Perjalanan Menghadiri #CES2017

CES 2017

Sejak dari akhir tahun 2016 perjalanan ke CES 2017 di Las Vegas di Januari ini sudah jadi perjalanan yang gue tunggu-tunggu. Ke CES 2016 sebenernya sudah diundang juga, tapi akhirnya batal berangkat karena jadwalnya ga pas. Untungnya tahun ini diundang lagi dan pas di saat CES berulang tahun yang ke 50, jadi gue udah siap-siap lumayan jauh-jauh hari untuk menyelesaikan semau urusan registrasi di situsnya CES, kredensial, tiket, hotel dan lainnya. Visa Amerika masih berlaku jadi ga usah apply lagi jadi tinggal berangkat.

Kalau di sini ditanya, “Mau kemana sih?” dan jawabannya mau ke CES biasanya ada yang langsung ngeh, ada juga yang masih bingung apaan si CES ini.

CES ini adalah Consumer Electronic Show, sebuah pameran tahunan barang konsumen teknologi (annual trade show), jadi memang barang-barang elektronik yang kita gunakan sehari-hari. Di tahun 2017 ini adalah CES yang ke 50, CES pertama dilakukan di New York City di tahun 1967.

CES dimiliki dan dijalankan program dan kegiatannya oleh Consumer Technology Association (CTA) sebuah asosiasi industri konsumen elektronik yang berkedudukan di Virginia, Amerika Serikat.

Dengan makin global-nya market untuk konsumen elektronik, selain melakukan kegiatan seperti pameran, riset pasar dan lainnya di Amerika dan di Eropa, mulai tahun 2015 CES juga mengorganisir CES Asia yang selalu dilakukan di Shanghai.

Internasionalisasi CES ini juga terlihat dari berbagai perusahaan yang terlibat di pameran. Kalau perusahaan-perusahaan global tentunya lah ya, tapi kali ini banyak perusahan startup dari Eropa, Eropa Timur dan juga Asia berpartisipasi.

Undangan media international juga bertambah dari tahun ke tahun, sehingga di CES 2017 ini lebih dari 100 jurnalis dan 6500 media, blogger dan vlogger dari berbagai negara diundang untuk hadir, termasuk gue salah satunya dari Indonesia hehe.

The trip begin!
Makin dekat ke jadwal perjalanan CES 2017 dari tanggal 2 Jan sampai 11 Jan, mulai deh gue mulai banyak baca-baca lagi tentang CES dari websitenya http://www.ces.tech/ dan juga download mobile app-nya CES 2017 (Android & iOS)

CES 2107 Mobile Apps

Makin bingung dan makin ga kebayang juga bakal gimana nanti si CES ini jadinya, karena seolah-olah semua perusahaan, organisasi, bisnis, startup di bidang konsumen elektronik bakal ada di sana.

Selain pameran, beberapa keynotes, supersessions, pameran khusus startup aja yang disebut Eureka Park Marketplace, C Space Storyteller Sessions, berbagai Press Conference dan banyak lagi.

Dari jenis pameran atau industrinya juga di tahun 2017 ini mulai ada kategori khusus untuk Sleep Tech, Smart Energy, Baby Tech, Beauty Tech menambah kategori Sport Tech yang sebelumnya sudah ada.

Ada Digital Money Forum, Cybersecurity Forum, Digital Health Summit, belum lagi Self-Driving Technology, eCommerce Solutions yang tambah bikin gue ngerasa overwhelmed.

Produk-produknya sendiri dari 3D Printing sampai Augmented & Virtual Reality hadir. Dari Drone sampai Robotics dan Smart Home ke Wearables ada semua heuheuheue.

Ga heran memang kalau CES ini dari tahun ke tahun jadi tempat bersejarah di mana masing-masing perusahaan meluncurkan produk-produk inovatif yang kemudian mewarnai kehidupan kita sampai sekarang.

Dari peluncuran VCR (1970), Laserdisc Player (1974) sampai ke Blu-ray DVD sama HDTV DVR di tahun 2003.

Sebelum nyampe di Hari-H-nya lewat CES App kita udah bisa nandain diskusi panel, keynotes atau press conference mana aja yang kita mau datangin, atau booth-booth pameran siapa aja yang menurut kita menarik untuk dilihat, jadi menghabiskan waktu berjam-jam lah gue di app-nya mulai nandain apa aja yang pengen gue liat.

Daaan walau akhirnya gue sedikit menyerah untuk membuat rencana (udah deh apa aja nanti yang bisa dilihat di sana nanti sekalian diliat heuheuehu) akhirnya waktu tanggal berangkat jadi gue seneng juga, nyampe bandara dianterin sama Nita dan Gaga, sempet mampir di Manila dulu nunggu beberapa jam dan kemudian long flight mendarat di Los Angeles (LAX).

Ketemu lagi LAX! Huheueheue, dan walau agak was was sebel kalau kena secondary inspection kalau masuk Amerika, tapi kali ini ternyata aman dan lancar, lolos masuk US walau ada President Elect baru yang katanya ga ramah sama orang asing XD.

Dari LAX, nunggu beberapa jam lagi untuk penerbangan domestik ke Las Vegas. Las Vegas Baby! 😀

Bersambung ke posting berikutnya, “Hadir di Las Vegas untuk #CES2017

LG #G4 Day, Singapore 30 Mei 2015

Akhir bulan Mei lalu, gue diajak team LG untuk menghadiri LG G4 Day di ArtScience Museum Marina Bay Sands di Singapore. Acaranya adalah peluncuran LG G4, flagship handphone LG terbaru setelah tahun lalu LG meluncurkan line HP G3-nya.

Seruu, jalan-jalan ke Singapore sambil lihat produk baru! 😀

Peluncuran G4 ini pun yang di Singapore ini dibuat bersuasana intim dan ekslusif, jadi bukan peluncuran mass yang semua orang bisa datang.

Jadi hadirlah gue di hari Rabu itu di Singapore dengan niat melihat kayak apa sih G4 ini nantinya?

Bersama rombongan dari team LG, beberapa partner dan juga teman-teman media yang lain, akhirnya kita masuk ke ArtScience Museum-nya Marina Bay Sands.

IMG_6405

IMG_6412

 

IMG_1667

IMG_6413

Acara peluncurannya dimulai tepak waktu, dengan perkenalan dan sambutan-sambutan tentunya, tapi yang menarik tentu langsung ke produk G4-nya sendiri.

IMG_6416

Masing-masing kita tentu punya alasan untuk memilih HP yang kita gunakan sekarang. Mungkin suka dengan kameranya, mungkin suka dengan desainnya, mungkin karena dikasih pacar (hehe), atau mungkin karena harganya.

Nah apapun pilihan kamu dan sebab kamu memilihnya, tapi yang pasti tentu kita ingin agar handphone yang kita gunakan memudahkan hidup kita sehari-hari dan memenuhi kebutuhan kita. Ga malu-maluin kalau disimpen di meja dan dilihat orang lain, dan sukur-sukur malah dipuji orang lain, “eh, HP elu keren juga heuehuehe”

Kalau kamu pengen tahu lebih lengkap, sila langsung cek informasi dan specs-nya G4 di websitenya aja: http://www.lg.com/us/mobile-phones/g4/

Tapi kalau buat gue ada beberapa poin unggul dari G4 yang menarik:

1. Desain, terutama desain yang menggunakan kulit asli di bagian belakang HP-nya, kesannya lebih natural aja dan hangat, juga enak dipegang. Kadang gue suka lihat ada HP yang pake case berbahan kulit, nah kalau kamu pilih LG G4 yang menggunakan kulit ini maka ga usah pake tambahan case lagi

2. Kamera dan fiturnya. LG G4 ini dilengkapi dengan fitur kamera manual, jadi kalau kamu suka experimen dengan bukaan, ISO, dll sampai pengen dapet file RAW dari imagenya di HP ini bisa. Yang lain tentunya ada fitur stabilizer, image sensornya juga gede 16 MP 1/2.6” daaaaan, front facing camera-nya, 8MP! Jadi puas-puasin buat selfie 😀

3. Powerful, nah ini penting, selain baterenya cukup besar 3000 mAh, HP ini juga dilengkapi sama Qualcomm® Snapdragon™ 808 Processor six core technology, 32GB built in storage (expandable tentunya) daaan displaynya juga cantiks 2560 X 1440, lebih besar dari iPhone 6 atau bahkan iPhone 6 plus (aaaaw)!

Jadi kalau sudah saatnya kamu ganti HP, atau lagi mikir-mikir untuk ganti HP, this G4 is recommended.

Setelah acara launch-nya sendiri, kita langsung dibawa ke demo room dimana kita bisa nyobain sendiri fitur-fitur yang ada dan juga nanya2 dan diskusi dengan Mr. Damon Kim, Head of Mobile LG Indonesia.

 

IMG_6421
Mr. Damon Kim, Head of LG Mobile Indonesia

IMG_6418IMG_1677

Selfie!
Selfie!

Nah, tapi kalau kamu masih ada pertanyaan atau pengen nanya-nanya tentang LG G4 bisa tanya via Twitter aja ke akun LG Mobile Indonesia di sini: @LGMobileID

Kesimpulannya, thank you LG udah diajak jalan-jalan ke SG dan juga dikasih kesempatan ekslusif buat lihat dan mencoba LG G4! 😀

See the great, feel the great!

Catatan Tentang TED Fellows #tedfellowsID

Di bawah ini recap dari beberapa tweet saya minggu lalu tentang keikutsertaan di TED Fellows Retreat 2013, dan juga tentang TED Fellows secara umum:

TED Fellows Retreat 2013
TED Fellows Retreat 2013
Credentials
Enda Nasution with Google Glass at TED Fellows Retreat 2013
Enda Nasution with Google Glass at TED Fellows Retreat 2013