marga marga, seperti juga nama,

marga
marga, seperti juga nama, mungkin bisa ditanya. apa arti sebuah nama? πŸ™‚
yang jelas nama dan marga penting buat banyak orang.
di link ini ada petisi online yang bisa ditandatanganin kalo kamu mau ikut menolak aturan yang dibuat ama Pemda Jakarta dan beberapa Pemda provinsi lain yang menolak mencantumkan Marga atau Fam dalam Akte kelahiran anak.
Aturan ini, rupanya, tertulis dalam Surat Direktorat Sipil dan Perda DKI Jakarta:
1. Surat Direktorat Sipil, Departemen Kehakiman tertanggal 21 Naret 1974
2. Perda DKI Jakarta Nomor 3 tahun 1999
Kalo kamu pikir, seperti gue mikir, bahwa aturan kayak gini neh contoh bahwa pemerintah ngebuang-buang resource-nya ngeganggu hak-hak pribadi dan ngurusin hal yang ga perlu daripada ngurusin hal-hal yang perlu kayak anak jalanan, pengemis, kebersihan dan banjir. Mungkin kamu perlu ikut juga tandatanganin petisi itu. Kayak gue.
tanda tanganin di petisi online menolak aturan yang mencampuri urusan pribadi

  • Elfizon Anwar

    Apakah kita masih perlu ‘mempertahankan’ lebel marga dalam nama kita masing-masing?. Apakah aturan adat kita lebih ‘dominan’ mewarni kehidupan kita dari pada ajaran agama, khususnya kalau kita beragama Islam?. Dengan sangat banyaknya kelompok marga, apakah kita telah mempersempit ruang gerak kita khususnya dalam lingkup perkawinan?.
    Mohon maaf, ini adalah suatu renungan

  • robert simorangkir

    yang jadi pertanyaan buat kita adalah….jangan2x yang ngusulin nama marga tidak boleh dicantumkan itu…tidak jelas asal-usul keturunannya. Jadi setiap ditanya siapa leluhur keluarganya..cuma bisa bengong doang nih yeee…kasian deh elooo….

  • Victor

    Marga adalah nama belakang, nama keluarga turun temurun. Kalo mau dihapus, gimana kalo sekalian aja hapus namanya juga, jadi setiap kita bernama “anu”? Hahahah
    DPRD bego, makanya, ijazah jangan beli!! Sekolah gitu, biar paham!!

  • Adhiel abdat

    yang namanya marga tuh penting bgt, buat ngerti’in asal-usul kita tuh sebenernya siapa???? kalo’ gw sih yakin bgt asal-usul gw dari manusia…(coz gw punya marga) ga tau kalo yang laen sih ya….???? orang kalo g pnya marga tuh kaya sebatang pohon pisang yang berawal dari tunas, tumbuh besar, ngeluarin tunas baru, abis itu mati deh….. g bakal d kenang kaleee…. beda bgt ama orang yang punya marga, bakal dikenang dlm nama anak cucu kita…… jadi kesimpulannya pemda tuh kaya sebatang pohon pisang tua yang udah ngeluarin tunas and bentar lagi mati. kasihan bgt sich punya pemda yang g ada otaknya…… huihuihui…..:=(

  • najla seff

    sangat2 tidak setuju……..marga kan penting banget buat bedain orang biar ga ketuker contohnya saya ada berapa orang arab yang namanya najla diindonesia tapi yang marganya seff kan cuma..emg pemda sirik ya ama orang ya ng punya marga?itu kan hak asasi…biar ga ditulis pun sampai kapanpun marga akan tetap ada

  • farrah siregar

    aku gak setuju banget.Ntar kalo gak dicantumin, hilang semua donk ciri-ciri “kebatakan” kita. udah muka sama, bahasa sama,ini lagi,nama juga harus polosan. Ah gak lucu banget.

  • abdullah

    saya ga setuju dengan aturan itu sebagai orang arab fam itu amat sangat penting dan harus dilestarikan kalau bisa sesama fam tingganya satu kampung kaya di hadramaut yaman.

  • Bachrum Nasution

    Sifat orang Mandailing yang mahu menjadi Raja semuanya harus di ketepikan. Apa yang perlu ialah bagaimana kita masyarakat Mandailing boleh network sesama sendiri.Dalian Natolu adalah lambang yang baik perlu kita ikuti.

  • wah petisi mah jatahnya aktipis..e ngga ikut2x ah..:-) btw. ini berlaku untuk marga yg lama aja kan ? gue lagi mo buat marga baru nih soalnya πŸ˜›

  • hh8

    Hancurkan pemerintah !
    gue sebagai orang mandailing merasa diberangus hak, kebebasan dan hak asasi gue …
    Hancurkan yang ngusulin !

  • Kiki

    eh BTW Ki liat buku temen silsilahan orang batak gitu karangannya Napitupulu.. buku tua…hehehe u should see that

  • maria

    nda, gue udah tanda tangan juga. Sebagai orang arab, fam tuh penting banget. Itu udah bagian dari identitas. Apa-apan nih Pemda JAkarta. Hidup Arab! Eh salah.. πŸ™‚ MAksudnya, tolak peraturan norak itu!