocok untuk SIAPA SAJA

Karena kesederhanaan konsepnya maka siapa saja cocok untuk memiliki Blog. Kamu mungkin seorang programer yang ingin menyimpan catatan-catatan dan link ke website-website tentang programming. Kamu mungkin seorang jurnalis dimana Blog kamu, kamu jadikan tempat menyimpan catatan liputan yang diedit oleh editor kamu. Kamu mungkin seorang calon penulis yang sedang berusaha mencari keunikan tulisan dan gaya kamu sendiri. Kamu mungkin seorang penyair, atlet, mahasiswa, sekretaris, pekerja kantoran, pengusaha. Blog cocok untuk siapa saja.

Blog bisa dijadikan website yang membahas tentang hal-hal yang kamu sukai saja. Jika kamu seorang penggemar fanatik Sepak Bola, maka Blog kamu bisa kamu didedikasikan untuk membahas sepak bola. Isinya bisa tentang jadwal pertandingan, berita sepak bola, artikel, link ke website-website sepak bola.

Jika kamu seorang Desainer, Blog bisa kamu jadikan tempat untuk menyimpan hasil-hasil desain sebagai portfolio kamu. Jika kamu tengah mencari pekerjaan, gunakan Blog untuk menyimpan resume kamu, setiap saat ada kamu mungkin ditemukan oleh orang yang berminat memberi kamu pekerjaan.

Jika kamu seorang ibu rumah tangga, Blog kamu bisa berupa catatan sehari-hari kamu. Daftar belanja. Hal-hal yang harus dilakukan, catatan hari ulang tahun keluarga, atau catatan harian perkembangan si kecil.

Dan Blog juga bisa kamu jadikan catatan pekerjaan kamu. Jika kamu bekerja dibidang finansial misalnya, setiap berita, artikel, atau website yang berhubungan dengan bidang kamu, bisa kamu masukkan di Blog kamu dan akan dengan sendirinya teratur rapih menuruti waktu dimana kamu mengupdatenya.

Blog cocok untuk wanita, laki-laki, cowok, cewek, anak SMA, mahasiswa, tua, muda. Blog cocok untuk siapa saja, karena kamu yang akan mengendalikan Blog kamu dan menjadikannya apa yang kamu mau.


Sebab 4: Blog memberikan kamu SENSE OF PURPOSE

Memiliki Blog memberikan kamu rasa memiliki tujuan. Ini sangat berguna terutama jika kita seringkali terjebak dengan rutinitas sehari-hari dan merasa seperti kehilangan arah dan tujuan.

Sifat alami dari Blog membuat kamu merasa perlu untuk mengisinya dengan entry-entry Blog yang baru, sehingga Blog tepat dijadikan selingan waktu luang yang tidak merepotkan, katakanlah proyek jangka pendek pribadi kamu.

Memiliki Blog membuat kamu memiliki sesuatu untuk "diurus" dan dipelihara. Sesuatu yang kamu jaga dan kamu lihat tumbuh. Saat kamu memilki Blog maka kamu akan sering menemukan diri kamu berpikir, apa yang akan saya tulis di Blog hari ini? Apa yang bisa saya tambahkan? Mungkin halamannya memerlukan desain baru atau mungkin ada teman kamu yang memberikan komentar pada entry Blog kamu yang terakhir. Kamu memberi Blog kamu makan dengan tulisan-tulisan kamu, dan biasanya tanpa terasa tibat-tiba kamu sudah merayakan 1 tahun kamu memiliki Blog.


Sebab 5: Memiliki Blog melatih kemampuan kita BERPIKIR

Ada ungkapan umum yang berkata, rencana bukanlah rencana jika masih ada di kepala. Rencana menjadi rencana ketika kamu menuliskannya.

Dengan memiliki Blog dan mengisinya dengan rutin maka kamu membiasakan diri untuk memformulasikan apa yang ingin kamu tulis. Dengan cara ini kamu melatih dan menjadi biasa untuk membangun struktur pemikiran kamu dengan baik agar orang lain mengerti apa yang ingin kamu sampaikan. Kamu berencana dan kamu menuangkannya dalam tulisan yang bisa dipahami dengan mudah.

Tidak ada syarat bahwa seorang Blogger haruslah seorang pemikir besar, tapi dengan banyak latihan dan membiasakan diri berpikir dan mengkomunikasikannya, bukanlah tidak mungkin tidak lama lagi kita akan melihat banyak penulis ternama dan pemikir genius yang lahir dari kebiasaannya menulis Blog.


Sebab 6: Blog membebaskan kamu untuk BERBAGI dan BEREKSPRESI

Di Blogland kamu bebas melakukan apa saja. Hanya ada Blog kamu dan kamu sendiri. Apapun yang kamu rasa, sedih, kesal, senang, bahagia, jatuh cinta, putus cinta, ditinggal pergi, meninggalkan pergi, semuanya bisa kamu bagi dan bisa kamu ekrepesikan di Blog kamu.

Seorang sastrawan mungkin butuh waktu berhari-hari untuk menuliskan kalimat-kalimat cantik yang penuh makna. Seorang wartawan mungkin harus sekian kali kembali ke mejanya dan menulis ulang karena tulisannya tidak diterima oleh sang Editor. Tapi di Blogland, apapun yang kamu tulis dan tentang apapun, semuanya bisa kamu tuangkan dengan bebas di Blog kamu.

Kesempatan berbagi dan tempat berekspresi ini, belum lagi ditambah sifatnya yang membebaskan, membuat Blog, bukan saja bisa menyehatkan jiwa tapi juga hadir sebagai medium yang tepat di jaman dimana bisa berbagi dan berekspresi dengan bebas adalah sebuah kemewahan.

Ketika kamu berekspresi, kamu bisa jadi siapa saja di Blog kamu. Kamu bisa berimajinasi liar dan memilih karakter yang benar-benar berbeda dengan karakter dikeseharian kamu. Sebaliknya ketika kamu berbagi, kamu bisa mengungkapkan isi kepala dan hati kamu dengan jujur sejujur-jujurnya pada orang lain dan yang terpenting pada diri kamu sendiri.

Tidak ada editor di blogland, tidak ada guru ataupun pemberi nilai. Apapun yang kamu tulis, ekspresikan dan bagi, dalam hitungan detik sudah bisa berada di luar sana, dan dibaca oleh sekian banyak orang.


Sebab 7: Komunitas Blogger

Setelah kamu memiliki Blog dan menjadi seorang Blogger jangan lewatkan kesempatan untuk menjadi bagian dari komunitas Blogger. Blogger Indonesia sendiri memiliki komunitas yang cukup aktif berkomunikasi satu sama lain. Ada milis BlogBugs (http://groups.yahoo.com/group/blogbugs) dimana kamu bisa ikut bergabung di dalamnya dan juga ada forum Bloggerian (http://forum.bloggerian.or.id) dimana para Blogger memperbicangkan hampir semua topik.

Dua-duanya adalah tempat para Blogger Indonesia berinteraksi satu sama lain selain di Blog mereka sendiri. Kamu bisa bertanya dan minta bantuan tentang Blog kamu disitu, bertukar informasi dan mebuat janji untuk bertemu. Bahkan BlogBugs di akhir bulan Mei 2003 melangsungkan Gathering Blogger Nasional pertama yang dilangsungkan di Puncak, dimana dihadiri oleh sekitar 60 Blogger dari Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan kota-kota lainnya.

Sebagai Blogger, kamu akan menemukan diri kamu mendapatkan teman-teman baru, membaca cerita-cerita para Blogger Indonesia yang tidak saja tinggal di Indonesia, tapi juga di seantero dunia.

Temukan teman-teman blogger baru yang memiliki minat yang sama dengan kamu. Kamu akan menemukan Blogger yang memiliki pengarang favorit yang sama, yang telah menonton film yang sama, atau menyukai jenis musik yang sama.

Memiliki Blog, membuka dunia kamu ke sebuah komunitas yang memiliki ciri khas sendiri, yaitu (hampir) semua anggota komunitas ini memiliki Blog dimana mereka membagi sebagian dari kehidupan mereka di dalamnya.


Sebab 8: Blog adalah "The New Media" di Internet

Setelah dimulai sejak akhir tahun 90'an lalu dipicu oleh adanya layanan memiliki Blog gratis seperti Blogger.com dan peristiwa 9-11 di Amerika, Blog sedikit demi sedikit menjadi media alternatif baru yang diperhitungkan.

Perdebatan tentang apakah Blog dapat menggantikan media-media massa mapan masih terus berlangsung, sedang di media mapan itu sendiri setiap minggu selalu ada artikel baru yang membahas tentang Blog dan perkembangannya.

Dari bentuk awalnya, Blog telah berkembang sedemikan rupa. Di Internet sekarang kita dapat menemukan PhotoBlog (Blog yang isinya photo-photo saja), AudioBlog (Blog yang isinya rekaman suara), ada Blog tentang musik, film, buku, teknologi. Blog tentang media massa, televisi. Bahkan Blog tentang Blog.

Dari seluruh penjuru dunia blogger berdatangan dan memahat jalan mayanya bersama-sama di Internet. Ada kumpulan Blog Asia (http://ricebowljournals.com/), blogger Irak (http://dearraed.blogspot.com), eropa, afrika. Dan dalam berbagai bahasa Inggris, Arab, Spanyol, Indonesia, Sunda, Jawa. Blogger.com mencatat lebih dari 1500 blogger baru mendaftar di layanannya setiap hari.

Blog adalah sebuah fenomena terbaru. Blog adalah bagaimana email di tahun 90-an. Dalam waktu tidak lama lagi, teman kamu tidak hanya akan bertanya, "Alamat email kamu apa?", tapi dia akan juga menanyakan "Alamat Blog kamu apa?".

Memiliki Blog karenanya akan jadi identitas kamu yang kamu bagi di Internet. Jika saat ini Rene Descartes bangkit dari kubur, maka ia mungkin akan berkata: Saya ngeblog, karenanya saya ada. :)

Jika email adalah kotak pos kamu di Internet, maka Blog adalah gabungan dari rumah, ruang publik, buku catatan, diary dan cermin dari diri kamu sendiri di Internet.


Nah itulah 8 sebab utama untuk memilik Blog dan menjadi seorang Blogger. Jadi, tunggu apalagi? Mulailah membangun Blog kamu dan jadilah seorang Blogger sekarang juga. :) Untuk membantu kamu mulai dibawah ini kamu bisa temuka daftar layanan Blog gratis dari yang sudah disebutkan diatas:

Layanan membuat Blog:
Blogger.com http://www.blogger.com
Web Crimson http://webcrimson.com/
Live Journal http://www.livejournal.com/
Pitas http://www.pitas.com/
Xangan http://www.xanga.com/
Blog City http://www.blog-city.com/

Layanan Desain Weblog:
Blogskins.com http://www.blogskins.com/

Layanan penyimpan file:
Tripod.com http://tripod.com
Geocities.com http://www.geocities.com

Layanan Guest Book:
SignMyGuestBook http://www.signmyguestbook.com/

Layanan fasilitas pemberi Komentar adalah:
Enetation http://www.enetation.co.uk/
Blogkomm http://blogkomm.com/
BackBlog http://www.blogextra.com/backblog/
Haloscan http://www.haloscan.com
YACCS http://rateyourmusic.com/yaccs/

Layanan Tag Board:
Tag Board http://www.tag-board.com/
Flooble http://chatter.flooble.com/
Doneeh http://www.doneeh.com/


Permanen link ke tulisan ini: http://enda.goblogmedia.com/8-sebab-utama-memiliki-weblog.html

146 Comments

bajajbajuri said:

bang enda, design blog ape same dengan design website,yg bise didesign pake fronpage atawe word, aye mau design weblog dgn konsep bajaj aye. makasih yah bang sblmnye hbs saya mau tanye same mr.george die sendiri belon tahu, die malah tanye web goblog itu ape? weblog ade webgoblog die baru tahu,ape ane yg salah tanye ye?

dolidoli said:

horas... boleh juga bah itu artikelnya jadi ngerti aku apa itu blog, kiraku itu zi blog itu zalah zatu iztilah program yang error, eh zalah itu bug yah... :)) Jadi tau aku, mau bukalah aku, mau aku jadi blogger... thankyu yah lae...horas horas horas... *sambil lempar beras *

ly said:

horas lah yow!
bisa bahasa batak tak?
ngeblog pake bahasa batak coba?

ly said:

eh iya .. aku dah punya blog cuma design-nya masi yang default gitu, gmana yah ..?
HEHE .. friendster mang oke deh, buat data based and networking!

bhptyo said:

Assalamualikum Wr Wb...mas klo mau nyimpan file ditripot gimana sih caranya.....apa harus sign dulu atau????..tell me please, thx n Wassalamualikum Wr Wb

isa said:
Terjemahan Al-Qur'an

salam kenal

tia said:

assalamualaikum.wr.wb.
Salam kenal,artikelnya tentang blog keren deh, jadi kepengen bikin juga. terimakasih atas informasinya.
wassalamualaikum.wr.wb

nuniektirta said:

ngga! jangan nuduh, nda! saya ngga baca kok! cuma liad liad.. :p hweurhweu

snsdotcom said:

Pinter juga bikin idiom baru : "Saya ngeblog, karena saya ada....". Setuju!!!!

Meena said:

Bang Enda and Mba Nita, thanks berat ya. Gara2 blajar blog jadi rajin posting sekarang, walo bentuk blognya masih compang-camping :D

nofie said:

asiik! :)

truegossiper said:

this is educating! seneng banget ngeliat ada blogger yang bersedia nulis beginian.. two thumbs up!

hadi said:

Bang thanx for you shares........

Ass..lam kenal bang Enda ..makasih udah share ilmunya ya ..jadi pinter dalam semalam deh abis baca tulisannya :).Serius nih boleh di copy paste?saya mo kirim ke millist yg saya ikutin artikel ttg 8 cara ini....

bhequni said:

wah.. saya ngga tau apa itu blog, sya mohon informasi lebih detailnya dong

irfan said:

ok benget bang, infonya tentang weblog. semoga kita makin maju

takang sate said:

bang enda ane ada masalah ,,bikin gusetbooknya diblog bayar yah trus mo buat comentar box yang selalu online kok susah yah dah nyoba tapi masih ada kendala gak muncul di blog cuman commentar, pernah liat punya orang yang udah jadi keren juga pengin sih buat .....makasih tolong di bantu

hadi said:

very nice feature. saya banayak belajar dari sini waktu bikin blogs yang sampe sekarang masih kacau balau. Nda, bisa kasih bantu saya gimana caranya bikin itu archive kita di tripod....? let me know lah...saya failed terus waktu bikinnya

buleks said:

waaah makasih yah adanya info kaya' gini klo bisa bantu akoe juga yah pd sodara² semuanya neh

Gustian said:

Abis baca tulisannya Bang Enda aku jadi semangat kali mau bikin blog.Pokonya maju terus pantang mundur....

sandi said:

saya sungguh tertarik kaye magnet nih! saya ingin tau lebih banyak lagi tentang semuanya!

anakmonyet said:

kesengsem ama blog bang enda barangkali, pade tahu gak,...pengelola situs dpd.go.id, ngebikinin blog, web blog buat 128 anggotanya,....gimana menurut bang enda,..dan yang laen-laen ?....
hhehee...

Lay said:

mas gimana cara buat Writing u/ weblog? thx

ruthy said:

waah kok multiply nggak dimasukin, gue pake mulitply nih...
super guampaaang......

bayu said:

gimana sihh caranya ganti design webblog (blogger.com) yg gratisan? apa bisa ya?aku tau dikit html... thanks atas share ilmunya... email me!

Salam kenal,
Tipsnya berguna banget. Aku malah baru tau lho, apa itu blog. Hehehehe..tetapi, aku sudah merasakan manfaatnya yang super duper besar. Tidak hanya untuk diri sendiri, tetapi juga bagi orang lain. Silahkan kunjungi blog saya kalau sempat.
Wassalam,

Oh, iya mudah-mudahan blog saya bermanfaat

http://bambangpriantono.multiply.com

aris said:

mudah-mudahan saya bisa lebih mahir dalam membuat blog

aris said:

mudah-mudahan saya bisa lebih mahir dalam membuat blog

indri said:

gw sudah sering ngeblog, tapi punya friendster paling mudah dioperasikan.

Miswar said:

Duh jadi pengen coba nih. tulisannya baguuus buanget. thanks yaaa

lita said:

Mas Enda, tolong dong aku punya blog tapi belum bisa masukin foto..gimana dong caranya ?
Trims

OliVer said:

Bagus..bagus.... akhirnya nemu juga alasan-alasan bwat bikin bLoG. Thank yuoh, Enda!

miswar said:

thanks ya. aku jadi tau nih enak yah but butuh belajar nih. ajarin dong

Sidik said:

Wah canggih bener semua informasi disajikan dengan rinci dan detail, sehingga kita yang baca jadi termotifasi untuk belajar bikin Blog. Salut Mas

dancingdread said:

bang enda, mau permisi nih... maaf kalau beberapa kata-katanya mungkin akan mucul di sebuah harian di Indonesia.
karena memang sangat inspiratif dan informatif..

regards,

DEPO_ROXY said:

WAH.. saya akan berusaha.. membuat blog yg baik..

stanley said:

benar sekali bang, gw ga nyadar udah merayakan setahun blog gw...jadi terharu...

rinda said:

aku baru join masuk blog dengan gabung disini kreatifitas dan keinginan yg kuat,aku bisa menyalurkan hobi terpendam aku.

adhienz said:

aku mau minta petunjuk n pengertian
1.kalo kita udah menulis sesuatu di blogg kit apakah blogg kita akan di baca banyak orang dan gimana prosesnya sehigga blogg kita cibaca pakah :a.blogg kita bisa diketemukan di gogole
b. atau yang baca blogg kita hanya orang orang yang ada di area bloog itu sen diri
plisss tolong bantu aku
makasih
n terkahir
apakah ini yang namanya bloog yang sedang saya baca
terima kasih
aku butuh belajar dari anda

bejo said:

alasan lain adalah im so bored, i have nothing to do. so i made my blog.

eh saya bukan so' tau. tapi yaa, pengen ngomentarin aja. ah udah ah,capek. postingn sodara Enda panjang benerr tapi keren lho

koeniel said:

thanks Enda artikel-artikelnya tentang blog dan bloggings angat menarik

alee said:

gabung disini biar senyum2 bareng bloger lainnya

Yanti said:

Thanks Bang Enda,

Hopefully someday you are willing to visit and give comment to my blog .

2 bln lalu saya ngga tau apa apa ttg blog , tapi setelah Workshop bang Enda di Pam buku IKAPI ...baru saya tau dan mencoba create Weblog ...

Richard said:

Thanks atas tutrialnya tentang WEBBLOG. Setelah membaca semua tulisan anda tentang BLOG saya tertarik untuk membangun webblog sendiri di www.blogger.com
Saya berminat dengan bisnis internet dengan investasi eGold. Webblog saya nantinya akan bermuatan bisnis 4Matrix Level dengan investasi eGold.

Thanks.
Richard
http://www.e****iz.com
http://4m*****iz.com
(Keduanya sedang dalam proses pembangunan)

tude said:

bang enda, blognya bagus banget. punya saya msh standart. btw, blog bang enda nih free hosting/public atau mbayar/milik sendiri ya?gudlak ya x5668

Nenda said:

Hmm Bang Enda gimana sih caranya agar mood nulis Blog tetap ada?

patricks said:

asik nih bang jadi pingin ikutan

frans said:

well,frankly aja aku tu bingung ama ide2nya kamu, actually aku pengen banget bisa buat blog tapi gemane caranya neh...

dewi said:

komplet bow!!

wulan said:

blog nya bagus banget. ajari saya ya. gimana caranya bikin link yang bisa nyambung langsung ke email kita. juga cara masukkin logo. terima kasih

kayanya skarang ga ada alasan lagi buat ga nge-blog

dhimas said:

aku kan abis buat web blog tapi link bawaannya masih bahasa inggris gimana gantinya, trus klo mau ganti dengan bahasa indonesia bisa ga'? itu aja makasih klo mau nolongin thanks wassalam

ARIF said:

aku gak mudeng apa itu blog. mohon dik jelaske

Ryu said:

Alow....
Ada yang tau cara gonta-ganti skin Blog ga?
Kalo di www.BlogSkins.com gimana cara pake' nya yah..
Thx buat info nya ....
Tapi kalo bs sih responnnya kirim via japri yah :-),biz jarang cek di sini sech....

C U

dian said:

kalo aku kenapa punya blog, karena lagi nganggur. temanku dari belanda pada th 2002 akhir yg pertama kali ngenalinku pada blog.

Etyra said:

salam kenal aja, Pengen juga bikin blog..biar bisa hearing gitu ..Bang.

redho said:

lagi surfing cari bahan untuk belajar buat block ... eh blog dink

imanpotter said:

Satu lagi! Kamu bakal dapetin sesuatu yang beda, yang selama ini kamu cari! Karena... blog bikin kamu ngerasa lebih hidup!!!!

eka said:

tanya donk, berkali-kali gue mo bikin acount blog kok gak bisa ya ? alasannya sorry, this user name isnot available
padahal udah berkali-kali gue ganti user name-nya tapi gak bisa juga ;)

Tika said:

Pengen coba nulis blog itung2 buat belajar nulis, tapi gimana kl ternyata tulisan kita ternyata bener2 di "BLOG" maksudnya tulisan itu tanpa sengaja menyindir, menjatuhkan ataupun menghina pihak2 yang merasa dirugikan, dan akhirnya kita berurusan dengan aparat parahnya lagi bakal berurusan deng hukum. Seperti kasusnya anak jogja itu lho...nah yang menjadi pertanyaan, ada nga perlindungan hukum untuk menulis di blog, dan apakah tulisan di blog itu harus berisi hal2 yang bersifat serius seperti layaknya berita di harian surat kabar. Thanxs before....

Dwi said:

Tanya donk....... kalau mau masukin lagu di blog gimana caranya ???....biar ada musik blog nya...bisa ga ? ...

ali said:

wah, jadi pingin nge-blog lagi. 2 minggu lalu pernah mao mulai tapi berhenti karena takes time juga. tapi dengan tips ini jadi semangat lagi. thanks to Enda. semoga aku juga bisa mengexplorasi semangat nulis sama seni creative yang aku miliki.

marbun said:

Horas,

Maksih neh, banyak tips yang sangat bermanfaat. Kayaknya blog ini sudah setara dengan Buku. Dalam segi harga dan kualitas. Tp aku masih banyak kesulitan neh. Bloggu masih acakkadut visit me: http://humbahas.blogspot.com

Kasinggihan, nak ndalem Enda. Kulo sakmeniko sampung ngertos babakan Blog puniko, lajeng kulo njih bade ndamel Blog meniko, ananging kulo nggih tasih go-blog je, Matur nuwun sanget nggih Lik.
Nuwun, Priyantun Jogja aseli ndesit.

fathin said:

bang... kalo bisa bang bikin post mengenai cara pembuatan blog yang baik, kalo bisa sih sedetail-detailnya... juga mengenai cara "menghias" halaman blog kita... ok! pasti sangat membantu

Budi Purnomo said:

Salam,
Informasi yang diberikan di web Anda sangat menolong, siapa saja yang ingin membuat blog, termasuk saya. Tks ya

sofwan said:

Wah ok endah,hanya mungkin bloger itu harus punya cukup waktu untuk interaksi didepan komputer,minat sih untuk punya blog tapi kadang ya .... waktunya...
salam
sofwan

Irin said:

Thx, help me a lot to understand about blog ... Bravo!!

budi said:

bang mau tanya..
aku liat ada orang yang bikin blog isinya diambil dari situs-situs lain atau dari sumber lainnya..mungkin maksudnya biar kalo orang searching blognya dia juga tampil dan ada kemungkinan di klik orang.. ada gak kode etik yang mengatur tentang isi blogg?

enda, thanks informasinya, you're The best!....

fatur said:

mas enda thank,panduan bikin blognya ,tapi masih default,bantu desaignya dong.!!!

salma said:

aloo mas enda, aku salma aku punya blog tapi yg aku tau itu cuma buat nulis tentang diri kita aja itupun jarang soalnya aku ga terlalu ngerti, kaya buku harian gitu.......apa blog juga kaya freindster,bisa pake image, upload fhoto, or down load fhoto, terus blogskin itu untuk apa?

ZAENAL said:

SAYA BLM PUNYA BLOG SENDIRI, DAH PERNAH BACA2 BUKU CARA BIKIN BLOG TP GAK PERNAH BERHASIL. tOILONG DONG KASIH TAU LANGKAH2 BIKIN BLOG, KARENA SAYA PUNYA BNAYAK ARTIKEL BUAT DI POSTING VIA BLOG. MAKASIH YA SBLMNYA.

Yudhi said:

ngeblog....ngeblog terus hidup negeblog.....oeeehhh

rudiana said:

Apakah ada batas waktu blog gratis ini berlaku ?.. jika ada seberapa lama Pak ?...

Jika ada orang/client yang mau dibuatkan blog apakah kami bisa membuka jasa layanan pembuatan situs di blog buat orang lain dengan
memberika tarif jasa pembuatan kepada calon client saya Pak. Mohon pejelasan

dhol kipli said:

saya pingin bikin blog, gimana ya caranya. mungkin ngga blog di disain jadi majalah internet.
tank's

budi said:

mas tolong bantuannya cara buat Blog....
tolongin mas ya...........

michael said:

iya blog bikin hidup lebih hidup !!!

itank said:

aku da blog, cuma kosong, bingung mo diisi apaan. ga pede mo diisi pemikiran aku ttg semua hal :P takut di tangkep pulisi :P

jd mpe sekarang klo ngenet paling baca blog2 org aja, selaen cari crack/keyGen buat program :P

sekarang paling gi sibuk mikir masa depan mumpung masih kuliah n' belon nikah :P

gankses said:

wah luar biasa webblog yang disajikan, aku udah coba bikin tapi masih pusing, abis awam sih buat aku bahasa3nye, tapi thank,s a lot deh atas infonye, semoga menjadi amal baeeek, dan kutunggu post2nya yang lebih ngreget , ok

lukman said:

Assalaamualaikum...Wahhh bagus tuh buat bikin blog asal ada manfaatnye yee. Trus tabu ngga bikin blog bisnis hehehe nanti aku namain "blogbisnis"blogsome.com tuh..

septian dr said:

terima kasih untuk Bang Enda atas sarannya ini.
HORAS!

Triyanto said:

Saya tertarik pingin belajar dan bikin blogg sendiri.apah blogg bisa ikutan di google adsense..?

andimiswar said:

bung enda, thanks atas kerja anda membangun blog ini. Semoga blog ini mejadi sumur ilmu yang tak pernah kering. Salam am

Thanks for your info, Bos! Cuma agak bingung aja, knp elo nggak nyebut multiply sbg salah satu pemberi layanan blogging, ya?

Bukan apa2; kalo misalnya elo sebut, artinya kan di suatu tempat di sini pasti akan terselip tips & tricks utk pengguna multiply. Misal utk pasang alat penghitung unique visitor, etc..

nehemia said:

Salam kenal Bang Enda.
Awalnya aku baca tentang
blog di majalah dan sangat tertarik untuk menjadi blogger.
Saat ini aku baru aja punya blog dan sedang memikirkan untuk mengembangkannya.
Mohon bimbingannya.
Thanks before...

yanti said:

Blog saya baru berumur 4 hari. Apa ada kemungkinan designt yang disediakan www.blogger.com bisa kita rubah. Setidaknya gak persis amat dgn yang dipunyai banyak orang.

Hadi said:

Setelah baca tulisan ini, jadi bener2 kepingin merawat blog sendiri. Makasih

Info nya menarik. Apakah ada blog yang bisa untuk jualan gitu? jadi semacam blog tapi untuk ecommerce. KL bisa jualan gratis kan enak.

Gue juga jadi pengen ngerawat blog gue, dah beberapa kali create blogspot, tapi setelah posting kedua trus berhenti :D .
Mungkin mas Enda bisa bikin tips gimana biar tetep rajin ngeblog, hehe.

fadli said:

ma enda saya mau tanya kalo design blog di macromediadreamwefer bisa ngga trus cara hosting nya gmn
tolong di bls yach

Saiful Adi said:

ternyata punya blog banyak untungnya ya

yuree said:

mas enda..saya pake ebloggy tp knapa yah kadang susah bgt loginnya. apa memang gitu? saya pernah pake blogspot tp bingung mau desainnya..jd tetap aja pake ebloggy..
makasi mas petunjuknya..

Prabu said:

blog KU PAYAH KALI nyarinya di search engine, kenapa ya mas

Prabu said:

blog KU PAYAH KALI nyarinya di search engine, kenapa ya mas

Ai said:

ok.. thanx..
jadi bisa merumuskan sendiri apa tujuan ngeblog itu buat diri saya pribadi..

maklum selama ini ikut2an..
he he

haishor said:

jadi tambah semangat nih...
ngajakin orang-orang ahh...
:)

joko said:

8 alasan yang bagus.kutambah satu lagi kayaknya.To make money :)

fuji ardiyanto said:

saya memang masih belum memahami benar cara menghias blog saya berharap akan banyak cara,trip,and trik menghias blog

chadijah ibrahim said:

oke, thanks bang enda, aku mau kunjungi blog-bloger dulu , setelah itu aku punya niat buat blog sendiri, salut bang enda

Solahudin said:

Cuma mau kenal aja nih.
Infonya bagus sekali, terutama buat kita2 yang gaptek nih.

Petrus said:

Bang en bagaimana caranya memindahkan file (doc)kedalam blog apa harus diketik manual?Eh thx 4 info

www said:

wah luar biasa neh blog nya. abang kayaknya full talented banget tuk masalah beginian. ohya bang aku baru kenal nih ama yang namanya blog padahal aku kul di jurusan komputer (jadi malu...)ohya bang aku mo minta tolong nih kalo gak keberatan, aku pingin punya blog juga kayak yang bang enda punya. jadi gimana caranya supaya aku dapat buat blog sendiri. bang enda makasih banget sebelumnya.

ipoel said:

kayaknye ane udeh nggak ade pertanyaan laen.Same tuh kayak yang ditanye ama temen2 laen.Tapi yang penting ane pengen tanye juge gimane care buat blog yang oce.Thank ya bang..eh mas..eh salah.Terserah aje deh...

paling best nyer kalo ada blog boleh gak buat duit.hi hi.kalo mau senang lagi bole pake wordpress.

puri said:

mas, tolong ajari bikin blog donk, pengen banget punya blog sendiri, tolong sarannya ya mas.

feby said:

two tumbs up 4 u.This is a best way out to our to create a good blog!

prayoga said:

Salut ama om enda....membuat semakin semangat aja menulis sesuatu yang tertunda...thank's om enda..maju trus indonesian blogger

imam said:

he9 bagus banget infonya..kita jadi tahu lebih dan lebih tahu. sumpeh,q jadi lebih banyak thu seputar blog. q udah puny blog tapi standar bnget..pengen deh mempercantik tampilanya,,,thanks banget ya mas enda...........

bryans said:

gue belum tau tuh gimana cara membuat weblog

bryans said:

tolong kirim gimana cara membuat weblog secara rinci

Hendro said:

tadi Malam di Tv, Blog dibahas asyik, bagus

bryans said:

sekarang gue lagi buat weblog gue.Terima kasih atas petunjuknya

Dewa Ekajaya said:

Pak Nasution, bagaimana caranya agar saya bisa bergabung dengan komunitas blogger di indonesia. Terima kasih

Ragil said:

Pak Nasution , saya seorang PEMULA ,jadi tidak tau apa itu BLOG , dan bagaimana kegunaan nya.tolong kasih tau rincian nya dan bagaimana cara buat BLOG yang menarik dan banyak di minati orang.

terima kasih

ayuyo said:

boss...
saya mo nanya nih, kalo blog qta biar keditek ama google search gimana ya? tolong jelasin secara detail.mohon bantuannya, thx.

yanti said:

Mauliate...ito Enda,nga huboto be guna ni blog i.
Nga tamba be ilmu ku i si.
Sai...horas ma i hamu ito.
Artinya....,
Makasih ya mas Enda.

tolong bantu untuk daftar blog gue agar di search di google atau yang lainnya?

Nia_Lie said:

saya sangat tertarik mempunyai blog setelah membaca tulisan anda.(thanks untuk itu)Walau tulisan anda telah begitu detail namun tetap tidak mudah untuk orang awam teknologi golongan "gaptek" seperti saya.Jika anda tidak keberatan mungkin kita bisa lebih banyak berdiskusi secara berkala(dalam email mungkin,jika anda tidak terlalu sibuk melayani para pemula lainnya).mohon tanggapannya.thanks

Ivan Andino said:

Thanks atas bantuannya, tulisan anda amat membantu pemula seperti saya dan membuat saya tertarik mengisi blog..thanx

papainfo said:

sama seperti ivan...saya juga terbantu

Thank's mas Enda....
berkat tulisan mas Enda, saya sekarang telah lahir di dunia blog. Minta petunjuk2nya biar blog saya bermanfaat dan berguna bagi semua orang.

TATUNG said:

bang enda, saya ini awam banget masalah blog apalagi web! tapi pengin buanget punya blog apalagi kok bisa buat sendiri. alangkah berterimakasihnya saya bila abang sudi menuntun saya yang bodo ini,semoga ilmu yang abang amalkan bermanfaat bagi orang buanyak. makasih sebelumnya kalo abang sudi kirim email padaku tentang langkah yg paling sederhana, dengan bahasa yg sederhana juga. biar orang bodo ini bisa memahaminya bang, THANKS buangeeeeet

nyonyo said:

ngeblog enaknya buat cari duit via sponsor sekaligus nulis ide2. lumayan bisa buat beli rokok buat nemenin kirim posting hehehe....

redy said:

bang enda tolong ajarkan saya dengan bahasa yang sederhana biar saya mengerti otre!!!
saya mau bikin blog juga neh,,,
mohon petunjuknya

maryam said:

salam kenal bang enda. sorry ya waktu pertama nama nya muncul di layar komputer saya pikir yang punya nih perempuan pas lihat fotonya laki2.tapi gak apa. bang tolong yach bagi2 ilmunya yach untuk mulai membuat blog dari awal. soalnya saya masih awam dengan dunia ini.

Mantap bang enda. Eh iya, salam kenal ya. Btw, tulisan ini aku pajang di blogku ya. Gpp kan ??

7on1 do@nk said:

Ass, Bang Enda apakah zoomshare yang saya pakai bisa di samakan dengan blog padahal katanya website. bang enda, apakah ada layanan mendesign zoomshare seperti blog-blog yang lain and kasi tau saya tentang bagaimana membuat blog yang bagus , thank... Wassalam

didib said:

salam kenal. salut atas semangatnya buat nyebarin ilmu

monica said:

wah bagus banget nih....
8 sebab utama memilik web.
Aku newbie banget ini dan sangat terbantu dengan tulisan2 om Enda loh ;))

bambang said:

thank's atas tulisannya amat membantu gue yang pemula.

CherRynNa said:

wah,first sih iseng2 buka google dengan keyword marketing periklanan eeeh taunya ada situs mas enda. pas buka2 isinya lumayan ngasih inspirasi buat bikin blog n laennya..thank's yaw _

Saigolady said:

sebab no 5 itu loh..ngena banget di saya.makasih banyak!

Semy Yanti said:

Assalamualaikum Wr. Wb.

Salam kenal Mas Enda, saya Semy Yanti dari Politeknik Negeri Jakarta. Saya diberi tugas oleh dosen Pengantar Komputer untuk bertanya kepada Mas Enda. Tolong di jawab secepatnya ya mas, saya butuh bangetttt....!!
pertanyaannya :

1. Mas Enda apa sih yang dimaksud dengan cap waktu (time stamp) itu??
2. Kalau kita punya blog masalah yang seharusnya pribadi jadi diketahui banyak orang? bukannya jadi risih?
3. apa sih enaknya ngeblog?

pertanyaannya itu saja, saya tunggu balasannya ya mas!
makacie...

Salam kenal dari saya. Makasih banyak ya, Enda, saya banyak dapat ilmu nih dari weblog ini. Sekarang udah bisa ngajarin anak saya buat Blog.

nataludin said:

om, terima kasih atas semua infonya, cuma satu nih... link om mau aku pasang di blogku, tapi mana link ya....

sisy said:

Hi,
Enda aku sering baca ttg e-blog ( bloga jadi duit) apa bisa dipaparkan mulai a-z car membuatnya/ step by step, selama ini banyak cerita tapi tdk mau share, ada juga tutorial LN tapi mau nya baca lewat blog mu okey??? see you

agus4x4 said:

saya seneng atas tulisannya dan saya akan jadikan rujukan untuk pelatihan blog untuk para pemula gratisan. kalau ada tulisan yang lain tolong saya diberi infonya. Trima kasih bang Enda

m.imanuddin said:

bang, blog abg bagus banget bang..

bisa donk ajari kita.. h3.
bang, klo bisa kasi kririkan buat blog saya bang..
n langkah2 apa yg harus saya perbaiki..
trim's.
blog sy, ahmedsyahdan@blogspot.com

meiditami said:

Punya blog, menggantikan kebiasaan saya menulis catatan harian. Malah lebih praktis dan asyik. Saya nulis diary sejak SD, hehehe. Makin lama makin maas krb malas nulis tangan. Jd sekarang saya coba ber-blog-ria.

meiditami said:

lumayan, tambahan pengetahuan teknis. thx bung enda nasu.

agung said:

makasih bang enda artikelnya...jadi salah satu rujukan saya...

agung said:

makasih bang enda artikelnya...jadi salah satu rujukan saya...

Anonymous said:

siiiplah?

Leave a comment

About this Entry

This page contains a single entry by enda published on February 19, 2004 4:35 PM.

About Enda Nasution was the previous entry in this blog.

Apa itu Blog? is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

Powered by Movable Type 4.01