Obama Untuk Dunia yang Lebih Baik

ukof8DawTfmiekd84aGCczaQo1_500.jpgPada saat gue menulis ini, BBC dan CNN menunjukkan bahwa Obama sudah meraih 333 electoral votes dari 270 yang disyaratkan untuk memenangkan pemilihan presiden di Amerika Serikat.
It’s not official, tapi it’s safe to say, ladies and gentlement, Barack Obama adalah Presiden Amerika Serikat ke 44.
Historical!
Sejak mendirikan Indonesia for Obama 08 serta “berkampanye” untuk Obama di Indonesia banyak yang bertanya dan ngerepotin gue (hehe) dengan pertanyaan2x kenapa gue getol mendukung Barack Obama.
Biasanya pertanyaan dan kritik itu terbagi dalam 2 kategori besar:
**1. Memang ada pengaruhnya Obama menang terhadap kehidupan kita sehari-hari?**
**2. Kebijakan Obama dan US tidak akan berubah banyak, terutama pada Indonesia?**
Setiap kali gue membaca dan mendengar pertanyaan di atas yang terlintas dalam pikiran gue adalah selalu: **C’mon**!
Ada yang lebih luas dari itu!
Pertama, politik adalah selalu tentang kompromi. Iya kebijakan dan rencana penting, tapi yang lebih penting lagi adalah karakter seorang pemimpin. Bisa kah dia kita percaya, bisa kah dia memimpin?
Yang diminta oleh seorang kandidat adalah kepercayaan pemilihnya untuk memberikan tanggung jawab, berpikir, mengambil keputusan yang terbaik untuk seluruhnya, dan bukan untuk individu atau sebagian golongan.
Kebijakan terhadap Indonesia ada disitu, apapun yang kemudian dilakukan oleh kepengurusan Obama gue yakin, karena gue percaya, bahwa kebijakan itu sudah merupakan hasil dan pertimbangan masak dan diputuskan dengan hati-hati.
**Kedua dan yang lebih penting.**
Kenyataan bahwa seorang kulit hitam, dengan nama aneh dan nama tengah Hussein, anak dari seorang berdarah Kenya dengan ibu kulit putih yang dibesarkan oleh kakek-neneknya, bisa jadi orang no 1 di planet harus disadari punya makna yang luar biasa.
Seorang kulit hitam menjadi presiden amerika ke 44, hal yang tidak terbayangkan hal ini bisa terjadi sebelumnya. It’s amazing.
Bahwa dia pernah tinggal di **Menteng, Jakarta, Indonesia** beberapa tahun waktu dia kecil, itu hanyalah nilai tambah saja, _added value_.
Ini adalah sebuah kesaksian bahwa umat manusia bisa dan masih memiliki sisi yang baiknya, bahwa perubahan itu mungkin, bahwa kita sebagai sebuah spesies tidaklah menuju kehancuran tapi justru secara terus menerus memperbaiki diri.
Kemenangan **Barack Obama** karena itu, **memicu imajinasi, menciptakan ribuan inspirasi dan jutaan harapan.**
Gue bisa mendengar, bahkan sekarang, semua orang tua, memacu anaknya yang ketinggalan dan kekurangan dengan kata-kata: “Lihat Obama, dia siapa sebenernya, dan bisa jadi Presiden Amerika, kamu juga bisa!”
That’s the message that the US voters are now sending to the rest of the world. No matter who you are, how you raised, if you want to, you can!

Berhenti berpikir **egois** dan **selfish**, dan mengukur segala sesuatunya hanya dengan apa yang ada di depan mata kita saja.
Betul bahwa apa yang ada di depan mata tentu penting, tapi di moment ini, di kesempatan ini, mari lihat gambar yang lebih besar, mari jadi bagian dari sejarah, mari lihat bahwa gelas tersebut tidak kosong setengah tapi sekarang sudah menjadi berisi setengah.
Lihat bahwa matahari baru bersinar kembali hari ini, membawa hari baru, perubahan baru, keyakinan baru, harapan baru. Tidak saja untuk orang Amerika, tapi untuk semua orang di planet ini.
Hari ini gue makin percaya, bahwa pada sisi baik manusia masih ada dan selalu ada serta bisa diharapkan,
Hari ini, _all of us it’s united under one person_.
_**One Planet. One President. One nation, the nation of human kind.**_
_**Vivat Obama!**_

PS: Indonesia’s Obama Celebration will be held, this afternoon, 5pm di Bellagio Boutique Mall, Mega Kuningan Jakarta. datang aja, terbuka, ajak teman, kita rayakan bersama!

55 thoughts on “Obama Untuk Dunia yang Lebih Baik”

  1. betul betul betul,
    Obama yang Bahasa Indonesianya pas-pasan aja bisa jadi presiden Amerika, apalagi Bang Enda, pasti bisa juga dong jadi presiden Amerika

  2. Thank you for the useful post. I was searching on Google for some slightly different info but your article gave me the answers I was looking for. Cheers!

  3. Hi,Superb blog dude! i’m Fed up with using RSS feeds and do you use twitter?so i can follow you there:D. PS:Have you considered putting video to this blog to keep the readers more enjoyed?I think it works.

  4. walau Obama sangat diharapkan untuk suatu perubahan, tapi hingga kini belum ada langkah dari Obama yg membuat dunia tersentak….., we wait for your promise..

  5. bnyk harapan indonesia ketika obama berhasil naik sebagai presiden negara pling berkuasa d bumi,
    kita hany bisa menunggu apa yg akan obama lakukan pada bangsa kita ini

  6. Obama & The Facebook Election?…
    IKUTI:
    Seminar MEDIA REVOLUTION – Sabtu, 20 Desember 2008!
    the new era of media….
    Tema: Internet Broadcasting, Handphone as a Media & Social Media
    Info Seminar: http://MediaRevolutionLSPR.WordPress.com
    Keynote Speaker:
    Mohammad NUH/ Menkominfo RI
    Sesi 1 : TV Media Revolution & Gadgets
    Tema : Perkembangan Internet TV dan handphone sebagai media
    Pembicara:
    – Edi Taslim / Business General Manager Kompas.com
    – Harry Deje / Communication Services Manager XL
    Sesi 2 : Social Media Revolution: Power to the People
    Tema : Eksis di Media Online
    Pembicara :
    – Andrew Darwis / Founder KASKUS Networks
    – Danny Wirianto / Chief Marketing Officer KASKUS Networks
    – Tristram Perry / Public Diplomacy Officer – Embassy of the United States
    TICKET SALES:
    Rp. 50.000 for LSPR student
    RP. 75.000 for Public
    Yunny: 0817.980.1715
    Kezia: 0817.136.628

  7. JANGAN PERNAH MAU MEMBAYAR PAJAK ATAU IKUT PEMILU SELAMA MASIH ADA BBM ASAL INDONESIA YANG DIJUAL DIDALAM NEGERI.

  8. Jika pemerintah tidak mau membuat harga BBM di Indonesia floating, maka gantilah semua harga dengan satuan emas.
    Contoh harga bawang/Kg = 0.127 gram emas.
    Harga rumah 300 m2 = 2941 gram emas.
    Dengan demikian maka nilai asset dan hasil kerja keras rakyat Indonesia tidak akan berkurang walaupun dollar naik 10 kali lipat.

  9. Indonesia tidak akan pernah bisa maju selama harga BBM di Indonesia tidak floating. Artinya harga BBM di Indonesia harus selalu berubah setiap detiknya sesuai dengan harga retail di pasar internasional dan sesuai kurs yang selalu berubah setiap saat.

  10. A man who buys at a price lower than other people pay actually sells his life, his freedom and his future.
    If they pay 1 Kg of gold for 1 litre of water, then you should too.

  11. wah mau ngomong apa lagi ya, udah terlalu banyak yang ngomong…, btw obama yang paling keren ya Senyumnya…, bentar lagi smile like monalisa bisa tergeser dng smile like Mr.Obama, keren tuh…

  12. ternyata … ga jauh beda sama roy sukro .. senang dgn utopia dan eforia …
    sedih … T_T

  13. oh ternyata tulisan bapak blogger begini toh.. menggugah hati..
    Viva Obama!
    I wish pemilihan presiden di Ind ada seseorang capres yg bisa menggugah hatiku unt dipilih, tanpa aku harus merasa terpaksa memilih hanya karena ngga boleh golput.

  14. Sepakat dengan paklik Zen :P.
    Mencuplik Obama sebagai pembangkit kesadaran akan kemanusiaan jelas seperti “ketinggalan kereta”.
    Tapi yang jelas, bagi Amerika ini fenomenal. Bagi kita, masih sebatas utopia sih kayaknya.
    Sorry to say.

  15. udah lah…bikin perang aja…emang kelebihan duit??????OBAMA aja gak kenal elu..kacian deh elu…

  16. @bistok, ga mau repot juga gapapa kok heheh, repot amat ngomentarin di sini, ayo sana katanya mau berbuat hihihi

  17. repot amat dengan obama,
    ga perlu ngarepin kebijakan luar negeri AS untuk indonesia. kita harus berdiri sendiri. itu baru bener, jadi mau siapa kek yg menang di amerika buat gw peduli TAI!.
    ni negera harus dibangun dengan tangan sendiri, ga usah ngarepin AS atau ngarepin negara2 lain untuk ngasih bantuan, aliran dana, investor2 dari luar untuk ngebangun negara ini. karena selalu ngarepin yg gw sebutin diatas kita jadi tukang ngutang yg ga bisa bayar, dan lebih ancur2an pada saat resesi seperti ini.
    Jadi, peduli TAIK lah dengan pemenang pipres AS. kenyataan dia pernah sd di menteng pun ga ada gunanya. emang dia mau balik lg kesini atau mikirin indonesia cuma karena hal seperti itu? naif sekali! Indonesia… kebanyakan nonton sinetron, film drama korea dan serial2 ga guna Hollywood. Bangun bung bangun!!!….

  18. Inspiration – yes, hope – yes! But more importantly, the US president is (still) the most powerful person in the world. how he decides in terms of foreign policy, about Iraq, Guantanamo, about efforts to stop climate change, this has an impact on the rest of the world. And I’m glad it’s Obama who get’s to make these decisions, because he has the intelligence and charisma to convince people even if its an ‘unpopular’ way!

  19. Agreeed!!!
    Obama’s value to other nation in the world is larger than just “someone elected as US President. He’s literally sending an inspiration, a dream, a real talent of leadership and god knows how long we in Indonesia and (i’m pretty sure) every other nation that’s currently dealing with multi-dimensional crisis are missing all those thing that makes Obama inside our leadership system.
    To see that this guy actually made it through the primary now is miraculous! And as a mature and “wise” nation, we have to congratulate him and learn from this historical moment.
    Once again, I agree with you sir, & Congratulation! πŸ˜€

  20. dan memang benar, saya juga salah satu orang yg terheran2 atas kegigihan mas enda berkampanye barack obama karena jika hanya untuk sebuah alasan “…Kemenangan Barack Obama karena itu, memicu imajinasi, menciptakan ribuan inspirasi dan jutaan harapan….” saya pikir sedikit naif, karena kita juga bisa mengambil contoh dari para pendahulu kita, pahlawan kita even our propher … ga perlu obama!
    ya mungkin karena seperti kata mas enda juga : “…Berhenti berpikir egois dan selfish, dan mengukur segala sesuatunya hanya dengan apa yang ada di depan mata kita saja…” , sehingga kita lebih semangat (eforia) dengan hal2 yg ada di depan mata kita seperti obama, ketimbang percaya akan contoh yang telah diajarkan oleh agama atau pun sejarah …

  21. Selamat ya om.
    Saya tetep menunggu facebook Blogger Untuk Pemilu Indonesia 2009-nya. Supaya suatu saat nanti saya bisa bilang ke anak saya “liat nak… Itu Om Enda yang walaupun pemilu 2009 busuk luar biasa dan calon presidennya dia lagi – dia lagi, tetap positif dan mendukung proses demokrasi siluman kita sehingga negara kita jadi seperti sekarang (adikuasa sih harapannya).”
    Cuma pemikiran dangkal dari blogger pemula yang egois dan selfish….

  22. @BIG, emang dia udah janji apa aja apal gitu? heuehue
    @jim, ampun dijeee, koneksi internet gue jangan diapa-apain kita kan satu menejemen hihihi
    @zen, siaap om, orang baik banyak, cuma sekali-kali kan kita perlu diingetin biar ga sumpek
    @rama, gue mau jadi transcab aja, ada tipinya hohoo! hihihi.

  23. Akhirnya gue mengerti makna lain (dan lebih masuk akal) dari kenapa US election kali ini jadi hype di Indonesia.
    Seperti Obama dikemudian hari bisa jadi mimpi, tapi yang jangan sampai dilupakan untuk mengikutinya adalah bagaimana perjuangannya.
    Orang sering jadi salah arah, pasang mimpi karena melihat orang lain, tapi tidak melakukan apa-apa, cuman berharap bangun tidur mimpi nya jadi kenyataan. Loh? mimpi itu dalam tidur atau di kehidupan nyata sih? πŸ™‚
    Enda for President (taxi)!!
    Hahaha.

  24. Kemenangan Obama sedikit mengubah persepi saya tentang Amerika, tp tidak mengubah sedikit pun persepsi saya ttg manusia. Saya sih ndak begitu membutuhkan kemenangan Obama kalo hanya untuk meyakinkan diri saya saya bahwa umat manusia masih memiliki sisi kebaikan. Orang baik masih sangat amat banyak loh, termasuk bang enda, masak harus nunggu Obama menang dulu utk yakin? Kalo ini disebut egois dan selfish, wedewwww…. πŸ˜€

  25. Sayangnya lu ga punya KTP Amerika, Nda πŸ™‚
    Visi sih visi. Tapi kakinya di tanah donk.

  26. Sebenarnya pengaruh langsung kemenangan Obama adalah jeng Enda langsung mengupdate (go)blog-nya.
    Masih mau konek ke Internet, kan jeng?

  27. Viva Obama…
    Dunia dan indonesia jangan pernah takut terhadap perubahan…
    Menunggu Obama2 baru untuk Indonesia 2009

  28. BTW kalo dalam perkembangan kepemimpinanannya ternyata melenceng dari janji2x yg diberikan gimana nda?????

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.