Anatomi Sebuah Perubahan

rubah

Rubah terdiri dari *23* spesies mamalia pemakan segala yang termasuk dalam keluarga anjing-anjingan [anjing maenan], serigala-serigalaan [serigala maenan], _coyotes_ dan juga _jackals_ yang dapat ditemukan di seluruh belahan bumi
Rubah muda dalam bahasa inggris disebut _kits_, kelompok rubah disebut _skulk_ dan rubah betina disebut _vixen_.
Rubah cenderung lebih kecil daripada anggota lain dari keluarga diatas. Mereka memiliki tengkorak yang sedikit lebih rata dan langsing, moncong meroncong dan kuping yang besar.
Tidak seperti keluarganya, rubah *bukanlah binatang yang berkelompok*. Dia anaknya individualis banget dan suka berburu sendirian.
Selain memakan buruan hidupnya [yang biasanya dalam keluarga marmut/kelinci dan macem2x], rubah juga memakan tumbuh-tumbuhan seperti buah-buahan bahkan belalang.
Dalam bahasa Indonesia *MERUBAH* berarti “menjadi rubah”, proses yang belum pernah bisa dilakukan oleh siapa pun. Karena di *Indonesia* tidak ditemukan ilmu klenik yang berhubungan dengan rubah, karena itu selama ini kita hanya mengenal *membabi* [ngepet], *memonyet* [nyegik] dan *memacan* [manusia harimau].
Sedang *DIRUBAH* berarti “memaksa seseorang atau sesuatu menjadi rubah”. Setahu saya, ini juga belum pernah terjadi. Karena itu berarti proses MERUBAH sebelumnya *harus dikenal dahulu*.
*TERUBAH* berarti “tidak sengaja menjadi rubah”. Ini juga menjadi *tanda tanya besar* karena, bagaimana bisa seseorang tiba-tiba BERUBAH menjadi RUBAH dengan tidak sengaja, padahal dengan sengaja saja belum bisa.
Terakhir, *PERUBAHAN* adalah proses yang sedang diselidiki kemungkinannya akhir-akhir ini yaitu proses MERUBAH sesuatu menjadi RUBAH, baik bertahap maupun dengan proses yang disebut *Rapid Rubah Transition [RRT]*, dimana dimungkinkan merubah manusia menjadi rubah dalam proses perubahan yang bisa dirubah atau bisa juga tidak.
*Apa tanda-tanda terjadinya PERUBAHAN?*
Ada banyak tanda yang bisa dikenali, jika pengenalan tanda-tanda ini dibutuhkan dengan cepat, maka direkomendasikan untuk banyak-banyak *menonton pelem2x werewolf*, karena proses yang terjadi kurang lebih sama, hanya saja dalam PERUBAHAN hasil akhirnya, yaitu RUBAH tentu tidak seganas WOLF, dan paling juga disebut *WERERUBAH* dan bukannya WEREWOLF.
Tentunya banyak tanda-tanda PERUBAHAN lainnya. Tapi mungkin, kamu bisa yakin bahwa perubahan tengah terjadi ketika _kamu mulai rajin beres-beres rumah, mulai ngerasa ada yang belum lengkap saat kamu cuma berdua aja di rumah, saat tv mulai pindah dari kamar tidur, dan saat begitu kamu bangun pagi ada baby crib menggantikan tempat tv tersebut…_
 

  • Bung Enda, setahu saya dalam bhs Indonesia kata dasarnya, yang bermaksud mengganti, adalah “ubah” bukan “rubah”. Jadi kalau mendapat awalan me menjadi “mengubah”. Bentuk “merubah” adalah bentukan “liar”, diluar pakem bahasa. Kecuali memang untuk bodor-bodoran, seperti semangat tulisan ini. Ah… forget about it. Cool article. Cheers.

  • kurt

    HOHOHO ..jadi inget pas dulu naek motor belalang tempur bro’, pas masih eksis jadi Ksatria Baja Hideung :p …pas ada copet di jalan nganggu seorang ibu, akoe langsung berkata “B E R U B A H!!!” … HOHOHO ‘p

  • kurt

    HOHOHO ..jadi inget pas dulu naek motor belalang tempur bro’, pas masih eksis jadi Ksatria Baja Hideung :p …pas ada copet di jalan nganggu seorang ibu, akoe langsung berkata “B E R U B A H!!!” … HOHOHO ‘p

  • Bang Enda ada di artikel di telkomnet
    http://www.telkom.net/sahabat_detail.php?cid=2&id=153

  • ooh kesitu toh larinya πŸ™‚ .. welcome to the new life ;-).

  • zulu

    lam kenal,
    ga sengaja nemu blog ini. entar lagi bisa gantiin js badudu dunk ya utk pembelajaran ‘bahasa’ kita…keep your good work:D

  • saya mendapatkan perubahan yaitu pada saat suara saya menjadi nge-bas! *ngerti apa maksudku* jadi beger, pada saat itu pula semuanya berubah…
    terus kenapa? nggak tau :b

  • huehuehue… selamat berubah juga ya nda… yg pasti akan berubah menjadi kebapakan πŸ™‚

  • til

    BERUBAHHH!!!!
    Jadi inget film robot…

  • Istilah rubah->perubahan itu dari mitos Jepang, bahwa rubah (Kitsune) dan luak (Tanuki) adalah makhluk2 yang punya keahlian menyamar/ menjelma menjadi makhluk/ benda lain. Seperti bisa ditonton di “Dreams”nya Kurosawa Akira bagian 1 “Pernikahan Rubah”, atau kartunnya Ghibli Studio “Heisei Tanuki Gassen Ponpoko”, atau tokoh dalam “Inuyasha”, si Shippo.
    Eniwe, semoga keluarga sehat semua.

  • chrysalic

    kenapa kalo berubah kok jadi satria baja hitam ya?
    hei sudah setok popok belum hayo nanti belajar yang bener ya bantuin jeng Nita itu.

  • gelo.
    anyway, counting-down, nih? all the best!

  • ini pasti lanjutin dari artikel *Anatomi Sebuah Kegaringan*

  • semoga tidak berubah menjadi saras 008 πŸ˜€

  • Secara bini kita ultahnya deketan. Secara gue baru punya anak dan lo bentaran lagi. Secara Rubah dan Ubah artinya beda. Secara gue cuma mau ngomong: Met Ultah Tante Nita, semoga kado dari oom Enda bawa perubahan–dengan kata dasar ubah bukan rubah, tentunya.

  • tantri

    enda….
    kabar baik semua kan…

  • Rubah
    Gitu Loh

  • Jay

    sanes wererubah atuh, tapi weureurubah
    *weureu*

  • Qky

    Kalo Bapak Rubah, apa Kang Enda ? πŸ˜‰
    btw, Selamat deh, moga lancar perubahannya πŸ™‚

  • believe it or not, no matter how much you prepared, you have absolutely no idea how drastically your life will change afterwards. and it’s ok too, because nobody else did either.
    good luck for everything, both of you. it’s going to be a joy, that’s for sure.

  • dedek, cepetan lahir dek ! kaya’nya purnama berikut papa-mu keburu berubah nih :p

  • aku pinginnya “berubah” jadi orang kaya aja deh πŸ™‚

  • aduh nda sory, mungkin nyelang bukan pada tempatnya. But.. don’t you check your email yg goblog media? I’ve ask about free guttenberg cd.. links emailnya *maap i lost it*
    dan euh, gue setuju tentang berubah menjadi abah.. biasanya perut jadi buncit πŸ˜€

  • Serubah-rubahnya rubah merubah, rubah juga di perubahan.
    GAREEENGG!!!!!!!!!!! :P`

  • eric

    Beberapa waktu lalu ada proses di komputer saya yang mencurigakan..huruf “e” biru di desktop saya berganti wujud menjadi rubah-api. apa ini termasuk perubahan?

  • Perubahan yang tidak disengaja bisa Merubah dan dirubah menjadi rubah. Nah gimana caranya neh menjadi rubah ?!!?!?

  • roarta

    Selamat merubah Nda (berubah menjadi abah-abah)… what an exiciting moment!

  • wongiseng

    Siap-siap, berubah ! jadi gaban.

  • he apa ya bedanya merubah dg mengubah?

  • Yah Oom, blom lahir kan dede’nya… coba ntar kalo dah ada, tambah banyak pasti tulisan soal rubah2 nya (21st century fox bukan Oom?)
    Tapi emang bener om, mesti mau jadi rubah dulu, bahkan sblm dede’nya lahir. Gak bisa setelah dia lahir, apalagi setelah dia gede. dah telat, hihi…
    met jadi rubah ya Oom…
    arazeva

  • dibawahnya tulis gini nda:
    enda
    munsyi, tinggal di Bangkok
    πŸ™‚

  • oldman

    MERU BAH where Meru is a small town located in Selangor, about 70 km from Kuala Lumpur.. Bah itu banjir

  • hmm… enda berubah !!!…itu artinya kang enda jadi rubah ? atau kang enda jadi sepeda motor ?….*wondering*

  • oggy

    rubah…rubah….rubah…rubah….:p

  • san_sangs

    Kalo kita ngga siap menghadapi perubahan ini kita panggil aja pawang rubah….:p

  • Hehe…Nda, yang bener bknnya ‘mengubah’ deh kata dasarnya ‘kubah’?
    jadi selamat membangun kubah aja de disono, semoga semuanya lancar πŸ™‚

  • aaaauuuuuuuuuuuuuuuuu………
    kata rubah yang ingin merubah kehidupan.

  • Hehehe… masih banyak yang akan berubah ya hon dalam waktu dekat.. πŸ™‚
    Duh, kamu tuh sangkain mau nulis tentang ubah2an, taunya rubah πŸ˜› Tp ujung2nya ke soal ubah2 juga yaa..

  • hehehe hope everything will be ok with the wanna be baby, bro! and by that time, everything would be changing I guess.. Hmm I wonder when I could get up to that moment..

  • Apa bahasa Thai-nya RUBAH?