Copywriter FAQ - Apa itu Copywriter?

| | Comments (158)

Frequently Asked Questions tentang Copywriter oleh Enda Nasution

FAQ dibawah ini hadir karena rupanya masih sedikit informasi yang ada tentang profesi Copywriter dan apa kerjanya. Dan supaya tidak usah berulang-ulang mencoba menerangkan, lahirlah FAQ ini yang mudah-mudahan bisa menjawab sedikit pertanyaan2x dan keingintahuan ttg Copywriter. Enjoy.

Q: Copywriter tuh yang harus bikin kopi atau tukang fotocopy ya?
A: Hehe.. funny but NOT, try again. Itu mungkin Coffee Maker bukan Copywriter.

Q: Copyrighter tuh yang bekerja ngebuat Copyright ya? Hak Cipta?
A: Parahh, kedengerannya mungkin sama tapi nulisnya beda, dan perasaan ga ada tuh yang namanya Copyrighter.

Q: Copywriter itu apa sih kak?
A: Copywriter adalah seseorang yang menulis Copy.

Q: Apakah Copy itu?
A: Berbeda dari arti yang biasa kita tahu, Copy itu ga selalu berarti menduplikasi sesuatu. Copy dalam bahasa inggris juga berarti juga hal-hal yg ditulis oleh jurnalis, novelis dan para penulis lainnya. Copy juga berati kata-kata yang kita temukan dalam iklan. Secara umum Copy berarti tulisan-tulisan kali yee. Macemnya bisa banyak bisa ada di iklan cetak, dialog di iklan TV, di brosur, leaflet, website, buku, spanduk. Pokoknya banyak. Tapi Copy rasanya lebih deket ke dunia promosi daripada tulisan di koran atau di buku kayaknya.

Q: Copywriter bekerja dimana?
A: Copywriter bisa kerja dimana aja di bidang kerja yang butuh copy. Graphic House misalnya yang nerima bikin Company Profile, atau Brochure atau apa gitu yang butuh copy pasti butuh Copywriter.

Web Design company juga butuh buat ngisi content dari websitenya.

Advertising Agency terutama adalah tempat paling common dimana seorang Copywriter bermukim sih sebenernya. Dalam sebuah Advertising Agency seorang Copywriter adalah bagian dari Divisi Kreatif agency itu dimana biasanya terbagi dari tim-tim lagi, yang mana tim tersebut biasanya terdiri dari seorang Copywriter dan seorang Art Director.

Q: Apa yang dikerjakan Copywriter?
A: Pada intinya tentu menulis Copy yang dibutuhkan materi yang bakal diproduksi. Tapi agak lain untuk Copywriter yang bekerja di Advertising Agency. Copywriter yang bekerja di Advertising Agency bukan saja sekedar harus bisa menulis Copy, tapi juga perlu bisa melakukan hal-hal yang lain.

Pertama sebagai bagian dari tim kreatif, dia bersama partnernya sang Art Director harus sama-sama bisa MENTERJEMAHKAN brief dari bagian Account / Client Service yang isinya biasanya informasi tentang produk atau jasa yang hendak diiklankan, strategi dan jalan yang hendak ditempuh dan pesan yang hendak disampaikan pada publik. Tentu aja brief yg lengkap mencantumkan segala INFORMASI ttg produk/jasa tersebut, seperti PUBLIK SEPERTI APA yang hendak dicapai, KARAKTER seperti apa yang ingin terlihat dari produk/jasa itu, apa yang dilakukan oleh KOMPETITOR dalam bidang yang sama dan apa yang telah dilakukan juga oleh si produk/jasa itu selama ini dll lagi.

Jadi bersama partnernya, sang Art Director, Copywriter perlu duduk bareng, melakukan brainstorming mengenai apa yang bisa mereka lakukan untuk produk/jasa tadi. Menentukan secara strategis pesan seperti apa yang efektif untuk meraih target publik yang diinginkan, dampak apa yang diinginkan terjadi, menemukan IDE BESAR apa yang hendak dikemukakan dalam iklan tersebut, gimana gayanya, tone and manner-nya sampai akhirnya biasanya terbuatlah beberapa alternatif yang bisa ditunjukkan pada klien.

Klien kemudian memilih dari alternatif tersebut untuk diproduksi lalu sang Copywriter dan Art Director memastikan dengan segala cara agar alternatif yang sudah dipilih itu bisa sampai ke targetnya, apakah itu media cetak, televis, radio hingga media2x below the line seperti billboard, spanduk, poster, dll.

Tentu aja dalam seluruh proses itu ga cuma berdua Copywriter dan Art Director, tapi juga biasanya di supervise oleh tim leadernya yang mungkin seorang Creative Group Head, Associate Creative Director atau Creative Director. Dan jangan lupain juga temen-temen dari Divisi Account Service, biasanya ada Account Executive, Account Manager dan Account Director. Intinya hasil akhir iklan yang muncul adalah hasil kerja tim account itu biasanya.

Q: Apa yang menjadi tanggung jawab seorang Copywriter?
A: Bersama partnernya, Art Director, tentu aja nemuin ide iklannya, mau ngomong apa, pesannya ttg apa. Untuk Iklan Cetak biasanya sama2x diskusi nentuin gambarnya seperti apa dan tulisannya apa. Tulisan di iklan cetak ini yang umum ada tulisan besarnya atau Headline dan tulisan lainnya yang biasanya disebut Body Copy. Copywriter lah yang tanggung jawab nulis ini. Untuk iklan TV biasanya diskusi nentuin ceritanya gimana, lalu Copywriter bisa nulis beberapa Storyline dari hasil diskusi itu yang kemudian dijadikan Storyboard untuk dipresentasiin ke klien. Dialog dalam iklan TV ini tanggung jawab si Copywriter juga. Trus untuk hal-hal lain seperti tagline atau semboyan dari produk/jasa itu juga Copywriter yang harusnya lebih banyak berperan walau tidak menutup kemungkinan siapa saja bisa menyumbang ide. Kalau agency-nya dilibatkan dari awal, seringkali Copywriter juga dituntut memberikan nama buat produk/jasanya yang pas dengan target yang dituju dan karakter yang diinginkan. Untuk Iklan Radio udah jelas skripnya Copywriter juga yang buat dan biasanya sekalian supervise juga produksinya yang berarti juga memilih pengisi suara (voice talent) yang cocok dengan skripnya.

Untuk iklan TV bersama Art Director dan seluruh team biasanya terlibat pada setiap proses, dari pemilihan rumah produksi, sutradara, model/talent iklannya, wardrobe, sampe shootingnya biasanya ikut supervise juga, dan proses pasca produksinya juga. Editing, offline dan online. Untuk Copywriter entah kenapa seringkali ditanggungjawabi juga untuk masalah musik dari iklan TV itu kalo pake. Atau untuk buat jingle juga masih dalam lingkup tanggungjawabnya. Untuk beberapa kasus bahkan buat syair lagunya juga sekalian.

Q: Kalo tanggung jawab Art Director apa?
A: Lho ini kan FAQ ttg Copywriter, kok ada pertanyaan tentang Art Director sih? :) hehehek, ya sebagian kan udah gue ceritain ya diatas, tapi intinya Art Director tanggung jawab ama "art" nya sama estetikanya. Kebanyakan ya visualnya, kalo iklan cetak Art Director yang me-lay-out nya, ngerancang logo kadang-kadang, untuk iklan tv mereka yang supervise editing, grading warna, penambahan efek dan macem-macem lagi. Sedang pada proses presentasi ke klien Art Director juga membuat Storyboard, minimal corat-coret dan ngasih brief ke ilustrator/visualizer. Udah ah, ini kan FAQ ttg Copywriter :).

Q: Siapa aja yang bisa jadi Copywriter?
A: Siapa aja dengan jiwa sedikit ngaco :), punya wawasan luas, kreatif buat making up ide-ide baru dan bisa nulis kayaknya sih bisa. Apalagi kalo suka baca, suka musik dan suka film karena hal-hal tersebut suka nyambung satu sama lain. Kalo kamu suka merhatiin iklan tentu aja ngebantu banget. Dan, gue sih curiganya, walo gue ga pasti :) kamu juga harus punya selera yang bagus :). Dan yang udah pasti lagi kamu harus bisa kerja sama dengan anggota tim kamu dan bisa berkomunikasi lancar, gimanapun juga kalo kamu jadi seorang Copywriter kamu kan berarti berada di industri komunikasi.

Kalo ada temen kamu yang kayaknya suka sama kalimat-kalimat kamu udah ada tanda2x tuh berarti! :) Berarti minimal kamu bisa menkomposisikan rangkaian kata yang menggerakkan orang yang bacanya. Oya, akan sangat ngebantu banget lagi kalo kamu suka kata-kata tentunya.

Q: Apa yang dibutuhkan buat jadi Copywriter?
A: Kayaknya sih seorang Copywriter butuh a little bit of everything. Kamu perlu ngerti dasar-dasar pemasaran, strategic thinking juga, kamu mungkin punya jiwa seniman juga sedikit tapi kamu perlu bisa berpikir secara terstruktur juga buat melalui proses pencarian ide, nentuin konsep. Kamu juga perlu percaya diri banyak2x hehehe.. buat ngomongin ide kamu tanpa takut disebut garing misalnya, buat ngomong jelek kalo emang jelek dan bagus kalo emang bagus, buat ngomong suka kalo emang suka dan ngomong ya lumayaannn lah kalo emang ga suka. :) Kamu juga butuh kemampuan bahasa asing juga. Intinya yang udah pasti kamu perlu kreatif, kamu perlu bisa nulis, kamu ga keberatan kerja jadi ujung tombak kapitalisme ;) dan kamu juga berani bikin sesuatu yang baru. Ini semua kayaknya kali yeeeee... :D

Q: Gimana cara jadi Copywriter?
A: Buat saat ini blom ada sekolah khususnya yang lumayan ternama. Kecuali di luar negri kali ye dimana advertising udah jadi industri gede sendiri. Kalo kamu sarjana komunikasi kamu punya modal tuh, kalo kamu lulusan sastra juga. Tapi terus terang tiap orang ga peduli latar belakang pendidikannya, kalo emang suka, bisa, mampu dan good at it udah pasti bisa coba, yang perlu dilakukan tentu tinggal ngeyakinin orang yg bakal ngehire kamu aja jadi Copywriter. Caranya gimana? Ngelamar ke Advertising Agency yang butuh Copywriter, dan yakinin bahwa emang kamu punya semua kualitas itu. Itu yang gue kerjain dulu pas ngelamar.. hehe.. jujurnya sih nembak, kebeneran yg dicari emang ga perlu pake pengalaman tapi perlu bisa belajar cepet. Wohohohooo tentu aja cepet gue sih kalo belajar hal yang baru.

Cari iklan lowongan kerja buat Copywriter di Kompas, atau di majalah satu2xnya tentang dunia periklanan Cakram, atau di tabloid Marketing suka ada juga atau juga ikutan milisnya orang2x iklan ttg iklan di Milis Kritik-Iklan.

Q: Bagaimana masa depan profesi Copywriter?
A: Bagus sih kayaknya :) Ini karena menurut gue ga ada sekolah formalnya jadi Copywriter termasuk mahluk langka yang banyak dicari. Ke depan, kalo ekonominya makin bagus tentu makin banyak barang yang mau dijual ke segini banyak orang di negri ini, makin banyak butuh Copywriter dan saat ini ga ada banyak. Beda dengan Art Director yang dasarnya Desain Visual Komunikasi yang udah ada sekolah ternamanya, jadi Copywriter masih ga ada sekolah khususnya dan mungkin ga perlu? Ga tau juga.

Jenjang karirnya biasanya dari seorang Copywriter dia bisa jadi Senior Copywriter, lalu mungkin bisa jadi punya jabatan manajerial, team leader kayak Creative Group Head atau Associate Creative Director yang membawahi beberapa team yang terdiri dari masing-masing Copywriter dan Art Director. Dan tentu aja bisa juga jadi Creative Director di agency itu atau mungkin bahkan bisa melarikan diri dari bidang kreatif dan jadi kepala agency itu. Bisa juga. Tentu aja jadi jalur karir lain, yaitu pindah ke sisi klien, sebagai orang yg punya pengalaman agency dan ngerti marketing serta industrinya tentu dibutuhin juga ama klien2xnya. Intinya, seorang Copywriter masa depannya bagus juga sih kayaknya :)

Q: Enak ga sih jadi Copywriter?
A: Hakhakhak.. lumayanlahhh. Kata gue sih enak. Dimana lagi dan kapan lagi kamu dibayar buat duduk-duduk ngekhayal-khayal. mencetuskan ide-ide yang ga mungkin di kehidupan nyata, dan setelah waktu yang ga berapa lama (kadang2x lama juga lo, lama banget) ide kamu itu bisa diliat orang banyak, dan kamu bisa bilang, eh itu gue lo yg bikin.. hehehekk..

Dan kalo kamu very good at it, kamu bisa juga menang awards buat iklan2x yang kamu buat. Tapi intinya cocok2xan juga sih. Kalo kamu suka suasana yang bebas, terbuka, cuek, lingkungan kreatiflah pokoknya dan kamu ga suka kerjaan rutin yang terus2xan sama, kalo kamu suka belajar hal yang baru terus, kalo kamu gampang bosen, the chance is, kamu bakal cocok kerja di bidang kreatif, dan kalo kamu suka nulis, tambah cocok deh kamu jadi seorang Copywriter.

Q: Siapa Copywriter Indonesia pertama yang tercatat sejarah?
A: Copywriter pertama Indonesia yang tercatat adalah Tirtoadisoeryo alias Mingke, tokoh di Tetraloginya Pramoedya Ananta Toer. Periode hidupnya dimana dia nulis "adpertensi" di koran-koran adalah di buku yang ketiga, "Jejak Langkah".

Q: Copywriter bahasa Indonesianya apa ya?
A: Media dan banyak orang nerjemahinnya jadi penulis naskah. Terus terang terjemahan ini meleset karena nyempitin artinya, walo mungkin bener sih secara literal. Penulis Copy harusnya kali ya, tapi Copy bahasa Indonesianya apa? hehe.. ga tau deh. Kalo tanya gue mending keep Copywriter aja jangan diterjemahin.

Q: Film tentang Copywriter atau Advertising Agency ada ga?
A: Ada. Yang paling baru dan lumayanlah walau ga mencerminkan agency banget tuh judulnya What Women Want keluaran tahun 2000 yang maen Mel Gibson, sama tonton juga tahun 2001 Sweet November yang dibintangin sama Keanu Reeves.

Q: Copywriter yang ngetop di dunia sapa ya?
A: Salah satunya David Ogilvy, dulunya Copywriter trus punya agency sendiri yaitu, Ogilvy & Mather, yang sekarang jadi perusahaan komunikasi multinasional, tempat gue kerja skrg ini :). Yang masih aktif sekarang dan salah satu yang ngetop juga adalah Neil French dia sekarang Creative Director Worldwide buat Ogilvy & Mather.

Enda Nasution, April 2002 (enda@DEleTEtHISgoblogmedia.com)
Saat ini seorang Copywriter.

Komentar, kritik, saran, pertanyaan bisa diajukan ke enda. Walo ga janji dijawab cepet :).

158 Comments

feridian said:

gua tuh sekolah di D3 adevertising UGM,baru semester 2. lumayan juga referensi anda tentang copywriter. kalu bisa lebih spesifik lagi ceritanya, soalnya aku tertarik ama pekerjaan itu. ada nggak referensi buku yang falid tentang copywriter. udah pernah baca sih, tapi semuanya cuma umum.

Leo Ferdinand said:

Bagus banget tulisannya mengenai copymaker. Saya ingin bekerja sebagai "copywriter di advertising agency" (dan yakin memiliki semua kriterianya), tapi hampir semua ad-agency mintanya yang sudah "berpengalaman", sampai akhirnya saya tulis saja seperti ini:

"What is the difference between experienced copywriter and excellent copywriter?"
"Experienced copywriter works in advertising agency."
"Excellent copywriter works anywhere.
He is the sheer product of experience: excellency"
Which one do you need?

Btw, kalau ada kerjaan sebagai copywriter di situ, kontak saya yah...

'ra said:

mo nanya ..

klo nglamar jd copywriter, trus dirusu ngasi conto tulisan, itu maxudnya conto tulisan ky apa ? oya, ini perusahannya grup majalah

makasi sblmnya atas bantuannya :)

Leli D. Achlina said:

Wah, oke banget tulisan tentang seluk beluk copywriter-nya. Suatu referensi yang langka ... Salut! Sekarang saya sedang menjalani profesi tsb,yang ingin ditanyakan bagaimana teknik jitu untuk merangsang ide agar lebih cemerlang lagi dalam menunjang kualitas penulisan dan bagaimana trik Anda dalam mengatasi masa stagnasi?

arif budiman said:

soal copywriter yg saudara tulis bisa dijadikan faktor motivasi
buat yang ingin adi copywriter

ewing said:

bung enda, perkenalkan saya ewing...profesi copywriter, cuma ladangnya berbeda dengan bung enda.

banyak orang yang belum tahu jika di sebuah tv - station juga ada profesi copywriter. yang mereka (termasuk saya) tidak jauh berbeda dengan copywriter lain yang bekerja di advertising agency.

'mainan kita' adalah program tv itu sendiri. kerjanya mikirin kreatif untuk iklan program (promo program), bisa sambil duduk2 di kantor ataupun sambil jalan2 di luar kantor, sangat menyenangkan. ide kreatif itu akhirnya dituangkan juga menjadi sebuah 'copy' yang dimaksud. kalau programnya bagus, copynya bagus, materi audio visualnya memadai (bisa stock shot program atau shooting sendiri sesuai kebutuhan kreatif dan budget:p) maka pesan yang dimaksud bisa nyampe juga ke penonton. alhasil, programnya disukai dan banyak ditonton.

yang menyulitkan tapi justru jadi tantangan seorang copywriter di televisi adalah program yang tidak cukup bagus tetapi harus tetap disupport oleh iklan program yang bagus supaya orang tertarik untuk nonton.

mungkin itu dulu yang bisa saya share disini, terima kasih, senang berkenalan dengan anda!

nitnit said:

saya bingung deh, rasanya semua kemampuan yang bung enda blg saya punya, saya baru lulus dari d3 advertising, saya ngerti pemasaran, strategi kreatif, konsep dll tapi untuk keterima kerja di awalnya ini susah bgt, rata2 pd minta yg berpengalaman, tp saya jg sudah punya 2 kali pengalaman magang di advertising agency kok. jadi kpn ya keberuntungan saya datang, ada tips atau sedikit hiburan buat para fresh graduate seperti saya gak?

sa said:

tulisan yang penuh info, nda. tadinya saya hanya ingin memberikan referensi kpd teman ttg apa itu blog. tp kemudian, jadi main ke sini. jadi tahu apa itu copywriter. makasih. bisa ga 'copywriter' di indonesia-kan menjadi 'penulis iklan' ? :) de groetjes

enda said:

ya itu rasanya repot copywriter di terjemahkan, karena rasanya kerjanya ga cuma nulis doang :)

adjie said:

aku butuh issu terbaru.dunia advertising

adi said:

sumpah deh keren banget tulisannya, dan setelah baca tentang copywriter gw jadi kepengen ikutan mungkin ga semudah itu kali ya untuk dapetin pekerjaan sebagai copywriter kalo dilihat dari email yang dikirimin para fresh graduate tapi kayaknya asik juga untuk dicoba.eh iya nama gw adi gw masih kuliah di FIKOM UNPAD. iya tuh kalo bisa ceritanya dibanyakin lagi jadi kan gw bisa lebih banyak tau tentang copy writer dari yang udah mejalani profesi itu atau mungkin bikinin wadahnya dong,kalo sempet,supaya orang-orang seperti ewing atau yang lainnya bisa cerita tentang pengalamannya. asik ga?! he.he.he....

rumi said:

asyik juga bacanya, nggak sesusah yang gue bayangin. thanks its really help me. besok2 bahas tentang slogan dong...!! thanks b4

shafa said:

thank 4 ur info about copywriter. pas banget, aku kan editor, sekarang tuh pimpinan aku ngasih tugas buat belajar copywriting u iklan, dan perangkat humas lainnya di lembaga nirlama kami. senang juga, pas nemuin situs ini. makasih ya...

ika said:

apa itu visualizer periklanan

randy said:

saya lulusan D3 adv,tapi nyari kerja buat copy susah ya...ada masukan gak ni

lukman said:

asik ya...gw baru aja keterima di DKV itb, pengennya si jadi art director, kalo boleh tau berapa sih rata2 penghasilan art director dan copywriter itu???

bunda said:

kapan ada seminar periklanan ?

gunad said:

wahh...thx banget info ttg copywriter, jadi tambah pengetahuan nich. tapi apa gue udah telat nanyain all about ART DIRECTOR ?. kalo belum telat tolong dong mas enda, bikin tulisan ttg art director, kayak yg di periklanan.blogspot.com itu tapi di bhs indonesia-in

eirjih said:

simpel, ga neko-neko & lngsung menuju ssrn penjelasan dari mas Enda ttng Cpwrtr. Gw mahasiswa iklan, smstr 7. Dulu masuk iklan karena tertarik banget sm kreatif iklan. sekarang gw kerja di salah satu stasiun tv dan ga jarang bikin scrip liputan+Supervise Edit. gw kadng tertarik sama profesi Copywriter di dunia iklan. Ada ga sh bedanya naskah tv sm iklan? dimana bedanya?

eirjih said:

Oh iya mas Enda. d Kamps Gw bentar lg mo ngadain workshop tentang iklan secara keseluruhan mulai dari AE, art director, copywriter smp proses produksinya. Mo ga di undang jd nara sumber buat ngisi materi tntng Cpwrtr. O ia mas tlg kbrn jg y k tmn2 kreatif dan AE. kl ada yg bersedia,.. waah makasih banget...

eirjih said:

mas Enda, sy pernah dapat kabar, bahwa pernah ada salah satu iklan kolom yang di nobatkan sebagai iklan terkreatif di dunia. bagaimana sh pendapat mas Endang tentang iklan yang hanya mengandlkan copy iklan saja?

roosh said:

Dear Bung Enda, mau tanya nih. Kebetulan profesi saya saat ini copywriter. Dulu profesi saya adalah penulis berita/jurnalis untuk media mingguan di jakarta. Karena harus ikut suami ke luar kota, saya out dr kerja namun perusahaan meminta saya menjadi copywriter freelance. Bahan-bahan dikirim by email dan fax. Order makin lama makin kenceng bahkan ada perusahaan yg datang atau dari media lain. Hanya saja proses ini saya kerjakan sendiri saja di rumah, kagak ada kantor atau teman diskusi. Lucu ya. Cuma saya jadi capek dan heran sendiri saya ini copywriter atau penulis novel. Saya rindu komunitas, dimana ya komunitas copywriter. Jawab Bung?

windy said:

Bung Enda,
seneng sekali saya bisa nemu sebuah 'guidance' tentang copywriter di internet. Saya dah cari2 buku yang pas tentang ini tapi gak nemu juga.
Sekarang ini saya sedang mulai terjun ke bidang copywriter ini, as freelancer, dan memang saya suka menulis. Saya bersemangat banget dan pengen banget belajar banyak tentang bidang copy writer ini. Karena itu mau dong kalo ada workshop atau diskusi tentang ini, maybe informally. Oya mungkin ada milisnya? Bung Enda bikin dong. Biar bisa bahas rame2. Biar bisa cari pengalaman. Terima kasih atas bagi2 ilmunya. Inspirating me for keep learning.
Thanks.

Desi said:

Gw tertarik banget sama profesi script writer..tapi yang diradio..cuma pemahaman gw ttg itu kurang banget...tlg dibantu yak!Thanx

chandra kurnia said:

Mr Enda, tgl 23 sept 04 bsok saya ikut test penempatan sebagai Art Director di persh periklanan. latar belakang saya Ecnmi-manajemen tapi saya tertarik 100% dg profesi broadcasting (copywriter,artdirector dsb) mohon saran dan masukan dong bung Enda, supaya saya bisa lolos ke persh ini. Thax very much.please reply by ASAP

kuncoro said:

OOoo...Copywriter tuh bukan sebangsa CD-Writer yah..???
kirain itu.

Tina said:

Bung Enda, saya ingin menjadi seorang copywriter, gimana caranya agar punya buku spesial tuk profesi dan skill itu?. buku apa yang bisa dibaca? dan perusahaan apa aja yang bisa membutuhkan profesi ini? Thanks .Tina

yenni said:

Bung tolong dong dijelasin tentang strategi kreatif periklanan itu mencangkup apa aja?

tatang rusata said:

aku kerja di adv.tapi salary kecdil.ada tempat untuk perbaikan gak

donny said:

bung enda, salut dengan penjelasan anda, sangat komunikatif. saya sudah tahu tulisan anda saat belum jd copywriter. Alhamdulillah kini saya sudah menjalani profesi ini di sebuah biro iklan. sebenarnya saat melamar pun hanya iseng saja, soalnya latar pend saya menyimpang jauh, dr Fisika Fmipa, namun di kerjaan ini saya masih hadapi kendala vital, krn kbetulan bahasa inggris saya nggak cukup bagus, tapi saya masih terus berusaha.bisa minta saran dari bung gimana biar cepat meningkatkan bahasa inggris yang diperlukan di iklan, thanks

gusti fe said:

Makasih ya atas penjelasan mengenai copy writer, itu sangat berguna bagi teman2 yang sangat ingin mengetahui lebih jauh tentang copy writer, termasuk saya. Kapan akan dibahas mengenai Art Director. Aku tunggu ya.

iwan said:

halo mas enda, saya baru menemukan website anda hari ini.Excited!seneng aja gitu nemu sesuatu yang sekarang ini menjadi kerjaan saya. saya iwan, dari medan. sudah setahun ini saya menjadi copywriter di adv.agency di medan.kasih input dong untuk menjadi seorang copywriter yang baik, karena terkadang inspirasi suka mandeg, sementara pekerjaan jalan terus...ok, thx atas perhatiannya : )

wiwi said:

to: ibu roosh,jika orderan banyak,saya mau tuh ngebantu.:)wah buat saya aja deh bu. aprilia_chery@yahoo.com

Anonymous said:

bung Enda,info lowongan kerja jadi copywriternya mana?dimanakah? Jika ada lowongan,rekan-rekan boleh dong kasih tau saya.
TERIMAKASIH Tidak Sedikit.

wiwi said:

The Power of Words is the Power of ..Wise Word.. that come from the ..pure heart..

Oh ya nanti kalo mau kirim info lowongan kerja,ke WIWI, aprilia_chery@yahoo.com

wiwi said:

cuma mau bilang
terimakasih...

Kiew said:

bung Enda nasution saya masih kuliah di adv fikom unpad d3 tulisan tentang copywriter ini sangat2 membantu saya tapi ada satu masalah saat ini saya akan menurus Tugas Akhir bisakah Bung Enda memberi info/referensi tempat magang yang pas buat calon copywriter seperti saya kan saya masih daun muda
di dunia ini terima kasih sebelumnya

jihan said:

tak de komen, juz nak tanya bagi diri kamu, apakah yang di maksudkan dengan poster? apa kaitannya dengan kempen pengiklanan? boleh bagi contoh?

Lya said:

Hi....Gw Lya, gw kuliah di AKOM BSI jurusan Advertising Semester 5, bentar lagi gw mo bikin tugas akhir. Di tugas akhir ini gw dapat tugas menjadi seorang copywriter (padahal gw sama sekali kurang bisa mengolah kata2 menjadi kalimat yg bisa menjadi "remaider" buat orang. Sekarang gw lagi memperdalam apa sich yg harus dilakukan oleh seorang copywriter itu, eh gw nemuin artikel ini. Artikel ini bagus menurut gw.Thank Bung Enda for a good artikel!

ana.osa said:

Hallo Bung Enda!
Your article is very impressive.. 2 thumbs up!
Jadi mengerti sedikit bagaimana industri copywriter di Indonesia.

Saya Ana, baru lulus di bidang S1 Desain, ingin menanyakan, bagaimana caranya untuk melatih pikiran sbg copywriter utk mengambangkan inspirasi/ide2 baru yang setiap saat tentunya berbeda2 topiknya, sebelum brainstorming dan sesudah bertemu dengan client?

Bagaimana caranya utk memilih dan mengolah kata2 yang tepat utk disuguhkan kepada client?

Bila semisal Bung Enda membuat jargon (spt. A Mild-Bukan Basa Basi) sebuah produk, apakah Anda tetap disebut sebagai Copywriter?

Bagaimana hukum nya di Indonesia sbg seorag Copywriter, apakah ada UU yg syah agar ciptaan hasil karya dpt terlindungi?

Maaf kalo pertanyaannya membingungkan... :)

Sebelumnya terima kasih atas waktunya utk membaca postingan dari saya.

Uchy said:

Bung Enda,sy ikt keg penerbitan kampus,namanya Teknokra.Persma Unila.Kebetulan sy dibag Unit Kreatif Iklan (slh satu unit dibag usahanya).Kerjaannya buat2 iklan.Kalo dimedia kampus sprt ini,ap bs dikatakan AE, CW, dll itu?

Syart2 kreatif iklan itu shrsnya sprt apa? Kerjaan sebenernya itu ngapain aja Bung? Thanks ya. Saya perlu banget info ini. Soalnya kreatif iklan di teknokra baru jalan 2 tahun dan msh mencari 'bentuknya' yg sesungguhnya.

jeje said:

copy wryter itu ngopi sambil nulis ebak kan

aw said:

bos, ane biasanya sih jadi free lance cw ama ikut-ikutan lomba bikin iklan waktu masih kuliah, lumayan...
bos tau ga agensi mana aja nyang lagi nyari cw?
mau dong informasinya...

anyway, superb artikel!

best regards,

a cw in need, indeed.

Stella said:

bolehkah saya bertanya apakah org yg kerjanya bikin naskah advertorial di media massa juga dpt disebut copywriter?
saya nanya krn itulah profesi saya sekarang ini. mohon konfirmasi. dan klo boleh nih, ada gak yg bisa bantu saya gimana sih caranya menjadi real copywriter?

ratih said:

Bang,klo untuk perkuliahan Produksi Radio / tv apa yang hrs diperhatikan utk diajarkan kpd para mahasiswa

ryo said:

Musik, film, baca, nulis, semuanya gue banget tuh. Nulis baru sms doang sih he he he...Gue sendiri udah punya gawe kantoran, bisa gak copywriter as side job? tq

indie said:

keren beb, eh mnurut elo iklan yang aneh di tv apa?
gw kul di advertising n have to do this assignment about advertising in tv..any idea

rudi said:

Saya kuliah dibidang advertising. Ada gak kerjaan buat aku?

fafa said:

halo, bung enda!

komentar (dan pertanyaan) saya ndak jauh beda dengan hadirin lain di sini.
1. bagaimana melatih skill dan wawasan bagi seorang (calon) copywriter secara otodidak?
2. perlukah magang untuk seorang (calon) copywriter? kalo iya, biro iklan atau temapt maan saja yang layak untuk dijadikan tempat belajar? jadi bukan biro iklan yang sangat ingin pemagangnya sudah terampil. itu mah cari pegawai dengan cara murahan!
3. Timakasi

ainy said:

halo enda.. saya pengen tauk contoh naskah iklan itu yang kayak gimana sih.. disini kenapa cuma ada teori doang.. praktek na ga ada... terima kasih...

aji said:

Salam bung enda,nama saya aji. Apakah ada komunitas copywrite di Indonesia. Kalau ada, apa namanya dan dimana ?
Trima kasih.

oktario s. fajri said:

bung enda gmana klo para copywriter ngebuat kompetisi nulis naskah iklan yang kretif, ntar yang menang direkomendasi-in tuk jadi copywriter beneran...
soalnya banyak anak-anak kreatif yang gak tau harus numpahin kreatifitasnya kemana..
tapi kalo saya liat dunia iklan kita masih di kekang ma nornma,... gmana tu...
iklankan jga sebuah karya seni, yang bisa ngebuat kita ngeluarin air seni..... soir kalo rda fulgar...

rio said:

bung enda kalo kita mo ngebuat pelatihan "b-a copywriter", bung enda mao kalo kita minta bantuannya tuk jadi fasilitatornya?
lalu ngubungin bung enda gmana...
unib_02ikom

Nenny said:

Saya seneng banget ketemu site ttg copywriter ini....kayaknya gw punya bakat (menurut gw lho!!) kalau ada kerjaan coba email aja.....bhs Inggris gw lumajan, pokoknya les Inggris lulus...he3.....gw seneng kalau ada komunitas copywriter indonesia. Buat dong!!!

noel said:

kenapa baru sekarang aku baca artikel tentang cipy writer ini..I was a copy writer, but...ya cuma asal aja. bukan yang profesional macam itu...baru belajar ceritanya. Ada gak sih kerjaan copy writer yang free lance?

didot said:

boleh juga!!

ira fikom unib said:

great to b tukang buat iklan....
tapi bung enda gmana cara awal kita tuk bisa jadi seorang kopiwriter kalo kita sama sekali lum ada pengalaman......
bantuin kita dung..

ermunadji said:

idem sama mbak ira..he he he....

ferry said:

wow....COPYWRITER..
gw sangat mendambakan.

Tapi kok ga bisa dicopy sih catatan diatas..gile
panjang juga penjelasannya.Tapi, gw baru baca 1/4 aj dan gw ud dapet pengetahuan gitu ttg CW. bos, kirimin ke e`mail gw dong....

ahmad said:

mas bantuin dong gimana sih trik and tip cara menemukan ide-ide kreatif untuk iklan televisi. Kebetulan lagi mo buat tugas TA, sekarang masih aktif sebagai mahasiswa Deskomvis Universitas negeri Semarang. sebelumnya makasih atas jawaban dari mas....

ardiany said:

mas bisa bantu aku ga?
aku anak periklanan moestopo. butuh banget info tentang orang-orang yang bikin iklan a mild.dari copywriter nya sama art directornya. buat bahan skripsi aku.aku harus hubungin siapa dan dimana ya mas untuk dapetin info yang aku butuh itu. apa mas enda sendiri bisa bantu aku? karna aku udah cukup frustasi sama orang-orang adevrtising agency yang aku datengin dengan kearoganannya ga mau bantu.thx b'4

X-rim said:

wah bagus juga tapi sebenarnya bagus mana sih mas copywriter cewe apa cowo banyak orang kantor aku bilang mending cewe karena punya daya sensitivitas dan emosi yang tinggi ya apa nggak sich! but anyway emang susah nyari copywriter handal sich!

dharma said:

saya mw nulis skripsi tentang copywriting....
bisa minta info lebih lanjut nggak tentang copywriting!!! plisss ditunggu bgt.
thanx

ari said:

mas enda! gimana sih cv & portfolio yang keren buat ngelamar kerja sbg copywriter di agency iklan?

jhon said:

sebenernya apa aja skill yang dibutuhin buat jadi copywriter?

janu rahowa said:

brother's, aku kuliah di desain produk, semua kata2ku sama sekali tidak disukai teman2ku mereka bilang aku tak bisa bedain mana kata mana maki, tp aku pingin banget jadi copywriter ada nggak ad agent yang mo bantu aku mulai dari 0

afi said:

gw interest baget sama dunia copywriting, btw ada milis-nya nggak ya ?
trus gmn caranya copywriter junior menunjukan kemampuannya di bidang copywriting, soalnya belum punya portofolio? thanks

whitedevil said:

Copywriter...copywriter...aduh kok masih belum ngeh seeh :(

hary said:

wah mas endi hebat, saya jadi tertarik ttg copywriter, gw juga sedang kuliah di komunikasi, mas endi buat artikel ttg produksi iklan dong khususnya iklan radio

chanks said:

Chanks & PENITI Crew
- specialits copywriter -
"TARIF LAMA"

xhiddenhatex said:

olala lala ..

akhirnya googling saya tentang produk bermuara kesini jua :)

tau tulisan tentang branding strategy yang bagus gak ?

donny said:

ada lowongan magang tidak aku mahasiswa universitas muhammadiyah yogyakarta jurusan komunikasi

ecko said:

saya mau tanya buat belajar jadi copywriter bisa belajar dari situs internet mana buku bacaannya apa tx

h-dy said:

Bang Enda,saya mau tanya.dan saya juga mau tau sesuatu dari bang enda.Menurut abang,copy dari sebuah iklan yang bagus itu seperti naon sich?trus...apa yang abang lakukan pada awal, abang membaca sebuah brief dr klien? itu aja...Nuwon.....

ronny said:

aq pengen jadi copy writer

adi said:

ada nggak ya tempat magangnya

bebong said:

huaaaa...tulisannya oom enda seru banget..gue jadi sdikit tau apa itu "copywriter"..sharusnya tulisan ini dibagiin ke Persatuan Orang Tua murid, biar orang Indonesia cita-citanya ngga dokter smua...tapi kasian abang kita ini juga yaks, kalo smua orang jadi copywriter (ladang nafkah jadi riuh, kocek mepet, fiuhhh)..tapi untung ngga bnayk orang dikasi berkah "IDE" sama Tuhan:D

vanlauren said:

ada yang punya channel ngga untuk kerja di negara luar seperti amerika atau jepang?
kebetulan saya ingin bekerja disana.tapi masih belum mendapatkan channel yang benar benar tepat.
www.imaginationstudio.or.id

08568333009

eddie said:

hebat,hebat,hebat..........banget.aq suka banget ama artikelnya. padahal selama ini aq lagi nyari yang beginian.
mas,aq pingin banget ker d dunia broad, apalagi jd copywriter. minta penjelasan yang lebih ricik lagi ttg copywriternya.oh iya sama artikel yang lain ttg dunia broad.

inot said:

artikelnya bagus banget..bung..buncis??
kerja di adv multinasional..ehm..ck.ck..impian banget buat org kayak gw yg baru mo lulus kuliah yg cuma D3 Advertising...
gimana cara bikin portofolionya kalo mo ngelamar jadi copywriter..kasih kiat2nya dong..
sedang..kan yg ada dlm diri gw..
untuk pengalaman NOl banget...bahasa inggris aja masih belepotan, tapi gw mau belajar. Gw enjoy banget di bidang nulias, karna pengalaman gw hanya sebatas, jago bikin mading, scriptwriter (ini aja tugas kull sih, tapi gw menang seleksi)sama pernah jadi reporter kecil2an...cukup menunjang kah...tekad gw.

Pungky said:

wah bagus banget ini artikel.mas ada gak lowongan jd copy writer?
kalo ada tolong kasih tahu saya yach...
terima kasih sebelumnya

Anonymous said:

waks, jadi ini toh kerjaan seorang copywriter. gue dah bolak-balik ngirim lamaran untuk jadi copywriter tanpa tahu makna sesungguhnya. hehehe. jadi pengen beneran...

putri said:

need an assistant?_ nggak mau panjang lebar, kerjaan ini 'gue banget' klo ngutip kata2 trend anak musa sekarang. aduh anybody, siapapun deh klo ada info ttg kerjaan dalam bidang tulis menulis plz kasih tau ya. mas Enda ... U rocks!!! hehehe_

ratna said:

bung enda,saya saat ini mahasiswa Hubungan Internasional .Saya mempunyai bakat menulis,tapi bisakah saya bekerja jd seornag copywriter,sedangakan saya adalah lulusan HI?
Kira2 ada hubungannya gak?
Teimakasih

kennie said:

hi, saya kennie, second year adv-creative RMIT uni melb. sbenernya lg research ttg iklan amild yg di indo, soalnya kl disini ga munkin nemu buku atau majalah or anything ttg itu kecuali lewat net. kira2 bisa bantu ga? saya lg mau bikin essay gt.. btw articlenya menarik bgt! ngeyakinin saya kalo plajaran yg ada disini dgn yg ada di real world (a.k.a di indo ) itu sama atau mirip2 lah.. hoho. ok d. cheers

ogep said:

boleh tau gak mas, karya-karya buatan mas yang udah/lagi muncul di pasaran sekarang ini.
Kalo sutradara filem misalnya, kan disebutin namanya disetiap karyanya, kalo copywriter?????

denny said:

bang mo nanya nih,apa aja yang diedit dalam iklan televisi trus bedanya apa yang diedit dalam iklan surat kabar.sorry udah ganggu waktunya, makasih udah mo tranfer ilmunya,balesnya cepet bang yah.anginaneh@yahoo.com 085267111711

Syifa said:

Bung enda thank buat info nya.Menurut ku menarik banget. Jadi pengen coba2 neh.

Donny said:

Lagi bingung sama pekerjaan yg namanya copy writer. Iseng2 search di yahoo "arti pekerjaan copy writer" dan hasilnya... luar biasa, pengetahuan dan semangat jadi boost up

girda said:

wah wah, thanks banget FAQ copywriter-nya...jadi begini Mas/bapak/abang Enda... saya baru aja banget lulus, higly-interested in advertising, jobless juga :P, bisa photoshop, corel walo pun dikit2 :p :P...nahh, jadi kriteria secara teknis yang dibutuhin untukmenjadi seorg copywriter itu apa?makasiiih....

manuel said:

Gue udah baca nih website dari dua tahun lalu. FAQ ini bikin gue fokus pengen jadi CW. Nah, baru sekarang gue jadi CW beneran di biro iklan kecil, itu juga baru freelance. Tapi, dream comes true, he...he..he... Gue bakal banyak nanya ke Bung Enda soal karir ke dpn. Ora popo toh Mas? Thanks

bowo said:

gue pengen tahu tentang llowongan pekerjaan tentang copywriter nih

tutie said:

Mas enda,
aku Account Exe di Adv. Agency,br 6 bulanan gt deh, sebelumnya gak ada pengalaman dibidang ini.Nah kesulitan aku..aku msh kurang pengalaman dan kadang bingung untuk membangun kerjasama antara aku, Copy Writer, Art Director sama Creative Director..khususnya pembagian lingkup tugas dan tanggung jawab.o,iya latar belakangnya disini Adv. kecil kebetulan jg Art Director-nya dah 3 bln resign dan lom ada gantinya, sementara Creative Director-nya ya owner-nya..jadi klo Brainstorming agak sulit juga cm bertiga dan mau ga mau mesti ikut ambil alih kerjaan yg seharusnya dikerjain ma Art Director meskipun gak secara teknik.Aku suka kerjaan ini..trus pengen lebih baik lagi. Ada kursusnya ga ya? apa perlu aku belajar design jg.Soalnya aku kdg nganggur trus kerjaannya cm ngasi brief, kesannya nyuruh2 mulu. Separuh kerjaanku jg msh di handle bos-ku itu..aku dl kuliah ambil FISIP/HI.Aku pengen lebih menguasai bidang aku biar pede bisa ngelamar di adv. besar gt loo..tp emang betul kerja di Adv. Agency enak bngt dr segi pekerjaan dan income..hek..hek...bole dong dibantuu...makasih ya mas Endaaaa.....

nanda veronica said:

aku tertarik bgt tuk jadi copywriter, soal na bisa dpet bnyak duit.....
tp aku di bengkulu, tp gak tau mesti blajar ma sapa ? aplikasinya susah bgt! bantuin kita dung....

paula said:

kalo art director perlu bisa bahasa Inggris ga?
art director FAQ donk... please..

mamon said:

saya tuh mahasiswi advertising di itkp n saya tertarik banget jadi copywriter, tugas copywriter selain menyusun naskah iklan ngapain ajas uh? trus kira kira gaji copywriter sekitar berapa?

ametzzz said:

Ada juga yang peduli dengan copywriting,karena di skripsi saya bahas penuh tentang copywriting.......kerenlah buat nambah2 referensi.....gitu bozzz!

Dyan Sudihardjo said:

ah, senangnya!!! ahirnya Q menemukan referensi ttg copywr. meski Q bukan anak advertising. Q kulilah di sastra. masih ada kesempatan kan anak sastra menjadi copywr????
terimakasih!!!!
didoakan deh, semoga adanya tulisan ini bisa sebagai tabungan amal kebaikan
selamat berkayra untuk semuanya, terutama un yang punya blog in
haturnuhunh nda!!!

oppie said:

Thanks berat nih...Penjelasan Copy writernya...kayanya asik tuh kerja jadi copywriter... Bisa minta referensi buku copywriter yang paling handal 2/3 buah buat nambah referensi otak...

fathrah said:

hmm,saya kuliah di advertising di jakarta. yang mau saya tanya ada nggak buku referensi yang bagus tentang iklan atau tentang bidang khusus di iklan contohnya "copywriter"?

akmal said:

kk...blogger itu seorang copywriter ga yach ?

roosh said:

Buat teman2 yg uda jadi copywriter di manapun berada...kita mau kenal nih from CC-s copywriter community surabaya.

trini said:

gue kuliah di itkp(the school of advertising)..gue denger2 copywriter itu banyak duitnya..gue pengen sih jd copywriter,tp katanya sih yg jadi copywriter harus tau dan bisa berbahasa indonesia dengan baik dan benar..dan masalahnya anak gaul jaman skarangkan suka lupa bhs indonesia yang baik,bener gak tuh..tp nilai uts bhs indonesia gue sih 85..lumayan deh,awal yang baik bukan???

dewi said:

Bang Enda, thanks artikelnya. Nice! Dan bantu aku u/pencerahan dan memahami dunia kerjaku yg baru. Btw, gw wartawan yg alih profesi menjadi 'penulis iklan' di salah satu perusahaan media cetak di Ind.

Cynthia said:

Pengen banget jadi copywriter.
Hobi: nulis, baca buku, ngeliatin iklan, browsing2 kiri kanan.
Pengalaman: udah ada dikit2, nulis copy iklan bahan roti, kardus coklat, brosur paket perawatan payudara (serius!!!), sebagian dari advertorial di Kompas (Kompas, 13 Februari, 2006; halaman 40.
Pertanyaan or pernyataan: ada yang mau ngasih kerjaan gue gak???? --> Ini serius!!!!
Selama ini gue kerja secara freelance (dimintain tolong) or jadi copywriter dadakan (gara-gara harus direvisi copynya en selesai hari ini juga).
Note: Mau aja kerja di ad agency atao tv. --> Ini serius juga
NB: Kalo ada yg mau ngasih kerjaan jadi presenter tv juga boleh deh..... :p

esa said:

Bang Nda aku esa!! Dan saat ini aku telah menjadi seorang copywriter disalah satu perusahaan multimedia design. Banyak yang bilang katanya tulisanku tidak berkarakter dan kurang sekali dalam hal bahasa asing. Tulisan yang berkarakter itu yang seperti apa sih? Apakah translation juga menjadi bagian dari jobdes seorang copywriter?

Nia said:

jadi copywriter?
hmmm....
pergi kerja pake jins and sandal teplek...--> orang2 ngira gue masi kuliah

pulang-pulang malem ato malah pulang pagi --> orang2 ngira gue kerja di niteclub.

duh..nasip..nasip..

uwi said:

kak enda....aku butuh bantuan kakak bgt niiii.
aku lg bikin skripsi dgn topik periklanan. kemaren udah ngajuin judul tp gak menarik menurut dosen.bisa bantuin aku gak nyariin ide. kira-kira topik apa yg menarik aku teliti di koran.aku sih tertariknya neliti iklan banner cover yg ada di kompas.kk tau kn iklan banner cover, yg ada di halamn pertama kora yg ada headlinenya.posisinya di paling bawah. tapi kesulitannya aku harus survey ke kliennya kompas yg pasang iklan banner langsung. terus blm tentu mereka (klien) mau bantu aku...
tolongin aku ya kakkkk...
trimski sebelumnya.

siska said:

makasih ya, mas! aku jadi bisa tau banyak tentang seluk beluk dunia periklanan! itu semua bisa bantu aku untuk tugas aku! thank's a lot!

usep_tea said:

cari praktek kerja lapangan [pkl] yang satu bulan, ada ga ya di agency iklan butuh ni,...kebetulan aku sudah smester 6, di univ. INDONUSA Esa Unggul Kb Jeruk Jak-barat, tinggal pkl aja, sebelumnya trim`s

widya said:

ternyata masih cukup sedikit yg saya ketahui ttg copywriting, dan info dari mas Enda ini sangat membantu saya memahami arti penting seorang copywriter. Semenjak kul di adv, obsesi terbesar saya adl mjd copywriter, krn tmn2 dan saya sendiri yakin bhwa saya punya potensi di bidang itu (bukannya sombong, tp it's truly my world!). Sampai sekarang impian tsb msh saya selipkan dlm doa, meskipun skg saya udh krja sbg marketing support (lebih menuju ke AE), saya sgt tersiksa krn gk ada chemistry di dunia itu. Sering pula saya dpt panggilan intrvw u/ posisi copywriter, tapi lagi2 terantuk pd persoalan "apakah km punya pengalaman sbg CW?" berkali2..sampai saya bosen dan brtanya2: kalo ditolak terus gara2 gk ada pengalaman, kpn saya bs kesampaian jd copywriter? at least, lemme show you (agencies) that i've a capacity to become a copywiter. I'm very curious to learn more about copywriting! Gimana sih mas trik2 biar keterima sbg CW though I've no experience but talent?
thx

ani said:

Enda, pertanyaannya ada yg kurang tuh, harusnya tambahin kenapa sih copywriter pada suka lembur? (comment b'bau curhat neh)
tukangkupiygsukab'gadang

hujanbiru said:

Ini namanya zaman edzan, ternyata ada juga yang bisa nampung ide-ide gile. Kalo gitju aku gak perlu ke RSJ dunk, hehehe...hey, bung Enda, aq salut ama pengalamanmu. Aq jadi pengen mencoba dunia copy writer biar bisa ngerasain maniz pahitnya kopi. Buat kawa semua, silakan hub aq, mungkin qt bisa belajar bareng and nyeruput kopi. Ugh, sedappppp...........

ichoel said:

Salam kenal bu roosh
Saya lagi mencari format untuk tarif copy freelance Bisa bantu?
Btw kalo ada order yang gak nampung lagi, oper-oper napa. Thanks

rahmad nur said:

oke deh

teguh said:

Kalau ada yang mau tantangan ini: saya butuh BROSUR utk produk saya.
C-W Freelancer/Beginner, silahkan email ke saya, rate nya berapa? Dan tentunya dengan contoh text yang pernah (benar2) dibuatnya.
Saya bukan C-W, tp bener2 orang yang gagap kata2 dan butuh orang yang pandai membungkus produk saya supaya 10x terlihat lebih elegan dan mengesankan.

(kalau ternyata rate nya udah pada mahal semua ya mohon maaph.. :)

ronni said:

kita kibarkan bendera periklanan di bumi.

kyrana said:

gw kuliah di akom bsi jurusan advertising, gw pengen banget mengenal lebih jauh tentang dunia periklanan, tapi sampai saat ini gw belum tau mau ngedalemin bidang apa! dilihat dari kemampuan gw seeh lebih ke copywriter, tolong dong kasih contoh karya2 yg da dibuat faq, ok...

toat said:

Periklanan Indonesia harus lebih smart, membuat people cerdas, kritis dan interest. Tetapi jangan mengcopy iklan luar negeri.
Hidup dunia periklanan.

Ginn said:

Wah, kayaknya enak ya jadi copy writer tuh. Gue sebenernya tertarik ma kerjaan kayak begini, bisa mengeksplore diri sendiri sebebas2nya. Tapi... belom PD karena belom tau seluk beluknya. Tapi ASLI tertarik banget. Gue suka banget merhatiin iklan2, ato tulisan2 yang nyeleneh tapi jenius. BTW, gue suka tuh baca tulisan Enda yang ANATOMI SEBUAH KEGARINGAN, hehehe serasa gue banget tuh cara nyampeinnya (Huuu... hehehe berarti gue bisa jadi kayak kamu dong ya, Enda?) Sukses buat Enda ya dan kasih info ttg copy writer buat gue! Siapa tahu gue next pindah kerja, hehehe!

Dekray said:

Saya ingin paham betul, apa itu SPOT ADVERTORIAL di Radio. Apa Tanggung jawab PD, Scrift Writter, Dan Music Director? Mohon Balasan Secepatnya...ke Email saya. Thanks

Nice artikel..as film director bagiku lebih enak dealing dengan creative copy based daripada art based...

ran said:

artikelnya dah lawas ya.. (dua taon lalu juga kayak gini).. hehe
tapi bermanfaat bgt!

ohya..salut bgt ma bang enda yang mau "ngeladenin" pertanyaan2 belagu dan manja..

semoga dibalas dengan kebaikan berkali lipat..

(kapan2 aku ngimel ya..)

salam buat teteh sama gaga :)

mahmudah said:

bung 'da
thanks banget tuh ilmu, gede manfaatnya buat gue. trus neeh, boleh minta contoh hard copy naskah iklannya ga? kalo boleh, pahala lu tambah banyak deh hee....heee...and gue bisa ambil dimana yah? thanks b4

ariyanto said:

hai gw cokie... gw boleh minta rangkuman buku strategi kreatif periklanan ngga?, tugas gw buayak bgt nih pusing gw ,,,, plzzzz help me man thx

risa said:

saya butuh info tentang magang kerja di luar negeri, khususnya dunia broadcasting. tha nks

risa said:

saya butuh info tentang magang kerja ke luar negeri, khususnya dunia broadcasting.tujuan utama ke US. kalo ada info atau pengalaman please send it to a2hik@yahoo.com
thanks.risa

bambang said:

gw baru di iklan tambah2 info y

monic said:

Mas Enda, pgn nanya pdpt mas ttg penilaian prestasi kerja yg biasa dilakukan per semester (6bln)thdp tim kreatif oleh CDnya, apa itu bs memacu kreativitas? ada hubungannya ga mnrt mas dgn kreativitas? ato cm ajang ritualitas dan formalitas aja?

mhya said:

mau minta tolong neh, contoh iklan tvnya dong? Aq lagi ada tugas kuliah buat naskah iklan Tv. ok.

by d&da said:

kak enda!!!tlg dong kasih taw contoh copy nya..gw kesengsem bgt pgn bs jd copywriter,plzzzz.....

th'x

imbrauwn said:

kopireter....ah bosan aku jadi budak kata-kata
bis itu jadi budak biro...HOREEEE
kampus jokjaku tutup!!!!! pincang tanpa almamater... siapa butuh desainer top??? ah pindah haluan ah..aku memang terlalu cerdas ..sial.. hwehehehe

fiko said:

mass... makasih tulisannya. Ada beberapa pertanyaan yang ingin saya sampaikan. Oya, sebelumnya saya bekerja di sebuah PH kecil di Pekanbaru. Saya ingin menanyakan:
1. Apakah seorang copywryter juga harus membuat storyboard untuk iklan yang dikerjakannya?
2. Apakah copywriter hanya mendapat gaji saja tanpa mendapat fee dari hasil karyanya yang diterima oleh klien?
3. Bagaimana supaya kita bisa meyakinkan klien tentang naskah yang kita buat?
4. Bingung ya Mas? aku juga... tapi dijawab ya... tengkyu

Juanda said:

such a nice weblog to communicate what are we thinking.

wiranatha said:

copywriter apa sama dengan graphic design

ega said:

salam iklan...
bung kapan2 tolong ceritain juga tentang profesi sbg art director dunk!!!
soalnya saya tertarik sama dua2nya baik copywriter maupun art director...tengkyu bung!!

Wahyu alamsyah putra said:

Mas,bagus banget penjelasannya,sangat komunikatif.Mas, aku mahasiswa fakultas ilmu komunikasi jurusan advertising semester akhir,saya sedang mendapat study PKL, saya susah sekali untuk mendapatkan PKL di bagian copywriter ini? kalau ada peluang tolong kirim email kesaya mas, thanks before..

Wahyu alamsyah putra said:

Mas,bagus banget penjelasannya,sangat komunikatif.Mas, aku mahasiswa fakultas ilmu komunikasi jurusan advertising semester akhir,saya sedang mendapat study PKL, saya susah sekali untuk mendapatkan PKL di bagian copywriter ini? kalau ada peluang tolong kirim email kesaya mas, thanks before..

DONNY said:

bagus banget informasinya

Gugun 7 said:

7 Thumb Up. Terima kasih atas art-tikel ini baru keluar arus nih.

Salam 7.

Anonymous said:

maaf br nemu blog ini.d up to date lagi donk tulisan'y.bung enda msh krja d ogilvy.sy mau tny:iklan appeton weight gain, ogilvy y buatkah?mohon dblz cpt2.terimakasih

Dee said:

hikz, hop im not the only one yg baru menemukan blog okeh ini ;) mas, share ma aku dong how to be a good copywriter. secara aku jg br ngerintis karir di dunia copy-copyan halah..bahasanya ;) jadi blum banyak yg bisa di copy tapi bkn berarti kurang kreatif hahah..

ikan mas makan serabi
mas, punya pengalaman soal copy writer harap dibagi-bagi ;)

regards,
dee

Dee said:

hikz, hop im not the only one yg baru menemukan blog okeh ini ;) mas, share ma aku dong how to be a good copywriter. secara aku jg br ngerintis karir di dunia copy-copyan halah..bahasanya ;) jadi blum banyak yg bisa di copy tapi bkn berarti kurang kreatif hahah..

ikan mas makan serabi
mas, punya pengalaman soal copy writer harap dibagi-bagi ;)

regards,
dee

azhar said:

saya lagi butuh copy writer nih.

mikael said:

Halo salam kenal mas enda. Nama saya Mikael Mirdad, saya sekarang kuliah di Australia jurusan media arts & production. Saya juni ini balik ke Indonesia, dan saya lagi nyari ad agency yang bisa ngasih program internship dibagian copy writer. Apakah ada ad agency yang nawarin tempat untuk magang? Atau mas Enda ada saran?

Saya sekarang bekerja untuk majalah musik Online Musiklopedia. Silahkan main-main ke zine musik saya www.musiklopedia.com =)

Terimakasih.

mikaelmirdad@hotmail.com

kodebudaya said:

buat kamu yang kesulitan dalam menyelesaikan tugas akhir komunikasi baik studi PR,jurnalistik.
kunjungi www.kodebudaya.blogspot.com
atau imel amat_sekripsi@yahoo.co.id

stella said:

huah, kalo nasibnya kayak saya gimana yah?
jabatannya sih CW tapi banyak tugas2 liputan/wawancara2 kayak jurnalis nih jadinya...

ridwan said:

wah mantab tuh..info ini yang gw cari..kayanya gw cocok disitu..BEBAAAAZZZ..kaya di bawah langit..ga kaya di bawah rumput man..!!hakhak..
tar gw mo ngelamar ah.. oya, kalo kul gw lom beres, ada ga ya perusahaan yang mau nampung gw magang tapi sambil kuliah,, kul gw sastra inggris smt 7, IPK mpe smt enam 3,4.. gw tunggu deh infonya// beli celana di pasar kemenyan.. mana ada??? hehe..thanks for all..

edrian said:

ass, salam kenal lae.. enda, saya boleh nggak minta tolong sama lae..saya dari medan nih. saya bekerja sebagai staf promosi sebuah perusahaan yang bergerak dibudang retail baju anak muda kayak distro gitu. saya mau tanya gimana sih cara buat script jingle radio yang baik.. yang menarik untuk didengerin..
itu aja trima kasih sebelumnya..

rizmi said:

Tolong jelaskan, Apa aja sih macam-macam film Ex: Thiller, Romance, Comedy,Action, drama, Cartoon, Mystery,Horor, Science-Fiction ect. kirim ke: rizmy_zy@plasa.com please .....

ale said:

sippppp!!!!!
tapi tentang above n below the line-nya tambahin lagi dunk?????

Krisna said:

Tengkyu banget mas Enda, aq dah pnah baca profile di mas di AdDiction. dan cukup bikin aq lbh interest dengan dunia copywriting, dan aq setuju bgt dengan kata2 perusahaanyang plg mengasyikan adl Biro iklan coz cuma duduk, brainstorming, ketawa-ketiwi, di bayar!!
dan merasakan indahnya bayang2 Deadline kali ya,
Met Berjumpa saya di Ogilvy&Mather next time ya, Amien...

abah said:

Great, ditulis oleh orang yang paham soal penulisan naskah iklan dan beria, dengan kemampuan menulis yang sangat bagus...

Effi Harfiana-Corporate Communcation GarudaFood Group

abah said:

Great, ditulis oleh orang yang paham dengan kemampuan menulis yang sangat bagus...

Effi Harfiana-Corporate Communication GarudaFood Group

ikhda said:

Bang Enda...makasih buanyak infonya!
eh..eh..cuman mau jawab comment-nya bang Kuncoro itu lho..!
ya ndak sama lah bang...
cd writer kan cuman menulis apa yang diperintahkan, dan bahasa yang dipake juga satu; bhs.pemrograman...
lah kalo 'copy writer', mungkin bisa ngiklan pake beberapa bahasa dan bisa bikin kopi pake 'coffe shaker' eh..ada ndak ya..'coffe shaker'? ndak tau ah...aku juga bukan 'coffe writer'...!lah!

Junarto said:

Mas, saya minta izin untuk salin (tapi bukan untuk ditempel) buat motivasi pribadi. Artikel ini bagus.

joule said:

artikel yang bagus,

www.jouledoc.com

June said:

Hi Enda, Please email me your contact number as I'm urgently need a freelance copywriter or can you recommend someone if currently you're busy on handling copy writing projects? Please send the portfolios to junetjie@gmail.com for reference also. Thanks

Leave a comment

About this Entry

This page contains a single entry by enda published on February 27, 2004 6:00 PM.

Anatomi Sebuah KEGARINGAN was the previous entry in this blog.

Tempo-CCI-Copy is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

Powered by Movable Type 4.01