Asalnya

Asalnya abis liat survey blog terbaru ini yang dikasih judul The Blogging Iceberg ini, gue pengen nulis tentang apa sih yang bisa kita kerjain biar kita ga bosen ngisi blog dan blog kita tetep idup terus.
Tapi gue jadi ragu-ragu buat nulisinnya gara-gara ternyata gue juga lagi bosen buat blogging!. Bosen buat jalan-jalan liat blog-blog kamu, bosen buat nulis blog, bosen melakukan kegiatan yang berhubungan dengan blog.
Heheh.. biasanya gue suka bosen ama kerjaan gue, bosen ama idup gue yg mana masih bisa gue jadiin entry di blog ini, atau gue jadiiin blog ini sebagai pelarian rasa bosen itu.
Tapi gimana kalo bosennya justru bosen ama blog? 🙂
Anyway, ada sejumput statistik menarik dari survey yang gue link diatas tentang dunia blog. Survey terhadap 3,634 blogs diseluruh dunia itu menemukan bahwa jumlah blog makin tetap tumbuh dan bertambah banyak dari tahun ke tahun.
Diestimasikan ada 4.12 juta blog yang sudah dibuat orang di banyak penyedia fasilitas blog seperti: Blog-City, Blogspot , Diaryland, LiveJournal, Pitas, TypePad, Weblogger dan Xanga. Pada akhir tahun 2003 ini diperkirakan jumlah itu akan mencapai 5 juta blog dan pada akhir 2004 akan mencapai 10 juta lebih blog.
Pertumbuhan yang sangat signifikan diliat dari segi jumlah. Sayangnya, dari jumlah sebanyak itu ditemukan pula bahwa sekitar 66% dari blog yang ada sudah tidak pernah diupdate lagi selama 2 bulan!
Dari 4.12 juta blog, 1.09 juta cuma berumur satu hari dan sisanya punya rata-rata umur 126 hari (4 bulan) sebelum blog nya ditinggalin.
Dan bukan berarti kalo blog kamu udah berumur 1 tahun kamu bakal terus ngeblog. Survery itu juga menemukan bahwa sebanyak 132,000 blog ditinggalkan setelah berumur 1 tahun. Sayang banget ya.
Nah gue ga tau apa blogger Indonesia punya kecenderungan yang sama karena ga ada data tentang itu, mungkin kita bisa mulai melakukan survey kecil-kecilan, tapi dari yang gue rasa sih, jumlah blogger Indonesia rasanya makin kesini makin banyak dan gue jarang liat blog yang ditinggalin, walo bukan berarti ga ada.
Keluar dari itu semua emang selalu ada sih kecenderungan untuk ninggalin blog karena satu dan lain hal. Faktor paling besar kayaknya karena buat blog itu gampang! Ga besar komitmen yang harus dimiliki sebelum mulai, karena toh fasilitas gratis dan gampang dibuat dan karenanya gampang buat ditinggalkan juga.
Tapi gimana buat blogger yang udah mulai blogging buat beberapa waktu? Ada ga sih sebenernya tips dan triks gimana caranya biar kita bisa terus blogging?
Kayaknya ada ya dan gue yakin kamu pasti punya jurus-jurus jitu. Ayo share jurus-jurus jitu kamu dong. Hehe 🙂
To be continued…