Muda dan Keterbatasan

I am not young enough to know everything. -Oscar Wilde.
Gue yakin Oscar Wilde udah ga muda lagi waktu dia ngomong kalimat diatas. Dengan bilang seperti itu dia mau bilang bahwa kayaknya waktu kita muda, kita rasanya TAHU semua.
Waktu MUDA rasanya gue tahu semuanya, bisa ngapain aja, bisa ngerjain semuanya. Gue bahkan agak-agak khawatir dengan begitu banyak orang muda juga yang seumuran ama gue, karena gue takut, jangan-jangan bakal ga kebagian kerjaan kita-kita ini, ga kebagian tempat kita-kita ini, karena satu orang kita saja sudah bisa mengerjakan SEMUANYA.
The world is your oyster!
Hari ini hari milikku, juga esok masih terbentang….
Ga ada rasanya satu hal pun yang kalo dikasih kerjaannya ke gue bakal gue tolak dan bakal gue bilang kalo gue ga mampu. APAPUN bisa gue kerjain, APAPUN bisa gue jawab.
Kepercayaan diri yang menggila, bisa apa saja, punya pendapat untuk semua hal dan tahu SEMUANYA.
Young people know EVERYTHING.
Gile betapa salahnya gue waktu itu heheh.
Karena yang sebenernya terjadi adalah..
* * * * * * * * SPOILER * * * * * * * *
Buat yang masih muda (dibawah 23 tahun) lebih baik JANGAN baca!
* * * * * * * * SPOILER * * * * * * * *

The more you get older, the more you think and realize about your own limitations.
Bener peribahasa yang bilang bawah makin sedikit kita tahu, makin sedikit kekhawatiran kita, makin berani kita (kalo ini bukan pribahasa, maka gue yg pertama bikin pribahasa ini hehe).
Makin banyak kita tahu, makin kita tahu bahwa apa yang kita tau sebenernya ga ada apa-apanya, dan makin banyak keterbatasan kita untuk tau semuanya, untuk bisa semuanya.
Dan satu-satunya cara (buat gue) supaya kita tahu, kita harus ngalamin sendiri. Ga ada guna kalo dibilangin ama orang lain. Waktu gue masih muda itu, emang gue mau denger kalo ada yang bilangin ke gue, bahwa lo tuh belum tau apa2x? Hehe.. sumpah ga akan gue dengerin pasti.
Tapi memang begitu kenyataannya.
Sedikit demi sedikit, hari demi hari, satu keterbatasan demi satu keterbatasan dikenalin ama gue. Dan mulailah gue menandai keterbatasan gue itu. Oh gue bisa ini, gue bisa itu. Itu gue ga bisa, itu mending jangan gue, sampai akhirnya, gue bayangin, di hari gue lebih tua nanti, dunia gue makin jelas. Disini kamu berada, dalam dunia kamu, diantara batasan-batasan kamu. Proses mengenali diri gue sendiri lagi.
Mengenal keterbatasan-keterbatasan gue. Dibantu oleh orang-orang terdekat gue.
Dan saat itu mungkin gue akan menemukan kepercayaan diri gue lagi.
Congrats buat Adhit yang udah nerbitin novel komedinya yang pertama “JOMBLO” hehe. Tidak lama lagi kecacatan cowok-cowok Universitas Negri Bandung bakal ngetop dan jadi bahasan dalam wacana budaya Indonesia. πŸ˜€ Congrats juga buat rencana penempatannya di negri yang jauh. Recana nikah jangan dilupain. πŸ™‚
Beli bukunya di toko buku terdekat (masih terdistribusi di sekitar jakarta) dan lihat sinopsis dan cuplikannya di blognya Adhit.

  • nah itu dia gunanya temen, yg bakalan protes klo kita punya satu kekurangan.. yg pasti ada tukang cela abeess.. he he he..

  • wah…bbrp hari lagi gue 23 nih… termasuk kategori muda apa nggak ya?

  • “Dan satu-satunya cara (buat gue) supaya kita tahu, kita harus ngalamin sendiri”

    yeapz, i am 21, nyobain juga sih kerja disini or di bidang laen cthnya, udah ngalamin barusan tau deh cocoknya apa en keterbatasan gw apaan huhuhu walau barusan 21 en katanya ga boleh baca πŸ˜€ wah ini postingan sesuai juga sama postingan aku tanggal 19 november ini πŸ™

  • okke

    *ehem*
    iya Nda, dari dulu sampe sekarang gue mah orangnya klo dibilangin, biarpun bener, suka ngotot gak mau.. pengennya gue ngalamin sendiri dulu…

    tapi masalahnya teh yah, saya udah diatas 23.. sedangkan kang enda mengalami itu pas dibawah 23… hmmmmmm apa artinya saya nggak dewasa2 ya? πŸ˜€

  • neenoy

    dari dulu gw udah tahu kok kalo gw terbatas. misalnya: tinggi badan terbatas (gak bakal bisa jadi pilot) πŸ˜€

  • Dari lahir manusia udah jadi mahluk serba terbatas, makanya Dia bilang awal-awal jangan suka berlebih-lebihan..karena kamu punya keterbatasan…

  • hiddenhate

    yang muda yang bercinta
    huhuhu
    kayak judul pilem deh

  • semakin dilarang semakin dibaca πŸ˜€

  • meo

    setuju aja deh… semakin tua rasanya memang semakin keren aja… hehehe bodo amat. pokoknya saya boleh baca karena sudah tidak termasuk dibawah umur.. πŸ˜€

  • kang enda, nemu aja bahan untuk jadi renungan hidup..jadi banyak mikir nih..banyak yang belum dilakukan padahal umur semakin bertambah..mikir..mikir..*sambil naro telunjuk di jidat*

  • SyL

    The more you get older, the more you think and realize about your own limitations.

    bEtOeL !

  • 20th, sedihnya.
    ga boleh baca.

  • iya nih saya terbatas banget, gak bisa ke bangkok buat jenguk kalian.. :))

  • endaaaaaa….gw copy gambar2nya yaahhh…keren2 siyy!!!thx!!!=))

  • roi

    bruce lee kalo nggak salah pernah bilang yang mirip-mirip kaya gini:
    jelajahi keleluasaan dengan keterbatasan dan kenali keterbatasan dengan keleluasaan

  • sama. kemarin abis kena omel mlulu hihi.

  • loh enda ini gue kirain masih anak SD, pantesan kok pinter amat.. ya untuk ukuran anak SD gitu lah.. hueahahha.. *piss nda!*

  • an

    wah renungan yg mendalam. gue gak bisa lho bikin posting kaya beginian *menyadari keterbatasan*.

    trus, kapan2 posting dong soal pola pikir yg gak nyambung sama org. makin ngeblog kok saya makin ngerasa pikiran saya aneh sendiri. ngasih komen ke org selalu ngambil posisi sebaliknya… yg lucunya saya ngerasa itulah saya, tp org lain bilang ngeselin. saya emang ngeselin, lalu harus bagaimana ?

    tadinya yg begitu.an mau nulis soal opini2 yg lebih jujur, tp jadi minder lagi. oh yeah ? iya dong, bulan depan gue 25 tahun dan masih minder. untung baca postingan ini. sadarlah keterbatasan… ngeblog jangan sering ngasih pemikiran original. πŸ™‚ pura2 aja dan gue tertarik sama ide di sophie’s world dibawah…

    hey saya curhat !

    biarin, ini akibatnya gara2 saya ngasihin url movie flash 616 Kb, liat di koment bang enda ya. sori gak lewat email… dijatah upload 500 kb :(.

    buat ninit, saya seneng euy liatnya. udah tau adit lucu, kok kamu masih saja bilang adit lucu. huhuhu. apalagi saya yg belum ketemu ya ? πŸ˜€

  • semestinya larangan mbaca bagi yang dibawah umur diletakkan diatas, lha soalnya aku udah terlanjur mbaca iii…. πŸ˜€

  • siapa yg bilang enda tua ? ngga lageee… *baca komen pertama dari teh nita*

    nda, kapan balik ke Indo ma teh nita ?

    btw novel nya adit luucuuu bgt !!!

  • Hey.. kamu masih muda kok nda..
    *horee.. gue komen pertamaa..!*
    Eh ini bukan komen box nya ciphie yaa.. hihihi.. dejavu ngga nda? πŸ™‚

    Buat Adhit, semoga sukses semuanya ya.. dan slamet jadi expat!

    Buat semuanya, kalo beli bukunya Adhit, jangan lupa bilangin sama kasirnya kamu tau info bukunya dari komen gue .. ok? hihihihi