Panduan ngebuat Blog

Dimulai dari pertanyaan-pertanyaan beberapa temen gue yang pengen buat Blog juga, gue mulai kepikiran kenapa ga buat panduan Blog aja buat mereka yang baru mau mulai bikin Blog. Terutama buat mereka yang awam soal masalah-masalah teknis dalam pembuatan suatu website. (Blog kan website ya? Iya kan? :)).
Akhirnya jadi deh, “Membuat BLOG untuk orang biasa“, panduan ngebuat Blog buat mereka yang baru mulai dan ga ngerti masalah-masalah teknis, kayak HTML, PHP, MySQL, ga punya akses ke server dan pengen nyoba-nyoba dulu makanya ga mau bayar.
Terbagi atas 7 tahap “Membuat BLOG untuk orang biasa” ini berusaha ngejelasin gimana caranya ngebuat Blog dengan fasilitas-fasilitas gratisan di Internet. Ikutin aja link dibawah ini, dan silahkan di skip satu atau dua tahap buat langsung masuk ke tahap yang kamu perluin.
Mudah-mudahan berguna. Dan nanti lagi ada yang nanya lagi gimana caranya buat Blog, ntar bakal gue minta aja dia buat baca ini heheh…:)

  1. Tahap I – Ngebuat Blog dasar
    Tahap ini ngebahas gimana caranya ngebuat Blog buat pertama kali, ngegunain Blogger.com sebagai alatnya.
  2. Tahap II – Basic Blogging
    Di sini dibahas dasar-dasar HTML yang kamu perlu tahu, gimana caranya ngebuat link, masang gambar dll.
  3. Tahap III – Sekitar Blogger.com
    Getting around sekitar Blogger.com, setting-an apa aja yang kamu perlu tahu, apa bedanya “Post” dan “Post & Publish”, gimana cara ngerubah template kamu.
  4. Tahap IV – Asesoris BLOG
    Kamu udah punya Blog, tapi pengen nambahin featurenya. Ikutin tahap ini buat bikin comment, tag-board, guestbook, counter website dll.
  5. Tahap V – Isi Blog-nya apa?
    Satu dua patah kata tentang bahan-bahan awal yang bisa kamu pake buat isi Blog kamu
  6. Tahap VI – Komunitas Blogger
    Buat Blog kamu BERGAUL! jangan idup sendirian aja. 🙂
  7. Tahap VII – Post Script dan Sedikit Tips Akhir
    Akhir kata dan kata-kata akhir.