Emang Penting Ya?

emang penting?

_Nothing really matters, Anyone can see_
_Nothing really matters, Nothing really matters to me._
_– Bohemian Rhapsody, Queen_
 
Bayangkan kamu berjalan di *pantai* dingin pagi hari. Hujan rintik jatuh kamu sendiri. Langit abu-abu, ombak berdebur datang dan pergi, datang dan pergi. Pasir basah terasa di sela-sela jari kaki kamu yang telanjang, kabut turun sedikit demi sedikit dan yang terlintas di benak kamu adalah, _emang penting?_ :p
Hehe.
Berkali-kali rasanya denger pertanyaan ini, baru kerasa sekarang bahwa *”emang penting?”* atau *”penting ya?”* ini bener-bener bisa menangkap *esensi* kehidupan sehari-hari. Frase ini gue rasa merupakan hasil observasi puluhan tahun dari interaksi sosio-dinamik umat manusia dan juga spesies primata lainnya.
Siapapun yang yang pertama kali come up dengan frase “emang penting” ini gue curigai *jenius dua belas* dan *luar biasa brilliant*.
Bukan aja kamu bisa menggunakan “emang penting?” sebagai filter atau ukuran terhadap semua [and I mean SEMUA!] yang kamu lakukan dan pikirkan setiap harinya, tapi juga frase ini bisa dilayangkan dengan _sentuhan sinisme_ dan _belaian nihilisme_ yang bakal membuat kagum bapak nihilisme *Nietzsche* sekalipun.
Coba deh, ukur setiap hal yang kamu lakukan dengan frase ini dan *TEST* hal-hal apa yang lulus dari ujian “emang penting?” ini dan hal-hal apa yang ga?
Di pagi hari, weker kamu bunyi, kamu masih tergeletak di tempat tidur dalam gelap dan otak kamu ngasih pesan bahwa *kamu harus bangun* supaya ga terlambat. _Emang penting?_
Kamu bangun, ambil handuk [[_emang penting?_]], masuk kamar mandi boker di toilet [_emang penting?_ *PENTING!*], ombeh [_emang penting?_ *PENTING! GILE LO YE!*], trus sikat gigi [_emang penting?_ *PENTING!!!!*].
Abis sikat gigi, kamu mulai shower-an dan mandi pake sabun [[_emang penting?_]]. Abis mandi, keringin badan [[_emang penting?_]]. Pake celana dalam [_emang penting?_ tergantung hehuekehek], trus mikir mau pake baju apa hari ini? [[_emang penting?_]]
Abis itu kamu ngaca [[_emang penting?_]] sambil sisiran [[_emang penting?_]] trus pake make up [_emang penting?_ PENTING untuk cewek dan cowok2x metrominisexual serta semua diantaranya.].
Kamu siap berangkat, ke sekolah [[_emang penting?_]] ke kampus [[_emang penting?_]] atau ke kantor [[_emang penting?_]].
See, semua hal bisa kamu test ke frase ini. Mari kita coba ke hal-hal lain yang lebih besar dan juga kita pikirkan sehari-hari.

Ya kan?
Banyak banget hal-hal yang *ga LULUS* ketika kamu tanyakan pertanyaan ini.
Bahkan menurut hasil perhitungan statistik probabilistik sampling matematika tingkat tinggi superduper-rumit-jadi-jangan-ditanya, _ketika kamu tanyakan “emang penting?” maka *95%* jawabannya adalah GA PENTING._
*Cuma 5%* dari semua hal di dunia ini yang *PENTING*. Dan 95% waktu lainnya, kita habiskan untuk ngurusin hal-hal GA PENTING.

Nihil ga sih?
Penting ga sih?
Apa yang ga penting buat kamu *boleh* penting ga buat gue? Dan bolehkah yang kamu pikir penting mungkin sama sekali ga penting buat gue?
Kok rasanya _*banyak hal-hal ga penting* yang gue rasa PENTING_. Dan banyak hal-hal yang [harusnya atau dulunya] penting sekarang jadi ga penting.
_Penting ga sih untuk selalu melakukan hal-hal yang penting aja?_
Malam-malam ini, tiap malam gue meganging perutnya “istri”:http://nita.goblogmedia.com, ngerasain *sang bayi* yang tumbuh disitu. Satu malam dia menendang-nendang segala arah, malam lain dia cuma sibuk bolak balik mencari posisi enak. Malam lainnya dia nyender ke sisi kiri atau sisi kanan.
Dan gue mikir, apa yang *dia* pikir penting? Ketika kita masih di dalam perut ibu-ibu kita apa yang kita rasa paling penting dan yang kita rasa ga penting?
Apa yang penting buat kita 10 tahun yang lalu. Apa yang penting buat kita 10 tahun kedepan. Apa yang penting buat ibu bapak kita. Apa yang penting buat anak kita. Apa yang penting buat cucu kita.
 
_Penting ga sih mikir gini? Heheh. :p_